Mekari Qontak
Marketing

Content Marketing: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Content Marketing Strategy

Content marketing merupakan bagian yang tak terpisahkan dari strategi pemasaran. Bahkan menurut penelitian terbaru, hanya 10% pemasar yang tidak menggunakan pemasaran konten. Jadi untuk mayoritas pemasar di dunia memanfaatkan konten ini untuk meningkatkan penjualan.

Namun sebenarnya apa itu content marketing? Mengapa Anda pelu membuat konten marketing? lalu konten seperti apa yang digemari audiens?

Mungkin pertanyaan tersebut muncul dibenak Anda. Hal ini wajar terutama bisnis pemula yang ingin usahanya berkembang melalui konten-konten menarik yang disukai audiens. Semua jawaban pertanyaan tersebut dapat Anda temukan pada ulasan di bawah ini.

Omnichannel


Apa itu Content Marketing?

Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang memproduksi konten sebagai media komunikasi dan promosi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk membuat konten yang berharga, relevan dan kosisten agar audiens tertarik dengan penawaran Anda.

Selain itu, pembuatan content marketing juga bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan audiens dalam jangka waktu lama. Hal ini juga lah alasan mengapa konten Anda harus relevan dan konsisten. Dengan begitu, terbagun emosianal antar brand Anda dan audiens.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Marketing Mix 7P dan Manfaatnya


Apa Tujuan Perusahaan Menggunakan Content Marketing?

Tujuan utama perusahaan menggunakan content marketing adalah sebagai sarana promosi. Dengan informasi menarik yang dimuat dalam konten tersebut, diharapkan mampu menggugah hati audiens untuk membeli produk yang ditawarkan.

Selain itu, tujuan perusahaan menerapkan content marketing lainnya adalah sebagai berikut:

– Menjangkau Banyak Pelanggan

Mendapatkan banyak pelanggan adalah tujuan utama perusahaan membuat sebuah konten. Oleh karena itu, konten yang terlah dibuat akan dibagikan ke banyak platform populer seperti media sosial. Hal ini bahkan dilakukan oleh perusahaan besar seperti Shopee, Tokopedia, Gojek dan banyak yang lainnya.

– Investasi Jangka Panjang

Content makerting tidak berlaku hanya waktu sesaat. Terlebih apabila Anda bagikan konten tersebut melalui blog atau video Youtube. Melalui platform tersebut, audiens dapat menemukan konten Anda kapan saja saat mereka membutuhkan informasi yang relevan dengan konten yang Anda buat.

– Memupuk Kepercayaan Audiens

Tidak mudah dalam membangun kepercayaan audiens. Dibutuhkan konsistensi jangan panjang agar audiens percaya terhadap brand Anda. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan mereka informasi-informasi terpercaya terkait produk Anda melalui konten edukatif.

Membangun Brand Awareness

Tujuan content marketing berikutnya adalah membangun brand awareness. Terlebih bagi pemula, konten merupakan strategi terbaik untuk membangun branding mulai dari warna, logo, image, dan sebagainya. Brand image tersebut bisa Anda sisipkan pada setiap konten yang Anda buat untuk memudahkan audiens mengenal perusahaan Anda.

– Meningkatkan Traffic

Sebagian besar perusahaan berusaha membuat content marketing menghasilkan traffic tinggi di webstie atau plaform komunikasi lainnya. Pasalnya dengan traffic tinggi, konten Anda akan dipercaya dan diprioritaskan oleh berbagai platform. Misalnya untuk konten blog, semakin banyak pengujung konten tersebut, maka akan diprioritaskan oleh mesin pencarian.

Baca juga: Internet Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya!


Apa Saja Jenis Content Marketing?

Setidaknya ada 8 jenis content marketing yang perlu Anda ketahui seperti berikut:

1. Media Sosial

Pengguna media sosial terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini juga menyebabkan banyak bisnis platform media sosial untuk menghasilkan hasil content terbaik. Bahkan berdasarkan CMI melaporkan bahwa B2C yang setidaknya membagikan kontennya di 2 media sosial Facebook (59%) dan Instagram (21%) mendapatkan hasil memuaskan.

Media Sosial-Content marketing

Contoh content marketing

Salah satu perusahaan yang memanfaat media sosial untuk membagikan kontennya adalah Mekari Qontak. Pada akun media sosialnya, Qontak memberikan informasi terkait produk, keunggulan dari bran tersebut. Selain itu, Mekari Qontak juga berusaha membangin brand awarness melalui logo brand, deskripsi bio yang ringkas dan padat, akan memudahkan audiens mengenali brand tersebut.

2. Infografis

Inforgrafis merupakan konten yang menonjolkan visual dengan teks singkat sebagai penjelasnya. Teks tersebut biasanya berisi informasi penting yang mendukung visualnya yang biasanya berupa grafis dan diagram yang berisi data faktual. Oleh karena itu, Inforgrafis biasanya lebih disukai audiens karena memudahkan mereka untuk memahami isi konten.

Infografis-content marketing

Contoh content marketing

Konten infografis banyak digunakan untuk menapilkan data-data penting. Visual yang digunakan mendukung agar audiens lebih mudah dipahami. Misalnya Infografis Paket Kebijakan Ekonomi XIV – Peta Jalan E-Commerce yang dibuat oleh Kemenko Perekonomian RI. Dari infografis tersebut, terlihat jelas terjadi peningkatan perdagangan berbasis internet

3. Blog

Blog berperan penting dalam meningkatkan traffic website Anda. Hal ini didorong trend banyaknya orang yang mencari informasi melalui blog. Bahkan sebesar 70% orang lebih suka mendapatkan informasi dari blog daripada iklan tradisional. Artinya, blog berpotensi untuk meingkatkan penjualan dan membangun brand awareness.

blog jurnal

Contoh content marketing

Contoh bisnis yang memanfaatkan blog untuk membagikan konten pemasarnya adalah Mekari Jurnal. Dalam blog-nya, Jurnal membagikan konten seputar Aplikasi Akuntansi, Aplikasi Pembukuan, Aplikasi Invoice, Aplikasi Laporan, Keuangan Online dan Pajak. Melalui konten tersebut, Mekari Jurnal lebih dipercaya audiensnya.

4. Podcast

Seiring perjalanan waktu, podcast menjelma menjadi media populer yang banyak didengarkan. Setidaknya 80% pendengar podcast mendengarkan semua atau sebagian besar setiap episode (Podcast Insights). Hal ini peluang baru bagi bisnis memasarkan produknya melalui podcast.

The-Shopify-Solutions-Podcast-content-marketing

Contoh content marketing

Merek seperti Slack, Shopify, dan Basecamp telah berinvestasi dalam membuat podcast bermerek. Statistik ini menunjukkan bahwa pemasar setidaknya harus mempertimbangkan untuk beriklan di podcast. Bahkan berdasrkan data, pengeluaran iklan podcast di AS diperkirakan akan mencapai $1,74 miliar pada tahun 2022, meningkat 23% dari tahun 2021 (Statista). Sementara pendengar podcast mingguan mendengarkan rata-rata delapan podcast per minggu (Edison Research).

5. Video

Video menjadi content yang efektif menarik perhatian audiens. Bahkan sebuah penelitian menunjukan setidaknya 88% orang mengatakan bahwa mereka telah diyakinkan untuk membeli produk atau layanan dengan menonton konten video. Maka dari itu, jenis content marketing ini banyak diterapkan oleh bisnis.

Shoope_video marketing

Contoh content marketing

Contoh penerapan video marketing yang bisa menginspirasi adalah platform ecommerce Shopee. Setiap harinya, mereka membagikan konten video melalui reels Instagram berdurasi 60 detik. Pada video tersebut menampilkan informasi menarik seputar promosi yang diadakan oleh shopee.

6. Ebook

Ebook adalah salah satu media yang bisa diandalkan untuk memuat informasi detail yang mungkin dibutuhkan audiens. Agar tidak terlalu tebal, topik yang diangkat pada Ebook biasanya sepesifik yang dilengkapi data lengkap hasil riset, hasil ujicoba dan lainnya.

SEJ_Ebook

Contoh

Salah satu yang sering membuat Ebook adalah website searchenginejournal. Website tersebut kerap membagikan Ebook yang mengulas panduan, tips dan trik serta checklist untuk lebih mudah meraih sukses secara online. Hal ini tentu bermanfaat untuk profesional atau bisnis lainnya.

7. Paid Ad

Paid Ad merupakan iklan berbayar yang disediakan beberapa platform digital seperti Facebook, Instagram, Google dan lainnya. Iklan berbayar ini juga dapat dimasukkan sebagai jenis content marketing. Sebab, iklan juga membutuhkan konten yang menarik agar mampu menarik audiens.

Paid-Ad-Content-marketing

Contoh content marketing

Hampir semua bisnis menggunakan Paid Ad untuk meningkatkan engagement. Namun Anda bisa melihat Facebook, TikTok dan Udamy menggunakan Google ad untuk keyword ‘content marketing’ dipencarian google.

8. Email

Terakhir, email merupakan jenis content marketing yang paling porpuler. Menurut mckinsey.com, efektivitas email untuk tujuan marketing terbilang tinggi, yaitu 40 kali lipat lebih efektif dibanding Facebook dan Twitter. Bentukk konten untuk email marketing bervariasi mulai dari email promosi, email pengingat shopping cart, newsletter, sampai promosi ebook.

email-content-marketing

Contoh content marketing

Salah satu contoh penerapan content marketing email adalah konten dari Tokocrypto. Bisa dilihat dari gambar di atas, brand tersebut mengirimkan pesan Newsletter produknya dengan judul yang singkat, tapi memiliki pesan visual yang menarik.


Terapkan Content Marketing pada Bisnis Anda Sekarang!

Aplikasi Omnichannel Qontak

Contetn marketing merupakan strategi pemasaran terbaik untuk bisnis meningkatkan brand awarness dan penjualan. Konten ini juga kerap berfungsi sebagai media peromosi yang efektif menarik perhatian pelanggan.

Oleh karena itu, banyak bisnis membagikan conten marketing diberbagai platform untuk mendapatkan hasil optimal. Namun mengelola banyak platform bukanlah pekerjaan mudah.

Salah satu strategi yang bisa Anda manfaatkan adalah dengan menerapkan Omnichannel dan CRM dari Mekari Qontak. Dimana aplikasi ini akan secara otomatis mengumpulkan semua interaksi leads dari berbagai satu platform. Hal ini memudahkan Anda untuk mengidentifikasi prospek yang potensial hanya dari satu platform.

Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mengembangkan usahannya. Bahkan Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales