Daftar isi
7 min read

Pelajari Tips Ampuh Social Media Branding

Tayang 31 Maret 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Pelajari Tips Ampuh Social Media Branding
Pelajari Tips Ampuh Social Media Branding

Social media (sosmed) menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam dunia bisnis, sosmed banyak dimanfaatkan untuk membangun brand awareness atau dikenal juga dengan istilah social media branding.

Branding media sosial banyak dipilih karena efektif menjangkau masyarakat luas tanpa batasan demografi. Tingginya pengguna sosmed juga memudahkan bisnis untuk menjangkau mereka dalam waktu bersamaan.

Tertarik menggunakan sosmed untuk membangun brand image? Pelajari selengkapnya tips social media branding pada artikel berikut.

Apa itu Social Media Branding?

Social media branding adalah strategi digital marketing bertujuan untuk membangun branding melalui platform sosmed. Bisnis secara konsisten membentuk brand image melalui konten-konten yang dibagikan sosmed.

Melalui konten-konten tersebut diharapkan mampu membentuk persepsi atau sudut pandang masyarakat terhadap brand Anda sesuai dengan keinginan Anda. Dengan begitu, tidak ada lagi seseorang salah mengerti mengenai produk atau bisnis Anda.

Mengapa Social Media Branding Penting?

Social media membantu bisnis menjangkau berbagai kalangan masyarakat. Hampi semua lapisan orang mulai dari remaja, dewasa, orang tua, perempuan atau laki-laki menggunakan sosmed. Oleh karena itu, penggunaan sosmed sangat penting untuk bisnis.

Social branding sendiri bertujuan untuk mengenalkan brand ke masyarakat luas ke audiens yang menggunakan sosmed. Melalui konten-konten yang dibagikan di sosmed, bisnis berusaha menjalin hubungan serta membangun kepercayaan dengan mereka. Hingga akhirnya terbentuk satu citra yang identik dengan brand tersebut.

Tujuan akhirnya adalah menarik audiens social media agar mau menjadi pelanggan setia. Sehingga saat brand tersebut mengeluarkan produk baru atau melakukan promosi lainnya, tidak perlu membangun brand awareness dari awal.

Baca juga: 11 Cara Memperbaiki Reputasi Buruk Brand

Apa saja Elemen Penting dalam Media Social Branding?

Saat membangun social media branding, ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan seperti berikut:

1. Identitas

Identitas brand yang dibangung haruslah kuat. Oleh karena itu, dibutuhkan informasi detail mengenai produk sehingga brand awareness meningkat.

Untuk mengetahui identitas brand, maka perlu dilakukan riset seperti apa yang menjadi pembeda dengan kompetitor, apa yang ingin dicapai dan bagaimana brand ingin menarik perhatian.

2. Audiens

Audiens atau target pelanggan sangat penting dalam membangun branding. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui perilaku, harapan serta permasalahan target audiens. Dengan begitu, Anda akan menemukan cara tercepat untuk mendekati mereka.

3. Konten yang Dibuat

Konten merupakan media berupa tulisan, gambar atau video yang memuat informasi terkait produk di sosmed. Melalui konten ini, Anda berkomunikasi dengan audien untuk menyampaikan maksud atau menciptakan brand.

Setiap platform sosial media memiliki tipe konten kesukaan masing-masing. Misalnya Instagram menyukai konten berbentuk visual baik foto atau video. Sementara Twitter condong menyukai konten berupa tulisan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih konten yang tepat sehingga pesan bisa tersampaikan dengan baik.

Apa saja Manfaat Social Media Branding?

Media social branding berfungsi untuk mengenalkan suatu brand ke audiens atau pengguna sosmed. Hal ini penting mengingat perkembanggan teknologi saat ini, hampir semua orang menggunakan sosmed. Oleh karena itu, soscial branding juga bagian dari strategi marketing yang tidak boleh dilewatkan.

Manfaat lainnya bisnis membangun social media branding adalah

– Memperkuat Identitas Brand

Agar produk laku terjual, perusahaan harus mengenalkan brand dan mempromosikannya di lingkungan yang lebih luas. Membangun branding di social media ini adalah salah satu solusinya.

Namun untuk melakukannya, persuhaan harus memperhatikan beberapa hal seperti mengetahui produk yang dijual, karakter pelanggan hingga pekerjaan target pasar. Dengan begitu, perusahaan bisa membangun identitas brand yang menjadi pembeda dari kompetitor.

– Mengenal Target Pasar

Mengenal perilaku pelanggan atau target pasar salah cara mudah untuk menyusun strategi marketing yang efektif. Untuk itu, bisnis perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, harapan serta permasalahan yang kerap mereka hadapi. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau target pasar.

Cobalah untuk memosikan diri sebagai pelanggan, sehingga bisa mendapatkan sudut pandang berbeda. Misalnya menjual healty food, perlu diperhatikan juga sudut padang mereka apakah makanan sudah sesua atau belum dengan target pasar mereka, yaitu pengiat gaya hidup sehat.

– Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Masifnya penggunaan sosmed saat ini, membuat branding social media sangatlah penting dibandingkan media pemasaran lainnya. Oleh karena itu, keaktifan membangun branding di sosmed dapat meningkatkan visibilitas brand.

Terlebih fitur-fitur yang platform media social tawarkan seperti live streaming, ads, stories dan lainnya mendukung bisnis untuk membangun branding. Jadi brand tidak perlu lagi repot untuk menjangkau target pasar baru melalui medsos.

– Pemasaran Word Of Mouth

Media sosial juga bisa brand manfaat untuk melakukan pemasaran word of mouth. Mereka bisa mengajak audiens untuk membagikan pengalaman mereka menggunakan produk brand tersebut ke akun sosmed masing-masing. Metode ini cukup efektif untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan.

Tips Social Media Branding

Meningat pentingnya social media branding, maka perusahaan wajib untuk melakukan strategi pemasaran ini. Namun, perusahaan juga tidak boleh asal-asalan dalam menjalankannya. Oleh karena itu, simat tips social media branding berikut ini:

1. Segmentasikan Target Audiens

Tips Social Media Branding - segmentasi audiens

Segementasikan target audien Anda berdasarkan platform media sosial yang mereka gunakan. Dengan begitu, memudahkan Anda untuk melakukan pendekatan ke mereka.

Misalnya audiens Instagram lebih menyukain konten berupa foto produk yang menakjubkan. Sementara audiens TikTok yang berisi kalangan muda lebih menyukai visual video.

2. Buat Konten Yang Menarik

Konten memiliki peran penting dalam membangun branding di sosial media. Oleh karena itu, buatlah konten yang bisa mengajak audiens untuk berinteraksi dan tujukkan kepedulian Anda terhadap permasalahan mereka.

Masukkan satu alur cerita yang melibatkan audiens dalam konten yang dibuat. Dari cerita tersebut, audies akan menafsirkannya menjadi ide dan pengalaman mereka sendiri. Dengan begitu, mereka akan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

3. Bangun Brand Image

Tips Social Media Branding - membangun brand image

Cobalah secara konsistem membangun brand image atau citra di setiap platform sosmed. Misalnya dengan menampilkan profil dan foto sampul yang sama.

Kemudian mengisi biodata dan diskripsi singkat perusahaan di profil media sosial. Kemudian konten yang dibagikan juga harus memiliki pesan atau nilai yang serupa.

4. Ketahui Waktu Posting Paling Tepat

Wkatu posting juga menentukan berhasil tidaknya Anda membangun branding. Pasalnya konten bagus tidak berarti apabila tidak mendapatkan engagement tinggi dari audiens.

Oleh karena itu, cari tahu kapan waktu tepat memposting konten di setiap sosmed. Sebab masing-masing sosmed mempunyai insight berbeda, tergantung dari jumlah followers dan aktivitasnya.

5. Memberikan Tawaran Diskon Terbatas

Tips Social Media Branding - Memberikan Diskon

Promo diskon atau potongan harga masih menjadi magnet untuk menarik perhatian audiens. Agar engagement lebih tinggi, terapkan batas waktu untu mendapat diskon.

Misalnya diskon hanya bisa audiens dapatkan selama live TikTok atau Instagram berlangsung. Hal ini mendorong audiens segera berbelanja tanpa berpikir panjang.

6. Konsisten di Semua Platform

Konsistensi sangat diperlukan dalam membagun branding, tak kercuali di sosial media. Pastikan prodil brand Anda, baik di Facebook, Twitter, Instagram, Website atau platform lainnya sejalan dengan identitas brand Anda.

Konsistensi juga diperlukan dalam setiap konten yang dibuat. Baik dari segi brand voice hingga pesan yang disampaikan. Jangan lupa untuk secara konsisten berinteraksi dengan audiens.

7. Gunakan tool Automation

Tips Social Media Branding - Gunakan tools otomatis

Banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk membantu membangun brand di sosial media seperti berikut:

  • Chatbot: teknologi AI yang berfungsi membalas pesan otomatis. Dengan begitu, Anda bisa melayani audiens lebih cepat. Aplikasi chatbot bisa ditambahkan ke platform media sosial sepeti Facebook, Instagram dan lainnya.
  • Content Scheduler: tools yang membantu Anda untuk menjadwalkan posting konten di semua platform.
  • Social Media Analytics: membatu Anda untuk melacak aktivitas kompetitor di berbagai platform medsos.

8. Bekerjasama dengan Influencer

Tips social media branding terakhir adalah menggunakan jasa influencer marketing. Cara ini cukup efektif untuk menjangkau followers mereka. Sebab audiens lebih mudah terpengaruh mendengar dari influencer favoritnya.

Baca juga: 13 Tips Social Media Marketing yang Efektif Meraih Banyak Pelanggan!

Bangun Branding Anda di Social Media Bersama Mekari Qontak

Semakin masifnya penggunaan sosial media, membuka peluang bisnis memperluas pasar. Namun sebelum itu, mereka harus membangun brand yang kuat untuk memenangkan pasar tersebut.

Tips social media branding seperti disebutkan sebelumnya bisa menjadi alternatif menguatkan brand Anda di Sosmed. Namun, tentu branding social media tidak bisa dilakukan masing-masing. Oleh karena itu, Anda membutuhkan tools yang bisa mengintegrasikan semua platform sosmed seperti Omnichannel.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi Omnichannel Terbaik di Indonesia. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap untuk mengelola semua platform sosmed. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot lagi untuk membangun branding di berbagai saluran secara konsisten.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia dan telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : BisnisMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales