Daftar isi
3 min read

5 Cara Meningkatkan Kualitas Customer Service pada Bisnis

Tayang 28 Juni 2024
Diperbarui 15 Juli 2024
Cara meningkatkan kualitas customer service
5 Cara Meningkatkan Kualitas Customer Service pada Bisnis

Customer service menjadi perhatian besar sebagian besar bisnis saat ini. Pasalnya, melayani pelanggan dengan baik bisa menjadi aset untuk menjaga hubungan jangka panjang yang berpengaruh pada loyalitas terhadap merek.

Selain itu, kualitas customer service yang baik dapat mengangkat citra positif bagi brand. Namun, hal tersebut lumayan sulit untuk bisnis penuhi karena pelanggan saat ini memiliki ekspektasi tinggi.

Menurut Walkerinfo bahwa ekspektasi pelanggan terhadap kemudahan yang meningkat drastis dari hanya 11% pada tahun 2013 menjadi 90% pada tahun 2020.

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan kualitas customer service:

1. Pahami Kebutuhan Pelanggan

Dalam dunia bisnis, jarang sekali terjadi bahwa seseorang langsung memutuskan untuk membeli suatu produk tanpa melakukan pertimbangan serius terkait kualitas produk dan jenis layanan yang diharapkan. Bahkan sebagaian dari mereka mempertimbangkan masukan anggota keluarga, rekomendasi teman, atau pendapat dari orang lain.

Oleh karena itu, semua faktor ini harus dipertimbangkan dalam menyediakan sistem layanan pelanggan yang baik. Penting untuk mengumpulkan sebanyak mungkin data awal tentang kebutuhan, preferensi, dan detail lainnya saat pelanggan melakukan pembelian, dan data ini dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan yang relevan

Dengan menggunakan aplikasi customer service yang terintegrasi dengan aplikasi CRM, Anda dapat menyimpan data pelanggan dan riwayat pemesanan mereka. Hal ini akan memudahkan Anda untuk tidak menanyakan hal-hal yang memang sudah pernah dilakukan.

Baca Juga: Customer Service: Pengertian, Tugas, Peran dan Skills yang Dibutuhkan

2. Tawarkan Solusi yang Efektif

Jika ada keluhan atau masalah, berikan solusi yang efektif dan cepat. Cobalah untuk menyelesaikan masalah dengan segera tanpa harus memindahkan tanggung jawab ke pihak lain. Jika Anda tidak bisa langsung memberikan solusi, beri tahu pelanggan kapan masalahnya akan diatasi.

3. Jadilah Pendengar yang Baik

Dengarkan dengan saksama apa yang diungkapkan oleh pelanggan. Berikan perhatian penuh pada pertanyaan, keluhan, atau masalah yang mereka sampaikan. Tunjukkan bahwa Anda peduli dengan mendengarkan secara aktif dan menghindari gangguan selama interaksi.

Selain itu, cobalah untuk selalu sapa pelanggan dengan senyuman dan sikap ramah. Gunakan bahasa yang sopan dan hormat dalam setiap interaksi. Hindari konfrontasi atau perilaku yang kurang sopan, bahkan jika pelanggan sedang emosional.

4. Personalisasi Pelayanan

Sebanyak 40% dari pelanggan menyatakan keinginan untuk mendapatkan pelayanan langsung dari manusia. Sebab banyak bisnis saat ini melayani pelanggan dengan bantuan asisten virtual yang terkesan kaku.

Hal tersebut tentu berbeda apabila dilayani langsung oleh manusia atau agen customer service. Mereka bisa berinteraksi langsung dan merasa di hargai. Dengan begitu, pelanggan juga akan merasa puas.

5. Perbaiki pelayanan Call Center dan Call Service

Perusahaan yang memiliki sistem customer service yang baik pasti memiliki pelayanan call center dan call service yang baik. Dalam keberhasilan suatu call center dan call service, dibutuhkan sistem Call Center yang baik.

Sistem ini harus mementingkan kenyamanan pelanggan dan memastikan komunikasi yang jelas dengan pelanggan untuk dapat menangani permasalahan yang sedang dihadapi.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Call Center, Tugas, Jenis dan Manfaatnya

Sistem customer service dari Mekari Qontak sangatlah tepat untuk meningkatkan pelayanan pelanggan Anda. Dengan aplikasi customer service Mekari Qontak, supervisor dan manager dapat melihat data dan statistik pelayanan di call center dan call service. Tampilan dari layanan call center juga dapat dikostumisasi dengan kebutuhan Perusahaan.

Coba Gratis aplikasi customer service terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasikan Kebutuhan bisnis Anda Gratis dengan tim ahli dari Mekari Qontak Sekarang.

WhatsApp WhatsApp Sales