Daftar isi
5 min read

7 Cara Menanggapi Komentar Negatif dengan Elegan di Media Sosial

Tayang 27 Maret 2024
Diperbarui 15 Juli 2024
Cara menanggapi komentar negatif di sosial media
7 Cara Menanggapi Komentar Negatif dengan Elegan di Media Sosial

Kehadiran komentar negatif di sosial media bisa mempengaruhi pandangan konsumen terhadap suatu bisnis. Pasalnya, konsumen saat ini mengandalkan ulasan internet untuk menemukan produk, layanan, dan merek yang bagus.

Online reviews statistics melaporkan bahwa sekitar 94% konsumen mengatakan bahwa ulasan buruk telah meyakinkan mereka untuk menghindari sebuah bisnis.

Data tersebut menunjukkan sangat bagi perusahaan untuk belajar cara merespons ulasan negatif, terutama dalam situasi di mana ulasan tersebut dapat merusak reputasi merek mereka.

Yuk, pelajari cara menanggapi komentar negatif pada artikel berikut.

Cara Menanggapi Komentar Negatif di Media Sosial

Komentar negatif tidak hanya menjadi momok orang pribadi, tetapi juga bisnis. Komentar negatif yang berlebihan dapat merusak reputasi bisnis, meskipun belum tentu kebenarannya.

Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk menanggapi komentar negatif dengan bijak. Ada berbagai cara yang bisa bisnis gunakan untuk menghadapi komentar negatif di media sosial, seperti berikut:

1. Jangan Emosi dan Tetap Tenang

Tips pertama menghadapi komentar negatif adalah tidak boleh terpancing. Bisnis harus tetap tenang dan tidak tersulut emosi seperti yang diinginkan pemberi komentar.

Perlu diingat bahwa emosi tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan bisa merusak reputasi bisnis di mata pelanggan, oleh karena itu, redam emosi Anda agar bisa berpikir dengan logis.

Meme Hate Comment

Sumber: imgflip.com

2. Pahami Maksud dan Tujuan dari Komentar Negatif

Setelah berhasil meredam emosi Anda terhadap komentar negatif, cobalah untuk memahami maksud dan tujuan dari komen tersebut. Posisikan diri sebagai pelanggan yang mungkin mengalami masalah tersebut.

Cermati apakah pesan tersebut memiliki tujuan membangun bisnis Anda lebih baik. Kemudian jadikan komentar tersebut untuk evaluasi dan memperbaiki diri.

Misalnya komentar negatif tersebut secara garis besar mengkritik layanan pelanggan yang lambat. Hal ini menjadi masukan bagus untuk bisnis Anda meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

3. Teliti Akun yang Memberikan Komentar

Tips selanjutnya menghadapi komentar negatif adalah mencari tahu akun yang membagikan komen. Hal ini dikarenakan tidak semua pemberi komentar negatif adalah pelanggan Anda, tapi kemungkinan mereka hanya orang iseng atau robot yang ingin menjatuhkan bisnis Anda.

Telusuri akun yang digunakan untuk berkomentar di media sosial merupakan orang asli atau hanya akun palsu penyebar kebencian. Jika mereka merupakan akun palsu, Anda bisa abaikan. Tapi jika Anda merasa mengganggu, coba laporkan akun atau hapus komentar.

4. Gunakan Kalimat Profesional dan Sopan

Cara menanggapi komentar negatif di media sosial selanjutnya adalah membalasnya menggunakan kata-kata yang sopan. Penggunaan kata-kata sopan menunjukkan bahwa komentar negatif tidak mampu memancing emosi Anda.

Di sisi lain, penggunaan kata sopan menunjukkan bahwa Anda adalah orang bijak dan mengerti etika dalam menyampaikan pendapat di media sosial. Hal ini juga membuktikan bisnis Anda profesional.

Baca juga: Cara Komunikasi dengan Pelanggan untuk Bisnis

5. Berikan Informasi yang Akurat dan Objektif

Cara mengatasi cyberbullying di sosial media selanjutnya adalah hubungi secara pribadi orang yang bersangkutan. Konfirmasi bahwa komentar yang mereka berikan tidak sepenuhnya benar. Kemudian bagikan informasi yang sebenarnya untuk membuktikan bahwa komentar mereka salah.

Jika tidak ada respon, tinggalkan komentar untuk mereka meminta mereka menghubungi Anda untuk berdiskusi secara pribadi. Hal ini menunjukkan kepada semua orang bahwa Anda bersedia mengatasi masalah tersebut, tanpa perlu membuatnya menjadi diskusi publik yang bisa dilihat semua orang.

6. Tawarkan Solusi Jika Diperlukan

Tips lainnya untuk menghadapi komentar negatif di media sosial adalah menawarkan solusi untuk mengatasi masalah yang pemberi komentar hadapi. Namun sebelum itu, Anda perlu memahami dulu apa sebenarnya permasalahan mereka.

Coba hubungi secara personal akun pemberi komentar negatif. Ajak diskusi tentang kemungkinan solusi yang mereka inginkan bisa Anda penuhi untuk menghilangkan stigma negatif pada bisnis Anda.

7. Hapus Komentar Kasar dan Tidak Senonoh

Terkadang sebagian orang cenderung memberikan komentar berlebihan dengan menggunakan kata-kata kotor dan tidak senonoh. Jika menemukan komentar seperti itu, cara terbaik untuk menghadapinya dengan meminta mereka menghapus komentar tersebut.
Blokir akun yang terus menerus memberikan komentar negatif

Terakhir, cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk merespons komentar negatif adalah dengan memblokir akun tersebut. Mungkin saja akun yang sering memberikan komentar negatif adalah akun palsu yang sengaja dibuat untuk menyebarkan kebencian. Jadi tidak perlu ditanggapi, cukup blokir akun tersebut.

Baca juga: Contoh Komplain Pelanggan dan Cara Menanganinya

Contoh Template Komentar Negatif Beserta Jawaban

Setelah mengetahui harus merespon komentar negatif, berikut beberapa contoh komentar negatif di sosial media dan respon yang seharusnya diberikan:

  • Template Komentar Netizen yang Menjelekkan Produk

Contoh Template Komentar Negatif Design produk jelek

Contoh:

“Benerin dulu desinnya bang baru bakal worth it buka di toko-toko. Selama nggak ada facelift desin mah ngga bakal dibeli.. lol””

Jawaban yang harus diberikan:
“Terima kasih atas masukan Anda. Kami selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas konten kami. Jika Anda punya saran untuk perbaikan, mohon sampaikan kepada kami.”

  • Komen Netizen Menuduh Sebagai Penipu

Contoh Template Komentar Negatif Penipu

Contoh:

“Barusan saya ketipu donk”

Respon yang seharusnya diberikan:

“Tuduhan Anda tidak berdasar. Kami selalu mengedepankan kejujuran dan transparansi dalam menjalankan bisnis kami. Jika Anda memiliki bukti atas tuduhan Anda, mohon sampaikan kepada kami.”

  • Komentar Netizen Menyindir

Contoh Template Komentar Negatif Menyindir

Contoh:

“Promo Terus. Saya Butuh bukti nyata, bukannya kata-kata manis.”

Jawaban

“Terima kasih atas perhatian Anda. Kami ingin memberikan informasi yang bermanfaat kepada semua pengguna. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, mohon sampaikan kepada kami.”

Baca juga: Pengertian Pemasaran Media Sosial, Manfaat dan Strateginya

Kesimpulan

Demikianlah sejumlah contoh komentar negatif yang seringkali ditemui di sosial media. Bisnis harus tetap tenang menghadapi komentar negatif yang kerap menyakitkan.

Kemudian berikan respon yang santun dan profesional untuk menghindari terciptanya citra negatif di mata pelanggan.

Salah satu komentar negatif yang sering bisnis temui adalah pelanggan yang menggeluh pelayanan lama. Hal ini bisa berdampak negatif seperti pelanggan yang berpaling ke kompetitor.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi omnichannel terbaik di Indonesia yang menghubungkan semua saluran komunikasi bisnis. Hal ini memudahkan bisnis untuk merespon pelanggan di setiap platform media sosial.

Selain itu, Mekari Qontak juga memiliki fitur chatbot yang otomatis menjawab pesan pelanggan dalam hitungan detik. Kemampuan ini menghindari pesan pelanggan yang terabaikan.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda Gratis dengan tim ahli Mekari Qontak klik di sini.

Referensi

Kategori : Marketing
WhatsApp WhatsApp Sales