Daftar isi
4 min read

Mengenal Jenis Kuesioner Kepuasan Pelanggan dan Cara Membagikannya

Tayang 16 Juni 2022
Diperbarui 18 Desember 2023
CES-Kuesioner Kepuasan Pelanggan
Mengenal Jenis Kuesioner Kepuasan Pelanggan dan Cara Membagikannya

Kuesioner kepuasan pelanggan adalah  sarana atau media untuk membantu bisnis mengukur customer satisfaction. Sebab, sangat penting untuk mengukur sejauh mana pelanggan merasa puas dengan pelayanan atau produk yang Anda tawarkan.

Sementara itu, cra mengukur customer satisfaction populer adalah dengan membuat membagikan kuesioner. Dari data yang dikumpulkan dari kuesioner, banyak hal yang bisa Anda ketahui. Kemudian hasil analisis kuesioner tersebut, bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan customer experience karena berhasil memenuhi ekspektasi mereka.

Lalu bagaimana cara membuat kuesioner kepuasan pelanggan? contoh kuesioner kepuasan pelanggan? Apa pentingnya bagi bisnis? Pelajari selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Baca Juga: Pengertian Customer Satisfaction, Fungsi dan Cara Mengukurnya

Apa saja Jenis Kuesioner Kepuasan Pelanggan

Ada beberapa jenis kuesioner kepuasan pelanggan yang populer bisnis gunakan, seperti berikut:

1. Customer Satisfaction Score (CSAT)

Pertama, CSAT merupakan metode mengukur kepuasan pelanggan yang sederhana. Kuesioner jenis ni biasanya menyediakan jawaban tertutup seperti Ya/Tidak, setuju/tidak setuju dan puas/tidak puas.

Tingkat partisipasi kuesioner jenis ini umumnya lebih dari 98% karena pertanyaannya yang mudah dan sederhana. Hal ini sangat memudahkan Anda dalam meningkatkan kualitas produk dan pengalaman pelanggan.

Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan CSAT

2. Net Promoter Score (NPS)

Kedua, NPS adalah jenis kuesioner untuk mengetahui kemungkinan pelanggan merekomendasikan produk Anda ke keluarga atau kolega.

Kemungkinan ini biasanya menggunakan skala 1-10. Dari angka tersebut, Anda dapat membandingkan dan menyimpulkan jika sebagian besar pelanggan memilih 7-10 termasuk, sememtara yang memolih 0-6 termasuk detractor.

Namun apabila secara keseluruhan lebih banyak pelanggan memberikan nilai 7-10, artinya Anda sudah sedikit memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan NPS

3. Customer Effort Score (CES)

Ketiga, jenis kuesioner ini meminta pelanggan menilai pengalaman mereka menerima pelayanan seperti mengatasi komplain pelanggan.

Oleh karena itu, pertanyaan biasanya seputar “Berapa nilai yang Anda berikan untuk solusi masalah dari staf kami?”. Jawaban yang disediakan mulai dari sangat mudah sampai sangat sulit.

Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan CES

4. Milestone Survey

Terakhir, jenis kuesioner  adalah milestone survey. Kuesioner ini dikirimkan dalam rentang waktu tertentu. Tujuannya untuk memahami customer experience secara lebih mendalam.

Contohnya mengirimkan milestone survei setelah 60 hari pelanggan mendaftar atau mengikuti website Anda. Atau tepat setelah pelanggan selesai bertransaksi.

Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan Jenis Milestone Survey

Baca juga: 10 Cara Efektif Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Bagaimana Cara Membagikan Kuesioner Kepuasan Pelanggan?

Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk membagikan kuesioner ke pelanggan. Metode yang dipilih bisa disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Berikut metode yang bisa Anda gunakan untuk membagikan kuesioner kepuasan pelanggan:

1. Wawancara langsung (face to face interview)

Pertama, Anda bisa menghampiri pelanggan secara langgung untuk melakukan wawancara. Misalnya setelah pelanggan berbelanja di toko offline atau setelah event tertentu.

2. Wawancara mendalam (in depth interview)

Kedua, kuesioner customer satisfication ini biasanya diadopsi bisnis dengan tujuan melakukan evaluasi. Pertanyaan yang diajukan juga lebih mendalam. Biasanya kuesioner ini dibagikan saat launching produk baru.

3. Wawancara melalui telepon

Ketiga, mungkin Anda pernah menerima telepon dari perusahaan Anda tentang pengalaman Anda menggunakan produk mereka. Jika iya, berarti Anda tengah mengisi kuesioner. Pertanyaan kuesioner akan diajukan tim support, sehingga Anda tinggal menjawabnya saja.

4. Email blast

Keempat, teknologi saat ini memungkinkan Anda untuk memberikan kuesioner tanpa bertemu langsung. Contoh media yang populer dipilih bisnis adalah mengirimkan kuesioner melalui email blast.

Dengan email blast, Anda dapat mengirimkan ke banyak kontak sekaligus sehingga menjangkau lebih banyak pelanggan dalam waktu singkat. Salah satu cara melakukan email blast terbaik adalah dengan menggunakan aplikasi CRM.

Baca Juga: 19 Aplikasi CRM Terbaik 2023 untuk Bisnis

5. WhatsApp blast

Terakhir, WhatsApp menjelma sebagai media komunikasi paling populer dengan pengguna lebih dari 2 juta. Hal ini dimanfaatkan oleh bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan. Salah satunya untuk membagikan kuesioner ke pelanggan.

Membagikan kuesioner dipermudah dengan adanya aplikasi WA blast. Sama seperti email blast, fitur ini juga secara otomatis membagikan contoh kuesioner kepuasan pelanggan ke banyak kontak dengan sekali klik.

Baca Juga: Tutorial Mengirim Pesan Blast WhatsApp ke Semua Kontak


Bagikan Kuesioner Kepuasan Pelanggan Anda Sekarang!

Kuesioner kepuasan pelanggan sangat penting bagi bisnis yang ingin mengetahui seberapa besar pelanggan puas dengan layanan atau produk Anda. Ada beberapa jenis kuesioner yang bisa Anda pilih. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam membuat kuesioner.

Sementara untuk membagikan kuesioner tersebut, ada beberapa media yang bisa Anda gunakan. Salah satu metode yang paling banyak digunakan adalah dengan memanfaatkan teknologi seperti telepon, email blast, dan WhatsApp blast.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi Omnichannel dan Aplikasi CRM terbaik yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Integrasi tersebut memungkinkan Anda untuk membagikan kuesioner melalui berbagai saluran secara mudah. Dari hasil tersebut akan disimpan dalam satu sistem terpadu.

Dengan Mekari Qontak, Anda tidak perlu lagi repot mengukur kepuasan pelanggan. Sebab fitur CSAT, NPS dan CES akan otomatis mengukurnya. Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih 3500+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan.

Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan Anda.

Kategori : Customer
WhatsApp WhatsApp Sales