Daftar isi
4 min read

Facebook Ads: Pengertian, Manfaat, dan Fungsi Utamanya

Tayang 24 Januari 2024
Diperbarui 16 Februari 2024
Facebook Ads Optimization
Facebook Ads: Pengertian, Manfaat, dan Fungsi Utamanya

Facebook ads merupakan salah satu terobosan yang diluncurkan oleh Meta untuk membantu bisnis melakukan penjualan. Di mana fungsi utama Facebook ads ini adalah untuk memunculkan iklan bisnis yang terintegrasi dengan berbagai platform sosial media lainnya.

Namun untuk dapat memaksimalkan fungsi Facebook Ads agar dapat mencapai peningkatan penjualan tidak semudah yang dibayangkan. Pelajari selengkapnya di artikel berikut.


Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah layanan iklan berbayar yang diluncurkan oleh Meta yang dirancang khusus untuk bisnis mempromosikan produknya pada platform Facebook.

Facebook ads biasanya akan dimunculkan pada beranda audiens berdasarkan demografinya. Misalnya ditentukan berdasarkan target pasar yang ingin dijangkau bisnis seperti pendidikan, umur, pekerjaan, jenis kelamin dan sebagainya.

Jadi fungsi Facebook Ads adalah untuk mendekatkan Anda dengan target pasar lebih mudah dan tepat sasaran.

Baca juga: Kenali Apa itu Facebook Marketing, Kelebihan dan Strateginya


Apa saja Keuntungan atau Fungsi Facebook Ads?

Fungsi Facebook Ads untuk Bisnis antara lain:

1. Memahami Karakter Target Market

Facebook Ads memberikan kemudahan kepada Anda untuk menentukan karakter target market dengan akurat. Misalnya berdasarkan wilayah jangkauan, minat, usia, hingga jaringan.

Selain itu, Meta memberikan Anda kebebasan untuk mengatur waktu muncul dan berakhirnya iklan per harinya. Namun sebelum memasukkan data, Anda perlu memastikan data yang Anda akurat. Jangan sampai terjadi kesalahan.

Contohnya, bisnis Anda merupakan produsen susu anak yang mengincar target market dengan karakteristik wanita dewasa dan berusia antara 24-35 tahun. Namun karena Anda salah memasukkan batas usia, maka iklan Anda mucul pada pengguna rentang usia 18-20 tahun. Jadi iklan tersebut tidak akan efektif.

Target market-Fungsi Facebook Ads

2. Membangun Branding

Bagi sebuah bisnis, branding sangatlah penting untuk menciptakan citra bisnis sesuai keinginan. Meta memudahkan Anda untuk membangun brand dengan akses pengguna Facebook yang tidak memiliki batasan wilayah. Artinya melalui Ads ini Anda dapat mempromosikan brand baik berupa produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Fungsi Facebook Ads tersebut tentu menguntungkan Anda, karena dengan iklan berbayar Anda bisa menjangkau pengguna Meta sekaligus Instagram.

Sehingga peluang brand Anda dikenal lebih banyak orang terbuka lebar. Padahal seperti yang diketahui, semakin besar brand awareness yang dibangun, peluang untuk mengembangkan usaha semakin terbuka lebar.

Membangun brand-fungsi facebook ads

3. Biaya Beriklan Terkendali

Berbeda dengan sarana beriklan lainnya yang memiliki tarif tetap, Facebook Ads membebaskan Anda untuk mengeluarkan biaya beriklan.

Fitur cost control bisa Anda manfaatkan untuk mengatur besarnya biaya akuisisi. Anda diberi kebebasan untuk mengatur biaya kampanye dan iklan akan berhenti atau disesuaikan jika nilai biaya akuisisi sudah mendekati atau melebihi cost control.

Biaya- Fungsi Facebook ads

4. Kemampuan Retargeting

Fungsi Facebook Ads ini untuk membidik ulang orang-orang yang sudah pernah mengunjungi website Anda. Bisa dikatakan bahwa fitur ini terus mem-follow up target market Anda agar terus teringat dengan brand Anda. Itulah kenapa iklan Anda akan selalu muncul di beranda Facebook mereka.

Contohnya Anda pernah mengunjungi sebuah online shop, lalu tanpa Anda sadari iklannya selalu muncul di laman Facebook Anda. Sebetulnya pada saat itu, Anda sudah masuk dalam radar retargeting fitur Facebook Ads ini.

retargeting- fungsi facebook ads

5. Menawarkan Iklan yang Menarik

Terdapat banyak fungsi Facebook Ads yang sanyang dilewatkan seperti membuat konten iklan yang menarik. Perlu diketahui bahwa perubahan zaman dapat memengaruhi karakteristik target market Anda dalam menanggapi sebuah iklan.

Untuk saat ini saja tidak banyak orang yang akan menaruh perhatiannya pada iklan yang hanya mengandalkan teks. Pengguna media sosial saat ini lebih suka menaruh perhatiannya pada iklan yang disertai gambar seperti foto maupun infografis menarik atau video.

Facebook Ads memungkinkan Anda untuk memasang iklan berupa gambar, infografis dan video interaktif. Dengan tampilan iklan yang menarik diharapkan mampu memicu calon pelanggan untuk terlibat berinteraksi dengan pelanggan. Bahkan membagikannya ke orang lain dalam jaringan pertemanan mereka.

Baca juga: CTA Click To WhatsApp: Cara Termudah Iklan di Facebook dan IG


Berapa Harga Facebook Ads?

Pertanyaan yang kerap muncul mengenai Facebook Ads adalah biaya yang perlu dibayarkan bisnis. Sebenarnya tidak ada batasan biaya dalam beriklan dengan Meta. Di mana Anda bisa beriklan di Facebook mulai dari Rp10.000 per hari.

Meta sendiri membebaskan Anda untuk menentukan biaya yang ingin dikeluarkan setiap bulannya. Semakin besar biaya yang Anda anggarkan, maka jumlah tampilan iklan Anda semakin intens.

Baca juga: Cara Menggunakan Facebook Ads Library untuk Mengintip Iklan Kompetitor


Optimalkan Fungsi Facebook Ads untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis!

Fungsi utama Facebook Ads adalah membantu mempromosikan bisnis sehingga bisa meningkatkan penjualan. Di mana banyak fungsi lainnya yang  mendukung pengembangan bisnis lebih baik. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk menggunakan Facebook Ads.

Setelah Anda beriklan, tentu Anda mengharapkan banyak pelanggan yang akan menghubungi. Jangan sampai Anda mengecewakan mereka dengan pelayanan yang kurang mengenakan. Misalnya pesan mereka yang diabaikan karena agen sibuk kerepotan merespon bayak pelanggan.

Mencegah hal tersebut terjadi, Kami sarankan untuk menghubungkan Facebook Anda dengan aplikasi bisnis Anda lainnya. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan Omnichannel CRM Qontak.com.

Di mana Omnichannel akan menghubungkan semua saluran bisnis Anda dalam sistem terpadu. Hal tersebut memudahkan Anda untuk memantau sekaligus merespon tanpa berpindah aplikasi.

Kategori : BisnisMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales