Daftar isi
6 min read

Mengenal Pendekatan CRM untuk Marketing

Tayang 13 Januari 2022
Diperbarui 14 Desember 2023
Apa Itu CRM Marketing
Mengenal Pendekatan CRM untuk Marketing

Saat ini, pelaku bisnis semakin sadar akan pentingnya membangun hubungan dengan pelanggan. Oleh karena itu, pendekatan CRM (customer relationship management) makin dilirik oleh banyak pelaku bisnis. Salah satu yang populer adalah penggunaan CRM untuk Marketing.

Selain untuk mengelola hubungan dengan pelanggan, pendekatan CRM juga berkembang sebagai media pemasaran yang efektif atau dikenal dengan CRM marketing.

Yuk, pelajari selengkapnya mengenai CRM Marketing pada artikel berikut.


Apa Itu CRM Marketing?

CRM (Costumer Relationship Management) adalah pendekatan bisnis untuk meningkatkan hubungan pelanggan dengan cara mengelola semua interasi. Pada prosesnya pendekatan ini mengumpulkan semua interaksi dan mengalisa interaksi pelanggan.

Hasil pendekatan CRM memberikan wawasan lengkap terkait pelanggan untuk mendukung kegiatan bisnis salah satunya marketing. Oleh karena itu, ada juga yang mengenal istilah CRM Marketing.

Adapun tujuan pendekatan CRM marketing adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan hubungan pelanggan, mendorong loyalitas pelanggan, retensi, ekstensi, meningkatkan pendapatan, dan customer lifetime.

Tentunya untuk mengimplementasikan Pemasaran CRM, Anda tidak perlu repot karena sekarang sudah ada program sales marketing, yaitu software sales dan marketing yang sudah terintegrasi.

Baca juga: Definisi CRM, Manfaat dan Tujuan


Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan CRM Marketing?

Pemasaran CRM memiliki berbagai kegunaan dan keuntungan bagi kesuksesan bisnis Anda. CRM sendiri merupakan sebuah sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola interaksi-interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda.

Pendekatan CRM banyak digunakan oleh tenaga penjualan karena membantu perusahaan untuk merampingkan alur kerja bisnis sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Selain itu, software CRM juga banyak digunakan oleh tim customer service untuk mengelola layanan pasca penjualan.

Namun, perusahaan tidak hanya menggunakan program CRM marketing untuk meningkatkan penjualan maupun layanan pelanggan, tetapi juga untuk mengelola pemasaran mereka.

Dilansir dari Superoffice bahwa CRM merupakan solusi kebutuhan untuk bersaing dengan kompetitor dan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Oleh karena itu, mengubah sektor CRM menjadi industri senilai $80 miliar pada akhir tahun 2025.


Apa Manfaat CRM Marketing untuk Bisnis?

Penerapan CRM marketing pada bisnis dapat mendatangkan beberapa manfaat untuk bisnis. Manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut:

– Mendapatkan pelanggan baru

Pendekatan CRM memberikan pengalaman menyenangkan pada pelanggan. Dengan begitu meninggalkan kesan yang baik dimata pelanggan. Misalnya, Anda berusaha untuk memberi ketepatan waktu dalam pengiriman barang yang mereka pesan. Pelanggan yang puas akan ‘mengajak’ pelanggan baru untuk bergabung.

Menambah Nilai Bisnis di Mata Pelanggan

Perusahaan dapat menciptakan hubungan pelanggan yang baik dengan pendekatan. Caranya dengan menawarkan produk yang sama namun kualitasnya lebih baik. Selain itu, bisa juga menawarkan produk pelengkap terhadap barang yang telah dimiliki oleh pelanggan.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Selain menangkap pelanggan baru pendekatan CRM, juga mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada. Caranya dengan selalu memberi pelayanan terbaik agar mereka tetap menaruh kepercayaan pada produk Anda. Anda juga perlu melayani ketidakpuasan pelanggan akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

– Meningkatkan Ekstensi Pelanggan

Customer extension atau ekstensi pelanggan adalah istilah yang mencagu peningkatan kedalaman dan jangkauan produk yang dibeli pelanggan dari perusahaan, atau dikenal juga dengan pengembangan pelanggan.

Dalam hal ini, Anda dapat meningkatkan bisnis melalui ekstensi pelanggan yang diperoleh dengan pendekatan CRM maerketing. Di mana pemasaran CRM akan menciptakan brand value dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang akhirnya mendorong adanya ekstensi pelanggan dalam bisnis.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Software CRM


Bagaimana Cara Implementasi CRM untuk Mendukung Marketing?

