Mekari Qontak
Sales

Tips Komunikasi Penjualan yang Efektif!

Effective Sales Communication

Pelajari Tips Komunikasi Penjualan yang Efektif untuk Menarik Calon Pelanggan!

Seorang sales diwajibkan menguasai product knowledge sebelum presentasi di muka umum, atau bertemu calon pembeli untuk menawarkan produk atau jasa. Namun untuk dapat menjual dan mendorong calon pembeli agar bertransaksi tidak cukup hanya mengandalkan hal tersebut. Keterampilan komunikasi penjualan adalah hal yang tak kalah penting dan bersinergi dengan product knowledge. Lantas, bagaimana caranya agar bisa melakukan komunikasi penjualan efektif? Berikut kami ulas tips komunikasi penjualan efektif yang bisa Anda pelajari dan lakukan!

Apa itu Komunikasi Penjualan?

Komunikasi penjualan adalah proses berbagi informasi yang membuat pelanggan mendapat informasi mengenai produk, analitik, dan berita penting mengenai industri terkait. Menurut para ahli, 93% dari komunikasi yang kita lakukan adalah nonverbal. Dalam meningkatkan komunikasi penjualan, Anda perlu menguasai komunikasi verbal dan nonverbal.

Sudah tidak asing lagi bahwa tim sales memiliki berbagai cara untuk membujuk pelanggan. Tetapi jika Anda pergi menjual dengan pola pikir, “Saya di sini untuk menjual sesuatu,” Anda berada dalam pola pikir yang salah. Sebaliknya, Anda harus berpikir “bagaimana saya bisa membantu orang ini”.

Bagaimana Teknik Komunikasi Penjualan yang Baik?

– Completeness

Dalam teknik komunikasi penjualan, Anda harus dapat menginformasi secara lengkap mengenai produk yang Anda tawarkan. Disinilah pentingnya product knowledge dipadu dengan kemampuan menjelaskan produk selengkap-lengkapnya. Tujuannya agar pelanggan benar-benar memahami apa yang Anda tawarkan, kelebihan apa yang dimiliki produk atau layanan Anda, kualitas yang dipunya hingga sepadan atau tidaknya harga yang ditawarkan.

– Conciseness

Selain lengkap, Anda perlu menjual produk dengan tidak bertele-tele. Di sini lah pentingnya teknik conciseness (singkat) dalam komunikasi dengan calon pelanggan. Informasi yang singkat namun lengkap akan membuat calon pelanggan memahami maksud dari apa yang Anda jelaskan

– Consideration

Salah satu hal yang membuat pelanggan ragu untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, yaitu adanya pertimbangan. Entah dari segi harga yang masih kemahalan menurut calon pembeli, atau adanya pilihan serupa tapi dengan kelebihan dan kekurangan berbeda.

Jadi, untuk mengantisipasi hal itu, ciptakanlah peran seorang marketing sebagaimana mestinya. Berikan pertimbangan yang matang yang bersifat win-win solution bagi Anda dan calon pembeli. Dengan begitu keraguan di dalam diri calon pembeli akan menghilang.

– Concreteness

Dalam menjual, komunikasi yang Anda lakukan juga perlu melihat aspek konkret dimana produk atau jasa yang dijual adalah spesifik, real (nyata), serta bukanlah ilusi. Gampangnya, produk yang Anda jual dapat dirasakan oleh calon pelanggan. Selain konkret, produk tersebut akan semakin baik apabila memberikan added value terhadap calon pelanggan

– Clarity

Teknik komunikasi penjualan yang baik adalah apabila kita dapat menginformasikan produk secara jelas tanpa membuat misinterpretasi. Semakin jelas Anda melakukan penjualan maka semakin jelas informasi yang Akan diterima oleh pelanggan. Ini akan membantu pelanggan dalam proses pertimbangannya dalam membeli.

– Courtesy

Kesopanan adalah basic manner setiap orang. Anda perlu menerapkan norma kesopanan dan ini merupakan salah satu teknik komunikasi penjualan yang penting. Ada etika yang perlu kita pahami pada saat menjual. Buat calon pelanggan merasa nyaman dengan keberadaan kita dengan memberikan informasi yang jelas, ringkas, lengkap, dan tidak terkesan memaksa.

– Correctness

Ketelitian atau correctness menjadi hal kecil namun bisa sangat dilihat oleh calon pelanggan. Ini sesederhana ketika Anda menyebutkan nama klien, pengetahuan produk, jenis produk, dan update promo terkini. Pastikan Anda teliti khususnya dalam menjelaskan produk dan kelebihannya. Buat diferensiasi antar produk, sebut keunggulan dari masing-masing produk, dan konsisten sekalipun calon pelanggan akan menanyakan pertanyaan yang sebenarnya sudah Anda jelaskan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Apa saja Tips Komunikasi Penjualan yang Efektif?

1. Fokus Pada Solusi

tips komunikasi penjualan solusi

Sumber gambar: coachingacademyblog.com

Sebelum Anda fokus pada solusi, pahami nilai empati pada diri Anda. Kemampuan untuk memahami dan berempati adalah bagian yang sangat penting dari komunikasi penjualan. Setiap orang pasti ingin dimengerti. Jika Anda dapat mengomunikasikan bahwa Anda memahami orang yang Anda ajak bicara, Anda dapat mengembangkan rasa kesamaan (common ground). Kesamaan adalah pondasi terbaik untuk mengatasi masalah dan tantangan dan membuat Anda dapat memahami solusi apa yang dapat diberikan.

2. Komunikasi secara Asertif

tips komunikasi penjualan asertif

Sumber Gambar: lynda.com

Percaya diri! Anda ingin pesan atau informasi Anda memiliki dampak terhadap calon pembeli. Untuk itu, Anda harus percaya diri dalam percakapan. Anda mungkin merasa tidak didengar dalam percakapan oleh calon pembeli. Ini terutama karena Anda membiarkan orang lain memaksakan agenda mereka pada Anda. Sehingga cara terbaik untuk mengomunikasikan pesan Anda adalah dengan menegaskan diri Anda dalam percakapan dan percaya diri dalam penyampaian pesan Anda.

3. Jadilah Otentik

tips komunikasi penjualan otentik

Jadilah diri sendiri! Ketika melakukan penjualan, apakah Anda berpegang teguh pada nilai dan keyakinan Anda sendiri? Orang terkadang ingin bersikap sopan dan mencoba menjaga percakapan tetap berjalan dengan baik – mereka mengabaikan perasaan mereka untuk menghindari menyinggung orang lain.

Menjadi otentik adalah ketika Anda tetap menjadi diri sendiri di mana pun situasi berada. Pelanggan akan lebih menghargai ketika Anda menjadi diri sendiri namun tetap dalam kaidah profesional sebagai penjual. Dengan menjadi diri sendiri ditambah percaya diri, Anda dapat dengan tenang melakukan penjualan.

4. Menjadi Pendengar yang Baik

tips komunikasi penjualan pendengar baik

Percakapan tidak akan terjadi kecuali Anda memperhatikan apa yang dikatakan orang lain. Orang ingin merasa bahwa Anda mendengarkan mereka, jadi beri tahu mereka bahwa Anda mendengarkan. Jadilah pendengar yang aktif dengan terlibat dalam percakapan – anggukkan kepala Anda, berikan sedikit komentar, seperti “Saya mengerti”, “baiklah”, “oh poin yang menarik”, atau ajukan pertanyaan untuk terlibat dan tunjukkan bahwa Anda ingin tahu lebih banyak.

Dalam komunikasi penjualan, menjadi pendengar yang baik sangat penting untuk memahami masalah. Dengan begitu, Anda dapat memberikan solusi sesuai kebutuhan calon pelanggan Anda.

5. Berpikiran Terbuka

Pasar milenial komunikasi dua arah

Jika Anda bersedia mempertimbangkan perspektif, skenario, dan ide yang akan Anda terima setelah bertemu calon pembeli, maka Anda adalah orang yang berpikiran terbuka. Sebagai seorang penjual, Anda akan berbicara dengan banyak orang. Jadi jangan tutup pikiran Anda terhadap pola pikir mereka. Jika Anda menutup pikiran dan hanya melihat perspektif sendiri, Anda hanya akan membangun dinding antara Anda dan calon pembeli yang berujung komunikasi penjualan tidak berjalan secara efektif.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Kuasai Tips Komunikasi Penjualan dan Jadilah Penjual Handal!

Omnichannel-Strategi pemasaran media sosial

Menjadi penjual yang handal perlu melakukan komunikasi secara asertif dengan menumbuhkan rasa empati dan memahami apa kebutuhan pelanggan. Tidak lupa menjadi diri sendiri dan pendengar yang baik, maka calon pembeli akan merasa nyaman dengan Anda yang pada akhirnya produk Anda dapat dibeli.

Sejalan dengan aktivitas penjualan Anda, Qontak.com dapat memberikan solusi untuk meningkatkan penjualan dan otomatisasi layanan pelanggan melalui Instagram API, Omnichannel Facebook Messenger, dan WhatsApp Business API. Semua layanan pelanggan pada social media Anda dapat dijalankan dalam 1 platform. Terlebih, Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000 bisnis untuk meningkatkan usahanya. Coba gratis penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah!

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales