Mekari Qontak
Business

10 Tips Ampuh Mengembangkan Bisnis hingga Go International

business' international expansion

Peluang bisnis di dalam negeri memang begitu potensial dan besar. Tapi tentu saja pasar internasional jauh lebih besar dan luas. Oleh karena itu, banyak bisnis yang tertarik untuk go international.

Apalagi sekarang dunia bisnis sudah tak lagi memiliki batas sejak kehadiran internet. Melalui jaringan internet, bisnis mudah untuk ekspansi ke luar negeri. Tapi untuk bisa menjalankan bisnis yang go internasional, masih banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Oleh karena itu, jika ingin bisnis Anda go international maka perhatikan tips pada artikel dibawah ini.

10 tips agar bisnis Anda go international adalah sebagai berikut:

  1. Produk yang Punya Pasar
  2. Pilih Market global yang sesuai
  3. Persiapkan Sistem Administrasi yang Baik
  4. Pelajari regulasi di negara tujuan market
  5. Tentukan sistem jualan yang akan digunakan
  6. Manfaatkan pameran dari pemerintah dan swasta
  7. Memaksimalkan pemasaran Media Online
  8. Pilih sistem distribusi yang tepat
  9. Menjalin komunikasi yang Baik
  10. Memanfaatkan Teknologi

Aplikasi crm terbaik Mekari Qontak


Apa Definisi Bisnis Go International?

Bisnis go international adalah sebuah usaha yang sudah memaksimalkan sumber daya yang dimiliki untuk bersaing di pasar dunia. Sumber daya yang dimaksud meliputi sumber daya manusia (SDM), modal, dan lainnya.

Supaya bisa go internasional, perusahaan dituntut untuk mengembangkan produk yang memiliki keunikan dan kreatifitas tinggi. Dengan begitu, produk mampu bersaing di ketatnya pasar global. Dimana palah satu kegiatan utama dari pasar global adalah kegiatan ekspor dan impor.


Apa Keuntungan Bisnis Go International?

Berkembang dan tumbuh di dalam negeri memang sudah menjadi pencapaian yang baik bagi sebuah bisnis. Tapi dengan bisa menembus pasar international, tentu saja itu akan membawa banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Selain produk yang berhasil dijual, masih banyak keuntungan lainnya, diantaranya seperti berikut:

– Perusahaan semakin berkembang

Apabila Anda berhasil melakukan ekspansi ke pasar global, artinya perusahaan Anda bertumbuh ke arah yang lebih baik. Sebab aktivitas ini dapat membuka peluang agar penjualan produk Anda semakin bertambah. Dengan demikian pendapatan atau profit yang Anda dapat juga semakin besar.

– Mengikuti perkembangan zaman

Trend pasar global biasanya lebih fluktuatif. Sementara pada pasar tersebut terjadi persaingan sehat, dimana semua perusahaan memiliki kesepatan yang sama. Artinya Anda harus fleksibel melakukan berbagai inovasi agar produk Anda diterima di pasar global.

– Meningkatkan skill pemasaran

Persaingan pasar dunia tentu lebih ketat dibandingkan dalam negeri, sebab ada lebih banyak perusahaan yang terlibat didalamnya. Salah satu agar mampu memenangkan pasar tersebut adalah dengan meningkatkan skill pemasaran Anda. Pasalnya perusahan yang memiliki kemampuan luar biasa menarik perhatian pelanggan dialah yang akan menjadi pemenangnya.

– Meningkatkan kualitas produk

Syarat utama agar produk Anda laku dijual dipasaran tentu saja memiliki kualitas produk prima. Terlebih pasar global yang amat ketat direbutkan perusahaan dari seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, pastikan produk Anda memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan global jika ingin melakukan ekspansi go international.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


10 Tips untuk Bisnis Anda Bisa Ekspansi Go International

Tips agar Bisnis Go International

Bisnis bisa go international tentu menjadi impian semua pelaku usaha. Namun untuk mewujudkannya bukan perkara mudah. Beberapa hal di bawah ini bisa membantu Anda mencari tahu strategi yang perlu dipersiapkan bila bisnis ingin go international:

1. Produk yang Punya Pasar

Konsumen di luar negeri tentu memiliki minat, kebutuhan, budaya, kebiasaan dan kesukaan yang berbeda dibandingkan konsumen Indonesia. Oleh karena itu, bila saat ini Anda sudah menjalankan bisnis dan memiliki produk unggulan, maka cobalah lebih dulu telusuri negara mana yang sekiranya bisa menerima produk Anda.

Alternatif lainnya, Anda bisa memulai membuat produk baru yang disesuaikan dengan kebutuhan penduduk di negara yang ingin dituju. Pastikan juga produk Anda sudah sesuai memiliki kualitas bagus. Menjaga kualitas tentu menjadi hal wajib bagi pelaku bisnis.

2. Pilih Market global yang sesuai

Jika Anda sudah memiliki tujuan dalam mengembangkan usaha, carilah pasar di mana Anda dapat memenuhi atau melampaui tujuan tersebut. Buat rencana pemasaran dan tebar jaring Anda lebar-lebar dengan melihat beberapa pasar berbeda dalam skala global.

Banyak pemerintah suatu negara dan asosiasi perdagangan menawarkan sumber daya untuk membantu Anda memahami pasar luar negeri. Bacalah laporan mereka untuk melihat bagaimana produk / layanan Anda akan beresonansi dengan basis konsumen lokal.

Hadiri pameran dagang di pasar sasaran Anda untuk menjalin kontak baru dan belajar tentang budaya bisnis lokal. Anda dapat belajar banyak tentang cara memasarkan produk / layanan Anda dengan mengalami kehidupan dan budaya lokal.

3. Persiapkan Sistem Administrasi yang Baik

Bila mau menembus pasar internasional, tandanya persiapan bisnis Anda sudah harus sangat matang. Dimulai dari internal perusahaan yang sudah siap go international. Mulai dari karyawan yang bisa berbahasa Inggris, disiplin dan berwawasan luas hingga administrasi dan manajemen yang profesional.

Perlu diingat, jangan sepelekan untuk urusan administrasi perusahaan. Apabila urusan manajemen dan pelaporan keuangan tidak benar, maka perusahaan Anda sudah pasti tak akan stabil. Bila begitu bisnis Anda pun tak mungkin bisa berkembang. Karena itu, tempatkanlah orang yang kredibel, terpercaya dan bisa diandalkan pada bagian administrasi perusahaan.

4. Pelajari regulasi di negara tujuan market

Setiap pasar memiliki seperangkat persyaratan hukumnya sendiri untuk melindungi pekerja dan konsumen. Misalnya produk apa yang bebas diperjual belikan, didistribusikan, besarnya pajak yang harus dibayarkan, dan bagaimana mekanisme perdagangan yang akan dijalankan.

Mempelajari regulasi dan persyaratan tersebut mungkin terlihat sangat komplek. Namun jika Anda ingin menjual produk ke mancanegara, hal ini sangat penting. Dimana untuk meminimalisir kerugian yang akan Anda tanggung, seperti produk tertahan di bea cukai karena dianggap tidak memenuhi syarat.

5. Tentukan sistem jualan yang akan digunakan

Menjualkan produk di negara asing bukan perkara mudah. Salah satu tantangan, harus membuat produk Anda dikenal dan terjual dengan baik di negara tujuan dimana produk dipasarkan. Ada beberapa sistem penjualan yang bisa Anda lakukan seperti:

  • Jual langsung
  • Menggunakan distributor
  • Menggunakan agen penjualan
  • Buat usaha joint venture

Baca juga: 10 Aplikasi Penjualan Barang Terbaik di Indonesia

6. Manfaatkan pameran dari pemerintah dan swasta

Untuk menjadi bisnis yang bisa ekspansi ke luar negeri tentu ada banyak cara, seperti dengan mencari investor dari luar negeri dan menunggu adanya pemesanan lebih dulu. Untuk dua hal tersebut tentu baru bisa Anda dapatkan bila sudah memiliki relasi. Nah, lantas bagaimana cara menemukan relasi itu sendiri?

Ikutilah berbagai program dan pameran dari pemerintah atau swasta. Biasanya pemerintah sudah memiliki agenda untuk mengikuti pameran peluang usaha di berbagai negara. Hal ini tentu bisa membantu Anda membuka relasi dan market di luar negeri.

7. Memaksimalkan pemasaran Media Online

Memanfaatkan media sosial seperti Linkedin, Facebook, Instagram, Twitter adalah pilihan bagus untuk mulai membuka relasi global. Terlebih di era digital saat ini, media sosial dapat menghubungkan Anda dengan konsumen global.

Optimalkan media online semaksimal mungkin untuk pemasaran global. Sosial media marketing harus didukung dengan strategi yang sudah ditentukan lebih dulu. Jangan asal menggunakannya karena hanya akan membuang waktu dan tenaga saja sebab Anda tidak akan menuai hasil maksimal.

8. Pilih sistem distribusi yang tepat

Langkah selanjutnya adalah Anda harus menentukan bagaimana cara mengirim produk ke luar negeri. Pilihlah jasa logistik terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Pastikan juga Anda memahami asuransi yang dikenakan oleh perusahan logistik yang Anda pilih, bea cukai, hingga biaya pengemasan yang Anda butuhkan dan metode pengangkutan atau perusahaan ekspedisi yang diperlukan.

9. Menjalin komunikasi yang Baik

Komunikasi menjadi salah satu faktor keberlangsungan bisnis Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu berkomunikasi dengan perwakilan usaha Anda di negara lain dengan baik. Dapatkan juga informasi terkini yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Manfaatkan omnichannel untuk menjalin komunikasi dengan mitra Anda di negara lain. Omnichannel akan menghubungkan seluruh saluran bisnis Anda dalam satu platform dengan memanfaatkan jaringan internet. Jadi di lokasi mana saja Anda berada, Anda tetap dapat melihat kondisi atau aktivitas bisnis secara real time.

10. Memanfaatkan Teknologi

Teknologi punya peran penting saat ingin melakukan penjualan ke seluruh dunia. Misalnya software omnichannel yang dapat menghubungkan beberapa saluran dalam satu platform.

Selain omnichannel, teknologi CRM (customer relationship management) juga dapat Anda gunakan. Aplikasi CRM mampu menyederhanakan proses bisnis seperti penjualan mulai dari pencatatan, pelacakan produk hingga pemasaran di berbagai saluran bisnis. Hal ini tentu sangat menunjang kegiatan jual beli di pasar global.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Contoh Bisnis Go International

Sebelum mulai menerapkan strategi bisnis diatas, mungkin Anda bisa mengikuti beberapa contoh bisnis Indonesia yang sudah go internasional. Berikut contoh bisnis go international diantaranya:

– Silver Queen

Contoh Bisnis Go Internasional Silver Queen

Banyak yang mengira produk coklat ini berasal dari luar negeri saking terkenalnya. Padahal brand coklat Silver Queen asli buatan Indonesia. Hebatnya, cokelat asal Indonesia ini tak kalah dengan merek luar negeri seperti Toblerone, Cadbury, Kitkat, dan sebagainya loh. Bahkan, Silver Queen sekarang telah melebarkan sayapnya ke negara lain seperti Filipina, Singapura, Amerika, dan lain-lain.

– Kopiko

Contoh Bisnis Go Internasional Kopiko

Permen kopi ini merupakan contoh bisnis go internasional. Kepopuleran permen legendaris Kopiko sudah berhasil menembus pasar di lebih dari 50 negara dunia. Ketenaran Kopiko saat ini tidak kalah dengan permen buatan luar negeri seperti Beneluks, Italia, hingga Portugal

– La Fonte

Contoh Bisnis Go Internasional La Fonte

Meski memiliki nama Italia, merek pasta La Fonte berasal dari dalam negeri loh. Tepatnya berada di bawah naungan PT Bogasari dan menyediakan produk pasta kering serta sausnya. Produk pasta ini bahkan sudah di ekspor ke beberapa negara seperti Korea, Thailand, dan Malaysia.

– Tolak Angin

Contoh Bisnis Go Internasional Tolak Angin

Produk herbal asli Indonesia Tolak Angin adalah contoh bisnis go internasional selanjutnya. Konsistensi Tolak Angin yang mempertahankan racikan homemade dengan resep yang tidak pernah berubah sejak tahun 1951, mungkin salah satu menjadi alasan kenapa produk ini diminati konsumen global. Sekarang ini, produk Tolak Angin sudah mampu go internasional di berbagai negara seperti Hong Kong, Australia, Belanda, bahkan Amerika Serikat.

– Indomie

Contoh Bisnis Go Internasional Indomie

Indomie sempat menghebohkan beberapa tahun belakangan karena diklaim sebagai mie instan terenak di dunia. Popularitas Indomie di dunia dapat dinilai dari ditemukannya produk Indomie di setiap minimarket yang ada pada berbagai negara.

Bahkan saking populernya, Bahasa yang ada pada kemasan Indomie telah disesuaikan dengan keberadaannya, misalnya di Korea, tulisannya akan berubah menjadi hangul. Begitu juga di negara-negara lainnya, mulai dari Asia, Amerika, Australia, Eropa, hingga Afrika.


Siapkan Bisnis Anda untuk Go Internasional Sekarang!

Seiring dengan kemajuan teknologi, peluang Anda untuk memasuki pasar international terbuka lebar. Banyak platform yang dapat Anda manfaatkan untuk menjual produk ke pasar global. Namun, untuk mengelola semua itu tentu tidak mudah. Dimana Anda membutuhkan bantuan teknologi, agar semua penjualan Anda terorganisir dengan baik.

Mekari Qontak menawarkan solusi all in one aplikasi CRM untuk menyukseskan Anda ekspansi ke pasar global. Aplikasi CRM Qontak akan menghubungkan seluruh saluran bisnis dalam satu platform. Jadi Anda tidak perlu berpindah aplikasi untuk memantau aktivitas pemasaran, penjualan dan layanan pelanggan bisnis.

Selain itu, Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mengembangkan usahannya. Bahkan Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Konsultasikan secara gratis apabila Anda ingin bisnis go internasional bersama dengan Qontak.com. Tim kami akan selalu siap melayani Anda 24 jam nonstop.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales