Daftar isi
12 min read

80+ Daftar Istilah Penting dalam Dunia Marketing

Tayang 11 Oktober 2023
Diperbarui 14 Desember 2023
Istilah Marketing dan Digital Marketing (Glossary)
80+ Daftar Istilah Penting dalam Dunia Marketing

Seperti istilah ‘tak kenal, maka tak sayang’, hal yang sama juga berlaku pada istilah dalam marketing dan digital marketing. Khususnya bagi Anda yang berkecimpung di dunia pemasaran.

Mengingat, mengetahui istilah yang terkait dengan pekerjaan dapat membantu Anda untuk memahami proses aktual dan kemajuan dalam kegiatan pemasaran.

Terlebih kini kemajuan dan perubahan teknologi semakin pesat, yang mengakibatkan semakin banyaknya istilah-istilah baru dalam dunia pemasaran.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini kami akan menjabarkan sejumlah istilah yang umum digunakan dalam pemasaran. Tanpa berlama lagi, yuk cek daftar istilah marketing yang sedang trend berikut ini!


1. A/B Testing

A/B tasting adalah proses pengujian dua versi konten digital yang paling efektif. Tujuan pengujian ini adalah untuk mengetahui target audiens, preferensi, dan mengukur conversion rate.

2. AdSense

Layanan iklan kontekstual yang disediakan oleh Google. Ikaln Google ini membantu bisnis menjangkau masyarakat lebih luas. Iklan adsense akan muncul pada bagian atas di saat melakukan pencarian di Google.

3. Affiliate Marketing

Orang yang bertugas memasarkan dalam hubungan affiliate marketing atau pemasaran afiliasi. Strategi pemasaran ini memanfaatkan mitra bisnis untuk memasarkan produk Anda dengan imbalan atau kompensasi tertentu.

Bisanya metode pemasaran ini dilakukan oleh sekelompok orang yang tergabung dalam suatu program afiliasi marketing.

5. ALT Text (Alternative Text)

Atribut HTML yang menyediakan teks alternatif ketika elemen non-tekstual seperti gambar, tidak dapat ditampilkan. AlT Text ini membantu gambar Anda bisa dibaca oleh search engine seperti google.

6. Anchor Text

Kata-kata yang dapat diklik dalam hyperlink. Achor text ini merupakan kata-kata yang ada pada halaman website atau blog yang disisipi oleh link. Achor text salah satu faktor untuk menaikan rangking artikel di search engine.

7. Autoresponder

Autoresponder merupakan sebuah program yang mengirimkan respons otomatis ke email, pesan, atau obrolan yang masuk. Fitur ini membantu bisnis untuk menjawab pesan pelanggan lebih cepat.

8. Average Position

Avarage position merupakan statistik yang menjelaskan bagaimana peringkat iklan Anda biasanya dibandingkan dengan iklan lain. Seperti diketahui, iklan sangat penting untuk bisnis mendapatkan pelanggan baru.

9. Bandwidth

Bandwidth adalah data yang dapat ditransmisikan dalam periode waktu tertentu melalui saluran komunikasi. Istilah marketing ini sering dinyatakan dalam kilobits per second (kbps).

10. B2B (Business to Business)

Istilah marketing ini digunakan untuk bisnis yang menjual produk atau menyediakan layanan ke bisnis lain. B2B biasanya mengunakan sistem kontrak dalam jangka waktu tertentu. Misalnya jasa layanan iklan, Penyuplai Bahan Baku, Jasa Digital Marketing dan lainnya.

11. B2C (Business to Customer)

Istilah marketing B2C digunakan untuk bisnis yang menjual produk atau menyediakan layanan kepada konsumen pengguna akhir. Model usaha B2C adalah model bisnis yang melekat dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu model usaha B2C paling sederhana adalah toko kelontong atau pedagang keliling.

12. Backlink

Backlink adalah link dalam konten website yang mengarahkan ke halaman web lainnya. Link ini segaja disematkan untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas website.

13. Blog

Blog adalah platform untuk mempublikasikan secara kronologis pemikiran pribadi dan tautan Web. Seiring perkembangan teknologi blog kerap dimanfaatkan untuk marketing seperti membangun brand awareness dan mendapatkan pelanggan.

14. Bounce Rate

Dalam analisis web, bounce rate merupakan persentase pengunjung yang keluar setelah melihat satu halaman. Sementara dalam email marketing, istilah marketing ini merupakan persentase email dalam kampanye yang tidak terkirim.

15. Brand Awareness

Brand awareness merupakan istilah dalam marketing yang menggambarkan tingkat pengenalan pelanggan terhadap suatu merek dan produknya. Peran brand awareness sangat penting untuk meningkatkan penjualan.

16. Brand Equity

Brand equity adalah istilah dalam marketing yang mengambarkan nilai sebuah nama merek. Nilai ini menjadi pembeda satu brand dengan brand lainnya.

17. Brand Loyalty

Pengertian brand loyalty adalah komitmen yang muncul dari pelanggan pada sebuah merek tertentu. Maka pelanggan akan terus membeli produk merek tersebut secara berkelanjutan.

18. Brand Positioning

Brand positioning adalah strategi bisnis untuk lebih dekat dengan pelanggannya. Salah satu caranya adalah meninggalkan kesan menarik ke pelanggan melalui strategi pemasaran yang tepat.

Istilah marketing ini menggambarkan sejauh mana sebuah merek dianggap menguntungkan, berbeda, dan kredibel di mata pelanggan.

19. Buyer Persona

Buyer persona adalah representasi atau gambaran dari pelanggan ideal bisnis Anda. Istilah marketing ini sangat penting untuk mendorong pembuatan konten yang efektif dan bertarget, pengembangan produk, tindak lanjut penjualan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan retensi pelanggan.

20. Call-to-Action (CTA)

Call to action (CTA) adalah kalimat pendek yang tujuannya mempengaruhi seseorang untuk melakukan sesuatu tindakan secara spesifik. Istilah marketing ini bisa ditemukan dalam konten, seperti teks, spanduk, formulir, tombol, atau gambar di halaman web (atau email).

21. Canonical Element

Cononical emelent merupakan elemen HTML yang digunakan webmaster untuk mencegah masalah duplikat konten.

22. Chat Bot

Chatbot adalah program kecerdasan buatan yang digunakan untuk melakukan percakapan melalui metode pendengaran atau tekstual. Istilah marketing ini sedang tren saat ini seiring dengan kemajuan teknologi yang mempermudah pemasaran.

23. Click-through

Click-through merupakan proses mengklik iklan online ke tujuan pengiklan. Tingginya click through bisa menjadi acuan banyaknya audiens yang tertarik dengan iklan Anda.

24. Click Through Rate (CTR)

Click through rate merupakan persentase pengguna yang mengklik tautan yang ditempatkan di email, iklan, situs web, dan lainnya.

25. Comment Spam

Comment spam adalah komentar tidak relevan yang diposting ke blog dengan tujuan semata-mata untuk menjatuhkan tautan ke situs web spammer. Istilah digital marketing ini cukup dihindari oleh banyak pebisnis.

26. Community Marketing

Community marketing adalah pemasaran yang melibatkan kehadiran brand dalam berinteraksi dengan komunitas pelanggan yang sudah ada. Metode marketing ini banyak bisnis gunakan untuk menjalin hubungan dekat dengan pelanggan.

27. Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan memproduksi konten sebagai media komunikasi dan promosi. Misalnya konten, blog, video, dan postingan media sosial.

28. Content Strategy

Content strategy adalah perencanaan dan implementasi konten digital untuk mencapai tujuan tertentu, termasuk membuat dan mendistribusikan konten untuk kampanye pemasaran digital.

29. Contextual Advertising

Contextual Advertising adalah metode penayangan iklan berdasarkan konten (keseluruhan konteks atau tema) halaman web.

30. Conversion Rate

Conversion Rate merupakan jumlah persentase pengunjung yang datang ke situs web Anda dan penyelesaian tujuan yang diinginkan atau konversi, dari total jumlah pengunjung yang ada.

31. Conversion Rate Optimization (CRO)

Conversion Rate Optimization (CRO) adalah proses optimasi situs web untuk meningkatkan persentase pengunjung yang melakukan CTA yang diinginkan.

32. Cookie

Cookie adalah informasi yang disimpan di komputer pengguna oleh situs Web sehingga preferensi diingat pada permintaan di masa mendatang.

33. Cost Per Action (CPA)

Cost Per Action merupakan model pembayaran iklan online di mana pembayaran hanya didasarkan pada tindakan yang memenuhi syarat, seperti penjualan atau pendaftaran.

34. Cost Per Click (CPC)

Cost Per Click (CPC) adalah biaya atau setara biaya yang dibayarkan per click-through (setiap klik pada iklan dan dirancang untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web).

35. Cost Per Lead (CPL)

Cost Per Lead (CPL) merupakan model pembayaran iklan online di mana pembayaran didasarkan pada jumlah prospek yang memenuhi syarat yang dihasilkan.

36. Crawler

Crawler adalah Bot internet (perangkat lunak otomatis) yang berfungsi untuk memindai situs web.

37. Cross Channel Marketing

Cross Channel Marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan di berbagai saluran untuk menciptakan perjalanan pelanggan yang lebih terhubung satu sama lain.

38. Customer Centric

Customer Centric adalah strategi bisnis untuk memahami situasi, persepsi, dan harapan pelanggan. Di mana pelanggan merupakan pusat dari semua keputusan bisnis yang berkaitan dengan penyampaian produk, layanan, dan pengalaman pelanggan.

39. Customer Lifecycle

Customer lifecycle adalah  tahapan bisnis yang dilalui pelanggan selama mereka berinteraksi dengan sebuah bisnis. Tahapan ini meliputi jangkauan, akuisisi, konversi, retensi, dan loyalitas pelanggan saat mempertimbangkan, membeli, menggunakan, dan mempertahankan loyalitas merek, produk, dan/atau layanan.

40. Customer Lifecycle Management

Customer lifecycle management diterapkan untuk menjaga pelanggan agar tetap loyal pada bisnis. Loyalitas pelanggan merupakan salah satu alasan mengapa bisnis dapat terus bertahan tanpa perlu selalu mencari pelanggan baru setiap harinya.

41. Customer Relationship Management (CRM)

Aplikasi yang digunakan perusahaan untuk mengelola data pelanggan, menganalisis interaksi pelanggan, dan menerima data yang relevan secara real-time.

42. Impression

Impression merupakan istilah marketing yang digunakan ketika pengguna melihat iklan yang ditayangkan.

43. Internet Marketing

Internet marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan internet untuk menyampaikan pesan promosi kepada pelanggan. Pemasaran ini dapat melakukan melalui saluran digital seperti website, mesin pencari, email, dan media sosial.

44. Influencer

Influencer adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain atau sekelompok orang.

45. Influencer Marketing

Influencer Marketing adalah jasa yang ditawarkan oleh influencer online untuk memasarkan produk atau layanan sebuah bisnis. Seorang influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi calon pembeli produk atau layanan dengan mempromosikan atau merekomendasikannya di media sosial.

46. Email Marketing

email marketing adalah salah satu cara kampanye pemasaran dengan mengirimkan email ke pelanggan. Tujuan kampanye ini mendorong ketertarikan dan keterlibatan penerima yang merasa pesan disampaikan penting.

Inovatioan-Strategi-Email- Istilah Marketing

47. Engagement Rate

Engagement Rate adalah metrik untuk melacak keterlibatan target pasar dengan konten merek.

48. Funnel

Funnel merupakan corong yang menunjukkan proses perjalanan dari prospek ke pelanggan.

49. ToFu or Top of the Funnel

Top of the Funnel adalah tahap pertama dari proses pembelian di mana pengunjung masih mencari informasi.

50. MoFu or Middle of the Funnel

MoFu (Middle of the Funnel) merupakan tahap tengah di mana pembeli telah mengidentifikasi masalah dan kebutuhan mereka tetapi melanjutkan penelitian.

51. Bofu or Bottom of the Funnel

Bofu adalah tahap terakhir di mana pembeli bersiap untuk membeli setelah mengidentifikasi beberapa vendor.

52. Green Marketing

Green Marketing adalah strategi pemasaran produk yang mendukung lingkungan, seperti modifikasi produk, perubahan proses produksi, pengemasan, serta modifikasi iklan.

53. Go-to-Market strategy (GTM)

Go-to-Market strategy (GTM) adalah rencana yang dapat membantu bisnis atau perusahaan dalam menentukan pelanggan ideal, mengoordinasikan pengiriman pesan, dan mempromosikan produk yang ingin diluncurkan.

54. Guerilla Marketing

Guerilla Marketing adalah metode pemasaran yang diterapkan bisnis yang menimbulkan efek kejutan kepada target pasar.

55. Key Performance Indicators (KPI)

Key Performance Indicators (KPI) adalah metrik atau kuantitatif yang digunakan untuk melacak kemajuan menuju sasaran pemasaran.

56. Keyword

Keyword merupakan ide dan topik yang menentukan isi konten. Dalam SEO, kata dan frasa yang dimasukkan oleh pencari ke mesin pencari.

57. Keywords Research

Keywords Research adalah proses menemukan kueri penelusuran berharga yang diketik pelanggan target Anda ke mesin telusur seperti Google untuk mencari produk, layanan, dan informasi.

58. Keyword Stuffing

Keyword Stuffing merupakan praktik yang menggunakan terlalu banyak kata kunci dalam konten untuk meningkatkan visibilitas di mesin telusur.

59. Lead Generation

Lead Generation adalah proses menarik prospek ke bisnis Anda dan meningkatkan minat mereka melalui pengasuhan untuk mencapai tujuan akhir.

60. Lifetime Value (LTV)

Lifetime Value (LTV) merupakan perkiraan terbaik dari pendapatan yang diharapkan dari pelanggan rata-rata.

61. Marketing Automation

Marketing Automation adalah sistem yang digunakan untuk mengelola kampanye pemasaran bisnis lebih efektif dan efisien.

62. Marketing Funnel

Marketing Funnel adalah representasi visual untuk memahami proses perubahan prospek menjadi pelanggan, sebagaimana ini dipahami dari perspektif pemasaran dan penjualan.

63. Marketing Mix 4P

Marketing Mix 4P merupakan konsep pemasaran yang mencakup empat elemen utama, yaitu product, price, place, dan promotion.

64. Marketing Mix 7P

Marketing Mix 7P merupakan versi lanjutan dari konsep marketing mix 4P dengan tambahan tiga unsur penting lainnya, yaitu people, process, dan physical evidence.

65. Marketing Plan

Marketing Plan adalah panduan lengkap pemasaran yang dapat membantu Anda untuk menetapkan target sasaran, memahami audiens Anda, dan mengoptimalkan strategi pemasaran bisnis Anda.

66. META tags

META tags adalah tag untuk menggambarkan berbagai aspek tentang halaman Web.

67. Multichannel

Multichannel merupakan model bisnis yang menggunakan lebih dari satu saluran penjualan.

68. Multichannel Marketing

Multichannel Marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan banyak saluran komunikasi untuk melakukan promosi.

69. Omnichannel

Omnichannel merupakan pendekatan lintas saluran yang berfokus pada pelanggan dan bertujuan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang mulus di berbagai saluran penjualan, termasuk situs web, aplikasi seluler, email, media sosial, dan toko fisik.

70. Omnichannel Marketing

Omnichannel marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara mengintegrasikan berbagai platform bisnis dalam satu sistem terpadu.

71. On-page SEO

On-page SEO adalah praktik mengoptimalkan halaman web untuk mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Ini mencakup pengoptimalan konten yang terlihat dan kode sumber HTML.

72. Off-page SEO

Off-page SEO adalah segala upaya yang dilakukan di luar situs web untuk meningkatkan peringkat mesin pencarinya.

73. Paid Ads

Paid Ads merupakan iklan berbayar yang menghasilkan lalu lintas situs web dan memastikan konten pemasaran yang diiklankan akan menjadi yang terdepan.

74. Pay-per-Click (PPC)

Pay-per-Click (PPC) adalah model periklanan digital di mana pengiklan membayar biaya setiap kali iklan mereka diklik.

75. Podcast Marketing

Podcast Marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara membuat dan mendistribusikan konten audio yang unik. Tujuannya untuk mempengaruhi dan memberi tahu mereka tentang bagaimana produk atau layanan bisnis Anda dan bermanfaat bagi mereka.

76. Remarketing

Remarketing adalah strategi pemasaran yang berusaha menghubungi target market yang berinteraksi dengan bisnis, baik melalui website, e-commerce, sosial media atau platform lainnya.

77. Return on Investment (ROI)

Return on Investment (ROI) adalah persentase keuntungan yang diterima dari jumlah investasi aset.

78. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) adalah metode pemasaran yang bertujuan untuk mengiklankan produk atau situs melalui mesin pencari.

79. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah praktik yang dilakukan untuk mengoptimalkan situs atau halaman web guna meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas dari hasil organik mesin pencari.

80. SERP (Search Engine Results Page)

SERP (Search Engine Results Page) adalah halaman yang Anda lihat setelah memasukkan kueri ke Google, Yahoo, atau mesin pencari lainnya.

81. Social Media

Social Media adalah platform komunikasi berbasis internet. Contohnya Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya.

82. Social Media Marketing

Social Media Marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan media sosial untuk terhubung dengan audiens, membangun merek, meningkatkan penjualan, dan traffic website.

83. Sponsorship

Sponsorship adalah iklan yang berupaya membangun hubungan dan integrasi yang lebih dalam antara pengiklan dan penerbit. Sering kali melibatkan penempatan di luar spanduk yang terkoordinasi.

84. Target Audience

Target Audience adalah persona klien yang ideal dalam pikiran saat menyusun strategi kampanye atau konten iklan baru.

85. Viral Marketing

Viral Marketing merupakan strategi pemasaran yang mengandalkan audiens untuk menghasilkan pesan produk atau layanan yang dikenal atau diketahui banyak orang dalam waktu singkat.


Gunakan Aplikasi Marketing Terbaik untuk Mendukung Pemasaran Anda!

Itu dia beberapa istilah marketing yang perlu Anda ketahui. Khususnya bagi Anda yang berkecimpung di dunia pemasaran seperti marketer.

Mengetahui istilah digital marketing saja tidak cukup untuk membantu memaksimalkan pemasaran. Anda juga membutuhkan aplikasi digital marketing seperti Mekari Qontak yang dapat diintegrasikan dengan sistem CRM dan Aplikasi Omnichannel untuk mengotomasi pemasaran Anda.

Lebih dari 3000 perusahaan sudah menggunakan Mekari Qontak untuk meningkatkan pemasaran dan bisnis mereka secara keseluruhan. Jadi tunggu apa lagi?

Kategori : Marketing
WhatsApp WhatsApp Sales