Mekari Qontak
Business

Mengenal Apa itu Customer Value Management

Feedback-customer value management

Panduan Lengkap Customer Value Management (CVM)

Customer value atau nilai pelanggan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan oleh bisnis. Namun, meningkatkan nilai pelanggan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi bisnis. Oleh karena itu, pelaku bisnis membutuhkan Customer Value Management (CVM) dalam bisnisnya.

Namun, apa itu customer value management? Mengapa itu penting bagis bisnis? Dan apa saja manfaatnya?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk simak pembahasa lengkap tentang customer value management berikut ini!

Image CTA aplikasi CRM


Apa itu Customer Value Management?

Customer Value Management adalah proses untuk mengelola dan mengoptimalkan value atau nilai di setiap tahapan customer journey, mulai dari interaksi pertama hingga interaksi terakhir.

Adapun tujuan CVM salah satunya adalah untuk menciptakan pengalaman konsisten pada setiap interaksi pelanggan. Dengan demikian, pelanggan dapat memiliki perspektif yang baik terkait produk dan harga yang ditawarkan.

Di sisi lain, CVM juga dapat memberikan insight terkait interaksi pelanggan dalam satu platform terpadu. Insight tersebut nantinya dapat memudahkan bisnis untuk memahami minat dan kebutuhan pelanggan.

Akibatnya, proses penjualan akan dipercepatan dengan proposisi nilai yang saling menguntungkan, baik untuk pembeli maupun penjual.


Mengapa Customer Value Management Penting untuk Bisnis?

customer-experience-customer-value-management

Saat ini, Anda dapat melakukan CVM melalui tools yang dapat membantu Anda mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan, seperti aplikasi CRM.

Dengan menggunakan tools tersebut, Anda dapat mengukur faktor pendorong keputusan pembelian pelanggan dan dampaknya terhadap KPI bisnis.

Selain itu, masih ada banyak alasan lainnya yang membuat tools CVM menjadi sangat penting untuk bisnis, antara lain:

  • Memberikan customer insight yang dapat digunakan untuk memperoleh dan mempertahankan mereka.
  • Memusatkan perhatian pada data pelanggan untuk menambah nilai yang bisa diberikan kepada pelanggan.
  • Membantu menghubungkan target KPI dan kebutuhan pelanggan dengan mengukur faktor-faktor yang mendorong perilaku pembelian dan melihat metrik seperti target audiens, laba rugi, ROI, dll.
  • Meningkatkan akuntabilitas pada program pemasaran yang membantu dalam menentukan tujuan pemasaran.
  • Berperan penting dalam pengembangan bisnis khususnya dalam menyusun strategi pemasaran, pemasaran hubungan, manajemen basis data pelanggan, dan manajemen penjualan.

Apa saja Jenis Customer Value Management?

Customer value management terdiri dari beberapa tahapan yang perlu Anda ketahui. Di mana setiap tahapan akan sangat berpengaruh pada penilaian pelanggan.

Berikut adalah jenis atau tahapan customer value management:

1. Value Discovery

Baik bisnis maupun pelanggan membutuhkan alasan untuk menjalin hubungan yang bermakna yang menguntungkan kedua belah pihak.

Misalnya pelanggan membutuhkan nilai dari solusi yang Anda berikan. Sementata bisnis ingin mendapatkan wawasan unik tentang kebutuhan pelanggan.

Dari tahapan ini, kedua belah pihak akan menemukan nilai yang menguntungkan dari satu sama lain.

2. Value Delivery

Setelah menemukan apa yang diinginkan pelanggan dari bisnis Anda, sekarang saatnya untuk membuat rencana tindakan di sekitarnya. Dalam hal ini, sangat penting untuk Anda menawarkan solusi yang menguntungkan pelanggan.

Oleh karena itu, Anda harus menghitung apakah solusi tersebut memberikan nilai potensial kepada pelanggan dan memberi Anda kesempatan untuk unggul dari kompetitor.

3. Value Realization

Dengan realisasi nilai, Anda dapat mengukur nilai aktual dan membantu pelanggan melihat nilai bisnis yang ditawarkan.

Ketika pelanggan berada dalam tahap ketiga dari perjalanan CVM ini, mereka cenderung bertahan lebih lama, menghasilkan lebih banyak kepuasan, dan membuka jalan untuk meningkatkan penjualan serta peluang up selling.

Selain itu, menambahkan testimonial pelanggan yang relevan juga akan mendorong model nilai dengan penyempurnaan berkelanjutan.


Apa Manfaat Customer Value Management Bagi Bisnis?

quality-product-customer-value-management

Customer value management menawarkan berbagai manfaat yang dapat menguntungkan bisnis, khususnya untuk team leader atau manajer bagian penjualan, pemasaran, manajemen produk, dan hubungan pelanggan.

Berikut adalah manfaat CVM untuk masing-masing departemen bisnis:

Marketing

Customer value management dapat membantu marketer dalam mendatangkan lebih banyak prospek yang berorientasi pada penjualan. Selain itu, CVM juga dapat memberikan insight berbasis nilai untuk menghasilkan konten marketing efektif.

Di sisi lain, CVM juga mampu membantu menghasilkan Studi Kasus berdasarkan hasil penilaian pelanggan yang sebenarnya, sehingga dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan relevansi untuk setiap penggunanya.

Sales

CVM memungkinkan para pemimpin untuk mengurangi ketergantungan pada diskon, memperbesar kesempatan mencapai kemenangan (deals), mempercepat kesepakatan, dan meningkatkan ukuran kesepakatan.

Customer Success

CVM dapat memberikan visibilitas terhadap deals yang dibuat dalam siklus penjualan, dengan tujuan untuk memastikan bahwa nilai akan diatur dan diamati secara terus-menerus untuk menciptakan produk atau layanan yang memuaskan.

Partners

Penggunaan tools CVM dapat memberikan partners kemampuan untuk membandingkan dampak nilai ekonomi dari solusi yang akan ditawarkan ke pelanggan.

Dengan interface yang mudah digunakan, CVM dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh perwakilan untuk mengartikulasikan manfaat unik produk.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Apa Saja yang Dapat Mendorong Customer Value Management?

Untuk mendorong perubahan nilai, Anda perlu mengelola elemen-elemen yang dapat mendorong persepsi customer value itu sendiri.

Dalam hal ini, nilai dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas yang masih dirasakan relatif, mengurangi harga yang dirasakan relatif, atau menggunakan kombinasi keduanya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah faktor-faktor yang dapat mendorong customer value management:

1. Kualitas

Kualitas yang dimaksud adalah fungsi dari kualitas yang dirasakan dari atribut produk dan layanan yang Anda berikan. Sebab hal ini dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan pembelian ulang.

2. Harga

Faktor-faktor yang memengaruhi harga adalah biaya awal dan siklus hidup produk (life cycle product). Selain dua faktor tersebut, ada juga aspek-aspek yang perlu diperhatikan seperti daya beli konsumen terhadap produk tersebut.

3. Kombinasi kualitas dan harga

Faktor ini merupakan kombinasi dua faktor sebelumnya. Misalnya adalah dengan menurunkan bobot faktornya melalui pemodelan statistik.

Dengan demikian, Anda tidak hanya fokus pada area kerja yang relatif buruk tetapi juga area yang memiliki dampak terbesar bagi pelanggan.

Baca Juga: Cara Mengukur dan Cara Meningkatkan Customer Value yang Efektif!


Tingkatkan Nilai Bisnis Anda dengan Customer Value Management Software Terbaik Sekarang!

Aplikasi CRM Mekari Qontak

Dari pembahasan di atas, dapat dipahami bahwasanya customer value management (CVM) memainkan peranan penting dalam meningkatkan nilai pelanggan. Anda dapat memanfaatkan CVM software seperti aplikasi CRM untuk membantu mengelola dan meningkatkan customer value bisnis Anda.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang menawarkan solusi end-to-end untuk pemasaran, penjualan, hingga layanan pelanggan. Anda dapat memantau sistem bisnis secara real time guna memudahkan Anda menghitung nilai pelanggan dari produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk mengefektifkan bisnis dan meningkatkan hubungan pelanggan. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Yuk, coba demo Aplikasi CRM Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales