Daftar isi
4 min read

Cara Membuat dan Membagikan Link Telegram Bisnis

Tayang 05 Maret 2024
Diperbarui 15 Maret 2024
Cara membuat link telegram untuk bisnis
Cara Membuat dan Membagikan Link Telegram Bisnis

Telegram memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif bulanan dengan ribuan saluran atau grup seperti dilansir dari demandsage.com. Angka tersebut diproyeksikan meningkat hingga satu miliar pengguna pada akhir tahun 2024.

Kepopuleran ini banyak dimanfaatkan oleh sebagian bisnis untuk mempromosikan produknya ke pelanggan. Tidak jarang pula, bisnis membagikan link Telegram mereka ke media sosial lainnya untuk memperluas jangkauannya.

Simak penjelasan selengkapnya mengenai apa itu Telegram, cara membuat dan membagikan link Telegram pada artikel berikut.

Apa itu Link Telegram?

Link Telegram adalah tautan yang memungkinkan orang untuk memulai percakapan pribadi atau bergabung dalam grup Telegram. Tautan tersebut bisa dilihat pada profil Telegram yang biasanya diawali dengan t.me/, kemudian diikuti username.

Umumnya pengguna akan membagikan Telegram link pada grup atau platform media sosial untuk memudahkan komunikasi dengan orang lain tanpa harus mengetahui nomor telepon masing-masing.

Sementara bagi bisnis, keberadaan link Telegram memudahkan calon pelanggan yang juga pengguna Telegram untuk bergabung ke channel atau grup  mereka. Hal ini berimbas pada peningkatan engagement dan interaksi dengan pelanggan yang tinggi.

Baca juga: Cara Meningkatkan Engagement di Media Sosial

Apa Manfaat Link Telegram untuk Bisnis?

Keberadaan tautan telegram membantu bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka lebih mudah seperti disinggung sebelumnya. Namun selain itu, masih banyak keuntungan yang bisa bisnis dapatkan dengan membagikan link Telegram di berbagai media komunikasi bisnis seperti email, SMS, dan WhatsApp.

Manfaat dari link telegram yang bisa bisnis dapatkan adalah

  • Memiliki jangkauan lebih luas karena batas maksimal anggota grup telegram 5 atau 10 juta pengguna, berbeda dengan WhatsApp grup yang hanya 200 orang dengan rata-rata tingkat jangkauannya sekitar 10%
  • Tingkat tanyang (impression) dari Telegram rata-rata 20% atau lebih besar dari Instagram (3%) dan Facebook (4%)
  • Memudahkan untuk promosi dan mengedukasi audiens lebih baik melalui grup Telegram yang memiliki tingkat jangkauan dan impression yang tinggi
  • Menyediakan dukungan layanan pelanggan otomatis selama 24/7 dengan menghubhngkan Telegram dan Chatbot
  • Meningkatkan keterlibatan audiens dengan melakukan jajak pendapat atau kuis melalui tautan Telegram

Cara Membuat Link Telegram Melalui t.me

Berikut cara untuk membuat Link Telegram melalui t.me:

  • Buka pengaturan profil Telegram untuk mengetahui username
  • Salin dan tempel username tersebut setelah tautan https://t.me/
  • Bagikan tautan tersebut di lokasi yang mudah dijangkau
  • Klik tanda centang di sudut kanan atas untuk menyimpan perubahan
  • Tautan undangan Anda akan muncul di profil Grup Telegram atau Channel Telegram Anda

Cara Membagikan atau Mengirim Link Telegram

Setelah berhasil membuat link Telegram, Anda bisa membagikan tautan tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Telegram
  • Masuk ke percakapan grup atau channel yang ingin Anda bagikan link
  • Klik nama grup atau channel yang ada di bagian atas layar
  • Cari link undangan dalam format t.me/username pada bagian bawah profil deskripsi
  • Klik untuk membagikan link, Anda juga bisa menyalin link dengan mengklik di bagian bawah pop-up

Contoh Penggunaan Link Telegram yang Tepat

Berikut cara terbaik agar link Telegram bisa membantu meningkatkan engagement:

1. Sisipkan pada Pesan yang Dipersonalisasi

Tips pertama adalah buat pesan atau keterangan yang dipersonalisasi. Kemudian sertakan tautan Telegram pada pesan tersebut. Cara ini lebih efektif untuk mendorong keterlibatan audiens mengklik tautan tersebut.

2. Bagikan pada Platform Media Sosial

Cara kedua adalah dengan menambahkan link Telegram di profil sosial media bisnis. Tujuannya untuk memudahkan audiens menemukan link tersebut. Anda juga bisa menambahkan telegram di konten sosmed seperti story IG, status WA dan lainnya.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Media Sosial

3. Buat Event Interaktif

Dorong keterlibatan audiens dengan mengadakan jajak pendapat atau sekedar meminta feedback dari mereka. Selain itu, Anda juga bisa membuat kuis atau promo lainnya. Tentu saja syaratnya mereka perlu mengklik link Telegram yang Anda tambahkan untuk diskusi lebih lanjut di grup.

4. Buat Kode QR

Cara lain agar audiens mudah mengakses link Telegram Anda adalah membuat kode QR. Kemudian tambahkan QR tersebut pada konten marketing Anda. Jadi ketika audiens memindai kode QR, mereka akan diarahkan ke grup telegram Anda untuk memulai percakapan.

5. Jadikan Link Telegram sebagai CTA

Cara terakhir adalah menyertakan tautan Telegram pada CTA (Call To Action) konten marketing Anda. CTA tersebut akan mengarahkan audiens bergabung ke grup Telegram bisnis Anda.

Baca juga: Contoh Call to Action untuk Tarik Banyak Pelanggan

Bagikan Link Telegram Anda Sekarang

Demikian penjelasan mengenai link Telegram yang bisa bisnis manfaatkan untuk memperluas jangkauan pasar. Hal ini membuka kesempatan bisnis untuk meningkatan penjualan dan pendapatan.

Cara membuat link Telegram juga relatif mudah melalui t.me. Kemudian, Anda bisa membagikan link tersebut pada platform media sosial untuk menarik pelanggan untuk bergabung dalam grup atau channel bisnis Anda di Telegram.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi omnichannel terpercaya di Indonesia. Aplikasi Omnichannel Mekari Qontak mampu menghubungkan berbagai saluran media sosial. Hal ini memudahkan bisnis untuk merespon semua interaksi pelanggan dalam satu platform terpadu.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim Ahli Mekari Qontak Gratis Sekarang.

Referensi

Kategori : Marketing
WhatsApp WhatsApp Sales