Mekari Qontak
Customer Service

11 Cara Efektif Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bisnis

Image CTA for Aplikasi Customer Service

Layanan pelanggan merupakan garda terdepan bisnis atau perusahaan. Di mana bisnis perlu memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas yang dapat mencerminkan bisnis itu sendiri. Untuk itu, sangat penting bagi bisnis untuk mengetahui cara meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan yang efektif.

Namun, bagaimana cara meningkatkan kualitas pelayanan yang efektif? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan di bawah inI!

11 Tips meningkatkan kualitas pelayanan yang efektif untuk bisnis:

  1. Memahami kebutuhan pelanggan
  2. Melatih empati perwakilan layanan Anda
  3. Dorong umpan balik pelanggan yang jujur
  4. Siapkan kerangka kerja untuk mengukur kinerja tim Anda
  5. Tetapkan tujuan individu dan tim
  6. Tetapkan dan komunikasikan standar layanan
  7. Pilih dan rekrut kandidat yang ‘tepat’
  8. Gunakan strategi omnichannel customer service
  9. Bersikaplah transparan dan berikan umpan balik
  10. Gunakan customer service performance management software
  11. Selesaikan pertanyaan dan masalah pelanggan pada saat pertama kali

Image CTA Aplikasi Customer Service


Apa Manfaat Pelayanan yang Berkualitas bagi Bisnis?

Meningkatkan kualitas pelayanan bisnis tentu saja dapat memberikan manfaat yang menguntungkan untuk bisnis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan

Kualitas pelayanan bisnis yang baik dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang positif dan hubungan pelanggan jangka panjang yang baik.

Dengan demikian, kualitas pelayanan yang baik dapat memungkinkan pelanggan merasa puas dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap merek bisnis Anda.

Hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian, di mana 91% pelanggan mengatakan bahwa pengalaman layanan pelanggan yang positif lebih memungkinkan mereka untuk melakukan pembelian lebih lanjut.

– Meningkatkan keuntungan

Hubungan pelanggan jangka panjang yang dibangun melalui layanan pelanggan dapat membantu bisnis menjadi lebih menguntungkan.

Menurut Bain & Company, bisnis dapat meningkatkan pendapatan antara 4% dan 8% di atas pasar mereka ketika mereka memprioritaskan pengalaman layanan pelanggan yang lebih baik.

– Memperoleh rekomendasi pelanggan

Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan bisnis yang berkualitas cenderung akan merekomendasikan bisnis tersebut kepada orang lain.

Menurut sebuah penelitian, 94% pelanggan akan merekomendasikan perusahaan yang layanannya mereka nilai “sangat baik”.

– Meningkatkan konversi pelanggan

Manfaat meningkatkan kualitas pelayanan bisnis berikutnya adalah membantu bisnis mengubah prospek menjadi penjualan atau dikenal sebagai konversi.

Dalam hal ini, layanan pelanggan yang berkualitas akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis, sehingga meningkatkan conversion rate bisnis.

Menciptakan brand image yang positif

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwasanya pengalaman pelanggan yang menyenangkan, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan dapat menciptakan rekomendasi dari pelanggan.

Namun, tidak hanya itu saja, ini juga bisa menjadi brand image yang positif bagi bisnis Anda. Di mana pelanggan akan melakukan pemasaran dari mulut ke mulut untuk memberitahukan tentang betapa baiknya kualitas pelayanan merek Anda.


Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan yang Efektif untuk Bisnis?

1. Memahami kebutuhan pelanggan

Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan_Memahami kebutuhan pelanggan

Cara meningkatkan kualitas pelayanan yang pertama dan perlu Anda catat dengan baik adalah memahami kebutuhan pelanggan.

Di mana semua yang dilakukan tim layanan pelanggan Anda harus didasarkan pada kebutuhan pelanggan. Memahami dengan tepat apa kebutuhan mereka akan membantu memandu strategi layanan pelanggan yang tepat untuk Anda.

2. Melatih empati perwakilan layanan Anda

Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan_Melatih empati perwakilan layanan Anda

Memahami kebutuhan spesifik pelanggan Anda hanyalah langkah pertama yang harus dilakukan. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui bagaimana Anda akan berinteraksi dengan pelanggan.

Dalam hal ini, perwakilan layanan pelanggan atau agen customer service harus memiliki empati yang tinggi terhadap pelanggan. Untuk itu, penting bagi Anda melatih empati perwakilan layanan bisnis Anda.

3. Dorong umpan balik pelanggan yang jujur

Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan_Dorong umpan balik pelanggan yang jujur

Umpan balik pelanggan yang baik menghasilkan ulasan positif. Sementara umpan balik pelanggan yang buruk dapat menghasilkan peluang untuk perbaikan dan peningkatan.

Oleh karena itu, Anda perlu mendorong umpan balik pelanggan yang jujur untuk membantu Anda dan tim Anda belajar dan meningkatkan kinerja layanan bisnis Anda.

4. Siapkan kerangka kerja untuk mengukur kinerja tim Anda

Siapkan kerangka kerja untuk mengukur kinerja tim Anda

Cara meningkatkan kualitas pelayanan bisnis berikutnya adalah dengan memiliki metrik kinerja customer service.

Di mana Anda perlu menentukan KPI (Key Performance Indicator) apa yang tepat untuk mengukur kinerja tim Anda.

Selengkapnya: 19 KPI Customer Service yang Wajib Diukur Bisnis

5. Tetapkan tujuan individu dan tim

Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan_Tetapkan tujuan individu dan tim

Apakah Anda sudah memiliki kerangka kerja dan KPI yang akan dicapai? Jika iya, maka Anda dapat melanjutkan dengan menentukan serta melacak tujuan individu berdasarkan apa yang telah disepakati bersama oleh tim.

Penetapan tujuan ini akan memberdayakan agen CS Anda untuk bertanggung jawab dengan tugasnya dan berusaha melakukan yang terbaik untuk mencapai targetnya.

6. Tetapkan dan komunikasikan standar layanan

Tetapkan dan komunikasikan standar layanan

Menetapkan tujuan saja tidak cukup untuk mencapainya. Anda juga perlu menetapkan dan mengkomunikasikan standar layanan bisnis Anda.

Di sini, Anda dapat memberikan agen Anda daftar periksa jaminan kualitas layanan untuk merinci apa saja yang menjadi penting saat membantu pelanggan.

7. Pilih dan rekrut kandidat yang ‘tepat’

Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan_Pilih dan rekrut kandidat yang 'tepat'

Cara meningkatkan kualitas pelayanan bisnis berikutnya adalah dengan memilih dan merekrut kandidat yang tepat.

Salah satunya dengan mencari kepribadian dan aspirasi yang termotivasi, sehingga dapat mempelajari apa yang dibutuhkan.

Mungkin sulit bagi Anda untuk mengidentifikasi siapa saja kandidat terbaik, tetapi mengevaluasi empati dan keterampilan memecahkan masalah dapat menjadi sangat penting dalam menemukan agen layanan pelanggan yang hebat.

8. Gunakan strategi omnichannel customer service

Gunakan strategi omnichannel customer service

Saat ini ada berbagai saluran yang dapat digunakan oleh bisnis untuk menjangkau pelanggan dan sebaliknya. Namun, banyaknya saluran dapat membuat bisnis menjadi kerepotan untuk mengelolanya.

Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan strategi omnichannel customer service yang memungkinkan Anda untuk memiliki keselarasan kualitas layanan dan program di semua saluran bisnis Anda.

9. Bersikaplah transparan dan berikan umpan balik

Bersikaplah transparan dan berikan umpan balik

Baik individu, tim, maupun organisasi, semuanya harus bersikap transparan dan mampu memberikan umpan balik antara satu dengan yang lain.

Hal ini dapat membantu memperkuat komunikasi yang Anda miliki satu sama lain dan juga meningkatkan kolaborasi serta keselarasan tim layanan pelanggan Anda.

Sehingga, dapat memberikan layanan pelanggan yang berkualitas untuk setiap pelanggan bisnis Anda.

10. Gunakan customer service performance management software

Gunakan customer service performance management software

Penggunaan aplikasi CRM sebagai customer service performance management software dapat membantu Anda untuk mengontrol kinerja layanan pelanggan dan memastikan layanan pelanggan Anda berjalan dengan seefektif mungkin.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah melakukan analisis dan evaluasi terkait pencapaian target setiap individu dan tim untuk perbaikan dan peningkatan yang lebih maksimal.

Baca Juga: 15 Tools Untuk Customer Service Terbaik

11. Selesaikan pertanyaan dan masalah pelanggan pada saat pertama kali

Selesaikan pertanyaan dan masalah pelanggan pada saat pertama kali

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas pelayanan bisnis adalah dengan memecahkan semua masalah pelanggan saat pertama kali.

Dalam hal ini, Anda dapat menghitung dan melacak First Contact Resolution score (FCR), untuk membantu Anda memahami pentingnya menghabiskan waktu ekstra di muka guna memberikan respons berkualitas pertama kali.


Pelajari Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Tingkatkan Layanan Pelanggan Bisnis Anda Sekarang!

Aplikasi Customer Service Mekari Qontak

Itu dia beberapa cara meningkatkan kualitas pelayanan yang efektif untuk bisnis. Selain menerapkan cara-cara di atas, Anda juga dapat memaksimalkan kualitas pelayanan bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi customer service terbaik.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi customer service terbaik yang terintegrasi dengan CRM dan Omnichannel, sehingga dapat mengoptimalkan layanan pelanggan Anda secara maksimal. Selain itu, aplikasi customer service Qontak juga dilengkapi berbagai fitur-fitur canggih pendukung bisnis.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani layanan dan hubungan pelanggan mereka. Tidak hanya itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?

Yuk, coba demo aplikasi customer service terbaik dari Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales