Mekari Qontak
Other Business

Kenali Karakteristik, Manfaat, Hingga Contoh Brand Essence

CRM terbaik-01

Brand essence atau yang juga dikenal sebagai esensi merek merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh para pebisnis. Sayangnya banyak pebisnis terkadang melupakan seberapa pentingnya brand essence dalam sebuah bisnis.

Padahal, mewujudkan desain hingga esensi merek yang baik mampu menggambarkan bisnis di mata pelanggan dengan optimal.

Oleh sebab itu sebaiknya para pelaku bisnis mengetahui lebih jelas tentang hal ini. Karena brand essence adalah parameter penting yang harus selalu dipertimbangkan untuk tetap kompetitif di pasaran.

Supaya lebih jelas dalam membangun merek produk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Image CTA aplikasi CRM


Apa Itu Brand Essence?

Brand essence adalah cara sebuah bisnis merepresentasikan usaha yang dikelola. Di mana melalui merek yang dibawa dapat memperlihatkan seperti apa visi dan misi perusahaan yang ingin diraih. Sehingga dari sini maka pelanggan akan dapat menerima bisnis tersebut, terutama berkat kesan yang diberikan melalui merek yang digunakan.

Dari pengertian ini maka dapat dipahami bahwasanya brand essence adalah poin penting dalam memulai usaha yang harus dipikirkan dengan serius. Karena hal tersebut terkait bagaimana bisnis dapat dipercaya oleh pelanggan hanya melalui merek yang dipakai saja.

Lebih dari itu, kesan pertama selalu berhasil menjadi penarik pelanggan yang paling cepat. Sehingga disini esensi merek merupakan salah satu garda depan bisnis untuk meraih banyak pelanggan.


Mengapa Brand Essence Penting untuk Bisnis?

Hal lain yang sering kali tidak terbesit bagi para pelaku bisnis yaitu mengapa esensi merek ini sangat penting dalam berbisnis. Tentu saja ada beberapa alasan di balik dari hal tersebut. Sehingga ada baiknya pelaku bisnis selalu mengenali dan mengetahui langkah apa yang harus ditempuh untuk mewujudkan brand essence yang baik.

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya bahwa merek yang tepat akan berkesan dalam bagi pelanggan. Sehingga secara tidak langsung hal ini membuat pelanggan merasa dekat dengan bisnis tersebut.

Di sisi lain merek yang tepat juga menjadi langkah awal yang mampu mencuri perhatian pelanggan. Jika desain dan motto pada sebuah merek bisnis cukup unik dan menarik, otomatis banyak pelanggan yang penasaran untuk mencobanya.

Di samping itu esensi merek ini juga erat hubungannya dengan brand positioning. Sehingga secara tidak langsung saat memiliki esensi merek yang tepat akan mempermudah proses positioning brand pada pelanggan nantinya. Otomatis produk yang dikenalkan ke masyarakat juga jauh lebih mudah untuk melejit.

Baca Juga: Brand Voice: Definisi, Contoh, dan Cara Mengembangkannya


Karakteristik Brand Essence

Dalam membentuk esensi merek ini ada beberapa karakteristik yang harus diperhatikan. Supaya nantinya pebisnis mampu menciptakan merek yang sesuai dengan tujuan bisnis, namun di satu sisi mudah untuk diterima oleh masyarakat.

Beberapa karakteristik dari brand essence adalah sebagai berikut:

  • Tanpa wujud, esensi merek umumnya bersifat membangun perasaan pelanggan. Sehingga hal ini bukan sesuatu yang bisa dilihat secara fisik, karena berupa ikatan secara psikologis.
  • Unik, karena esensi merek yang baik mampu memberikan ciri khas berbeda yang lain dari produk lainnya meskipun dengan produk kompetitor sejenis.
  • Mampu mendefinisikan visi dan misi bisnis, esensi merek yang baik sesuai dengan visi dan misi perusahaan secara tepat.
  • Konsisten, dalam artian mampu membangun konsistensi yang baik dalam hal interaksi produk yang ditawarkan dengan pelanggan yang menggunakannya.
  • Skalabel, artinya dapat diukur, dapat dikembangkan, dan dapat bersifat lebih permanen.
  • Berkelanjutan, yang mana berkat adanya brand essence atau esensi merek ini, maka tercipta ikatan yang berkelanjutan dengan pelanggan.

Manfaat Brand Essence bagi Bisnis

Menentukan esensi merek yang tepat tentu saja bisa memberikan banyak manfaat pada bisnis. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh melalui esensi merek:

1. Membangun Ikatan Dengan pelanggan

Brand Essence, Membangun Ikatan Dengan pelanggan

Manfaat pertama yang bisa diperoleh yaitu ikatan yang erat dengan pelanggan. Tentu banyak yang pernah merasakan merek tertentu yang sejalan dengan pikiran kita.

Itulah salah satu manfaat dari esensi merek, membuat pelanggan merasa nyaman dan berkesan pada merek tersebut. Sehingga ke depannya pelanggan akan selalu mengutamakan merek dengan esensi yang sesuai dibandingkan kompetitor lain yang sejenis.

2. Bertahan Dari Kompetitor

Brand Essence, Bertahan Dari Kompetitor

Memiliki brand essence juga merupakan salah satu upaya yang tepat untuk terus bertahan. Meskipun kompetitor sejenis bermunculan, namun saat memiliki pemilihan esensi merek yang sesuai dengan keinginan pelanggan, otomatis pelanggan akan terus bertahan.

Oleh karena itu, ini salah satu strategi terbaik dalam menghadapi persaingan di pasar.

Baca Juga: Cara Membuat Analisis Kompetitor

3. Mempertahankan Kesetiaan pelanggan

Brand Essence, Mempertahankan Kesetiaan pelanggan

Adanya esensi merek yang tepat juga dapat memberikan manfaat berupa kesetiaan pelanggan yang terus bertahan. Sejalan dengan kedekatan pelanggan terhadap merek yang dibangun tadi, maka kesetiaan pelanggan tidak akan berubah. Apalagi jika kompetitor tidak sesuai ekspektasi pelanggan.

4. Meningkatkan Penjualan

Brand Essence _ Meningkatkan Penjualan

Secara tidak langsung manfaat utama yang bisa diperoleh dari adanya esensi merek ini merupakan peningkatan penjualan. Pelanggan yang puas dan menyukai produk tertentu akan cenderung menyarankan pada orang lain. Sehingga hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat lebih banyak pelanggan baru.

Baca Juga: Pengertian Brand Awareness, Tujuan, dan Contohnya


Contoh Brand Essence

Ada beberapa contoh brand essence yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran saat ini. Apalagi masing-masing merek umumnya ingin menciptakan ciri khas yang unik tersendiri di mata para pelanggannya. Sehingga membangun esensi merek merupakan hal yang tidak ingin ditinggalkan oleh para pebisnis handal.

Adapun contoh brand essence tersebut misalnya sebagai berikut:

– Gojek: One Touch Life Solutions

Gojek: One Touch Life Solutions

Siapa yang tidak kenal dengan Gojek, aplikasi transportasi yang satu ini sukses merajai Indonesia hanya dalam waktu singkat.

Hal ini juga tidak lepas dari esensi merek yang dibangun oleh Gojek dengan tepat. Di mana untuk dapat menggunakan layanan Gojek, maka pelanggan cukup menggunakan aplikasi yang terinstal pada smartphone.

Sehingga tidak perlu repot untuk menggunakan layanan ini, kapan saja dan di mana saja. pelanggan bisa terkoneksi dengan Gojek secara cepat.

– Apple: Think Different

Apple Think Different

Salah satu merek internasional yang laris manis di pasaran adalah Apple. Produk ini memang memiliki pelanggan loyal tersendiri.

Sejalan dengan esensi merek yang dibuatnya, maka produk-produk besutan Apple memang lain daripada yang lainnya. Sehingga Apple dikenal sebagai produk yang eksklusif dan hanya dapat dikombinasikan dengan produk besutan Apple lainnya sendiri.

Oleh karena itu, umumnya pelanggan pengguna Apple selalu setia menunggu peluncuran produk-produk terbarunya.


Miliki Brand Essence untuk Bisnis Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwasanya brand essence yang tepat dapat memberikan kesan yang baik untuk pelanggan dan membantu Anda untuk menarik minat pelanggan pada merek bisnis Anda.

Di sisi lain, esensi merek juga memiliki banyak manfaat yang menguntungkan bisnis, seperti membantu Anda untuk membangun hubungan pelanggan, bertahan di pasaran, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.

Selain menggunakan brand essence, Anda juga dapat memeroleh manfaat-manfaat di atas dengan menggunakan alat otomatisasi penjualan dan layanan pelanggan seperti aplikasi Omnichannel terbaik seperti dari Mekari Qontak.

Dengan menggunakan Omnichannel CRM Mekari Qontak, Anda dapat melakukan semua kebutuhan bisnis, mulai dari pemasaran, penjualan, hingga layanan pelanggan dalam satu platform terpadu. Sangat menarik bukan?

Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ bisnis untuk membantu mempercepat, mengotomatisasi, dan meningkatkan bisnis mereka. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo Omnichannel CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales