Mekari Qontak
Business

Brand Identity: Pahami Manfaat dan Cara Membuatnya!

15 Cara Memenangkan Negosiasi dalam Bisnis

Sama seperti manusia yang memiliki identitas dan ciri khas tertentu yang membuatnya unik, brand juga memiliki identitas yang membedakannya dengan brand lain. Inilah yang dikenal dengan sebutan brand identity.

Brand identity merupakan salah satu faktor yang membentuk pandangan audiens terhadap bisnis yang dijalankan. Membentuk pandangan audiens terhadap bisnis Anda merupakan hal yang penting karena setiap bisnis pasti mempunyai value yang ingin mereka sampaikan kepada audiens.

Namun, sebenarnya apa itu brand identity? Bagaimana cara untuk membentuk brand identity yang kuat sehingga bisnis menjadi lebih baik? Berikut ini rinciannya.

Image CTA aplikasi CRM


Apa itu Brand Identity?

Pengertian brand identity adalah elemen yang terlihat dari sebuah brand, seperti warna, desain, dan logo yang membedakannya dengan brand lainnya.
Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan brand identity bisa membantu membentuk citra tertentu.

Kegiatan-kegiatan ini mencakup pemilihan nama, desain logo, pemilihan warna dan bentuk, penggunaan bahasa dalam iklan, hingga pelatihan karyawan saat melayani konsumen, dan sebagainya.

Brand identity berbeda dengan brand image, meskipun terdengar mirip. Brand identity adalah sesuatu yang membuat bisnis Anda langsung dikenali oleh audiens. Audiens akan mengaitkan brand Anda dengan produk atau layanan yang Anda berikan.

Identitas inilah yang akan membangun hubungan antara Anda dengan pelanggan, membentuk loyalitas pelanggan, dan menentukan bagaimana pelanggan memandang brand Anda.

Baca juga: Brand Voice: Definisi, Contoh, dan Cara Mengembangkannya


Mengapa Brand Identity Penting?

Berikut ini beberapa alasan pentingnya brand identity bagi bisnis adalah

– Kepribadian

Identitas brand menciptakan gambaran visual dari value dan kepribadian yang dimiliki oleh sebuah brand. Identitas ini harus dirancang sedemikian rupa agar bisa menyampaikan pesan dan mempromosikan tujuan yang ingin disampaikan oleh perusahaan.

– Konsistensi

Adanya identitas brand memungkinkan bisnis tertentu untuk menyampaikan pesannya secara konsisten.

– Diferensiasi

Identitas brand memungkinkan Anda mudah dibedakan dengan kompetitor lain. Membentuk brand identity dengan kreatif juga membantu brand Anda terlihat menonjol dan dominan.

– Kesadaran

Identitas brand meningkatkan brand awareness. Semakin sering brand Anda ditampilkan, maka semakin banyak interaksi yang dilakukan dengan konsumen, sehingga brand Anda akan lebih berkesan bagi mereka.

– Loyalitas

Identitas brand memungkinkan perusahaan menjalin hubungan yang dekat dengan konsumen. Selain itu, identitas ini juga membantu untuk membangun loyalitas dan kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda.


Manfaat Brand Identity bagi Brand

Beberapa manfaat brand identity antara lain:

1. Mudah dikenali audiens

Brand menjadi lebih mudah dikenali oleh audiens. Jika audiens sudah mengenali brand Anda dengan baik, pastinya mereka akan lebih memilih untuk memakai produk atau jasa yang brand Anda tawarkan.

2. Gampang bersaing dengan kompetitor

Jika suatu bisnis telah mempunyai ciri khas atau keunikan tersendiri, audiens akan lebih mudah dan lebih cepat mengenalinya. Bisnis dengan identitas brand yang kuat memungkinkan bisnis tersebut untuk bersaing dengan kompetitor lainnya.

Keunikan yang dimiliki oleh bisnis Anda akan menjadi kelebihan tersendiri karena terlihat lebih dominan dibandingkan kompetitor lainnya.

