Mekari Qontak
Sales

After Sales Service: Pengaruh, Contoh, dan Tips Sukses untuk Bisnis

16 Contoh Call to Action Terbaik Untuk Bisnis Lebih Sukses

After sales service merupakan bagian tak terpisahkan dari strategi penjualan. Sebab aktivitas penjualan tidak berhenti saat pelanggan menyelesaikan transaksi.

Setelah itu, perusahaan harus berusaha agar pelanggan tersebut puas dan mau bertransaksi lagi. Upaya inilah yang disebut dengan istilah after sales service.

Pelajari lebih jauh mengenai apa itu after sales service dengan membaca artikel dibawah ini.

Aplikasi CRM Mekari Qontak


Apa itu After Sales Service?

After sales service adalah upaya yang dilakukan oleh bisnis untuk memastikan pelanggan merasa puas baik dengan layanan atau produk yang ditawarkan. Upaya ini dilakukan bertujuan mendorong pelanggan yang merasa puas untuk merekomendasikan produk tersebut ke kolega mereka.

Meskipun metode ini tidak secara signifikan mempengaruhi jumlah penjualan, namun dapat membangun branding Anda dan meningkatkan kredibilitas dimata pelanggan. Selain itu, menjalin hubungan baik dengan pelanggan untuk mendorong loyalitas mereka.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam after sales service seperti meminta feedback pelanggan. Dari umpan balik tersebut, bisnis dapat mengetahui tingkat kepuasan mereka dan hal apa saja yang perlu dibenahi.

Baca juga: Program Sales: Cara untuk Meningkatkan Penjualan


Pengaruh After Sales Service pada Perusahaan

Setelah mengetahui peran after sales untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan, Anda perlu memahami beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Terutama di tengah persaingan bisnis yang ketat, Anda harus memahami betul kebutuhan pelanggan dan kelebihan Anda dibandingkan kompetitor.

Setelah itu, Anda akan mengerti seberapa besar peran after service sales pada perusahaan. Berikut pengaruh penting after sales pada perusahaan yaitu:

– Menciptakan Loyalitas

Pengaruh pertama yang akan Anda rasakan setelah melakukan after service sales adalah timbulnya loyalitas pelanggan. Hal ini sangat penting terutama di tengah persaingan bisnis ketat seperti saat ini. Dengan hubungan baik yang terjalin setelah pembelian diharapkan mampu membuat pelanggan loyal pada produk Anda.

– Meningkatkan Penjualan

Pelanggan yang merasa puas dengan layanan atau produk yang Anda tawarkan, tidak akan ragu untuk melakukan pembelian ulang (repeat order). Hal ini tentu secara tidak langsung akan berdampak pada kenaikan angka penjualan. Terlebih pelanggan puas juga akan turut merekomendasikan produk Anda ke kolega mereka.

Mendukung Inovasi Produk

Hasil yang didapatkan dari aktivitas after service sales bisa dijadikan momentum evaluasi kelemahan produk dimata pelanggan. Dari hasil tersebut, Anda akan mengetahui poin mana saja dari produk Anda yang perlu dibenahi.

Setelah itu, ciptakan inovasi produk baru yang memenuhi ekspektasi atau keinginan banyak pelanggan. Dengan begitu, brand Anda akan semakin dicintai pelanggan.

– Diferensiasi

Diferensiasi adalah pembeda brand Anda dengan kompetitor. Dimana diferensiasi bisa menjadi senjata Anda untuk menjadi brand yang kompetitif di pasaran. Sebab saat pasar dihujani produk serupa, diferensiasi dari kompetitor menjadi jalan memenangkan pasar.

Baca juga: 12 Cara Menaikkan Omset Penjualan Bisnis


Contoh After Sales Service

Melihat besarnya pengaruh after sales service, tidak heran banyak bisnis menerapkan strategi pemasaran ini. Dilansir dari lamanan Keap, ada beberapa contoh after sales service yang bisa Anda terapkan pada bisnis seperti berikut:

– Packing barang

packing-After sales service

Meski terkesan sepele, pengemasan barang bisa menjadi poin plus bagi bisnis Anda. Prinsipnya Anda bisa meninggalkan kesan baik pada pengemasan barang, termasuk pula pengirimannya.

Ada kecenderungan pelanggan menyukai produk yang dipesannya sampai dengan selamat tanpa lecet satupun. Oleh karena itu, kemasan tidak hanya menarik tapi juga mampu mengamankan isi didalamnya.

– Memberikan hadiah khusus

voucher-After sales service

Tidak semua produk yang dibeli pelanggan dapat menimbulkan rasa puas atau senang. Untuk menyiasati hal ini, alihkan perhatian pelanggan dengan memberikan hadiah khusus berupa Kupon dan Voucher.

Cara ini biasanya banyak diterapkan pada toko online atau e-commerce. Pada proses pembeliaan, pelanggan akan ditawarkan kupon untuk pembelian produk berikutnya.

– Program Konsumen VVIP

VVIP-After sales service

Terakhir contoh after service sales melibatkan pelanggan untuk menjadi konsumen prioritas atau VVIP. Program ini tentu menawarkan sejumlah keuntungan yang akan didapatkan oleh pelanggan khusus. Contohnya memberikan diskon produk, hadiah tiap kali pembelian, didahulukan dari segi pelayanan, dan masih banyak lagi.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Persiapan Sebelum Melakukan After Sales Service

Sebelum Anda memulai melakukan after sales service, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Diantaranya seperti berikut:

1. Follow Up Proses

Sebelum Anda mulai, Anda harus memastikan proses transaksi berjalan lancar dengan melakukan follow up. Jika ternyata pelanggan mengalami kendala, Anda bisa langsung mengidentifikasi sumber masalahnya. Kemudian sampaikan informasi tersebut ke pelanggan disertai permintaan maaf.

2. Periksa Proses Pengiriman Barang

Berikutnya, Anda perlu memastikan barang telah sampai dengan selamat di tangan pelanggan. Oleh karena itu, Anda bisa melihat riwayat pengiriman barang. Jika ada kendala, Anda bisa menghubungi ekspedisi yang bersangkutan untuk memastikan posisi barang tersebut.

3. Merespon pelanggan dengan cepat

Sebagai yang bertanggungjawab pada after service sales, Anda harus selalu sigap melayani berbagai kebutuhan. Termasuk dalam merespon keluhan pelanggan terhadap produk Anda. Berikan solusi tercepat yang dikira mampu menenangkan pelanggan

4. Kumpulkan Data

Kumpulkan data terkait semua interaksi pelanggan sebelum menentukan upaya after sales apa yang tepat untuk mereka. Hal ini akan mempengaruhi tingkat kesuksesan Anda dalam menjalankan after sales service. Termasuk keingin Anda agar pelanggan mau merekomendasikan produk Anda ke kolega mereka.


Tips Sukses After Sales Service agar Customer Tetap Loyal

After service sales bisa berjalan optimal apabila Anda mengikuti tips berikut ini:

– Mengucapkan terima kasih ke pelanggan

Hal ini sering dilupakan oleh pelanggan. Padahal sangat penting agar pelanggan merasa dihargai. Ucapan terima kasih bisa disampaikan melalui berbagai cara seperti email, pesan chatting, atau lewat telepon.

– Membangun hubungan dengan pelanggan

Setelah pelanggan menyelesaikan transaksi, cobalah untuk menghubungi mereka lagi satu minggu kemudian. Tujuannya untuk menanyakan pengalaman menggunakan produk Anda.

Misalnya seberapa puas mereka dengan produk Anda dan apa yang perlu dibenahi. Hal ini dapat meninggalkan kesan bahwa Anda memperhatikan mereka.

– Terus berkomunikasi dengan pelanggan

Setelah selesai meminta feedback pelanggan bukan berarti after sales berhenti di situ, Anda tetap harus berkomunikasi dengan pelanggan dengan aktif mengirimkan promosi atau ucapan selamat pada perayaan tertentu.

– Memberikan Garansi

Garansi merupakan jaminan yang diberikan oleh perusahaan atas produk yang dijual. Garansi bisa menjadi cara untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk yang Anda tawarkan dalam keadaan baik. Dan pelanggan tidak perlu cemas jika produknya tidak sesuai bisa dikembalikan.

– Pelayanan pemeliharaan

Selain memberikan garansi, sebagian perusahaan juga menawarkan pelayanan pemeliharaan atau perawatan yang teratur. Tujuannya agar pelanggan merasa aman jika ada bagian produk yang tidak berfungsi baik. Mereka akan mendapatkan pelayanan pemeliharaan gratis.

– Menyediakan Sarana Prasarana yang lengkap

Salah satu sarana yang penting dalam kegiatan ini adalah fasilitas dan juga perlengkapan produk. Dengan adanya poin ini, maka akan mampu menentukan kelancaran pelayanan para petugas dalam hal menjalankan pemeliharaan dan juga perbaikan produk.


Tingkatkan After Sales Service Anda Sekarang!

Logo Mekari Qontak

After sales service memiliki pengaruh besar pada perusahaan terutama dalam meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Tanpa strategi yang tepat, hal tersebut akan sulit dicapai.

Salah satu tools yang bisa digunakan untuk memantau after sales service adalah aplikasi CRM dari Mekari Qontak. Aplikasi CRM Qontak terintegrasi dengan omnichannel dan menawarkan fitur canggih yang dapat disesuaikan kebutuhan Anda termasuk memantau aktivitas after sales secara real time.

Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan menyelesaikan keluhan pelanggan. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan Anda.

Hubungi Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales