Daftar isi
4 min read

Cara Memanfaatkan Telegram untuk Bisnis Berjualan

Tayang 08 Maret 2024
Diperbarui 15 Juli 2024
Panduan penggunaan telegram untuk kebutuhan bisnis
Cara Memanfaatkan Telegram untuk Bisnis Berjualan

Telegram merupakan salah satu platform media sosial dengan jutaan pengguna aktif di dunia. Layaknya platform media sosial umumnya, pengguna bisa berinteraksi seperti berbagi cerita, diskusi dan aktivitas lainnya di Telegram.

Popularitas Telegram mengundang sejumlah pelaku bisnis untuk mencoba peruntungan dengan melakukan promosi pada platform tersebut. Selain itu, sejumlah pelanggan juga mulai tertarik untuk berkomunikasi langsung dengan bisnis melalui Telegram.

Lalu apakah pemanfaatan Telegram untuk bisnis cukup efektif? Bagaimana pula cara mengoperasikan Telegram.

Yuk, temukan jawaban pertanyaan tersebut pada artikel berikut.

Apakah Telegram Bisa Digunakan untuk Kepentingan Bisnis?

Ya, Telegram bisa digunakan untuk kepentingan bisnis dan juga pribadi. Telegram mengembangkan fitur-fitur yang mendukung kebutuhan bisnis dalam memasarkan dan menjual produk hingga layanan pelanggan layaknya platform media sosial lainnya.

Apa Keuntungan Bisnis Menggunakan Telegram?

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa Telegram bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mereka. Hal ini karena Telegram memberikan sejumlah keuntungan seperti berikut:

  • Memberikan fasilitas bisnis untuk berbicara langsung dengan pelanggan
  • Menyediakan layanan pelanggan selama 24 jam non stop secara otomatis
  • Mengumpulkan informasi pelanggan
  • Mengukur efektivitas pemasaran digital
  • Memahami bagaimana interaksi pelanggan dengan bisnis untuk terus menjaga komunikasi berkelanjutan

Apa saja Fitur Telegram untuk Business?

Keuntungan di atas bisa didapatkan saat berhasil memanfaat fitur-fitur Telegram dengan optimal. Berikut Fitur Telegram yang khusus didesain untuk kembangkan bisnis antara lain:

  • Privasi

Fitur pertama memastikan semua interaksi dan informasi pelanggan terjamin kerahasiaannya. Telegram mengenkripsi semua pesan, sehingga mencegah pihak lain untuk menyusup dan menyalahgunakan isi percakapan.

  • Saluran atau Group

Fitur kedua memungkinkan bisnis untuk membuat channel atau group sendiri. Ada dua jenis channel yang bisa pengguna buat yaitu untuk kebutuhan pribadi dan publik.

Sementara untuk kebutuhan bisnis disarankan untuk membanggun saluran publik yang memungkinkan pengguna telegram bergabung tanpa undangan.

Pada Channel Telegram bisa beranggotakan maksimal 200.000 orang. Hal ini kesempatan besar untuk bisnis yang ingin membangun komunitas pelanggan atau calon klien mereka.

  • Chatbot Telegram

Telegram juga memiliki fitur chatbot yang mampu mensimulasikan percakapan pelanggan, sehingga meminimalisir pekerjaan agen CS. Chatbot bekerja otomatis dalam memproses pendaftaran, mengumpulkan informasi kontak, menanggapi permintaan produk, dan mengirim pemberitahuan atau pembaruan hingga menanggapi berbagai pertanyaan pelanggan.

“Akun Telegram bisa berfungsi lenih efisien dengan menambahkan chatbot sebagai asisten virtual yang akan merespon semua atau beberapa percakapan. Chatbot dapat mengotomatisasi layanan pelanggan ke tingkat yang lebih tinggi,” kata founder Telegram, Pavel Durov.

Baca juga:  Apa itu chatbot?

  • Open API

Fitur terakhir yang Telegram kembangkan untuk bisnis adalah open API. Fitur ini memungkinkan Telegram untuk dihubungkan dengan platform lain yang mereka gunakan. Dalam hal ini memudahkan dalam pengoperasian Telegram sebagai media komunikasi bisnis.

Baca : Cara Membuat dan Membagikan Link Telegram Bisnis

Bagaimana Penggunaan Telegram untuk Bisnis secara Optimal?

Fitur-fitur yang Telegram miliki membantu membangun komunikasi dengan pelanggan. Namun selain itu, masih banyak hal yang bisa dilakukan melalui Telegram.

Berikut tips agar bisnis mendapatkan keuntungan maksimal dengan menggunakan Telegram:

1. Berkomunikasi Langsung dengan Pelanggan

Langkah pertama, bisnis bisa menyampaikan informasi langsung kepada pelanggan melalui Telegram. Hal ini mengurangi miskomunikasi terkait produk atau promosi yang bisnis tawakan.

Di sisi lain, pelanggan dapat dengan nyaman menghubungi perusahaan tentang masalah, informasi, atau pertanyaan pembayaran. Hal ini memudahkan bisnis untuk merespon. Metode komunikasi seperti ini bisa mengurangi jumlah pengembalian produk karena miskomunikasi.

2. Distribusi Konten

Tahapan selanjutnya, bisnis bisa secara konsisten mengirimkan content marketing melalui Telegram. Konten tersebut bisa berupa product knowledge atau pesan promosi yang dapat menarik minat audiens.

Baca juga: Tips membuat content marketing 

3. Berjualan di Telegram

Kemudian, bisnis juga bisa menggunakan Telegram sebagai saluran penjualan dengan menambahkan tautan “Live Shopping” ke dalam pesan promosi yang dibagikan.

4. Memaksimalkan Fungsi Chatbot

Terakhir, gunakan chatbot untuk membantu untuk mengirim informasi dan pesan promosi secara otomatis di Telegram. Misalnya seperti yang dilakukan oleh bot Telegram WordPress secara otomatis mengirimkan newsletter Telegram setiap ada postingan baru di blog.

Selain itu, bisnis juga memanfaatkan chatbot untuk menjawab pertanyaan yang sering muncul (FAQ) secara otomatis, atau menyediakan informasi yang dipersonalisasi kepada pengguna menggunakan database yang terhubung.

Chatbot juga dapat berfungsi sebagai etalase virtual. Atur Chatbot agar bisa mengirimkan katalog produk lengkap dengan deskripsi dan harga setiap kali ada pelanggan yang bertanya. Tujuannya untuk membantu pelanggan berbelanja lebih mudah.

Optimalkan Penggunaan Telegram untuk Memenuhi Kebutuhan Bisnis

Telegram menjadi salah satu alternatif bisnis untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Fitur-fitur yang Telegram miliki mendukung bisnis untuk melakukan aktivitas pemasaran dan layanan pelanggan dengan efisien.

Namun terkadang, bisnis kewalahan dalam mengelola pesan yang masuk. Akibatnya banyak pesan yang terlewatkan, sehingga membuat pelanggan kecewa dan berpaling ke kompetitor.

Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan aplikasi Omnichannel dari Mekari Qontak. Aplikasi Omnichannel mampu menghubungkan berbagai platform dalam satu sistem terpadu. Hal ini memudahkan bisnis untuk melacak serta merespon pesan pada masing-masing saluran.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim Ahli Mekari Qontak Gratis Sekarang.

Referensi

Kategori : BisnisBisnis Tools
WhatsApp WhatsApp Sales