CRM dapat digunakan sebagai strategi marketing terbaru Anda. Penggunaan software CRM dapat membantu marketing bisnis dalam banyak hal. Misalnya manajemen call center, sales force automation, marketing automation, dan customer service.

Berikut 5 teknik ekstensi pelanggan yang dapat dilakukan bisnis dengan menggunakan CRM marketing:

1. Melakukan Pendekatan Personal

Segmentasi pelanggan

Pendekatan CRM mampu membantu Anda untuk melakukan segmentasi pelanggan secara spesifik dengan mudah. Insight yang Anda peroleh dari aplikasi CRM akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan customer journey dan customer experience secara personal, agar dapat berubah menjadi pelanggan setia.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan CRM untuk mengirim email maupun konten lainnya untuk meningkatkan awareness pelanggan, menciptakan hubungan baik, hingga akhirnya mendorong mereka untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Hubungan yang baik

Selain mencari calon pelanggan potensial, Anda juga harus menjaga pelanggan yang sudah ada untuk melakukan ekstensi pelanggan. Ada beberapa hal yang dilakukan pendekatan pemasaran CRM.

Pertama adalah dengan penggunaan CRM sebagai aplikasi sales marketing. Anda dapat mengakses data pelanggan dengan mudah kapanpun dan dimanapun dibutuhkan.

Program CRM dapat melakukan update data pelanggan, atau berhubungan kembali dengan pelanggan lama Anda melalui email marketing yang personal.

Tim marketing Anda juga dapat melacak interaksi dengan pelanggan dari awal hingga akhir. Program sales marketing dapat memberikan pandangan 360 derajat terhadap pelanggan Anda.

Dengan demikian, Anda dapat menentukan siapa pelanggan paling loyal dan yang memungkinkan untuk didekati kembali.

Baca juga: Panduan Lengkap Sales Force Automation (SFA) untuk Bisnis

3. Tingkatkan Customer Experience

CRM Marketing - Tingkatkan customer experience

Aplikasi CRM memberikan Anda insight mengenai pelanggan. Wawasan tersebut dapat Anda kembangkan untuk menjalin interaksi dengan pelanggan lebih dekat.

Hal tersebut dapat meningkatkan customer experience yang lebih baik. Dengan pendekatan CRM ini, Anda dapat menangani keluhan pelanggan secara terorganisir dan terdokumentasi.

4. Otomatisasi Email Marketing

CRM Marketing - Personalisasi email marketing

Dengan CRM, Anda dapat mengintegrasikan email marketing untuk menciptakan pemasaran yang lebih komprehensif. Semua email Anda akan otomatis terekam.

Anda juga dapat membuat notifikasi untuk follow up email yang harus dilakukan. Buatlah template email yang interaktif sehingga pelanggan tertarik untuk membelinya. Ini adalah salah satu contoh marketing automation.

Email marketing memberikan return of investment (ROI) terbesar dibandingkan cara marketing lainnya. Email sangatlah cost-effective dalam mempromosikan produk, berkomunikasi dengan pelanggan, dan meraih tujuan bisnis Anda.

5. Melakukan Analisis Terprediksi

Gunakan CRM untuk Melakukan Analisis Terprediksi

Kemampuan CRM dalam melakukan analisis terprediksi adalah salah satu aset yang paling berharga. Para pelaku marketing berharap dapat melihat dan memprediksi masa depan. Program sales marketing dalam CRM dapat membuat trend list dan prediksi selama setahun ke depan.

CRM menggunakan data real yang didapat dari calon pelanggan dan pelanggan Anda. Data ini dapat memprediksi mana yang harus dikembangkan dan mana yang Anda unggul.

Dengan analisis detail yang dilakukan CRM, keduanya dapat memberikan gambaran komprehensif terhadap strategi marketing yang Anda butuhkan. Dengan demikian, Anda dapat meraih kesuksesan dan mendekati calon pelanggan dengan cara yang sesuai.


Dapatkan CRM Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

CRM marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi CRM dalam penerapannya. Tujuannya adalah menciptakan hubungan pelanggan yang lebih baik.

Dengan demikian, Anda dapat menghasilkan pemasaran yang sukses dan meningkatkan ekstensi pelanggan. Di mana untuk melakukannya, Anda perlu memilih aplikasi CRM yang dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung penjualan dan pemasaran.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang merupakan solusi end-to-end bisnis dan dapat Anda gunakan baik untuk kebutuhan pemasaran maupun penjualan.

Selain itu, aplikasi CRM Mekari Qontak juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih pendukung bisnis, seperti integrasi Omnicahnnel dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan dan dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan untuk membantu bisnis mereka. Jadi tunggu apa lagi?

Kategori : CRM
WhatsApp WhatsApp Sales