Mekari Qontak
Marketing Other Business

Niche Market: Definisi dan Cara Menentukannya

Niche Market

Niche market merupakan solusi efektif agar bisnis bisa diterima pelanggan di pasar terbatas. Sebab niche marketing dapat membantu bisnis menemukan pasar sendiri. Caranya dengan memberikan ciri khas berbeda dari usaha yang sudah ada.

Kelebihan niche market adalah membuat bisnis fokus untuk memenangkan pelanggan di pasar yang lebih terbatas. Hal ini membuat peluang bisnis untuk mendapatkan banyak pelanggan lebih terbuka, dibandingkan harus bersaing di pasar bebas dengan banyak kompetitor.

Lalu bagaimana cara untuk menentukan niche market yang tepat? simak penjelasan selengkapnya pada artikel dibawah ini!

5 cara mudah menentukan niche market yang tepat untuk bisnis:

  1. Melakukan riset tren pasar
  2. Jangan lupa untuk melakukan cross check
  3. Buat keputusan yang tepat
  4. Publikasikan dan promosikan
  5. Evaluasi dan tingkatkan

Aplikasi CRM Mekari Qontak


Apa Itu Niche Market?

Niche market adalah segmentasi pasar tertentu yang menjadi target bisnis untuk menjual produk atau layanan. Di mana menentukan target pasar ini sangat untuk bertahan dipersaingan semakin ketat dan luas saat ini.

Menentukan niche market yang lebih spesifik akan membantu Anda meraih meraih keuntungan yang lebih besar dibandingkan langsung terjun ke pasar bebas. Pasalnya bisnis menjadi lebih fokus menjualkan produknya pada kalangan pelanggan tertentu.

Misalnya untuk spesifikasi pasar berdasarkan gender, usia, daya beli/harga dan lain-lain.


Mengapa Niche Market Penting untuk Bisnis?

Memahami dan menentukan niche marketing sangatlah penting untuk bisnis, karena ini niche dapat membantu bisnis mengidentifikasi kebutuhan target audiens potensial.

Selain itu, niche marketing juga dapat membantu bisnis atau perushaan dalam menghasilkan ide dan inovasi produk baru sesuai kebutuhan dan spesifikasi pelanggan.

Tidak hanya itu saja, niche market juga dapat membantu bisnis dalam menemukan cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan target audiens atau prospek dan meningkatkan keterlibatan mereka.


Apa Saja Manfaat Niche Market?

Niche market bermanfaat bisnis fokus memasarkan produknya hanya satu pasar tertentu saja. Pasalnya sebuah bisnis tidak mungkin membuat sebuah produk yang bisa melayani semua orang.

Selain itu, bisnis dapat fokus menyelesaikan permasalahan orang-orang dengan kebutuhan khusus secara lebih profesional.

Berikut adalah manfaat niche marketing untuk bisnis:

– Bisnis Lebih Terfokus

Niche market membuat Anda memiliki target pasar yang jelas, sehingga tidak perlu bingung dalam mengembangkan produk.Ketika Anda ingin menambah varietas produk, cukup mencari tahu kebutuhan-kebutuhan konsumen yang belum terlayani dan membuat solusinya.

– Memperluas peluang

Setelah berhasil ‘menguasai’ satu pasar, Anda dapat mulai memikirkan tentang ekspansi dan menyeberang ke area khusus lainnya. Bisnis Anda akan terus bertumbuh dengan metode ini.

– Bisnis Lebih Mudah Dikenal

Fokus pasar yang mengerucut membuat Anda hanya memiliki kompetitor lebih sedikit. Artinya jumlah pesaing yang sedikit, membuat bisnis Anda mudah dan cepat dikenal. Hal ini akan berpotensi untuk dijadikan rujukan bagi konsumen-konsumen baru dalam komunitas yang terkait dengan niche market Anda.

– Niche Market Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Menjalankan usaha dengan niche market spesifik, memungkinkan Anda hanya menawarkan produk yang dibutuhkan pelanggan. Oleh karena itu, para pelanggan yang termasuk dalam target market Anda akan loyal terhadap brand bisnis Anda.

Baca juga: Mengenal Marketing Automation, Manfaat, dan Kegunaannya


Bagaimana Cara Menentukan Niche Market yang Baik?

Dalam melakukan aktivitas sales dan marketing, pemahaman terhadap apa yang menjadi niche market atau spesifikasi dari market yang sesuai dengan brand yang Anda wakili.

Berikut ini beberapa trik yang dapat Anda implementasikan dalam menemukan niche bisnis Anda.

1. Melakukan riset tren pasar

Niche Market_Melakukan riset tren pasar

Untuk menentukan pasar yang sesuai, Anda perlu melakukan riset melalui internet. Kenali pasar mana yang sesuai untuk produk yang Anda jual. Ketahui juga apa kebutuhan pelanggan di pasar tersebut. Kenali juga kompetitor yang menargetkan pasar tersebut juga

 2. Jangan lupa untuk melakukan cross check

cross check

Apabila Anda sudah merasa puas mencari dan menemukan pasar yang ingin Anda eksplorasi dan fokuskan, sekarang saatnya untuk melihat seberapa banyak pesaing yang berada di pasar tersebut.

Apa sekiranya yang menjadi keunggulan serta kelemahan mereka. Jadikan informasi tersebut sebagai penguat strategi bisnis Anda, sehingga memiliki nilai tambah

3. Buat keputusan yang tepat

Making decision

Setelah menganalisa kadar saingan di pasar tersebut, saatnya memutuskan apakah Anda sebaiknya melanjutkan masuk ke pasar tersebut atau tidak. Jika hanya Anda, maka semakin menjanjikan bagi bisnis Anda untuk menonjol dan menjadi satu-satunya.

4. Publikasikan dan promosikan

Niche Market_Promosi dan Publikasi

Setelah yakin dengan keputusan yang Anda buat, pasarkan produk dengan menyasar target pasar yang telah ditentukan. Buatlah konten semenarik mungkin untuk mempromosikan produk Anda.

Promosikan secara online melalui website, blog, twitter, Instagram, WhatsApp, posting Linkedin dan banyak lagi. Buatlah konten yang bermanfaat bagi calon pelanggan Anda.

Caranya dengan memberikan solusi masalah mereka, berikan tip dan cara berguna untuk membantu mereka menghemat waktu, uang, atau keduanya.

Misalnya, Anda menggunakan WhatsApp blast untuk mengirimkan pesan yang berisikan informasi atau tips-tips berharga kepada calon pelanggan dan pelanggan Anda.

5. Evaluasi dan tingkatkan

Niche Market_Evaluation

Pemasaran dan bisnis adalah proses yang berkelanjutan. Oleh karena itu Anda perlu adanya perbaiki dan tingkatkan secara teratur.

Dengan mengukur apa yang berhasil dan apa yang tidak, Anda mengetahui apa saja yang membuat Anda maju.  Tetapkan ukuran pemasaran Anda dan Anda menggunakannya untuk mengarahkan bisnis Anda.


Contoh Bisnis yang Sukses Menerapkan Strategi Niche Market

Alibaba mencatat ada beberapa bisnis yang sukses menerapkan strategi Niche Market yakni sebagai berikut:

– Whole Foods

Anda mungkin tidak menganggap Whole Foods sebagai bisnis khusus, tetapi ini adalah contoh yang bagus tentang bagaimana sebuah bran dapat berhasil dengan mempersempit fokusnya ke pasar tertentu. Whole Foods berfokus pada pasar makanan organik sebelum Anda bisa menemukannya di tempat lain.

Brand ini menargetkan konsumen kaya yang mengutamakan kesehatan dan kebugaran serta produk yang diproduksi secara etis. Untuk menargetkan pasar ini, Whole Foods bekerja lebih keras untuk memberikan pengalaman berbelanja mewah demi membangun loyalitas pelanggan.

– Lefty’s: The Left-Hand Store

Bukan rahasia lagi bahwa dunia dibangun untuk orang yang tidak kidal. Anda mungkin tidak menyadarinya karena kemungkinan besar Anda termasuk di antara 90% populasi yang tidak kidal. Lefty melihat ini dan membuat toko yang didedikasikan untuk produk untuk orang kidal.

Untuk menjangkau target pasar mereka, Lefty’s harus berinvestasi dalam analitik digital untuk mendapatkan wawasan untuk menargetkan ceruk pasar yang luar biasa.

Mereka melakukan ini dengan menggunakan kata kunci untuk mendapatkan peringkat tinggi di pencarian Google, memanfaatkan iklan bertarget dan membuat kampanye pemasaran yang dipersonalisasi.

– Under Armour

Under Armour adalah merek yang dimulai ketika pendirinya, mantan pemain sepak bola, memutuskan untuk membuat pakaian olahraga yang tidak akan basah oleh keringat setelah berolahraga.

Dia menemukan celah di pasar, mengembangkan produk untuk mengisi celah ini, dan menemukan pasar yang siap. Perusahaan dimulai dengan kemeja kompresi dan sejak itu berkembang menjadi berbagai jenis pakaian aktif dan alas kaki.


Cara Menggunakan CRM untuk Menentukan Niche Market

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan sistem CRM untuk menentukan niche marketing secara mudah. Namun bagaimana caranya?

Saat mengembangkan produk dan inovasi baru, Anda dapat memulai dengan fokus pada industri tertentu yang dapat membantu memposisikan Anda untuk berkembang dalam niche market. Kemudian gunakan CRM untuk memenuhi niche market tertentu. Anda juga dapat menyesuaikannya dengan industri lain.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan umpan balik dari pelanggan dan fokus pada penyelesaian masalah mereka. Semua itu dapat Anda gunakan dengan melihat informasi feedback dan riwayat pelanggan yang terdapat pada database CRM.

Di sisi lain, Anda juga dapat menggunakan CRM untuk mengelola hubungan dan mengukur keterlibatan pelanggan dengan lebih baik.


Tentukan Niche Market yang Tepat untuk Bisnis Anda!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Mengetahui niche market Anda adalah cara yang bagus untuk mengukir sekumpulan pelanggan dan mengembangkan pengikut setia. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menemukan niche marketing yang tepat. Tapi hal itu juga harus diimbangi dengan strategi pemasaran yang tepat agar mendapatkan hasil baik, salah satunya melalui aplikasi marketing.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi marketing Omnichannel CRM yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih pendukung bisnis. Sehingga dapat menjadi solusi end-to-end yang tepat untuk bisnis Anda.

Sementara itu, Mekari Qontak telah membantu lebih dari +3000 perusahaan mengembangkan bisnisnya. Di mana fitur-fitur canggih yang ditawarkan Mekari Qontak akan membantu Anda untuk memenangkan pelanggan di niche market pilihan Anda.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo gratis Omnichannel CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales