Mekari Qontak
Marketing

Mengenal Marketing Automation dan Manfaatnya untuk Bisnis

contoh marketing automation

Apakah Anda pernah mendengar istilah marketing automation? Otomatisasi pemasaran merupakan istilah yang merujuk pada sistem pengelolaan proses pemasaran di berbagai saluran bisnis secara otomatis.

Namun, selain berfungsi untuk membantu mengotomatiskan pemasaranmarketing automation juga dapat dimanfaatkan kebutuhan bisnis lainnya, salah satunya adalah penjualan.

Lalu, bagaimana cara kerja otomatisasi pemasaran? Apa manfaatnya? Dan seperti apa contohnya?

Untuk mengetahui semua jawaban tersebut, Anda dapat meyimak panduan lengkap marketing automation di bawah ini!

Image CTA for Marketing Automation


Apa itu Marketing Automation?

Marketing automation adalah sistem yang digunakan untuk mengelola kampanye pemasaran bisnis lebih efektif dan efisien.

Aplikasi marketing ini merupakan bagian dari fitur aplikasi CRM yang mampu menargetkan pelanggan dengan pesan otomatis melalui email, website, maupun media sosial.

Marketing automation dirancang khusus untuk mempersingkat dan menyederhanakan tugas tim marketing, mulai dari mengotomatisasi proses kualifikasi calon pelanggan hingga membuat digital campaign.

Hal ini tentu dapat membantu menghemat waktu dan tenaga, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan (return of investment) ROI sembari fokus mengembangkan bisnis.

Baca Juga: 11 Marketing Automation Software Terbaik Tahun 2022


Bagaimana Cara Kerja Marketing Automation?

Cara kerja marketing automation tidak jauh berbeda dengan namanya, yaitu dengan mengotomatiskan seluruh proses marketing. Ini termasuk mengumpulkan data yang berasal dari berbagai interaksi pelanggan, seperti email, website, dan sosial media secara otomatis.

Kemudian data tersebut dapat dilihat dengan perspektif tiap pelanggan secara 360 derajat serupa juga yang dilakukan dalam aplikasi marketing dari Mekari Qontak.

Lalu, data-data tersebut akan digunakan oleh otomatisasi pemasaran untuk mempersingkat proses segmentasi dan target pelanggan dalam menentukan audiens yang tepat.

Dengan demikian, Anda dapat menggunakan otomatisasi pemasaran untuk membuat pesan yang terpersonalisasi dan relevan melalui email, website, maupun media sosial hanya dengan beberapa klik saja.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan otomatisasi pemasaran dengan strategi berikut:

  1. Menentukan tujuan pemasaran untuk mengetahui siapa target pemasaran Anda.
  2. Berkolaborasi dengan tim lain guna memeroleh masukan dan dukungan mereka.
  3. Membuat visualisasi proses seperti diagram terperinci. Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran besar dari alur kerja marketing automation.
  4. Mempersiapkan segmentasi database untuk mengetahui siapa prospek Anda dan apa yang mereka butuhkan.
  5. Membuat strategi konten. Pastikan Anda membuat konten dengan pesan yang menarik, relevan, dan dapat menjangkau semua tahap customer life cycle.
  6. Melakukan analisis untuk mengetahui strategi atau kampanye mana yang sukses dan tidak.

Tonton video YouTube berikut untuk memahami lebih lanjut tentang cara kerja marketing automation:


Apa Saja Manfaat Marketing Automation?

Manfaat utama marketing automation adalah menyederhanakan tugas marketing, sehingga tim bisa lebih fokus mengerjakan tugas yang lebih penting.

Selain itu, otomatisasi pemasaran juga memiliki banyak manfaat lainnya yang dapat menguntung bisnis, antara lain:

  • Mengurangi tugas repetitif, tim marketing dapat menghemat waktu dan fokus pada hal lain yang lebih penting
  • Personalisasi, membuat pelanggan merasa dekat, berharga, dan berbeda
  • Segmentasi, membantu untuk mengirim konten yang relevan pada target yang tepat
  • Customer journey, membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dengan personalisasi kampanye sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan.
  • Leads generator, mempermudah Anda untuk mempromosikan bisnis ke berbagai platform sekaligus sehingga mampu banyak menjaring calon pelanggan (leads).
  • Loyal customer, membantu Anda tetap terhubung dengan pelanggan lama untuk mempertahankan loyalitas mereka.

Saya Mau Coba Gratis Marketing Automation Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Baca Juga: 15 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Terbaik


Apa Pengaruh Marketing Automation untuk Customer Journey?

Customer journey merupakan seluruh tahapan perjalanan pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis atau perusahaan. Lalu, apa hubungannya marketing automation dan customer journey?

Dalam penerapannya, otomatisasi pemasaran dapat membantu Anda untuk menyesuaikan setiap interaksi berdasarkan data pelanggan. Sehingga dapat menciptakan perjalanan yang berkelanjutan dan mulus di setiap touchpoint.

Selain itu, otomatisasi pemasaran juga dapat membantu Anda untuk menjangkau pelanggan di sepenjang perjalanan mereka, dan pada akhirnya mengubah prospek menjadi pelanggan dengan loyalitas yang tinggi.

Hal ini juga didukung dengan penelitian Nucleus, yang menunjukkan bahwa marketing automation mendorong peningkatan sebesar 14,5% dalam produkvitas penjualan dan membantu mengurangi marketing overhead hingga 12,2%.

Sementara menurut survei yang dilakukan Gleanster, 63% responden menunjukkan bahwa marketing automation mendorong kemampuan untuk menetapkan tujuan yang terukur bagi setiap kampanye pemasaran mereka.


Apa yang Dapat Dilakukan Marketing Automation untuk Bisnis?

Menghasilkan prospek dan menjaga pelanggan agar tetap terlibat sepanjang perjalanan mereka merupakan salah satu kegunaan utama marketing automation bagi bisnis.

Namun, kegunaan otomatisasi pemasaran untuk bisnis tidak hanya itu saja. Masih ada banyak hal lainnya yang dapat dilakukan otomatisasi pemasaran untuk bisnis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

– Alur kerja yang dikustomisasi

Setiap tindakan yang dilakukan oleh prospek merupakan data tambahan bagi strategi pemasaran, karena hal tersebut dapat memberi tahu Anda sebagai marketing atau pelaku bisnis tentang apa yang dicari oleh pelanggan.

Namun, pelacakan tindakan pelanggan tidak mungkin untuk dilakukan secara manual dan malah akan merepotkan.

Di sinilah marketing automation memainkan peranan penting untuk membantu bisnis dalam membuat alur kerja yang dikustom sesuai kebutuahn bisnis. Salah satunya dengan membantu melacak tindakan yang dilakukan oleh pelanggan.

Dengan demikian, marketer atau bisnis dapat memahami apa kebutuhan pelanggan dan berusaha untuk memenuhi hal tersebut semaksimal mungkin.

– Proses yang disederhanakan

Dalam penerapannya ada banyak proses pemasaran yang perlu dilakukan. Tak jarang hal ini membuat produktivitas dan kinerja tim marketer menjadi tidak maksimal. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut apabila Anda menggunakan marketing automation.

Karena, otomatisasi pemasaran dapat membantu Anda untuk menyederhanakan proses dan tahapan pemasaran secara otomatis dan mudah. Akibatnya, semua tim marketer dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja mereka semakimal mungkin.

– Integrasikan data dan hasil analisis

Penggunaan marketing automation dapat membantu bisnis untuk dengan mudah mengintegrasikan data pemasaran dengan hasil analisis yang komprehensif.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi merasa kerepotan untuk membuat analisis data pemasaran secara menyeluruh. Semua proses pemasaran dapat Anda lakukan dari awal hingga akhir dengan mudah dalam satu platform pemasaran.


Bagaimana Tips Menggunakan Marketing Automation untuk Meningkatkan Sales?

Tahukah Anda kalau ternyata otomatisasi pemasaran juga dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan?

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti strategi meningkatkan sales dengan marketing automation berikut ini!

1. Kelompokan pelanggan dan lakukan pendekatan personal

Otomastisasi pemasaran dapat memberikan Anda insight dari data-data pelanggan dan prospek yang dikumpulkan.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan insight tersebut untuk mengelompokkan pelanggan dan prospek berdasarkan kategori tertentu, seperti gender, minat, dan lain sebagainya.

Kemudian kirimkan email marketing berisi konten yang telah dipersonalisi sesuai minat pelanggan seperti yang disarankan oleh Harvard Business Review.

2. Menjaga hubungan dengan pelanggan

Pelanggan baru memang sangat penting bagi bisnis, tetapi mempertahankan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada juga sangatlah penting untuk bisnis.

Anda dapat memanfaatkan marketing automation untuk memperbarui data pelanggan dan menjaga hubungan pelanggan lama.

Selain itu, Anda juga dapat memiliki perspektif 360 derajat terkait database pelanggan, yang dapat memudahkan Anda untuk menentukan siapa pelanggan loyal dan mana yang bisa didekati kembali.

3. Menjalin komunikasi yang lebih bermakna

Otomatisasi pemasaran memungkinkan Anda untuk memberikan customer experience yang konsisten di setiap saluran bisnis. Artinya Anda dapat menangani keluhan pelanggan secara terorganisir dan terdokumentasi.

Jadi pelanggan tidak perlu mengulang keluhan atau pertanyaan ketika ingin berpindah platform saat menghubungi Anda.

4. Automation email marketing

Email marketing sangat penting bagi bisnis di era digital saat ini. Dengan menggunakan aplikasi marketing, Anda bisa mengatur notifikasi untuk follow up dan mengirimkannya secara otomatis ke pelanggan atau prospek.

Sebagai informasi, email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang mampu memberikan return of investment (ROI) besar dengan biaya promosi relatif terjangkau.

5. Lakukan analisis secara berkala

Marketing automation dapat memberikan laporan analisis dalam bentuk grafik atau bagan yang mudah dipahami. Tak hanya itu saja, laporan tersebut juga dapat memberikan trend list dan prediksi selama setahun ke depan.

Hal ini tentu dapat memudahkan Anda dalam menentukan strategi marketing untuk meraih kesuksesan dan mendekati calon pelanggan dengan cara yang sesuai.


Bagaimana Contoh Penggunaan Marketing Automation pada Bisnis?

Contoh penggunaan marketing automation bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis bisnis yang dimiliki, apakah itu B2C atau B2B.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kami telah menyiapkan contoh otomatisasi pemasaran untuk kedua jenis bisnis tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh marketing automation yang bisa dijadikan sebagai panduan:

– Contoh Marketing Automation pada B2C

1. Welcome Email

zalora-marketing-automation

Welcome email adalah kesempatan untuk membuat kesan pertama yang bagus pada subscriber Anda. Dengan marketing automation, Anda dapat membuat pengalaman yang menarik bagi subscriber melalui welcome email.

Contohnya adalah Zalora, salah satu toko fashion online terkemuka di Asia. Ketika membuka website Zalora, Anda akan langsung disambut dengan penawaran potongan harga bagi subscriber baru.

Jika Anda mengisi alamat email pada kolom tersebut, maka mereka akan mengirim welcome email yang berisi kode voucher untuk pembelian pertama. Hal ini tentu dapat menciptakan engagement pada calon pelanggan baru.

2. Email reminder

sociolla-wishlist-marketing-automation

Mengirimkan email reminder berdasarkan tanggal tertentu adalah kesempatan yang bagus, bukan hanya untuk mengirimkan pesan terjadwal saja, tetapi juga untuk membuat mereka tetap membeli dan menggunakan jasa bisnis Anda.

Sebagai contoh, e-commerce Sociolla menyimpan data pelanggan mereka, termasuk barang yang ada pada wishlist masing-masing pelanggan.

Mereka kemudian akan mengirim email reminder ketika barang tersebut sedang promo. Hal ini akan menjadi pengingat bagi customer dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Selain itu, mereka juga akan mengirimkan email pengingat jika ada barang yang tertinggal di cart atau keranjang belanja.

Sangat hebat bukan? Anda dapat mengirim email berdasarkan customer journey atau aktivitas dari setiap pelanggan dengan menggunakan otomatisasi pemasaran.

3. Ulang tahun atau anniversary

union-group-marketing-automation

Memberi ucapan selamat ulang tahun adalah strategi yang sangat efektif untuk memacu pendapatan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan.

Pastikan Anda menyimpan data ulang tahun pelanggan, lalu siapkan template untuk dikirim secara otomatis ketika tanggal ulang tahun mereka.

Cantumkan juga penawaran seperti harga khusus atau diskon ulang tahun untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian.

4.  Feedback dan review

Netflix-Feedback-Marketing-Automation

Mengirim survei untuk mendapat feedback tentang produk Anda atau meminta review terhadap produk yang telah dibeli oleh pelanggan adalah contoh lain dari manfaat marketing automation.

Email marketing seperti ini akan membuat pelanggan merasa pendapatnya didengar dan dihargai, sehingga dapat membantu bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

5. Peluncuran produk baru

Marketing-Automation-Launch-Release_Adidas_Reminder

Mengirim email mengenai peluncuran produk baru adalah cara yang bagus untuk menggapai pelanggan. Dengan memberikan informasi tentang produk baru dan penawaran tertentu, pembeli akan merasa terdorong untuk melakukan pembelian.

6. Newsletter

Newsletter

Newsletter adalaj email yang berisikan informasi tertentu. Email ini dapat diatur untuk dikirim secara otomatis setiap hari, setiap minggu, 2 minggu, atau bahkan bulan.

Email newsletter biasanya berisi kabar terbaru, tips, maupun informasi berguna lainnya untuk subscriber.

– Contoh Marketing Automation pada B2B

1.  Autoresponder WhatsaApp

Autoresponder WhatsApp

Autoresponder merupakan salah satu fitur WhatsApp API yang dapat digunakan untuk membalas pesan pelanggan secara otomatis.

Untuk mendapatkan fitur ini, Anda dapat mengintegrasikan WhatsApp Business API Anda dengan aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak. Balasan bisa berupa greeting message, harga produk, gambar produk, dan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menyediakan layanan pelanggan selama 24 jam, bahkan saat agen sedang tidak tersedia sekalipun.

Selain itu, ada fitur WhatsApp blast yang mampu menggirimkan pesan siaran ke banyak kontak sekaligus, untuk mengedukasi calon pelanggan mengenai bisnis, produk atau jasa, dan bagaimana Anda dapat membantu mengatasi permasalahan mereka.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

2. Otomatisasi berdasarkan perilaku

Kunci sukses aplikasi marketing automation adalah memberikan pesan yang tepat untuk orang yang tepat pada waktu yang tepat.

Dalam hal ini, Anda perlu membuat buyer persona yang sesuai dengan bisnis Anda. Ini bertujuan untuk memahami siapa pelanggan Anda, apa permasalahan mereka, dan mengapa bisnis Anda adalah solusi terbaik untuk mereka.

Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda dapat memaksimalkan marketing automation untuk membantu bisnis Anda menggapai target pelanggan yang sesuai.

Lebih lanjut, Anda dapat menggunakan aplikasi CRM sebagai database aplikasi marketing. Di mana Anda dapat melacak seluruh informasi dan interaksi pelanggan melalui database yang tersimpan untuk membuat buyer persona bisnis Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap CRM Marketing


Pelajari Marketing Automation dan Otomatiskan Marketing Bisnis Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Marketing automation dapat membantu tim bisnis Anda untuk meningkatkan pemasaran, penjualan, dan pada akhirnya pendapatan. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi CRM Mekari Qontak untuk keperluan otomatisasi pemasaran bisnis Anda, termasuk otomatisasi email campaign.

Dengan menggunakan aplikasi marketing Mekari Qontak Anda dapat melakukan penargetan untuk undangan perusahaan dan email campaign kepada pihak yang tepat dengan menggunakan database yang berjumlah lebih dari 1 juta. Campaign dapat di filter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi CRM Mekari Qontak juga dapat melakukan manajemen RSVP dengan disertai follow up telemarketing untuk meningkatkan conversion. Gunakan teknologi email blast internal Mekari Qontak dengan open rate >80% dan konfirmasi RSVP hingga 100%.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo gratis dan dapatkan FREE TRIAL CRM Qontak sekarang!

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales