Daftar isi
8 min read

10 Cara Sukses Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Agar Makin Cuan

Tayang 04 Mei 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
Customer Loyalty
10 Cara Sukses Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Agar Makin Cuan

Loyalitas pelanggan adalah kesetiaan pelanggan terhadap suatu brand bisnis tertentu. Kesetiaan ini ditunjukkan dengan memberikan dukungan dan kepatuhan yang konsisten terhadap brand tersebut.

Kehadiran pelanggan yang loyal dapat menguntungkan bisnis mengingat peluang mereka untuk kembali ke bisnis lebih besar dibandingkan pelanggan baru. Bahkan sebagian pelanggan loyal akan merekomendasikan produk Anda kepada keluarga atau kolega mereka.

Dikutip dari Bisnis.com bahwa sebuah survei mengungkapkan peluang pelanggan yang loyal berbelanja 250% lebih tinggi dibandingkan pelanggan biasa.

Selain itu, pelanggan loyal juga sering memberikan masukan yang bermanfaat mengenai  baik atau buruk produk yang Anda tawarkan, karena mereka ingin merek atau produk favorit mereka untuk berkembang. Lantas, bagaimana cara meningkatkan loyalitas pelanggan? simak di bawah ini!


Bagaimana Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan?

Meningkatkan loyalitas pelanggan adalah tujuan yang penting bagi setiap bisnis. Pelanggan yang loyal cenderung membeli lebih sering, memberikan referensi kepada orang lain, dan memberikan umpan balik yang berharga.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan:

1. Beri Reward atau Diskon

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan reward

Sumber: Freepik

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan pertama adalah dengan memberi hadiah atau diskon. Beri pelanggan Anda alasan untuk kembali. Tawarkan mereka insentif seperti menerapkan poin untuk pembelian, lalu poin tersebut dapat ditukar dengan barang tertentu, menawarkan kupon, dan masih banyak lagi.

Pelanggan yang loyal Anda adalah kunci tingkat retensi (retention rate) Anda, dan Anda perlu kreatif dalam hal memberi penghargaan kepada pelanggan setia Anda. Dengan menemukan cara terbaik untuk memberi reward kepada pelanggan, maka akan membuat mereka lari ke kompetitor Anda.

2. Bangun Kepercayaan (Trust)

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Bangun Kepercayaan (Trust)

Sumber: Freepik

Bukti sosial (social proof) dapat membantu Anda membangun kepercayaan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Di era yang serba digital ini, kita dapat melihat apa yang dilakukan orang setiap saat. Sulit untuk tidak menggunakan media sosial.

Karena munculnya media sosial, bukti sosial lebih penting daripada sebelumnya. Pelanggan Anda suka melihat bagaimana tanggapan atau ulasan orang-orang tentang perusahaan Anda, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan Anda.

Hal tersebut akan membuat mereka merasa nyaman ketika Anda sebagai bisnis memiliki pengalaman positif dari pelanggan lainnya.

Berikut ada beberapa cara Anda agar mendapat social proof untuk meningkatkan loyalitas pelanggan:

  • Jadilah yang ahli di bidangnya dan bagikan konten yang relevan.
  • Kerjasama endorsement dengan influencer baik lokal maupun luar negeri.
  • Dorong pengguna untuk meninggalkan ulasan di Facebook atau Google.
  • Undang orang untuk bergabung dengan halaman Facebook Anda dan dorong followers Anda untuk melakukan hal yang sama.

3. Bangun Hubungan Lebih Dekat

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Bangun Hubungan Lebih Dekat

Sumber: Freepik

Ada pepatah lama yang mengatakan Anda berbisnis dengan orang yang Anda percayai. Dengan begitu banyak persaingan saat ini, penting untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda. Bagaimana? Anda bisa memelihara dan mengembangkan suatu hubungan melalui email marketing.

Anda dapat melakukan ini dengan menyambut pelanggan baru dengan welcoming email. Kemudian, dalam sebulan Anda beberapa kali tetap berhubungan dengan pelanggan melalui newsletter atau email berisi promosi.

Newsletter email Anda adalah tempat yang tepat untuk menawarkan tips. Jika Anda adalah restoran, tawarkan resep. Jika Anda adalah penyedia layanan kesehatan, tawarkan tips kesehatan. Toko pakaian? Tawarkan saran mode, atau Anda adalah pelaku bisnis B2B? tawarkan tips yang klien Anda butuhkan.

Kuncinya adalah mengelola hubungan pelanggan dan lupakan hard selling sejenak. Dengan membangun soft selling melalui hubungan dengan pelanggan, Anda sedang membangun hubungan jangka panjang. Email marketing juga bermanfaat untuk menjaga bisnis Anda tetap diingat.

Baca juga: 15 Cara Cepat Mendapatkan Pelanggan Baru yang Wajib Bisnis Ketahui

4. Berikan Pelayanan yang Jauh Melebihi Ekspektasi Pelanggan

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan memberikan Pelayanan yang Jauh Melebihi Ekspektasi Pelanggan

Sumber: Freepik

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan selanjutnya adalah beri pelayanan lebih. Di mana membuat pelanggan merasa pelayanan Anda melebihi ekspektasi yang mereka harapkan. Dan selalu lakukan apa yang Anda katakan.

Misalnya, jika Anda melakukan eskalasi atas komplain pelanggan dengan durasi 1×24 jam, usahakan agar  selesai sebelum waktu yang ditentukan. Ingin terlihat jauh melebihi eksepktasi? Selesaikan dalam kurun dua jam.

Contoh lain adalah jika seseorang menghubungi Anda dan meninggalkan pesan, hubungi mereka kembali pada hari yang sama.

Pelayanan melebihi ekspektasi sangat penting untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Dengan melampaui harapan secara terus-menerus, pelanggan setia Anda akan berubah menjadi brand evangelist Anda, lalu mereka akan berbagi pengalaman positif dengan orang lain.

5. Jadi Seorang yang Ahli

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Jadi Seorang yang Ahli

Sumber: Freepik

Katakanlah Anda memiliki restoran, dan pelanggan Anda memiliki beberapa pertanyaan tentang bagaimana Anda membuat steak medium rare dengan sempurna.

Ketika muncul pertanyaan tersebut, itu adalah kesempatan emas Anda untuk bersinar. Jika Anda mengetahui poin penting dalam membuat steak dan dapat menjawab dengan baik, mereka akan melihat Anda sebagai ahlinya.

Pelanggan akan lebih cenderung untuk kembali karena pertama, Anda menghabiskan waktu Anda berbicara dengan mereka, dan kedua, mereka tahu Anda tahu apa yang Anda bicarakan.

Anda juga dapat menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda adalah seorang ahli dengan membuat video petunjuk, menulis posting blog, menulis email informatif dan posting media sosial.

Baca juga: 11 Contoh Komplain Pelanggan dan Cara Mengatasinya

6. Berikan Customer Service yang Solutif

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan memberikan Customer Service yang Solutif

Sumber: Freepik

Anda mungkin menawarkan produk terbaik di dunia, tetapi jika layanan pelanggan atau customer service Anda buruk, Anda akan kesulitan mempertahankan pelanggan Anda.

Berikan customer service yang solutif atas permasalahan pelanggan dan Anda akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Sering ada pendapat bahwa pelanggan lebih kurang terima atas pelayanan yang buruk dibandingkan dengan makanan yang biasa-biasa saja.

Dikutip dari Neil Patel mengatakan 71% pelanggan yang disurvei telah mengakhiri hubungan mereka dengan bisnis karena layanan pelanggan yang buruk.

Customer service yang baik tidak sekadar memperlakukan orang dengan baik saat berada di bisnis Anda melainkan bagaimana menangani masalah secara mahir. Contohnya, mahir berurusan dengan orang-orang yang berkomentar negatif di media sosial.

Dengarkan pelanggan Anda dan penuhi kebutuhan mereka sebaik mungkin.

7. Dengar Feedback Pelanggan

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan mendapatkan Feedback pelanggan

Sumber: Freepik

Tidak ada yang ingin kehilangan pelanggan. Faktanya, sangat melegakan ketika melihat pelanggan kembali lagi dan lagi karena Anda tahu Anda melakukan sesuatu dengan benar. Salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan mengurangi churn pelanggan adalah dengan survei masukan pelanggan.

Tidak hanya berfungsi untuk membuat pelanggan Anda merasa dihargai namun pelanggan juga dapat memberi tahu apa yang telah Anda lakukan dengan baik dan apa yang perlu Anda tingkatkan. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghadapi review negatif dari pelanggan.

Survei pelanggan dapat dilakukan beberapa kali dalam setahun. Dengan begitu, Anda dapat melakukan berbagai penyesuaian dalam layanan bisnis setelah menimbang masukan pelanggan. Anda dapat menggunkan fitur canggih seperti WA blast untuk mengirimkan survei pelanggan ke banyak kontak sekaligus secara mudah.

8. Tingkatkan Kualitas Produk

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan meningkatkan Kualitas Produk

Sumber: Freepik

Setelah Anda mendapatkan masukan dari pelanggan, pastikan untuk memperbaikinya dengan cara meningkatkan kualitas produk. Selain itu, Anda perlu melakukan pengecekan rutin agar kualitas produk Anda tidak menurun.

Sebab kualitas produk menurun dapat mengecewakan pelanggan dan beralih ke kompetitor. Sebaliknya dengan kualitas produk ditingkatkan, pelanggan yang loyal juga tidak ragu untuk merekomendasikan atau tambahan marketing ke kolega mereka.

9. Ciptakan Inovasi Produk

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan menciptakan inovasi produk

Sumber: Freepik

Agar pelanggan tidak bosan, Anda perlu terus melakukan inovasi dengan memnciptakan produk baru maupun varian baru dengan sedikit mengubah produk laman. Hal ini dapat memacu rasa penasaran pelanggan sehingga mencoba produk yang Anda jual. Semakin bervariasi produk yang Anda tawarkan diimbangin dengan kualitas bagus, pelanggan akan sungkan untuk beralih ke kompetitor.

10. Tawarkan Program Loyality

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Tawarkan Program Loyality

Sumber: Freepik

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan terakhir adalah menawarkan program loyality. Biasanya bisnis menggunakan metode mambership. Dalam program membership tersebut ditawarkan banyak keuntungan misalnya potongan harga atau layanan spesial lainnya.

Program mambership yang ditawarkan bisa membuat pelanggan akan tertarik dan merasa diuntungkan. Maka dari itu, cara meningkatkan loyalitas pelanggan ini paling efektif.


Apa saja Faktor Penentu Loyalitas Pelanggan?

Loyalitas pelanggan sangat penting karena mendatangkan banyak keuntungan buat bisnis. Sayangnya untuk mendapatkan loyalitas tersebut tidaklah mudah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, yaitu:

  • Satisfaction: kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan terhadap suatu produk atau layanan bisnis.
  • Emotional bonding: ikatan emosional pelanggan terhadap suatu produk bisa mempengaruhi loyalitas mereka.
  • Trust: kepercayaan pelanggan terhadap suatu brand dapat mempengaruhi mereka untuk membeli produk lainnya yang ditawarkan brand tersebut.
  • Choice reduction and habit: kemudahan untuk memperoleh produk dapat memberikan rasa nyaman kepada pelanggan.
  • History: pengalaman berkesan antara bisnis dan pelanggan akan menjadi poin tambahan pelanggan kembali mengenang atau menciptakan pengalaman sama dengan cara membeli produk.

Baca juga: 12 Tips dan Cara Agar Jualan Online Laris bagi Pemula!


Tingkatkan Loyalitas Pelanggan Anda dengan Aplikasi CRM Terbaik

Setelah Anda memahami 10 cara meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda dapat mengetahui betapa pentingnya peran customer service dalam customer relationship management (CRM), serta mendengar masukan dari pelanggan.

Selain melakukan 10 cara meningkatkan loyalitas konsumen di atas, Anda juga dapat meningkatkan loyalitas konsumen dengan menggunakan aplikasi CRM yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang terintegrasi dengan Omnichannel. Aplikasi ini dapat membantu bisnis menangani keluhan pelanggan mulai dari awal hingga pelanggan merasa puas hingga menjadi loyal.

Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3500++ perusahaan menyelesaikan keluhan pelanggan. Selain itu, Mekari Qontak tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, FREE TRIAL CRM omnichannel dari Mekari Qontak selama 14 hari atau Konsultasi GRATIS dengan tim Mekari Qontak!

Kategori : BisnisCustomer
WhatsApp WhatsApp Sales