Mekari Qontak
Other Business

10 Cara Mengatasi Resiko Usaha yang sering Dihadapi Bisnis

Mengenal Pentingnya User Generated Content dalam Dunia Bisnis

Seorang pebisnis pasti tahu bahwa setiap usaha yang dijalani penuh dengan resiko. Cara mengatasi resiko usaha setiap pebisnis juga berbeda-beda tergantung masalah yang dihadapinya.

Sebenarnya, resiko usaha bisa diminimalisir apabila Anda bisa mengevaluasi seluruh faktor resiko dari usaha yang dijalani. Dari situ, Anda bisa membuat rencana untuk mengatasi risiko yang mungkin terjadi.

Nah, sebelum mengenal lebih jauh mengenai cara mengatasi resiko usaha, ada baiknya untuk mengenal lebih dekat mengenai definisi resiko usaha hingga cara meminimalisirnya pada penjelasan berikut.

Image CTA for cara mengatasi resiko usaha article


Pengertian Resiko Usaha

Resiko usaha adalah kendala atau hambatan yang bisa terjadi kapan saja dalam membangun sebuah usaha. Hambatan ini bisa berpotensi merugikan usaha apabila tidak segera ditangani.

Resiko usaha akan muncul mulai dari yang terlihat sepele hingga rumit. Misalnya permasalahan yang melibatkan karyawan, sistem manajemen, klien dan masih banyak lagi.

Cara mengatasi resiko usaha

Baca juga: Mengenal Apa Itu Manajemen Perubahan, Fungsi, Jenis, dan Tahapannya


Jenis-jenis Resiko usaha

Resiko usaha dibedakan menjadi beberapa jenis. Beberapa diantaranya harus diperhatikan secara serius agar bisnis tetap berjalan dengan maksimal.

Beberapa penjelasan singkat mengenai jenis-jenis resiko usaha sebagai berikut:

  • Resiko Produksi merupakan jenis resiko usaha yang berkaitan dengan gagalnya produksi atas produk yang akan dijual. Dengan adanya cacat produksi secara otomatis akan berdampak pengurang laba.
  • Resiko Keuangan merupakan salah jenis resiko usaha yang berdampak terhadap keuangan perusahaan.
  • Resiko pemasaran merupakan jenis resiko usaha yang berkaitan dengan pemasaran produk. Teknik pemasaran produk yang tidak tepat sasaran tentunya akan berdampak terhadap kerugian penjualan.
  • Resiko SDM merupakan salah satu jenis resiko usaha yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Sistem penerimaan SDM yang kurang tepat sasaran akan menimbulkan resiko kerugian yang signifikan.
  • Resiko dampak teknologi merupakan jenis resiko usaha yang berkaitan dengan penguasaan teknologi terbaru. Semakin berkembangnya teknologi, SDM perlu menguasainya dengan cepat. Apabila tidak, maka kerugian dapat muncul tanpa dapat diprediksi.
  • Resiko lingkungan patut diwaspadai. Terlebih bagi perusahaan di bidang industri dengan limbah pabrik yang dapat merusak ekosistem lingkungan. Kerugian yang disebabkan resiko ini perlu diperhitungkan secara lebih spesifik.
  • Resiko perubahan pasar merupakan salah satu dari jenis-jenis resiko usaha yang wajib diwaspadai. Berbagai perubahan yang muncul dapat berpengaruh signifikan terhadap naik turunnya penjualan.
  • Resiko inovasi usaha berkaitan dengan inovasi suatu produk. Inovasi yang kurang tepat sasaran tentunya akan berdampak signifikan terhadap kerugian.
  • Resiko perluasan usaha berkaitan dengan perluasan bisnis. Jika tidak dilakukan dengan perhitungan dan riset yang tepat sasaran maka berpengaruh signifikan terhadap kerugian.
  • Resiko mitra usaha berkaitan dengan mitra bisnis lain. Jika penerapan kurang maksimal dan tidak tepat sasaran dengan produk yang dijual tentunya akan menimbulkan kerugian.
  • Resiko regulasi pemerintah dalam kaitannya dengan resiko usaha berkaitan dengan berbagai kebijakan yang muncul di dalamnya. Apabila tidak sesuai maka akan berdampak signifikan pada kerugian.

Baca juga: 12 Cara Menaikkan Omset Penjualan Bisnis


10 Cara Mengatasi Resiko Usaha

Cara mengatasi resiko usaha pada prinsipnya dicari oleh setiap pelaku usaha bisnis. Hal tersebut penting dilakukan demi meminimalisir berbagai resiko bisnis yang terjadi secara signifikan maupun akibat faktor luar yang tidak terprediksi sebelumnya.

Dalam dunia bisnis, mengetahui cara mengatasi resiko usaha tidaklah mudah. Dibutuhkan riset mendalam terkait usaha yang dijalankan dengan mempertimbangkan kemajuan inovasi bisnis di pasar saat ini.

Berikut terdapat beberapa cara mengatasi resiko usaha yang dapat diterapkan dalam dunia bisnis adalah

1. Membuat Rencana

Langkah pertama untuk mengatasi resiko usaha adalah membuat rencana bisnis. Rencana tersebut harus memuat detail target yang ingin dicapai baik dari segi operasional, keuangan atau pemasaran. Dengan begitu, memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis dan mengevaluasi apa yang telah dicapai.

2. Membuat Perencanaan Manajemen Resiko

Pada umumnya rencana bisnis akan lebih dijalankan dengan perencanaan manajemen resiko usaha yang matang. Dengan membuat perencanaan manajemen resiko yang tepat sasaran akan berpengaruh terhadap penjualan secara signifikan.

Misalkan saja Anda menjalankan bisnis yang memproduksi barang siap pakai. Artinya Anda harus menyusun manajemen resiko apabila ditemukan produk rusak, maka bagaimana Anda meminimalkan risiko dengan merancang metode pendistribusian barang agar tidak mudah rusak

3. Training Penanganan Resiko Usaha

Training terkait penanganan resiko usaha dan cara mengatasi resiko usaha bagi SDM dapat meminimalisir resiko usaha. SDM yang telah terlatih dan terbiasa menerapkan strategi menangani resiko usaha akan lebih siap dan cepat tanggap dalam mengatasi resiko usaha yang mungkin terjadi.

4. Memperbarui Strategi Manajemen Resiko

Memperbarui strategi manajemen risiko seiring berkembangnya waktu perlu dilakukan untuk meminimalisir resiko usaha. Hal ini untuk menyesuaikan dengan kondisi lapangan sehingga tidak menimbulkan kerugian lebih banyak.

5. Menjalankan Rencana Bisnis

Tahapan selanjutnya adalah menjalankan bisnis sesuai dengan rencana yang Anda buat. Walaupun pada prakteknya, ada perbedaan antara realita dan rencana pada saat menjalankan bisnis.

Tapi dengan mengikuti segala rencana yang telah dibuat maka Anda dapat mengevaluasi kembali rencana tersebut untuk mengetahui efektivitasnya. Hal ini bisa membantu Anda mengatasi resiko yang mungkin timbul ketika menjalankan bisnis

6. Melakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar merupakan salah satu cara meminimalisir resiko usaha. Dengan melakukan riset pasar yang tepat maka hasilnya dapat digunakan sebagai dasar dalam evaluasi, inovasi, maupun peningkatan mutu produk.

7. Analisa Kebutuhan Pasar

Analisa kebutuhan pasar merupakan salah satu cara yang wajib dipahami dalam cara meminimalisir resiko usaha. Permintaan kebutuhan pasar yang semakin berkembang dapat dijadikan sebagai analisis dasar untuk berinovasi dalam memenuhi kebutuhan pasar yang cenderung berubah-ubah.

8. Menyesuaikan Modal Usaha

Menyesuaikan modal usaha merupakan salah satu cara yang dapat diterapkan dalam cara meminimalisir resiko usaha. Dengan penyesuaian yang tepat tentunya rencana yang dijalankan mampu mengatasi resiko usaha seminimal mungkin.

9. Analisa Prospek Bisnis

Analisa prospek bisnis dapat dijalankan dengan sempurna apabila riset pasar dan analisa kebutuhan pasar dapat dijalankan dengan baik. Hal tersebut mampu digunakan sebagai usaha meminimalisir dan juga cara mengatasi resiko usaha dalam jangka pendek maupun panjang.

10. Memiliki Sebuah Aplikasi Manajemen

Terakhir untuk memudahkan Anda dalam mengendalikan resiko usaha, bisa dibantu dengan teknologi atau aplikasi manajemen. Melalui aplikasi bisnis ini, Anda bisa melacak semua aktivitas bisnis, termasuk mengidentifikasi resiko yang mungkin timbul. Hal ini memudahkan Anda dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat untuk kemajuan bisnis yang dijalankan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Bisnis Online Terbaik


Meminimalisir Resiko Usaha Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

10 cara mengatasi resiko usaha diatas, memberikan gambaran Anda mengenai apa saja yang harus dilakukan untuk meminimalisir kerugian. Dimana setiap bisnis tidak akan pernah lepas dari resiko, namun bukan berarti tidak dapat diminimalisir dampaknya.

Sebagian besar bisnis saat ini memanfaatkan aplikasi manajemen seperti CRM untuk mengatasi resiko usaha. Aplikasi ini memudahkan bisnis dalam mencegah resiko yang ditimbulkan dari aktivitas bisnis.

Fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi CRM yang disediakan Mekari Qontak memberikan Anda gambaran aktivitas bisnis secara real time. Hal ini memudahkan Anda untuk mengambil keputusan lebih baik.

Hubungi Qontak.com sekarang atau COBA GRATIS DI SINI:

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales