Daftar isi
12 min read

Fitur Penting Sales CRM untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Tayang 12 Januari 2024
Diperbarui 15 Januari 2024
Fitur Penting Sales CRM untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis
Fitur Penting Sales CRM untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Bagi sebagian bisnis, memantau progress penjualan bukanlah pekerjaan mudah tanpa bantuan tools. Salah satu tool yang banyak digunakan bisnis saat ini untuk memantau tim penjualan adalah sales CRM.

Penggunaan sales CRM membantu mengelola data pelanggan dan penjualan dalam satu platform terpusat. Hal ini tentunya dapat memudahkan pelaku bisnis untuk memantau semua aktivitas penjualan.

Selain hal tersebut, sebenarnya masih banyak alasan mengapa banyak bisnis menggunakan sales CRM.

Untuk selengkapnya yuk simak pembahasan lengkap tentang alsan mengapa sales CRM penting bagi bisnis di artikel berikut ini!


Apa itu Sales CRM?

Sales CRM adalah sebuah tools yang membantu bisnis untuk mengelola semua data dan aktivitas penjualan lebih efektif. Sistem CRM akan memberikan Anda insight mengenai prospek yang tertarik dengan produk Anda tawarkan.

Kemudian Anda bisa menindaklanjuti mereka dengan melakukan berbagai pendekatan untuk mengubah prospek menjadi pelanggan. Semua interaksi yang Anda lakukan dengan pelanggan akan disimpan secara otomatis oleh CRM.

Informasi tersebut dapat Anda gunakan untuk mengetahui posisi mereka dan membuat pipeline perusahaan. Hal ini memudahkan tim Anda mengetahui apa yang harus mereka lakukan selanjutnya untuk mencapai kesepakatan.

Baca juga: Apa itu CRM? Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Tahapannya


Apa Fitur Penting CRM untuk Sales?

Penggunaan CRM sales mendorong pelanggan untuk melakukan repeat order. Artinya sales CRM harus bisa membuat pelanggan loyal terhadap brand Anda. Hal tersebut bisa terwujud berkat dukungan fitur-fitur canggih yang dimiliki CRM.

Berikut fitur-fitur CRM yang bisa digunakan untuk kebutuhan sales adalah

  • Lead Management

Fitur ini berfungsi untuk melihat jumlah audien yang menjadi calon pelanggan, hingga berapa persen pelanggan yang sudah dihubungi secara otomatis oleh CRM Sales, dan hal lain seperti penawaran meeting hingga laporan penjualan.

  • Contracts, Order, Quotes, Products and Price Books

Fitur ini berfungsi mengelola data kontrak, pemesanan, penawaran hingga inventori produk dan juga harga produk yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan yang menyediakan banyak produk dan memerlukan data inventori yang bersifat dinamis dan perlu update secara berkala.

  • Task Management

Fitur ini memiliki fungsi untuk membantu pengelolaan tugas yang perlu dikerjakan oleh tim penjualan pada perusahaan kamu. Sehingga manajemen pekerjaan akan lebih mudah dilakukan dan tidak ada yang tertinggal.

  • Email Segmentation

Fitur lain yang biasa dimiliki oleh CRM Marketing yaitu segmentasi email. Sebuah fitur yang diperlukan untuk membangun dan mengelola database pelanggan. Segmentasi email dilakukan dengan memberikan penawaran melalui website atau sosial yang mendorong prospek untuk memberikan informasi seperti email, nama lengkap dan tanggal lahir.

Baca juga: Fitur Unggulan CRM untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis


Apa Manfaat Sales CRM untuk Bisnis?

Penggunaan sistem CRM dapat membantu tim sales untuk merampingkan seluruh siklus penjualan yang dapat menghasilkan closing deals di jalur penjualan. Hal ini juga memberikan manfaat lain seperti berikut:

1. Memberikan Visibilitas Seluruh Aktivitas Sales

Sistem CRM otomatis menyimpan interaksi pelanggan dalam satu database. Mulai dari aktivitas call pelanggan, email yang dikirim, hingga titik lokasi tim sales untuk kunjungan ke tempat mereka.

Informasi tersebut memberikan tim sales visibilitas tanpa batas. Terlebih sebagian aplikasi CRM dilengkapi user interface yang mudah dipahami oleh salesman. Jadi saat tim lapangan memasukkan data aktivitas sales, manager dapat memantau kinerja mereka pada waktu yang sama (real time).

2. Mengelola Tugas Lebih Efisien

Aplikasi CRM dilengkapi planning jadwal untuk menjadwalkan aktivitas tim sales. Misalnya kapan mereka harus menelpon customer dengan fitur task management.

Task management ini dapat sesuaikan dengan flow perusahaan, misal calls, email, maupun mengatur meeting via aplikasi lainnya yang terhubung dengan CRM.

3. Memudahkan dalam Pengambilan Keputusan

Platform CRM didukung dashboard sales yang interaktif memungkinkan Anda mengambil keputusan berdasarkan data akurat. Misal, dari hasil laporan analitik tersebut, Anda dapat mengetahui kinerja sales. Dengan begitu, Anda dapat memutuskan kinerja salesman mana yang perlu Anda benahi.

4. Mendukung Mobilitas Tim Sales

Seperti diketahui, setiap salesman memiliki mobilitas tinggi. Dimana mereka dituntut berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dalam waktu singkat.

Kebanyakan aplikasi CRM saat ini dilengkapi dengan versi mobile. Hal ini memberikan akses tim sales untuk tetap update dari mana saja dan kapan saja.

5. Memantau Progress Pelanggan lebih Mudah

Setiap platform CRM biasanya dilengkapi dengan pipeline. Beberapa di antaranya menawarkan sales pipeline yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Sebab setiap perusahaan tentunya memiliki sales cycle yang berbeda-beda.

Dari sales pipeline tersebut, Anda dapat memantau progress pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa memastikan tidak ada pelanggan yang terabaikan.

6. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Dengan menggunakan CRM Tools yang terintegrasi dengan aplikasi lainnya, memudahkan Anda mengetahui semua detail informasi pelanggan. Hal ini berguna untuk memahami kebutuhan mereka. Dengan begitu, Anda dapat menyusun strategi yang tepat untuk mendekati pelanggan.

7. Mengotomatiskan Tugas Administrasi

Pada umumnya CRM platform memiliki sales automation untuk mengotomatiskan tugas administrasi berulang. Misalnya adalah membuat invoice untuk pelanggan.

Dengan adanya sales automation tools mempermudah bisnis seperti real estate yang memiliki business process cukup kompleks sehingga pada akhirnya mampu mengurangi tugas administrasi tim sales.

8. Menghemat biaya operasional

Meskipun harga yang ditawarkan beberapa vendor CRM tidak murah, namun membuat tim penjualan lebih efisien dan efektif dalam mengelola data pelanggan.

Apalagi jika Anda mengintegrasikan CRM tools dengan aplikasi lainnya dapat meningkat customer satisfaction. Artinya peluang Anda menghasilkan lebih banyak penjual terbuka lebar.

9. Kemudahan Kustomisasi Sesuai Kebutuhan Bisnis

Kustomisasi aplikasi CRM sangat penting bagi bisnis. Sebab proses bisnis yang dijalankan setiap perusahaan berbeda-beda. Begitu juga dengan custom data yang hendak dijalankan seperti sales funnel misalnya. Oleh karena itu, kemudahan kustomisasi sesuai kebutuhan adalah salah satu alasan kenapa CRM itu penting digunakan untuk bisnis.

10. Meningkatkan Close rate

CRM platform mampu meningkatkan close rate. Dashboard sales CRM memudahkan tim sales memantau progress follow up leads dan sales pipeline, mengirimkan email melalui platform CRM, hingga menentukan forecast penjualan untuk memantau seberapa besar kemungkinan closing penjualan di masa yang akan mendatang.


Apa saja Kendala yang Sering Terjadi Selama Proses Sales?

Meski bisnis telah melakukan hal yang terbaik untuk menjegah terjadinya kendala pada proses sales, namun hal tersebut tetap tidak bisa dihindari. Berikut daftar kendala-kendala yang sering terjadi pada proses sales:

  • Menghabiskan Waktu untuk Kegiatan Berulang

Apakah tenaga penjualan Anda memiliki tanggung jawab lain (tidak terkait dengan penjualan) yang menyita mereka? Atau apakah mereka diharuskan menyimpan log yang berlebihan atau menjalankan laporan yang dapat ditangani lebih cepat oleh orang lain?

Pertimbangkan kembali pendekatan pemberdayaan penjualan Anda untuk merampingkan tugas-tugas yang membosankan bagi perwakilan penjualan Anda, dan membebaskan mereka untuk fokus pada aktivitas menghasilkan uang.

  • Proses Penjualan Kurang Efisien

Apakah proses penjualan Anda menyulitkan pelanggan Anda untuk bertransaksi? Mungkin mereka harus melewati melewati banyak ‘tangan’ sebelum dapat menyelesaikan kesepakatan.

Coba priksa proses sales Anda untuk mempertimbangkan uji coba untuk menghapus beberapa langkah yang tampaknya tidak perlu. Jika memungkinkan, berdayakan tenaga penjualan Anda untuk menangani lebih banyak langkah sendiri sehingga tim lain tidak perlu terlibat.

  • Struktur Harga yang Kompleks

Jika ada terlalu banyak faktor yang berperan dalam sebuah proposal, tenaga penjualan Anda akan frustrasi dan calon pelanggan Anda akan bosan menunggu.

Pertimbangkan untuk menyederhanakan struktur penetapan harga sehingga proposal dapat keluar dengan cepat dan mudah dipahami oleh pelanggan Anda.

  • Tidak Memanfaatkan Teknologi dengan Baik

Bisnis saat ini memiliki begitu banyak pilihan teknologi. Dari CRM hingga alat kolaborasi, tidak ada alasan untuk membuang waktu menggunakan metode konvensional.

Jika Anda memiliki beberapa sistem yang tidak bekerja dengan baik atau memerlukan integrasi tanpa akhir yang selalu rusak, ini mungkin saat yang tepat untuk merampingkan sistem yang digunakan tim Anda.

  • Penundaan Persetujuan

Tenaga penjualan Anda mungkin melakukan segala hal untuk memfasilitasi kesepakatan. Namun, jika ada departemen lain yang terlibat, proses penjualan Anda mungkin akan menemui jalan buntu saat mencapai mereka.

Anda mungkin bisa memotivasi departemen tersebut dengan bonus atau menghilangkan langkah tersebut untuk transaksi di bawah jumlah tertentu.

  • Kurangnya Komunikasi Pasca Penjualan

Hanya karena uang telah ditukar, bukan berarti proses penjualan selesai. Jika Anda menangani follow up dengan benar, jauh lebih mudah untuk membuat pelanggan yang sudah ada membeli lebih banyak atau membeli lagi daripada menarik pelanggan baru.

Pastikan pelanggan dihubungi setelah transaksi. Misalnya dengan mengirimkan kartu ucapan terima kasih, email otomatis, permintaan survei, atau panggilan tindak lanjut beberapa minggu kemudian untuk melihat bagaimana mereka menikmati produk Anda. Tanpa ini, Anda mungkin menciptakan hambatan untuk penjualan Anda berikutnya.


Bagaimana Cara Mengatasi Kendala dalam Proses Penjualan?

Bagi perusahaan yang tidak menggunakan sales CRM, menganalisis masalah kinerja bisnis bisa menjadi tantangan besar. Mereka harus mengkompilasi banyak data ke dalam spreadsheet dengan mengunakan rumus Excel hanya untuk memahami semuanya.

Hal tersebut tidak perlu Anda lakukan jika menggunakan sales CRM. Sebab aplikasi ini akan menangani analisis data untuk Anda. Informasi pelanggan secara otomatis dikompilasi menjadi “laporan analitik” yang bisa diakses secara real-time. Laporan ini memberikan wawasan tentang bagaimana tim penjualan Anda berfungsi secara keseluruhan.

Misalnya laporan CRM Mekari Qontak dapat membantu Anda menyelesaikan kendala proses sales berkat fitur-fitur berikut:

1. Analisis Saluran Penjualan

Laporan ini menunjukkan pada Anda dimana keberadaan terkini prospek pada proses penjualan, serta memberikan wawasan tentang dimana prospek hilang atau di menangkan.

2. Laporan Konversi

Manajer dapat menggunakan laporan konversi untuk menilai seberapa baik anggota tim penjualan menggerakkan prospek melalui sales pipeline. Laporan ini juga dapat digunakan untuk melihat tingkat konversi umum di seluruh tim penjualan Anda.

3. Memprediski Penjualan

Sales CRM dapat memprediksi pendapatan yang diharapkan dengan menganalisis nilai, perkiraan tanggal close deal, dan kemungkinan memenangkan penjualan di sales pipeline Anda.

4. Laporan Aktivitas Penjualan

Anda dapat melihat perincian aktivitas yang dilakukan oleh perwakilan penjualan Anda, termasuk jumlah panggilan yang dilakukan, email yang dikirim, janji temu, tugas yang diselesaikan, dan banyak lagi.

5. Laporan Penjualan

Laporan penjualan untuk melacak kemajuan tim Anda menuju sasaran pendapatan.

Semua laporan tersebut dapat dikustomisasi dan difilter menurut tahapan saluran, jenis aktivitas penjualan, perwakilan individu, dan banyak lagi.

Terserah Anda seberapa terperinci laporan yang Anda inginkan, tetapi satu hal yang pasti: jika ada hambatan dalam proses penjualan Anda atau masalah kinerja apa pun dengan perwakilan individu, sales CRM Anda akan menemukannya.


Strategi Penerapan Sistem CRM untuk Meningkatkan Sales pada Bisnis

Berikut cara meningkatkan penjualan dengan sistem CRM adalah

1. Memanfaatkan Manajemen Kontak untuk Menjangkau Prospek secara Efektif

Salah satu fitur utama software CRM adalah menyimpan dan mengelola database pelanggan.

Sistem CRM membantu perusahaan untuk mengorganisir informasi kontak klien yang diperoleh dari tim sales maupun marketing secara teratur, baik yang berasal dari website maupun interaksi langsung.

Akumulasi informasi yang telah dikelola tersebut membuat proses sales berjalan lebih efektif dan menghasilkan lebih banyak penawaran atau deals.

Untuk dapat mengelola data pelanggan secara efektif, kita harus dapat melihatnya secara menyeluruh.

Software CRM yang baik dapat memberikan seluruh informasi yang perlu diketahui dalam satu layar, dengan perspektif statis dan dinamis.

Software CRM Mekari Qontak memberikan detail lengkap pelanggan Anda secara 360 derajat, mulai dari percakapan, deals, touchpoints dengan perusahaan, hingga jadwal janji temu dengan mereka.

Dengan detail informasi tersebut, Anda dapat menargetkan calon klien yang tepat secara spesifik. Hal ini membantu Anda untuk memberikan waktu dan usaha terhadap peluang deals yang paling potensial.

2. Mempercepat Deals dengan Otomatisasi Entri Data

Kegunaan sistem CRM lainnya yaitu Anda dapat dengan mudah memasukkan dan mengelola data secara manual untuk melacak deals.

Proses ini merupakan pekerjaan yang sangat memakan waktu bagi sales force atau tenaga penjualan bila tidak dibantu dengan sebuah aplikasi CRM.

Padahal, waktu yang sama dapat dialokasikan untuk melakukan hal yang lebih penting, seperti berinteraksi langsung dengan klien atau menjangkau mereka. Hal ini menghambat mereka untuk melakukan close deal lebih cepat.

Software CRM yang baik mempercepat proses tersebut melalui sales automation atau sales force automation (SFA). CRM membantu mengelola riwayat deals secara otomatis dengan informasi terbaru.

Bagi seorang profesional sales, waktu sangatlah berharga. Oleh sebab itu, fitur automation dalam sistem CRM penting sekali untuk mempercepat kesepakatan penawaran terjadi.

3. Mengatur Sales Pipeline pada Sistem CRM untuk disesuaikan dengan Proses Sales

Sales pipeline pada CRM system memudahkan bisnis dalam melihat proses sales secara terstruktur. Hal tersebut membantu tim sales untuk dapat melakukan deals secara konsisten.

Melihat proses sales tanpa bantuan software/aplikasi bukanlah hal yang mudah. Tidak mungkin tim sales melacak progress tiap deals secara manual.

Hal tersebut berpotensi membuat tim sales tidak dapat melihat mana saja deals yang potensial.

Aplikasi CRM memungkinkan Anda untuk melihat dan melacak bagaimana kemajuan tiap deals yang sedang berlangsung.

Ketika tim sales dapat melihat proses sales yang sedang berlangsung dengan jelas, mereka dapat menggunakannya secara efektif dan meningkatkan deals.

4. Melihat Kinerja Tim secara Menyeluruh

Untuk melacak dan melakukan close deal pada CRM system, perusahaan juga harus memahami kinerja tenaga sales dan keseluruhan tim.

Tingkat konversi atau conversion rate sendiri merupakan salah satu indikator KPI yang wajib diukur untuk memenuhi target penjualan.

Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui anggota tim mana yang melakukan kinerja baik dan mana yang kurang.

Hal ini membantu perusahaan dalam membangun strategi yang tepat untuk tiap tim dan bagaimana perbaikan yang harus dilakukan.

Manajer sales harus dapat memastikan tiap anggota tim mampu dan paham dengan proses sales bisnis, serta memberikan usaha yang terbaik.

Beberapa CRM dapat berfungsi sekaligus sebagai aplikasi KPI, salah satunya Mekari Qontak.

Aplikasi CRM Mekari Qontak fitur untuk melacak KPI, seperti berapa jumlah deals yang dilakukan oleh tiap individu per bulan, maupun jumlah deals per bulan.

Kinerja tim sales keseluruhan sangat penting untuk dapat melakukan close deal secara konsisten.


Implementasikan Sales CRM Terbaik pada Bisnis Anda Sekarang

Setelah melihat pembahasan di atas, kini tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk ragu menggunakan sales CRM. Sebab tools CRM menawarkan berbagai manfaat yang dapat menguntungkan bisnis Anda.

Salah satunya dengan membantu menyederhanakan proses penjualan agar menjadi lebih efektif dan efisien.

Salah satu penyedia sales CRM terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak.

Aplikasi sales CRM Mekari Qontak dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat mengotomatiskan seluruh bisnis Anda, termasuk pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan.

Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi CRM Mekari Qontak dengan sistem omnichannel dan WhatsApp API.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu penjualan dan hubungan pelanggan mereka. Yang terpenting, Mekari Qontak telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Coba Gratis aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim Mekari Qontak.

Kategori : CRMSales
WhatsApp WhatsApp Sales