3. Mudah memiliki pelanggan yang loyal

Semua bisnis pasti ingin mempunyai pelanggan yang loyal. Namun, untuk memperoleh hal ini dibutuhkan upaya yang tidak mudah dan waktu yang tidak singkat. Maka, diperlukan identitas brand yang kuat untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.

Dalam membentuk brand identity, perusahaan bisa menjalin hubungan yang emosional dengan pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa lebih dekat dan menjadi loyal dengan bisnis Anda.

4. Menaikkan jumlah profit

Manfaat identitas brand adalah meningkatkan jumlah profit. Ketika perusahaan memiliki brand identity yang kuat, biasanya pelanggan akan loyal dan muncul pelanggan yang baru.

Semakin banyak pelanggan yang membeli produk perusahaan, maka semakin meningkat pula profitnya. Karena bisnis memiliki nama yang sudah dikenal oleh banyak orang, maka tidaklah susah untuk melakukan penjualan.


Elemen Brand Identity

Adanya identitas brand membantu sebuah brand untuk menjadi berbeda dengan brand lain. Brand identity memiliki dua elemen, yaitu:

– Elemen Visual

Elemen visual adalah gambaran visual dari identitas brand yang mencakup logo, warna, tipografi, dan sebagainya. Biasaya perusahaan menggunakan elemen ini untuk menyampaikan pesannya kepada audiens.

– Elemen Nonvisual

Elemen non visual merupakan gambaran verbal dari identitas brand yang digunakan bisnis untuk menyampaikan pesannya kepada audiens. Gambaran ini mencakup perpaduan antara nama brand, brand voice, brand tone, slogan, dan gaya berkomunikasi yang digunakan.

Contoh Brand Identity

Contoh brand identity adalah:

1. Coca-Cola

brand voice- Coca Cola

Anda pasti sering mendengar brand yang satu ini. Coca-Cola sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Coca-Cola merupakan contoh brand identity yang berhasil. Bahkan, brand ini mudah ditemukan di supermarket atau di restoran cepat saji.

Sejak awal abad ke-20, Coca-Cola sudah menggunakan perpaduan warna yang minimalis namun enak dilihat, yaitu merah dan putih yang menggambarkan perasaan yang bahagia. Selain itu, kemasan botolnya juga unik.

Coca-Cola menyampaikan pesan kepada audiens bahwa Coca-Cola merupakan minuman ringan dengan kualitas tinggi yang bisa memberikan pengalaman yang baik.

2. McDonald’s

Brand identity-McDonalds

Sama seperti brand Coca-Cola, brand McDonald’s juga sudah sangat populer. McDonald’s merupakan salah satu restoran cepat saji terbesar di dunia.

Perusahaan ini memiliki brand identity yang cukup kuat dan konsisten. Misalnya, pada logonya, mereka selalu menggunakan kombinasi merah dan kuning. Selain itu, mereka juga memakai tagline dan jingle I’m lovin ‘it, serta maskot Ronald McDonald.


Apa yang Membuat Brand Identity Kuat?

Memiliki identitas merek di atas kertas tidak berarti identitas Anda bagus atau efektif. Bahkan jika Anda merancang setiap elemen yang dibutuhkan, itu mungkin tidak membantu Anda mencapai tujuan jangka panjang Anda.

Untuk membangun Brand identity yang kuat diperlukan kerjasama semua orang, baik tim internal Anda (misalnya, duta merek, pembuat konten) dan orang-orang yang akan berinteraksi dengannya (misalnya, pelanggan). Untuk benar-benar berhasil, Anda perlu membangun identitas merek seperti berikut:

  • Berbeda: hal ini akan membuat brand Anda menonjol di antara pesaing dan menarik perhatian orang.
  • Mengesankan: ini membuat dampak visual. (Misalnya Apple: Logonya sangat mudah diingat sehingga mereka hanya menyertakan logo bukan nama mereka pada produk mereka.)
  • Scalable: dapat tumbuh dan berkembang dengan merek.
  • Fleksibel: dapat digunakan di berbagai aplikasi (web, cetak, dll.).
  • Kohesif: setiap bagian saling melengkapi.
  • Mudah diterapkan: intuitif dan jelas untuk digunakan oleh desainer.

Jika Anda merancang identitas yang tidak beresonansi dengan audiens target Anda, atau tidak benar-benar mencerminkan merek Anda, Anda akan menyia-nyiakan banyak pekerjaan.


Cara Membuat Brand Identity

Perusahaan perlu melakukan beberapa cara untuk membuat identitas brand yang kuat dan konsisten. Berikut ini adalah beberapa cara membuat brand identity yang perlu dilakukan oleh para pelaku bisnis adalah

1. Melakukan analisis terhadap perusahaan dan pasar

Cara membuat identitas brand yang pertama adalah melakukan analisis. Analisis SWOT lengkap yang dilakukan untuk melihat kelebihan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan merupakan cara untuk membantu bisnis memahami situasi untuk menentukan tujuan dan langkah-langkah yang perlu mereka ambil.

Jadi, Anda perlu memahami siapa target pasar, apa yang mereka inginkan dan butuhkan, serta strategi apa yang digunakan oleh kompetitor.

2. Mengidentifikasi pelanggan

Mengadakan survei dan melakukan wawancara dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi pelanggannya.
Menentukan value dari brand Anda

Cara lainnya yang perlu dilakukan untuk membentuk identitas brand yang kuat yaitu menentukan value dari brand Anda. Value ini bisa mempengaruhi pandangan audiens terhadap brand Anda. Jadi, pilihlah value yang ingin disampaikan kepada audiens. Pahami visi, misi, dan value yang dimiliki perusahaan.

3. Analisis kompetitor

Membangun identitas brand adalah tentang diferensiasi atau membuat merek Anda terlihat, relevan, dan unik. Oleh karena itu, penting untuk memahami bukan hanya siapa pesaing Anda, tetapi juga bagaimana merek Anda dibandingkan dalam hal presentasi visual Anda.

Melalui audit kompetitor, Anda dapat membandingkan brand Anda dengan setiap pesaing, dan membandingkan pesaing Anda secara keseluruhan, yang dapat memunculkan beberapa wawasan yang mengejutkan.

4. Membuat desain yang menarik

Salah satu elemen brand identity yang perlu diperhatikan yaitu desain. Buatlah desain logo, kemasan, website yang menarik dan mudah diingat. Beberapa hal dalam desain seperti tipografi, warna, dan bentuk juga perlu diperhatikan.

5. Merencanakan strategi yang tepat

Membangun identitas brand memerlukan proses yang panjang dan diperlukan konsistensi yang tinggi. Maka dari itu, diperlukan strategi yang tepat supaya identitas brand berhasil menjangkau audiens. Ada berbagai cara yang dapat perusahaan lakukan.

Contohnya, perusahaan bisa menyampaikan value yang dimilikinya kepada audiens melalui platform media sosial. Perusahaan juga bisa mengadakan campaign yang menarik.

Baca juga: 5 Cara Membangun Brand Equity Bisnis yang Baik


Perkuat Brand Identity Anda Sekarang!

Logo Mekari Qontak

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai pentingnya brand identity untuk keberlangsungan usaha. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membentuk identitas brand.

Sebaiknya, jangan meniru identitas brand yang dibentuk oleh kompetitor. Jika Anda tidak meniru dan muncul dengan ciri khas yang berbeda, brand Anda menjadi lebih mudah dikenali.

Selain itu, buatlah konten secara online dan offline secara konsisten untuk menarik perhatian audiens. Apabila Anda memperhatikan hal-hal ini, Anda bisa membentuk brand identity yang kuat secara bertahap.

Salah satunya adalah dengan secara konsisten melakukan kampanye di sosial media. Untuk mempermudah mengelola sosial media, banyak bisnis memanfaatkan aplikasi CRM yang terintegrasi Omnichannel dari Mekari Qontak.

Omnichannel CRM Qontak dilengkapi dengan fitur canggih yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan semua saluran pemasaran bisnis dalam satu platform. Hal ini memudahkan Anda untuk mengelolanya.

Tak hanya itu saja, Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000 perusahaan dan Qontak tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales