Mekari Qontak
Business

Catat! Begini Cara Efektif Mengembangkan Usaha Agar Cuan Terus

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Menjalankan usaha tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak tantangan yang harus dilalui pebisnis agar usahannya dapat berkembang lebih besar. Selain itu, diperlukan berbagai upaya yang harus dilakukan agar bisnis tersebut bisa menghasilkan keuntungan sehingga mampu berkembang. Lalu, bagamana cara efektif untuk mengembangkan sebuah usaha?

Pada artikel ini akan dibahas secara rinci bagaimana cara tebaik untuk mengembangkan usaha agar bisa mencapai puncak. Simak penjelasan selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

25 Cara efektif mengembangkan usaha menjadi lebih besar dan menguntungkan adalah

  1. Kenali Kelemahan dan Kelebihan Produk Secara Detail
  2. Merencanakan Modal Usaha
  3. Menentukan Strategi Pemasaran yang Tepat
  4. Terus mengembangkan inovasi Produk dan Jasa
  5. Mengikuti Trend yang Ada
  6. Menganalisis Kompetitor
  7. Tingkatkan Promosi
  8. Manfaatkan Kekuatan Word Mouth to Mouth
  9. Promosi di Media Online dan E-Commerce
  10. Mencari Target Pemasaran yang Baru
  11. Dengarkan Masukan dan Permintaan Pelanggan
  12. Menerapkan Manajemen Akuntansi yang Tepat
  13. Evaluasi Kinerja secara berkala
  14. Meningkatkan Layanan Pelanggan
  15. Kelola Manajemen Resiko
  16. Melakukan Implementasi Standar Prosedur Operasi
  17. Investasi pada Sumber Daya Manusia
  18. Diversifikasi Produk atau Layanan Anda
  19. Buat Program Customer Loyalty
  20. Membuka Program Franchise
  21. Efisiensikan Biaya Operasional
  22. Melakukan Investasi pada Hasil Keuntungan
  23. Mengikuti Perkembangan Teknologi
  24. Memperluas Networking
  25. Buka Peluang untuk Ekspor

Image CTA Omnichannel

Baca juga: 9 Tips Mengembangkan UMKM Agar Tetap Eksis


Ini Dia 25 Cara Mengembangkan Usaha agar Berhasil dan Untung!

1. Kenali Kelemahan dan Kelebihan Produk Secara Detail

Pertama cara mengembangkan usaha yaitu memahami apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pada produk atau jasa yang ditawarkan. Kemudian, perhatikan dengan baik mana kekuatan produk yang dapat disukai konsumen serta mana kekurangan produk yang harus disingkirkan. Karena hal ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah usaha.

Dengan mengenali produk secara seksama, terutama mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maka nantinya pemilik usaha dapat melakukan perbaikan. Sehingga ke depan produk akan selalu berkembang menjadi lebih baik dan lebih banyak pelanggan yang menyukainya. Maka dari itu secara hati-hati tentukan kelebihan dan kelemahan tersebut. Lalu, susun ide-ide menarik untuk menghilangkan kekurangannya serta meningkatkan kelebihannya.

Cara Mengembangkan Usaha-Rencanakan-Modal-Usaha

Setiap bisnis pasti membutuhkan modal usaha. Oleh karena itu tips mengembangkan bisnis Online pertama adalah pastikan modal usaha cukup dan jelas. Dimana modal usaha yang jelas nominalnya akan bisa dialokasikan dengan tepat kedalam berbagai lini seperti untuk pengembangan atau penggajian karyawan.

Sebaiknya rencanakan berapa anggaran yang akan dikeluarkan dan besarnya produk yang terjual. Hal ini penting untuk mengefisiensikan anggaran. Anda juga harus punya “Plan B” manakala rencana pertama tidak bekerja dengan baik sesuai harapan.

3. Menentukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Salah satu cara mengembangkan usaha yang efektif berikutnya yaitu dengan memilih strategi pemasaran yang sesuai. Memang jantung keberhasilan sebuah usaha salah satunya terletak pada strategi pemasaran yang tepat. Sehingga dalam merencanakan strategi pemasaran diperlukan penelitian hingga pengambilan keputusan yang sesuai.

Tidak ada salahnya melakukan riset kecil untuk memastikan strategi mana yang sesuai bagi bisnis yang dijalankan. Mulai dari mengetahui target konsumen hingga memakai media promosi yang sejalan dengan visi dan misi bisnis. Dengan demikian tentu saja target yang ingin diraih bisa dicapai dengan optimal. Bisnis berjalan lancar dan pastinya akan makin berkembang sesuai dengan harapan.

4. Terus mengembangkan inovasi Produk dan Jasa

Cara Mengembangkan Usaha-Ikuti-Tren-yang-Ada

Ide yang segar serta kreatifitas yang tinggi tidak akan pernah gagal dalam meningkatkan pamor usaha yang dibangun. Maka dari itu cara mengembangkan usaha berikutnya yang dijamin anti gagal yaitu dengan melakukan inovasi secara terus menerus pada produk dan jasa yang ditawarkan pada konsumen. Sehingga akan selalu ada hal baru yang membuat para konsumen merasa penasaran dan ingin mengetahuinya.

Maka dari itu upayakan untuk membangun inovasi ini secara berkala di waktu yang tepat. Saat penjualan mulai stagnan, bisa jadi hal ini adalah tanda dibutuhkannya kreativitas pada layanan yang diberikan. Supaya konsumen merasa tertarik kembali dan tidak berpaling pada produk yang lain.

5. Mengikuti Trend yang Ada

Setiap jenis bisnis pasti memiliki trennya sendiri-sendiri. Tapi tak semua merek peka dan jeli menangkap tren tersebut dengan baik. Padahal dengan mengikuti tren yang ada, merek Anda akan lebih mudah booming dan dikenal pelanggan. Karena dengan mengikuti tren, merek Anda pun dianggap tak ketinggalan zaman dan selalu up to date.

6. Menganalisis Kompetitor

Kenali-kompetitor-Cara Mengembangkan Usaha

Selanjutnya jika ingin usaha berkembang, tidak ada salahnya mencoba untuk melakukan analisis pada kompetitor. Cobalah cari tahu mana saja kompetitor untuk produk dan jasa yang sejenis. Sehingga dengan demikian dapat melakukan analisis seperti apa kelebihan dari kompetitor lain yang belum dimiliki oleh usaha yang dijalankan.

Melalui hal yang sederhana ini dampaknya dapat menjadi salah satu cara mengembangkan usaha. Saat mengetahui kelebihan kompetitor tentunya mendorong pebisnis untuk berinovasi lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian secara tidak langsung usaha menjadi makin berkembang berkat produk yang lebih baik di mata para konsumen pada akhirnya nanti.

7. Tingkatkan Promosi

Perusahaan atau bisnis yang tengah dijalani akan selalu membutuhkan konsumen bukan? oleh sebab itu lakukan promosi berkelanjutan. Meski tentu saja ketika bisnis sudah berjalan akan mendapatkan konsumen tetap, namun jangan sampai terlena.

Agar bisnis bisa semakin maju, mendapatkan laba yang besar dan bisa semakin besar skala bisnis maka lakukan promosi terus menerus. Buatlah promosi lewat media cetak, media massa atau bisa melalui promosi sosial media dan media yang memiliki potensi lainnya. Anda juga bisa mengirimkan pesa promosi secara massal ke banyak kontak sekaligus melalui WhatsApp blast.

Promosi yang menarik dan merambah berbagai kalangan masyarakat nyatanya akan sangat efektif menaikan jumlah konsumen yang ada.

8. Manfaatkan Kekuatan Word of Mouth

Cara Mengembangkan Usaha-Memanfaatkan-Kekuatan-Mulut-ke-Mulut

Cara promosi yang lebih kuat daripada iklan, yakni Word of Mouth atau kekuatan rekomendasi dari mulut ke mulut. Apabila brand Anda sudah bisa mendorong hal ini di kalangan pelanggan, maka merek Anda dapat terkenal tanpa perlu beriklan.

Cara marketing ini dengan memberikan pengalaman yang “wah” kepada pelanggan. Misalkan, bila Anda memiliki hotel, maka Anda bisa memberikan makanan pembuka gratis ketika pelanggan baru check in sembari menyelipkan sebuah kartu berisi ucapan terima kasih kepada pelanggan.

9. Promosi di Media Online dan E-Commerce

Saat ini melakukan promosi di dunia maya merupakan opsi yang banyak disukai pebisnis. Karena m sistem online memungkinkan pemilik bisnis untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Apa lagi konsumen yang bisa didapatkan tidak terbatas hanya pada wilayah tertentu saja.

Maka dari itu salah satu opsi cara mengembangkan usaha yang terbaik yaitu dengan melakukan promosi di media online. Gunakan sarana media online yang sesuai. Supaya nantinya hasil yang diperoleh juga sesuai dengan keinginan atau ekspetasi.

Selain media sosial, Anda bisa memperluas jangkauan pasar dengan memanfaatkan platform e-commerce seperti Tokopedia, Shoppe, Lazada dan banyak lagi. Memiliki toko e-commerce di pasar utama memudahkan pelanggan menemukan produk atau layanan Anda.

Baca Juga: 12 Cara Menaikkan Omset Penjualan Bisnis

10. Mencari Target Pemasaran yang Baru

Tentukan-Target-Strategi-Email-Marketing

Sebagai pelaku bisnis, sebaiknya hindari stagnan hanya menjalankan bisnis di tempat yang sama saja. Karena hal ini tidak akan membantu bisnis untuk berkembang lebih baik. Sebagai salah satu cara mengembangkan usaha yang tepat, ada baiknya mencari target pemasaran yang baru. Supaya makin banyak konsumen yang tertarik untuk mengenal produk dan jasa yang ditawarkan.

Melakukan pemasaran di tempat yang baru memang tidak mudah. Namun saat ini sudah banyak hal yang bisa mendukung terlaksananya hal tersebut. Upayakan untuk menggunakan strategi pemasaran yang sesuai agar target konsumen dapat berkembang. Dengan demikian makin banyak konsumen baru yang didapatkan, serta bisnis akan makin dikenal luas ke berbagai tempat.

Baca juga: Remarketing: Pengertian, Tips dan Perbedaanya dengan Retargeting

11. Dengarkan Masukan dan Permintaan Pelanggan

Dengarkan pelanggan Anda, cari tahu apa yang mereka inginkan dan berusahalah untuk memenuhinya. Tapi dengan begitu jangan lantas Anda mematok harga tinggi lantaran Anda merasa sudah bisa memenuhi permintaan pelanggan. Tetap tawarkan produk Anda dengan harga terjangkau.

Dengan memenuhi kebutuhan pelanggan, sudah pasti Anda tak perlu beriklan untuk bisa menarik menarik banyak pelanggan.

12. Menerapkan Manajemen Akuntansi yang Tepat

Melakukan Penelitian

Sangat penting memastikan bahwa manajemen akuntansi yang dilaksanakan pada bisnis berjalan dengan baik. Tanpa penggunaan sistem akuntansi yang efektif dan efisien, maka akan sulit melihat perkembangan bisnis yang dijalankan.

Oleh sebab itu tidak heran jika penerapan akuntansi manajemen merupakan salah satu poin penting dalam pengembangan usaha. Berkat adanya manajemen yang rapi dan sesuai, maka peningkatan bisnis dapat diukur dengan baik. Karena mulai dari pemasukan hingga detail seluruh pengeluaran perusahaan dapat dipantau dengan optimal.

13. Evaluasi Kinerja secara berkala

Saat menjalankan bisnis, sebaiknya agendakan evaluasi secara bertahap. Banyak bisnis berjalan asal-asalan tanpa mau melakukan evaluasi tentang berbagai macam hal dalam bisnisnya tersebut. Sehingga pada akhirnya gagal untuk berkembang dan bahkan semakin tertinggal.

Jika tidak ingin mengalami kenyataan yang pahit seperti ini, maka sebaiknya lakukan evaluasi secara menyeluruh pada tiap lini bisnis yang dijalankan. Mulai dari hal yang kecil hingga yang cukup besar dalam pelaksanaan bisnis. Seperti misalnya mulai dari pembuatan produk, pengemasan, hingga proses pemasaran.

Perhatikan apa saja masalah yang mungkin timbul dan carilah jalan keluar yang tepat untuk tiap hambatan. Dengan melakukan evaluasi semacam ini, maka kemungkinan bisnis stagnan di satu tempat akan berkurang. Sebaliknya, bisnis akan makin berkembang dan meningkat lebih baik kedepannya berkat cara mengembangkan usaha yang efektif tersebut.

14. Tingkatkan Layanan Pelanggan

Cara Mengembangkan Usaha Melalui Layanan Pelanggan

Tanpa disangka-sangka banyak pebisnis dan pelaku yang tidak menyadari bahwa layanan pelanggan bisa jadi merupakan cara mengembangkan usaha yang baik. Banyak pebisnis lupa menghiraukan hal ini dan hanya berfokus menjual produk atau menawarkan jasa saja. Namun akhirnya tidak berupaya untuk mempertahankan konsumennya dengan maksimal.

Maka dari itu sebagai cara mengembangkan usaha yang sederhana namun mengena, bangun layanan pelanggan yang lebih baik. Setidaknya upayakan untuk memberikan layanan yang memadai bagi konsumen pasca melakukan pembelian produk atau jasa. Sehingga dengan demikian konsumen akan selalu percaya dan melakukan pemesanan ulang.

15. Kelola Manajemen Resiko

Dalam menjalani bisnis, ada saja hal yang tidak berjalan sesuai rencana dan harapan Anda. Dimana bisnis Anda juga rentan terhadap perubahan regulasi pemerintah atau perkembangan ekonomi. Atau mungkin produk Anda tidak lagi sesuai dengan tren maupun tersedia alternatif yang lebih mudah dibandingkan apa yang Anda tawarkan. Maka Anda harus mempersiapkan strategi yang baik untuk mencegah hal-hal tak terduga tersebut.

Rekomendasi: 10 Cara Mengatasi Resiko Usaha yang sering Dihadapi Bisnis

16. Melakukan Implementasi Standar Prosedur Operasi

Cara Mengembangkan Usaha Melakukan Implementasi Standar Prosedur Operasi

Sangat penting juga untuk mengingat menerapkan Standar Prosedur Operasi yang berlaku dalam bisnis. Kebanyakan usaha tentunya menetapkan sejumlah prosedur penting sejak awal. Supaya setiap karyawan yang tergabung di dalamnya akan bekerja sesuai standar tersebut.

Dengan adanya Standar Prosedur Operasi, maka tentunya seluruh aktivitas bisnis berjalan sesuai harapan. Sehingga hal ini dapat meraih visi misi serta target yang telah ditentukan. Salah satunya keberhasilan dalam mengembangkan usaha yang dimiliki.

17. Investasi pada Sumber Daya Manusia

Tidak ada salahnya melakukan investasi pada sejumlah sumber daya manusia yang cukup penting. Misalnya pada posisi tertentu sebaiknya serahkan pada sumber daya yang ahlinya. Supaya nantinya seluruh pekerjaan yang dibebankan dapat berjalan lancar.

Melalui investasi pada sumber daya manusia yang sesuai, maka pekerjaan yang harus dilakukan sebagai cara mengembangkan usaha akan jauh lebih mudah. Selain itu tentunya cukup efektif dan efisien dalam meraih target bisnis yang ditetapkan. Sejalan dengan hal ini bisnis akan berkembang lebih besar dengan cepat.

18. Diversifikasi Produk atau Layanan Anda

Mixed-Bunling-Product-Cara Mengembangkan Usaha

Kunci untuk mengembangkan bisnis Anda melalui diversifikasi adalah membangun kesamaan. Anda ingin melakukan salah satu dari dua hal:

Fokus pada produk/layanan yang terkait dengan yang sudah Anda jual yang menjawab kebutuhan pelanggan yang sudah Anda layani.
Fokus pada segmen pasar baru dengan kebutuhan dan karakteristik yang sama dengan pelanggan Anda yang sudah ada.

19. Buat Program Customer Loyalty

Program loyalitas adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan. Butuh biaya hingga tiga kali lebih banyak untuk mendapatkan pelanggan baru daripada menjual sesuatu kepada pelanggan yang sudah ada. Sumber lain bahkan mengatakan empat hingga 10 kali lebih banyak. Intinya, mendapatkan pelanggan baru itu mahal.

Membangun program loyalitas pelanggan akan membantu Anda mempertahankan pelanggan, bahkan mungkin juga membantu Anda menarik yang pelanggan baru. Jika ada insentif yang jelas untuk membelanjakan lebih banyak uang dengan Anda, strategi Anda akan terbayar dalam jangka panjang

20. Membuka Program Franchise

shopping-Cara Mengembangkan Usaha

Ide membuat franchise pada usaha yang tengah dijalankan juga merupakan alternatif yang menarik. Hal ini merupakan upaya untuk memperluas pemasaran. Sehingga di sisi lain akan dapat membantu mengembangkan usaha secara perlahan.

Melalui langkah program seperti ini tentunya permodalan dalam mengembangkan bisnis akan diperoleh lebih mudah. Sehingga tidak perlu mencari dana tambahan untuk mengembangkan usaha.

Rekomendasi: 10 Franchise Management System Terbaik untuk Bisnis

21. Efisiensikan Biaya Operasional

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus sekali pandai menekan biaya operasional. Hal ini penting untuk meningkatkan profit bukan sebaliknya merugikan pebisnis hingga mengakibatkan kebangkrutan. Efisiensi dana operasional sesuai kebutuhan menjadi salah satu solusinya. Pastikan juga pembagian dana tersebut tepat.

22. Melakukan Investasi pada Hasil Keuntungan

Melakukan Investasi pada Hasil Keuntungan

Tidak ada salahnya mencoba melakukan investasi dari hasil keuntungan yang diterima. Karena hal ini membantu mengembangkan pemasukan bisnis menjadi lebih besar. Oleh sebab itu merencanakan investasi yang baik pada dana dapat menjadi pertimbangan.

Namun demikian untuk memastikan bahwa investasi yang dipilih sesuai, sebaiknya hati-hati dalam menentukan. Ketahui masing-masing jenis investasi dengan baik. Sehingga dana meningkat dan bisnis juga akan turut berkembang.

23. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Para pelaku usaha sebaiknya harus melek dengan teknologi yang semakin berkembang saat ini. Apa lagi di masa dunia digital sangat mendominasi, maka teknologi menjadi peranan yang sangat penting. Mulai dari mengetahui pemasaran digital hingga memanfaatkan teknologi terbaik untuk manajemen usaha.

Melalui berbagai macam perkembangan di bidang teknologi, maka tentu saja usaha Anda akan lebih mudah berkembang. Sehingga tidak heran jika ini merupakan salah satu cara mengembangkan usaha yang cukup jitu saat dilakukan.

24. Memperluas Networking

Cara Mengembangkanusaha-Memperluas-Networking

Menjalin relasi bisnis dengan banyak orang akan mendatangkan menguntungkan. Dengan membuat perjanjian kerjasama, jaringan bisnis yang Anda jalani semakin luas berkembang. Contohnya adalah dengan menjalin kerjasama dengan reseller atau raferral marketing.

25. Buka Peluang untuk Ekspor

Memperluas bisnis ke pasar internasional juga dapat menjadi dorongan kuat untuk keuntungan bisnis Anda. Ekspansi bisnis ke pasar internasional membutuhkan komitmen besar waktu dan sumber daya.

Pasar internasional dapat menjadi rumit secara hukum, karena Anda harus berurusan dengan undang-undang perdagangan dan bea cukai di banyak negara. Anda mungkin juga memerlukan lisensi ekspor, tergantung pada produk Anda dan negara tujuan ekspor Anda.

Namun, jika Anda memiliki waktu dan sumber daya, mengekspor produk Anda memungkinkan Anda untuk tumbuh ke pasar yang sebelumnya tidak dapat diakses, menciptakan peluang besar untuk pertumbuhan.


Pelajari Cara Mengembangkan Usaha dan Tingkatkan Bisnis Anda Sekarang Juga!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Itulah beberapa tips efektif cara mengembangkan usaha untuk yang bisa dilakukan. Supaya nantinya bisnis dan usaha yang dikelola dapat meraih visi dan misinya secara maksimal. Melalui perencanaan yang tepat dan matang, tentunya usaha akan merangkak makin maju sesuai dengan sasaran.

Selain mencoba tips di atas, Anda juga dapat mengembangkan bisnis Anda dengan menggunakan fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak. Dengan menggunakan aplikasi CRM Mekari Qontak, Anda dapat mengotomatiskan seluruh tahapan bisnis, meningkatkan pemasaran, penjualan, hingga layanan pelanggan Anda.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan omnichannel dan WhatsApp API untuk mengembangkan bisnis Anda diseluruh saluran. Dan semuanya dapat Anda akses dalam satu platform terpadu. Sangat menarik bukan?

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka.  Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo gratis aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales