Mekari Qontak
Marketing Sales

13 Program Sales untuk Meningkatkan Penjualan secara Efektif

Understanding Difference Between Sales & Marketing

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan bisnis untuk mencapai kesuksesan, salah satunya dengan menggunakan program sales untuk meningkatkan penjualan. Namun, pelaku bisnis dan tim sales harus memilih program sales yang tepat agar dapat sukses mendongkrak penjualan bisnisnya.

Lalu, program sales seperti apa yang harus digunakan bisnis untuk meningkatkan penjualannya? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan tentang strategi program sales di bawah ini!

13 program sales untuk meningkatkan penjualan secara efektif:

  1. Promosi Penjualan
  2. Reward Program
  3. Program Insentif Penjualan
  4. Sampel Gratis
  5. Program Referral
  6. Giveaway
  7. Loyalty Program
  8. Product Bundling
  9. Partnership Program
  10. Program Afiliasi
  11. Penjualan Sugestif
  12. Tingkatkan Pelayanan Bisnis
  13. Beri Pelanggan Anda Inside Scoop

mau coba aplikasi crm terbaik


Apa itu Program Sales?

Program sales adalah serangkaian aktivitas penting yang terkoordinasi, berulang, disertai standar tertentu untuk mendapatkan pelanggan baik itu B2C atau B2B.

Meskipun tidak ada cara pasti untuk menciptakan penjualan tinggi, namun ada banyak strategi atau program sales untuk meningkatkan penjualan yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis maupun tim sales.

Anda dapat menyesuaikan program sales yang ingin Anda lakukan dengan jenis dan ukuran bisnis Anda. Sehingga, program sales dapat berjalan dengan seefektif dan semaksimal mungkin.

Baca Juga: Sales Automation: Pengertian dan Manfaatnya bagi Bisnis


Bagaimana Strategi Program Sales untuk Meningkatkan Penjualan yang Efektif?

Berikut adalah beberapa strategi efektif program sales untuk meningkatkan penjualan:

1. Sales Promotion

Promosi adalah program sales jangka pendek yang dirancang dengan tujuan jangka pendek. Misalnya seperti meningkatkan penjualan ritel, meningkatkan jumlah konsumen / pelanggan ritel dan lainnya dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya, bisnis akan melakukan program promosi akhir tahun, pertengahan tahun, atau memperingati acara khusus seperti Ramadhan, Natal, Imlek, black friday, harbolnas (hari belanja online nasional), dan masih banyak lagi.

2. Reward Program

Program sales berikutnya yang efektif untuk meningkatkan penjualan adalah program reward, yakni program yang dilakukan dengan cara meminta pelanggan untuk mengumpulkan poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah tertentu.

Dengan melakukan reward program, Anda dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan penjualan bisnis Anda secara bersamaan.

3. Program Insentif Penjualan

Sales incentive program atau program insentif penjualan adalah salah satu program sales yang populer di kalangan para pebisnis. Biasanya, bisnis akan mengandalkan staf penjualan mereka untuk mendorong penjualan dengan program insentif.

Program insentif yang ditawarkan kepada staf atau perwakilan penjualan dapat meliputi hadiah perjalanan, elektronik, bonus, atau fasilitas besar lainnya yang dapat menarik karyawan Anda.

4. Sampel Gratis

Siapa yang tidak suka dengan produk gratis? Hampir semua orang di dunia ini menyukai produk gratis. Sehingga, tidak heran apabila porgram sampel gratis ini menjadi salah satu strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Dengan membagikan sampel produk secara gratis, Anda dapat meningkatkan penjualan dalam banyak hal. Di mana orang yang menerima sampel mungkin akan mencoba produk tersebut, menyukainya, dan menjadi pelanggan baru atau bahkan pelanggan loyal.

5. Program Referral

Seperti namanya, program referral adalah strategi peningkatan penjualan yang dilakukan dengan cara melakukan rujukan (referral) kepada orang lain. Ini biasanya dia lakukan dengan memanfaatkan rekomendasi dari mulut ke mulut oleh teman, keluarga, atau kerabat.

Dengan melakukan referral program, Anda dapatmendorong pelanggan dan pendukung merek untuk secara langsung merujuk mereka ke bisnis Anda.

6. Giveaway

Giveaway adalah program sales online yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk menarik minat pelanggan, meningkatkan penjualan, dan memperluas brand awareness secara bersamaan.

Dalam penerapannya, program sales ini akan menggunakan hadiah, kontes, dan undian untuk mencapai tujuan dilakukannya giveaway itu sendiri.

7. Loyalty Program

Program loyalitas pelanggan biasanya dilakukan dengan menggunakan metode membership yang menawarkan banyak keuntungan. Misalnya seperti potongan harga khusus atau layanan spesial lainnya.

Dengan membuat loyalty program, Anda akan membuat menjadi tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda, dan di saat yang bersamaan, pelanggan juga akan merasa diuntungkan dengan adanya program tersebut.

8. Product Bundling

Menjual produk secara satuan terkadang terlihat tidak begitu menarik bagi pelanggan. Untuk itu, Anda dapat melakukan program product bundling atau menjual produk dalam satu bundle untuk menarik minat pelanggan Anda.

Tidak hanya itu saja, Anda dapat memberikan sedikit potongan harga untuk produk yang dibeli secara bersamaan, sehingga dapat membuat pelanggan merasa lebih diuntungkan ketika membeli product bundling yang Anda tawarkan.

Di sisi lain, ini juga membantu Anda untuk melakukan tingkat penjualan yang lebih tinggi sambil memperoleh peluang pendapatan yang lebih besar dan menguntungkan.

9. Partnership Program

Partnership program atau program kemitraan adalah strategi bisnis yang digunakan oleh suatu vendor untuk mendorong mitra salurannya dalam merekomendasikan atau menjual produk vendor dan layanan terkait.

Salah satu contoh partnership program yang menarik dan sukses meningkatkan penjualan adalah Program Kemitraan Qontak. Bisnis atau pelanggan yang mengikuti Program Kemitraan Qontak dapat mendapatkan insentif dari rekomendasi yang dilakukannya sebagai mitra Qontak.

10. Program Afiliasi

Selanjutnya, program sales untuk meningkatkan penjualan berikutnya adalah program afiliasi yang dapat dilakukan dengan cara melibatkan individu atau kelompok untuk memperoleh sejumlah komisi atas promosi atau penjualan yang dilakukannya.

Program sales ini juga merupakan salah satu cara paling hemat biaya untuk menghasilkan penjualan.

11. Penjualan Sugestif

Pada dasarnya, penjualan sugestif melibatkan penambahan produk atau layanan terkait ke lini Anda dan membuatnya nyaman dan perlu bagi pelanggan untuk membelinya.

Menempatkan lebih banyak produk di dekat produk biasa tidak akan banyak membantu penjualan bisnis Anda. Lalu, bagaimana Anda bisa meningkatkan penjualan? Anda perlu membujuk pelanggan dengan manfaat yang dapat mereka peroleh melalui produk atau layanan Anda.

12. Tingkatkan Pelayanan Bisnis

Pelayanan bisnis tidak hanya dapat memberikan brand image yang positif, tetapi juga dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Ada berbagai cara untuk menunjukkan kepada pelanggan tetap Anda bahwa Anda menghargai mereka. Misalnya seperti sekadar menyapa mereka dengan nama hingga menawarkan kredit atau diskon tambahan kepada pelanggan tetap.

13. Beri Pelanggan Anda Inside Scoop

Inside scoop merupakan informasi yang diperoleh secara langsung dari dalam. Jika Anda memiliki promosi atau penjualan yang akan datang, beri tahu pelanggan Anda tentang hal itu.

Mereka mungkin akan kembali dan mungkin membawa beberapa teman, yang dapat membantu meningkatkan penjualan Anda lebih banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat memberikan informasi mendalam kepada pelanggan Anda dengan mengirim email, menelepon mereka, atau memposting di media sosial juga.

Baca Juga: 9 Cara Efektif untuk Meningkatkan Penjualan dengan Omnichannel


Gunakan Program Sales untuk Meningkatkan Penjualan Anda Sekarang!

Aplikasi CRM Mekari Qontak

Itu dia beberapa program sales untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Selain menggunakan program sales di atas, Anda juga dapat meningkatkan penjualan dengan mengotomatiskan seluruh proses bisnis Anda secara efektif dengan menggunakan aplikasi CRM.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel dan dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat Anda gunakan. Omnichannel CRM Mekari Qontak merupakan solusi all-in-one bisnis yang dapat membantu Anda untuk melakukan pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan dengan mudah dalam satu platform terpadu.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Omnichannel CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales