Daftar isi
9 min read

Mengenal Peran Penting CRM Digital Marketing untuk Ciptakan Kepuasan Pelanggan

Tayang 11 Maret 2024
Diperbarui 19 Maret 2024
Mengenal Peran Penting CRM dalam Digital Marketing
Mengenal Peran Penting CRM Digital Marketing untuk Ciptakan Kepuasan Pelanggan

CRM merupakan komponen terpenting untuk marketing bisnis di era digital saat ini. Hal ini tak lepas dari kemampuan CRM dalam mengelola database pelanggan, interaksi pelanggan atau segala sesuatu yang berkaitan dengan pelanggan.

Selain itu, bisnis juga bisa fokus menargetkan pelanggan dengan memberikan kampanye pemasaran yang dipersonalisasi. Hal ini meningkatkan peluang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Lalu apa saja peran CRM dalam pemasaran? Apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah menerapkan strategi CRM  dalam digital marketing? Apa saja penyedia aplikasi CRM terbaik untuk bisnis Anda. Temukan semua jawabannya pada artikel di bawah ini.


Apa itu CRM Digital Marketing?

Sebelum lebih jauh membahas crm digital marketing, ada baiknya untuk mengetahui pengetian dari CRM.

CRM adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengelola seluruh interaksi atau data pelanggan dalam satu database. Dari data terkumpul memudahkan Anda untuk menyusun strategi yang berkaitan dengan pelanggan seperti kampanye pemasaran digital yang efektif.

CRM dalam digital marketing berfungsi untuk mengetahui apa yang pelanggan butuhkan atau trend pasar. Hal ini memudahkan Anda untuk meluncurkan kampanye digital marketing yang lebih efektif atau tepat sasaran.

Selain itu, penggunaan CRM juga membatu meningkatkan perfroma pemasaran digital secara keseluruhan. Sebuah studi seperti yang dilansir dari stefanstroe melaporkan penggunaan automatisasi CRM menunjukan statistik berikut:

  • Lead nurturing: 57%
  • Sales revenue: 47%
  • Meningkatkan customer engagement rates: 36%
  • Meningkatkan produktivitas marketing: 29%

Baca juga: Mengenal Apa itu CRM


Apa Peran Penting CRM dalam Digital Marketing?

CRM berperan penting dalam mengumpulkan data pelanggan. Data tersebut berguna untuk menyusun strategi digital marketing.

Bisnis dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk memunculkan iklan penjualan saat mereka berada di Facebook atau Twitter. Iklan tersebut akan mengingatkan pelanggan tentang barang yang mereka butuhkan. Hal ini dapat mendorong mereka untuk kembali ke situs website Anda

Selain hal tersebut, terdapat peran penting lainnya dalam penggunaan CRM untuk pemasaran digital seperti berikut:

  • Personalisasi Kampanye Pemasaran

Berdasarkan data CRM, Anda dapat mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan. Selain itu, CRM juga memberikan Anda identitas pelanggan (usia, jenis kelamin, tempat tinggal dan lainnya) serta riwayat penelusuran online mereka.

Semua informasi tersebut dapat Anda manfaatkan untuk membuat kampanye pemasaran digital yang dipersonalisasi. Hal ini mendorong pelanggan agar tertarik dengan iklan yang Anda buat.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Personalized Marketing 

  • Koneksi Digital

Anda dapat menggunakan CRM untuk membuat koneksi dari pelanggan Anda. Anda bisa memilih koneksi pelanggan untuk menemukan prospek. Kemudian Anda bisa mendekati mereka dengan kampanye digital secara personal.

Kirimkan email pribadi menyarankan produk serupa dengan riwayat pembelian pelanggan sebelumnya. Selain itu, Anda dapat membuat blog atau artikel mengenai hal-hal yang mungkin diminati pelanggan Anda dari data yang tersimpan di CRM.

Ketika Anda memiliki informasi yang relevan di halaman Anda, pelanggan akan tertarik untuk lebih jauh menelusuri website atau toko online Anda.

  • Dapatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan aplikasi CRM, Anda memiliki semua riwayat interaksi pelanggan. Dari riwayat tersebut, Anda dapat mengetahui apa yang disukai atau tidak disukai pelanggan, dan hal-hal apa yang Anda lakukan untuk memuaskan pelanggan.

Selanjutnya, Anda dapat membuat strategi pemasaran untuk setiap perwakilan layanan pelanggan Anda yang akan memungkinkan mereka untuk membuat pelanggan yang puas dari setiap panggilan.

Infograpic peran CRM dalam Digital marketing


Apa Keuntungan CRM untuk Digital Marketing?

CRM akan otomatis mengelompokkan pelanggan berdasarkan proses interaksi yang sedang mereka jalani. Dari pengelompokkan tersebut, Anda dapat memantau atau melakukan aksi yang tepat sesuai dengan tahapan mereka.

Keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan setelah menggunakan CRM in digital marketing adalah

  • Manajemen Prospek

CRM membantu Anda melakukan mendapatkan pelanggan baru melalui manajemen prospek. Sistem CRM akan melacak respons dan interaksi target prospek. Sistem ini juga menyajikan data melalui alat seperti penilaian prospek untuk menunjukkan kontak mana yang layak di follow up berdasarkan kemungkinan mereka untuk berkonversi. Hal ini memungkinkan tim penjualan Anda lebih produktif.

  • Marketing Automation

CRM menyederhana alur kerja marketing dengan sistem otomatisasi. Aplikasi ini juga secara otomatis mengumpulkan data pelanggan terkait informasi dan interaksi pemasaran. Hal ini membantu Anda untuk menciptakan pengalaman pemasaran yang dipersonalisasi, tersegmentasi, dan tepat untuk prospek atau pelanggan.

Baca juga: Kenali Apa itu Marketing Automation

  • Analisa Perfroma Pemasaran

Pengguna CRM dapat melihat semua riwayat interaksi pelanggan dalam satu dasbor. Hal ini memudahkan Anda dalam melihat data-data yang tersimpan untuk melakukan analisa mendalam mengenai kebutuhan pelanggan dan kampanye pemasaran yang tepat untuk menjangkau mereka.

  • Melacak Aktivitas Pemasaran secara Real Time

Aplikasi CRM memiliki papan kanban yang akan menampilkan semua interaksi pelanggan pada setiap tahapannya.

Dari visualisai tersebut, Anda dapat melacak secara real time progress kampanye pemasaran yang Anda jalani. Dengan begitu, bisnis bisa mengetahui keberhasilan kampanye pemasaran dan mengidentifikasi kendala yang terjadi.


5 Rekomendasi CRM Terbaik untuk Digital Marketing

1. Mekari Qontak

CRM Digital Marketing_Mekari Qontak

Mekari Qontak penyedia aplikasi CRM lokal terbaik yang dapat digunakan untuk otomatisasi marketing. Aplikasi CRM Mekari Qontak dapat menyimpan data pelanggan secara otomatis. Hal ini memudahkan Anda untuk melakukan kampanye pemasaran yang dipersonalisasi.

CRM Mekari Qontak mudah dihubungkan dengan chat panel seperti WhatsApp Business API, media sosial, dan berbagai saluran lainnya yang  bisnis gunakan.

Dengan demikian, Anda dan tim marketing dapat melakukan berbagai tugas lebih mudah. Termasuk dalam tugas pengumpulan database prospek, berinteraksi dengan prospek , mengirimkan promosi, dan banyak lagi.

Harga berlanggan Mekari Qontak dapat diketahui dengan klik di sini.

Fitur yang Mekari Qontak tawarkan sebagai berikut:

  • Segmentasi pelanggan yang lebih baik dan spesifik
  • Akses data pelanggan yang mudah kapan pun
  • Email marketing yang personal dan terotomatisasi
  • Menciptakan pengalaman pelanggan menjadi lebih bai
  • Pelacakan interaksi dengan pelanggan dari awal hingga akhir
  • Analisis pemasaran yang lengkap dan akurat untuk menentukan strategi pemasaran selanjutnya yang lebih efektif

Kelebihan Mekari Qontak (Pros)

Kekurangan Mekari Qontak (Cons)

  • Dapat menentukan dan menarik pelanggan tertarget sehingga promosi dan kampanye yang  tidak akan sia-sia.
  • Data dapat disimpan dan diletakkan sesuai kategori yang tepat secara otomatis.
  • Tim marketing dapat mengakses data kapan saja dan dimana saja dengan mudah.
  • Memiliki e-mail marketing yang bersifat personal dan terotomatisasi.
  • Dengan penanganan keluhan serta pemberian respon yang lebih cepat dan professional, pengalaman pelanggan terhadap bisnis Anda menjadi lebih baik.
  • Pelacakan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan tersedia sejak awal hingga akhir.
  • Memberikan laporan dan analisis bisnis yang lengkap dan akurat sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan strategi pemasaran selanjutnya.
 

  • Dengan fitur yang lengkap tersebut, sayangnya Mekari Qontak masih fokus pada market lokal.

Baca juga: 15 Marketing Tools yang Wajib Digunakan Bisnis

2. Keap

CRM Digital Marketing_Keap

Keap menawarkan solusi all in one untuk penjualan, pemasaran hingga layanan pelanggan. CRM Keeps membantu Anda meningkatkan efisiensi alur kerja bisnis. Aplikasi ini mengelola semua interaksi pelanggan secara otomatis dalam satu platform.

Keeps memiliki fitur pelaporan luar biasa yang memudahkan Anda menjalankan analisis pada kampanye email, kinerja saluran penjualan, dan data ROI.

Harga: mulai dari $ 56 per bulan.

Kelebihan Keeps (Pros)

Kekurangan Keeps (Cons)

  • Solusi CRM total lengkap dengan otomatisasi penjualan dan alat pemasaran.
  • Akses riwayat percakapan pelanggan, integrasi formulir prospek untuk mengubah pengunjung situs web menjadi kontak, dan mengelompokkan prospek dan pelanggan dengan cara yang canggih (termasuk industri, nilai seumur hidup, dan lokasi).
  • Fitur urutan email pribadi sangat membantu penjual, tampilan peta, panggilan dan perekaman telepon dalam aplikasi, rangkaian otomatisasi penjualan, dan alat pelaporan yang dapat disesuaikan sepenuhnya.
 

  • Log kesalahan tidak terlalu membantu.
  • Jika Anda salah mengonversi prospek menjadi kontak, Anda tidak dapat menurunkannya kembali menjadi prospek.
  • Customer support terkadang tidak responsif.

3. Freshworks

CRM Digital Marketing_Freshworks

Freshworks adalah aplikasi CRM memiliki fitur analitik terperinci. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk memahami pelanggan, penilaian prospek potensial, segmentasi pasar, dan sebagainya.

Dari informasi yang terkumpul, memudahkan Anda dalam menjalankan strategi pemasaran yang dipersonalisasi kepada setiap pelanggan. Dengan begitu, meningkatkan klik, konversi, dan keterlibatan pelanggan secara keseluruhan untuk aktivitas pemasaran perusahaan.

Harga: mulai dari $ 29 per bulan

Kelebihan Freshworks (Pros)

Kekurangan Freshworks (Cons)

  • Customer life cycle dapat dengan mudah dilacak dengan dukungan AI.
  • Umpan aktivitas sangat komprehensif dan tidak memerlukan add-on pihak ketiga yang mahal.
  • Filter tampilan bisnis dapat dengan mudah dibuat dan dimodifikasi.
  • Pengujian A/B, peta panas, dan alat pengoptimalan lainnya memudahkan untuk menutup pelanggan.
 

  • Log kesalahan tidak terlalu membantu.
  • Jika Anda salah mengonversi prospek menjadi kontak, Anda tidak dapat menurunkannya kembali menjadi prospek.
  • Dukungan terkadang tidak responsif.

4. ActiveCampaign

CRM Digital Marketing_ActiveCampaign

ActiveCampaign adalah tools yang menghubungkan Anda dengan pelanggan untuk menawarkan produk lebih efektif. Aplikasi ini dapat untuk melacak setiap interaksi pelanggan secara real time.

ActiveCampaign memiliki fitur otomatisasi pemasaran, yang membantu meningkatkan produktivitas tim dan penjualan bisnis.

Harga : mulai dari $ 9 per bulan

Kelebihan ActiveCampaign (Pros)

Kekurangan ActiveCampaign (Cons)

  • Segmentasi otomatis membantu membuat kampanye bertarget.
  • Opsi penjawab otomatis membantu meningkatkan komunikasi dengan pelanggan.
  • Otomatisasi pemasaran yang fleksibel mengurangi beban kerja dalam melakukan tugas yang berbeda.
  • Dukungan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga.
 

  • Tampilan UX sulit dipahami.
  • Fitur Manajemen prospek tidak lengkap

5. EngageBay

CRM Digital Marketing_Engagebay

EngageBay adalah aplikasi CRM yang terintegrasi untuk membantu penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan. Aplikasi pemasaran online ini berbasis cloud memungkinkan bisnis untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan serta mempertahankannya untuk seterusnya.

Harga: mulai dari $ 8.99 per bulan untuk setiap pengguna.

Kelebihan EngageBay (Pros)

Kekurangan EngageBay (Cons)

  • Cepat dan mudah digunakan
  • Memiliki banyak fitur pilihan dengan harga yang mampu bersaing
  • Terintegrasi dengan aplikasi lainnya dengan mudah
  • Mudah untuk mengirimkan email marketing
 

  • Beberapa fitur kurang lengkap seperti Google Meet dan calendar events
  • Optimalisasi mobile harus dilakukan secara manual
  • Tidak mendukung marketing lewat SMS
  • Terkadang terjadi masalah saat menggunakannya, tapi panduan untuk menyelesaikan masalah tersebut terbatas

Baca Juga: 19 Aplikasi CRM Terbaik 2023 untuk Bisnis


Gunakan CRM untuk Strategi Digital Marketing Anda Sekarang!

Penggunaan CRM dalam pemasaran sudah wajar di era digital saat ini. Hal paling menonjol dari penggunaan CRM adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Dikarenakan CRM mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan melalui pengalaman yang dipersonalisasi.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM nomor satu di Indonesia. Aplikasi CRM Mekari Qontak mampu menyederhanakan proses pemasaran Anda melalui fitur marketing automation.

Sebagai partner resmi WhatsApp Business API, Mekari Qontak memudahkan Anda untuk melakukan broadcast kampanye pemasaran Anda. Hal tersebut memudahkan dalam pemasaran digital.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan di Indonesia untuk melakukan pemasaran bisnis yang lebih efektif. Mekari Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim Ahli Mekari Qontak Gratis di sini.

Kategori : CRMMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales