Mekari Qontak
Marketing Other Business

Pengertian Event Marketing, Jenis, Strategi dan Contohnya

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Sebagai pebisnis, sebagian mungkin pernah mendengar tentang istilah event marketing. Namun sebagian lagi bisa jadi masih merasa bingung dengan istilah yang satu ini. Karena tidak semua pelaku bisnis memutuskan untuk menggunakan strategi tersebut untuk meningkatkan penjualan dan bisnisnya.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang apa itu event marketing, tujuan, manfaat, jenis, dan contohnya pada artikel berikut ini!

Image CTA Omnichannel


Apa Itu Event Marketing?

Event marketing adalah strategi pemasaran untuk mengenalkan bisnis dan usaha dengan jalan menjadi sponsor sebuah acara. Sehingga dengan demikian para peserta dalam acara tersebut akan mengenali dan tertarik dengan produk sponsor.

Adapun strategi ini merupakan salah satu strategi pemasaran bisnis yang layak Anda pertimbangkan. Apa lagi ada banyak jenis event marketing yang terbukti berhasil membuat bisnis menjadi lebih meningkat.


Apa Tujuan Event Marketing?

Tujuan Event Marketing

Seperti halnya berbagai aktivitas marketing atau pemasaran lainnya, maka ada beberapa tujuan event marketing yang umumnya ingin didapatkan. Terutama bagi sebuah pebisnis untuk memastikan bahwa strategi pemasaran ini dapat berhasil secara optimal.

Adapun tujuan dari event marketing ialah sebagai berikut:

1. Meningkatkan permintaan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan

Melalui strategi pemasaran seperti ini, maka makin banyak calon atau target konsumen yang mengenali produk serta jasa tersebut. Sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan keinginan untuk mendapatkan produk dan jasa yang Anda promosikan tadi.

Dengan demikian permintaan akan lebih banyak dan makin meningkat sesuai ekspektasi pebisnis.

 2. Mengenalkan sebuah produk baru

Dengan strategi yang satu ini, maka lebih mudah bagi para konsumen dalam mengenal dan mengetahui adanya produk yang baru di pasaran. Karena melalui strategi tersebut, konsumen dapat melihat produk secara langsung dan bahkan mencobanya. Hal ini bisa mempercepat Anda untuk meluncurkan produk.

3. Memperluas target konsumen

Melalui acara yang diselenggarakan di berbagai tempat, akan lebih mudah menggaet konsumen di tempat yang berbeda-beda. Sehingga target marketing akan meluas dan jumlah konsumen juga dapat bertambah makin banyak.

 4. Membangun hubungan dengan konsumen

Dengan strategi yang satu ini, maka akan ada lebih banyak keuntungan yang bisa peroleh dalam waktu tertentu. Semakin banyak event yang Anda ikuti, maka makin banyak konsumen yang merasa dekat dengan produk yang Anda tawarkan. Sehingga memperbesar potensi keuntungan yang bisa Anda peroleh dari strategi ini.

Baca Juga: Pengertian Direct Marketing, Manfaat, dan Jenisnya


Apa Saja Manfaat Event Marketing?

Strategi event marketing juga memiliki banyak manfaat seperti berikut:

– Meningkatkan Brand Awareness

Strategi ini membantu meningkatkan brand awareness terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Konsumen akan lebih mudah mengetahui dan memahami produk yang Anda jual. Apalagi jika mencoba mengenalkan produk yang baru, maka lebih mudah membuat target konsumen mengetahuinya.

– Menghasilkan Prospek yang Lebih Baik

Strategi ini juga mampu menghasilkan prospek bisnis yang lebih baik. Karena berkat adanya pemasaran melalui event tertentu, akan lebih banyak orang yang mengetahui produk yang ditargetkan. Sehingga kedepannya akan lebih banyak keuntungan yang bisa diperoleh bagi para pebisnis.

– Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Dengan strategi tersebut, otomatis konsumen akan dapat terlibat lebih jauh dengan produk dan perusahaan. Sehingga ada interaksi positif maupun masukan untuk mengembangkan produk ke arah yang lebih baik.

– Memperluas Jaringan Bisnis

Teknik pemasaran yang satu ini juga dapat memberikan manfaat berupa jaringan bisnis yang lebih luas. Dengan mengenalkan sebuah produk dan layanan pada pihak tertentu, maka makin banyak yang mengenal bisnis tersebut. Potensi kerja sama akan dapat terwujud lebih mudah dan maksimal.


Apa Saja Jenis Event Marketing?

Dalam menjalankan strategi pemasaran ini, tentunya ada banyak jenis yang bisa diketahui oleh para pelaku bisnis. Jenis jenis event marketing ini umumnya cukup beragam sehingga memberikan banyak pilihan untuk para pengusaha dan pebisnis.

Namun demikian untuk beberapa pebisnis masih belum memilih gambaran tentang jenis tersebut. Maka dari itu bila ingin tahu secara detailnya, berikut ini beberapa jenis event marketing untuk memasarkan produk dari sebuah brand adalah

1. Konser Musik

Jenis Event Marketing Konser Musik

Menjadi sponsor pada sebuah konser musik merupakan keputusan yang tepat. Apa lagi jika produk dan jasa yang ditawarkan masih berhubungan dengan konser tersebut.

Oleh karena itu tidak heran jika ada banyak produk yang umumnya tertarik untuk menjadi sponsor event semacam ini. Sebagian besar merupakan produk makanan dan minuman, sisanya beberapa produk merchandise yang sejalan dengan semangat konser.

Dengan ide semacam ini, makin banyak konsumen yang mengenali produk dan tertarik melakukan pembelian.

2. Pameran

Jenis Event Marketing Pameran

Ada banyak acara pameran yang diselenggarakan setiap harinya. Namun tentu saja ada beberapa pameran besar favorit yang ditunggu-tunggu oleh banyak peminat.

Tentu saja mengikuti pameran besar yang bergengsi menjadi ajang yang tepat untuk mempromosikan produk. Misalnya saat event pameran ibu dan bayi, ada banyak produk untuk bayi dan balita yang berlomba-lomba menawarkan produknya.

Atau katakan pada pameran otomotif besar yang bergengsi, beberapa produk memutuskan untuk menjadi sponsor utama. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak konsumen melalui event yang menarik tersebut.

3. Pertandingan Olahraga

Jenis Event Marketing Pertandingan Olahraga

Pertandingan olahraga seperti sepak bola dan bulu tangkis selalu berhasil menyedot perhatian. Maka dari itu strategi event marketing pada acara semacam ini merupakan salah satu keputusan yang tepat dari pada pebisnis.

Sebut saja produk-produk seperti minuman berenergi atau multivitamin dan sejenisnya. Pastinya berhasil menyedot perhatian sejumlah besar pengunjung yang datang pada acara pertandingan tersebut.

4. Seminar

Jenis Event Marketing Seminar

Aktivitas seminar juga merupakan salah satu bentuk event yang menjadi incaran beberapa jenis sponsor. Karena pada acara tersebut umumnya hadir beberapa orang penting dan bahkan public figure.

Sehingga ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengenalkan produk baru dan mendapatkan lebih banyak konsumen. Maka dari itu tidak heran jika banyak seminar besar umumnya mendapatkan sponsor utamanya dengan mudah.

Baca Juga: Definisi, Manfaat, dan Tahapan Marketing Funnel


Faktor-faktor yang menentukan keberhasilan Event Marketing

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan event marketing seperti berikut:

– Susunan Acara yang Sempurna

Pertama komponen yang mempengaruhi kesuksesan event adalah rundow atau susunan acara. Artinya Anda perlu menyusun rangkaian acara dengan cermat sehingga bisa berhasil dengan sempurna. Semakin detail susunan acara yang Anda buat, akan memudahkan dalam pelaksanaannya nantinya.

Selain itu, dengan adanya rundown memudahkan untuk mengukur seberapa berhasilnya event yang Anda jalankan. Apakah telah sesuai dengan target atau malah berantakan. Untuk itu, Anda perlu menuliskan susunan acara lengkap dengan target yang perlu tercapai.

– Perizinan

Sebelum Anda mengadakan event marketing, hal yang tak boleh Anda lewatkan adalah masalah perizinan agar semuanya berjalan aman dan nyaman. Oleh karena itu, Anda perlu meminta izin kepada pihak yang berwenang seperti Ketua RT/RW, kepolisian untuk keaman dan instasi pemerintahan lainnya.

– Biaya Operasional

Faktor yang menentukan lainnya adalah tersedianya dana yang mencukupi. Bukan berarti dana yang harus Anda sediakan selalu besar, Anda bisa melakukan penghematan untuk beberapa bagian yang tidak penting Bahkan Anda bisa mencari dana tambahan dengan mengajak sponsor masuk untuk turut menyumbang. Namun sebaiknya Anda memyiapkan dulu rincian perkiraan biaya operasional yang akan terpakai.

– Promosi

Keberhasilan dari event lainnya juga berasal dari kegiatan promosi. Suatu event dikatakan berhasil jika dihadiri oleh banyak pengunjung dan promosi memainkan peran penting tersebut.

Ada dua cara promosi yang bisa Anda lakukan yakni online dan offline. Promosi offline biasanya dengan cara menyebarkan brosur, memasang pamflet dan bekeliling kota dengan pengeras suara. Sementara promosi online bisa menggunakan beragam cara bisa beriklan pada platform digital, membagikan konten promosi melalui website, media sosial dan emai.

– Sumber Daya Manusia yang Mumpuni

Terakhir, hal penentu suksesnya event marketing adalah sumber daya manusia (SDM) yang terlibat. Mereka harus memiliki komitmen kuat untuk berjuang bersama menyukseskan event yang Anda jalankan.

Namun jika merasa SDM Anda kurang mumpuni untuk menjalankan acara tersebut, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional seperti Event Organize (OE). Mereka akan membantu Anda untuk mengurus segala hal saat acara berlangsung.


Strategi Event Marketing yang Efektif

Tentu saja untuk bisa membuat teknik ini berhasil secara maksimal, ada beberapa strategi handal. Sehingga akan membantu teknik pemasaran tersebut lebih efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Strategi tersebut adalah sebagai berikut:

– Menetapkan Tujuan dan Anggaran Lebih Dulu

Mengikuti sebuah event membutuhkan banyak pertimbangan. Maka dari itu sebaiknya menetapkan tujuan pasti dan perkiraan anggarannya terlebih dahulu.

Pikirkan baik-baik apakah tujuan yang ingin diraih benar-benar setara dengan biaya yang dikeluarkan. Pastikan juga bahwa anggaran yang tersedia mencukupi. Jangan memaksakan menyediakan dana besar melainkan sebisa mungkin sesuaikan dengan kemampuan budget perusahaan.

– Menemukan Tempat yang Tepat

Memilih tempat yang tepat dan strategis merupakan hal yang juga penting. Hal ini adalah strategi penting yang harus Anda muliki agar mendapatkan hasil memuaskan.

Jika memilih tempat yang tidak sesuai, maka tujuan akhirnya bisa saja tidak tercapai secara optimal. Sehingga bisa saja perusahaan justru mengalami kerugian akibat hal sepele semacam ini.

– Melakukan Evaluasi Bertahap

Jangan terpaku saat melakukan strategi event marketing. Lakukan evaluasi secara bertahap selama strategi ini diterapkan. Supaya dapat mengetahui apakah tujuan yang ingin dicapai dengan baik atau tidak.

Kemudian, siapkan laporan dari hasil yang diraih untuk memberikan data yang valid pada perusahaan. Sehingga bisa menjadi masukan untuk event serupa nantinya.


Contoh Event Marketing yang Kreatif

Agar dapat berhasil dan berjalan dengan optimal, tentu saja ada beberapa contoh event marketing yang kreatif sebagai inspirasi. Sehingga pebisnis dan para pengusaha dapat memiliki gambaran seperti apa teknik penggunaan strategi tersebut yang sukses. Bukan hanya teori saja namun yang paling penting bentuk aplikasi sesungguhnya.

Oleh sebab itu berikut ini beberapa contoh event marketing yang memiliki kreatifitas cukup tinggi. Strategi tersebut cukup menarik, sehingga tujuan pemasaran dapat berhasil dengan baik. Berikut beberapa contohnya:

1. Sponsor Produk Olahraga pada Seragam Pemain Bola

Contoh Event Marketing Sponsor Produk Olahraga pada Seragam Pemain Bola

Perhatikan baik-baik seragam yang dikenakan para pemain dalam sebuah pertandingan olahraga. Beberapa brand besar untuk perlengkapan olahraga umumnya memutuskan untuk menjadi sponsor utama.

Sehingga tidak heran jika pada seragam tersebut terdapat gambar sponsor utama mereka. Dan nyatanya, hal ini sukses membuat seluruh penonton mengenali apa merek yang bekerja sama dalam pertandingan tersebut.

Beberapa orang bahkan langsung merasa ingin mendapatkan produk yang pemain tersebut gunakan saat bertanding lengkap dengan merek sponsor. Dengan demikian brand tersebut sukses mendapat perhatian serta dikenal banyak kalangan.

2. Sponsor Minuman Bersoda pada Acara Konser Musik

Contoh Event Marketing Sponsor Minuman Bersoda pada Acara Konser Musik

Acara konser musik umumnya selalu meriah dan banyak pengunjung. Tidak heran jika beberapa brand besar produk minuman bersoda hadir untuk menjadi sponsor utama. Tidak hanya sekedar mengenalkan produknya, namun juga melakukan penjualan di tempat konser tersebut.

Umumnya cara ini berhasil menarik banyak pemasukan hanya dalam waktu singkat. Acara yang melelahkan pastinya membuat banyak pengunjung mudah merasa haus. Disinilah potensi pembeli meningkat dapat terjadi.

3. Sponsor Gaming PC pada Kompetisi Game

Contoh Event Marketing Sponsor Gaming PC pada Kompetisi Game

Beberapa kompetisi game ternama sering kali menyedot perhatian. Umumnya pada event semacam ini banyak gaming PC yang mempromosikan produknya dengan menjadi sponsor.

Saat melihat kehebatan produk gaming yang dikenakan saat bertanding, tentu pemain lain yang menonton menjadi tertarik. Sehingga tidak heran jika akhir-akhir ini penjualan produk gaming semakin meningkat tajam.

Baca Juga: Relationship Marketing: Pengertian, Tujuan dan Contohnya


Pelajari Event Marketing dan Raih Lebih Banyak Pelanggan!

Logo Mekari Qontak

Itu dia pembahasan lengkap tentang event marketing. Dengan menggunakan event marketing, Anda dapat meningkatkan brand awareness, menjangkau lebih banyak prospek potensial, dan meningkatkan interaksi pelanggan. Akibatnya, bisnis Anda tidak hanya menjadi lebih dikenal publik, tetapi juga dapat mencapai target penjualan yang ditetapkan.

Selain menggunakan strategi event marketing, Anda juga dapat meningkatkan pemasaran dan penjualan bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi omnichannel, CRM, WhatsApp API, dan fitur WhatsApp Blast dari Mekari Qontak.

Dengan menggunakan omnichannel Mekari Qontak, Anda dapat mengotomatiskan dan merampingkan seluruh proses pemasaran dan penjualan Anda dengan mudah. Tidak hanya itu saja, omnichannel CRM Mekari Qontak juga dilengkapi dengan berbagai canggih yang dapat memaksimalkan kinerja bisnis Anda.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka.  Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo gratis aplikasi Omnichannel CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales