Mekari Qontak
Sales

10 Alasan Pentingnya Sales CRM untuk Bisnis

dashboard report-sales crm

Memantau aktivitas sales bukanlah pekerjaan mudah tanpa bantuaan tools. Salah satu tool yang banyak digunakan bisnis saat ini untuk memantau tim penjualan adalah sales CRM.

Implementasi sales CRM pada perusahaan dapat membuat data pelanggan dan penjualan menjadi tersentralisasi dalam satu platform terpadu. Hal ini tentunya dapat memudahkan pelaku bisnis untuk memantau semua aktivitas penjualan. Selain hal tersebut, sebenarnya masih banyak alasan mengapa banyak bisnis menggunakan sales CRM.

Untuk selengkapnya yuk simak pembahasan lengkap tentang alsan mengapa sales CRM penting bagi bisnis di artikel berikut ini!

Image CTA aplikasi CRM


Apa itu Sales CRM?

Sales CRM adalah strategi penjualan yang fokus menjalin hubungan pelanggan yang dekat dengan memanfaatkan aplikasi CRM. Sistem CRM akan memberikan Anda insight mengenai prospek yang tertarik dengan produk Anda tawarkan.

Kemudian Anda bisa menindaklanjuti mereka dengan melakukan berbagai pendekatan untuk mengubah prospek menjadi pelanggan. Semua interaksi yang Anda lakukan dengan pelanggan akan disimpan secara otomatis oleh CRM.

Informasi tersebut dapat Anda gunakan untuk mengetahui posisi mereka dan membuat pipeline perusahaan. Hal ini memudahkan tim Anda mengetahui apa yang harus mereka lakukan selanjutnya untuk mencapai kesepakatan.

Baca Juga: Apa itu CRM? Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Tahapannya


Apa Itu CRM Marketing?

CRM Marketing merupakan starategi yang bisnis terapkan untuk mengelola hubungan pelanggan. Straetgi ini manajemen hubungan pelanggan mengatur mulai dari prospek yang baru mengenal produk atau layanan hingga mengarahkan mereka untuk mencapai kesepakatan penjualan.

Untuk menerapkan CRM Marketing, dibutuhkan sebuah software yang membantu marketing automation. Software ini memudahkan bisnis untuk menjangkau pelanggan.


Apa Perbedaan Sales CRM dan CRM Marketing?

Mungkin sebagian dari Anda beranggapan sales CRM dan CRM marketing. Padahal keduanya memiliki perbedaan cukup signifikan.

Jika dilihat dari pengertian, CRM marketing fokus kepada manajemen hubungan dengan pelanggan yang baru mengenal produk. Tujuannya adalah untuk menarik pelanggan tersebut agar mau mengarah pada terjadinya penjualan.

Berbeda dengan CRM marketing yang fokus menarik prospek menjadi pelanggan, CRM sales mendorong pelanggan untuk melakukan repeat order. Artinya sales CRM harus bisa membuat pelanggan loyal terhadap brand Anda.

Selain pengertian, perbedaan sales CRM dan CRM marketing terletak pada fitur yang ditawarkan. Untuk lebih jelasnya perhatikan perbedaan fitur yang ditawarkan keduanya dibawah ini:

– Fitur yang Sales CRM

Lead Management

Fitur ini berfungsi untuk melihat jumlah audien yang menjadi calon pelanggan, hingga berapa persen pelanggan yang sudah dihubungi secara otomatis oleh CRM Sales, dan hal lain seperti penawaran meeting hingga laporan penjualan.

Contracts, Order, Quotes, Products and Price Books

Fitur ini berfungsi mengelola data kontrak, pemesanan, penawaran hingga inventori produk dan juga harga produk yang dimiliki oleh perusahaan. Fitur ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan yang menyediakan banyak produk dan memerlukan data inventori yang bersifat dinamis dan perlu update secara berkala.

Task Management

Fitur ini memiliki fungsi untuk membantu pengelolaan tugas yang perlu dikerjakan oleh tim penjualan pada perusahaan kamu. Sehingga manajemen pekerjaan akan lebih mudah dilakukan dan tidak ada yang tertinggal.

– Fitur Marketing Sales

Beberapa fitur yang biasanya dimiliki oleh tools CRM Marketing diantaranya yaitu:

Landing Page Builder

Fitur ini berfungsi membantu pelaku bisnis untuk membuat page penawaran dengan cepat. Landing page merupakan sebuah halaman statis yang berisi informasi mengenai produk dan layanan yang ditawarkan agar pelanggan tertarik.

Email Segmentation

Fitur lain yang biasa dimiliki oleh CRM Marketing yaitu segmentasi email. Sebuah fitur yang diperlukan untuk membangun dan mengelola database pelanggan. Segmentasi email dilakukan dengan memberikan penawaran melalui website atau sosial yang mendorong prospek untuk memberikan informasi seperti email, nama lengkap dan tanggal lahir.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Qontak Sekarang!


Mengapa Sales Membutuhkan CRM?

Penggunaan sistem CRM dapat membantu tim sales untuk merampingkan seluruh siklus penjualan yang dapat menghasilkan closing deals di jalur penjualan. Selain itu, sistem CRM dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat membantu semua orang dalam tim untuk mencapai target penjualan dengan lebih cepat.

Mengingat, semua proses pesanan dan persiapan penawaran dapat diotomatisasikan dalam sistem CRM, sehingga tim sales dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka. Di sisi lain, bisnis juga dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan pendapatan penjualan.

Baca juga: 5 Metode Pendekatan CRM untuk Marketing Bisnis


Kendala yang kerap Terjadi Pada Proses Sales

Anda tentu mengetahui pentingnya CRM untuk sales yakni merampingkan proses penjualan. Hal ini tak lepas dari banyaknya kendala-kendala yang kerap terjadi pada proses sales. Kendala tersebut dapat diantisipasi dengan cara seperti berikut:

– Cara Mencegah Kendala Proses Penjualan

Seperti apa pun dalam hidup dan bisnis, pencegahan adalah obat terbaik. Jika Anda dapat mencegah kemacetan penjualan sebelum dimulai, Anda akan kehilangan lebih sedikit waktu dan uang daripada jika Anda harus memperbaiki yang sudah ada.

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat mencegah kemacetan penjualan:

  • Luangkan waktu untuk menyusun proses penjualan dan pipeline Anda, daripada membiarkannya terjadi secara organik.
  • Prakualifikasi prospek sehingga “pelanggan potensial” yang salah tidak menghilang.
  • Jaga agar daftar prospek Anda tetap bersih dengan menghapus prospek tidak aktif atau tidak menunjukkan janji untuk menjadi pelanggan.
  • Hindari membuat langkah-langkah yang berlebihan dengan merampingkan proses penjualan.
  • Berikan dukungan kepada tim penjualan Anda dalam bentuk sistem dan pelatihan yang tepat.
  • Manfaatkan teknologi bila memungkinkan untuk mempertahankan prospek Anda, berkomunikasi dengan tim Anda, dan menindaklanjuti setelah penjualan selesai.
  • Selidiki masalah saat itu terjadi alih-alih mengaitkannya dengan sesuatu yang lain atau dengan asumsi itu akan memperbaiki dirinya sendiri.

– Jenis kendala yang kerap terjadi pada proses sales

Meski bisnis telah melakukan hal yang terbaik untuk menjegah terjadinya kendala pada proses sales, namun hal tersebut tetap tidak bisa dihindari. Berikut daftar kendala-kendala yang sering terjadi pada proses sales:

1. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang tidak penting

Apakah tenaga penjualan Anda memiliki tanggung jawab lain (tidak terkait dengan penjualan) yang menyita mereka? Atau apakah mereka diharuskan menyimpan log yang berlebihan atau menjalankan laporan yang dapat ditangani lebih cepat oleh orang lain?

Pertimbangkan kembali pendekatan pemberdayaan penjualan Anda untuk merampingkan tugas-tugas yang membosankan bagi perwakilan penjualan Anda, dan membebaskan mereka untuk fokus pada aktivitas menghasilkan uang.

2. Terlalu banyak langkah (dan tangan) dalam proses penjualan

Apakah proses penjualan Anda menyulitkan pelanggan Anda untuk bertransaksi? Mungkin mereka harus melewati melewati banyak ‘tangan’ sebelum dapat menyelesaikan kesepakatan.

Coba priksa proses sales Anda untuk mempertimbangkan uji coba untuk menghapus beberapa langkah yang tampaknya tidak perlu. Jika memungkinkan, berdayakan tenaga penjualan Anda untuk menangani lebih banyak langkah sendiri sehingga tim lain tidak perlu terlibat.

3. Struktur harga yang kompleks

Jika ada terlalu banyak faktor yang berperan dalam sebuah proposal, tenaga penjualan Anda akan frustrasi dan calon pelanggan Anda akan bosan menunggu.

Pertimbangkan untuk menyederhanakan struktur penetapan harga sehingga proposal dapat keluar dengan cepat dan mudah dipahami oleh pelanggan Anda.

4. Tidak memanfaatkan teknologi dengan baik

Bisnis saat ini memiliki begitu banyak pilihan teknologi. Dari CRM hingga alat kolaborasi, tidak ada alasan untuk membuang waktu menggunakan metode konvensional.

Jika Anda memiliki beberapa sistem yang tidak bekerja dengan baik atau memerlukan integrasi tanpa akhir yang selalu rusak, ini mungkin saat yang tepat untuk merampingkan sistem yang digunakan tim Anda.

5. Penundaan persetujuan

Tenaga penjualan Anda mungkin melakukan segala hal untuk memfasilitasi kesepakatan. Namun, jika ada departemen lain yang terlibat, proses penjualan Anda mungkin akan menemui jalan buntu saat mencapai mereka.

Anda mungkin bisa memotivasi departemen tersebut dengan bonus atau menghilangkan langkah tersebut untuk transaksi di bawah jumlah tertentu.

6. Kurangnya komunikasi pasca penjualan

Hanya karena uang telah ditukar, bukan berarti proses penjualan selesai. Jika Anda menangani follow up dengan benar, jauh lebih mudah untuk membuat pelanggan yang sudah ada membeli lebih banyak atau membeli lagi daripada menarik pelanggan baru.

Pastikan pelanggan dihubungi setelah transaksi. Misalnya dengan mengirimkan kartu ucapan terima kasih, email otomatis, permintaan survei, atau panggilan tindak lanjut beberapa minggu kemudian untuk melihat bagaimana mereka menikmati produk Anda. Tanpa ini, Anda mungkin menciptakan hambatan untuk penjualan Anda berikutnya.

– Cara mengatasi kendala dalam proses penjualan

Bagi perusahaan yang tidak menggunakan sales CRM, menganalisis masalah kinerja bisnis bisa menjadi tantangan besar. Mereka harus mengkompilasi banyak data ke dalam spreadsheet dengan mengunakan rumus Excel hanya untuk memahami semuanya.

Hal tersebut tidak perlu Anda lakukan jika menggunakan sales CRM. Sebab aplikasi ini akan menangani analisis data untuk Anda. Informasi pelanggan secara otomatis dikompilasi menjadi “laporan analitik” yang bisa diakses secara real-time. Laporan ini memberikan wawasan tentang bagaimana tim penjualan Anda berfungsi secara keseluruhan.

Misalnya laporan CRM Mekari Qontak dapat membantu Anda menyelesaikan kendala proses sales berkat fitur-fitur berikut:

1. Analisis saluran penjualan

Laporan ini menunjukkan pada Anda dimana keberadaan terkini prospek pada proses penjualan, serta memberikan wawasan tentang dimana prospek hilang atau di menangkan.

2. Laporan konversi

Manajer dapat menggunakan laporan konversi untuk menilai seberapa baik anggota tim penjualan menggerakkan prospek melalui sales pipeline. Laporan ini juga dapat digunakan untuk melihat tingkat konversi umum di seluruh tim penjualan Anda.

3. Memprediski penjualan

Sales CRM dapat memprediksi pendapatan yang diharapkan dengan menganalisis nilai, perkiraan tanggal close deal, dan kemungkinan memenangkan penjualan di sales pipeline Anda.

4. Laporan aktivitas penjualan

Anda dapat melihat perincian aktivitas yang dilakukan oleh perwakilan penjualan Anda, termasuk jumlah panggilan yang dilakukan, email yang dikirim, janji temu, tugas yang diselesaikan, dan banyak lagi.

5. Laporan tujuan

Laporan tujuan untuk melacak kemajuan tim Anda menuju sasaran pendapatan.

Semua laporan tersebut dapat dikustomisasi dan difilter menurut tahapan saluran, jenis aktivitas penjualan, perwakilan individu, dan banyak lagi. Terserah Anda seberapa terperinci laporan yang Anda inginkan, tetapi satu hal yang pasti: jika ada hambatan dalam proses penjualan Anda atau masalah kinerja apa pun dengan perwakilan individu, sales CRM Anda akan menemukannya.


10 Alasan Pentingnya Sales CRM untuk Bisnis

1. Memberikan visibilitas seluruh aktivitas sales

Sistem CRM otomatis menyimpan interaksi pelanggan dalam satu database. Mulai dari aktivitas call pelanggan, email yang dikirim, hingga titik lokasi tim sales untuk kunjungan ke tempat mereka.

Informasi tersebut memberikan tim sales visibilitas tanpa batas. Terlebih sebagian aplikasi CRM dilengkapi user interface yang mudah dipahami oleh salesman. Jadi saat tim lapangan memasukkan data aktivitas sales, manager dapat memantau kinerja mereka pada waktu yang sama (real time).

Memberikan visibilitas seluruh aktivitas sales CRM

2. Mengelola tugas lebih efisien

Aplikasi CRM dilengkapi planning jadwal untuk menjadwalkan aktivitas tim sales. Misalnya kapan mereka harus menelpon customer dengan fitur task management.

Task management ini dapat sesuaikan dengan flow perusahaan, misal calls, email, maupun mengatur meeting via aplikasi lainnya yang terhubung dengan CRM.

mengelola tugas-sales crm

3. Memudahkan dalam pengambilan keputusan

Platform CRM didukung dashboard sales yang interaktif memungkinkan Anda mengambil keputusan berdasarkan data akurat. Misal, dari hasil laporan analitik tersebut, Anda dapat mengetahui kinerja sales. Dengan begitu, Anda dapat memutuskan kinerja salesman mana yang perlu Anda benahi.

dashboard report-sales crm

4. Mendukung mobilitas tim sales

Seperti diketahui, setiap salesman memiliki mobilitas tinggi. Dimana mereka dituntut berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dalam waktu singkat.

Kebanyakan aplikasi CRM saat ini dilengkapi dengan versi mobile. Hal ini memberikan akses tim sales untuk tetap update dari mana saja dan kapan saja.

mendukung mobilitas-sales crm

5. Memantau progress pelanggan lebih mudah

Setiap platform CRM biasanya dilengkapi dengan pipeline. Beberapa di antaranya menawarkan sales pipeline yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Sebab setiap perusahaan tentunya memiliki sales cycle yang berbeda-beda.

Dari sales pipeline tersebut, Anda dapat memantau progress pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa memastikan tidak ada pelanggan yang terabaikan.

memantau progress-sales crm

6. Memahami kebutuhan pelanggan

Dengan menggunakan CRM Tools yang terintegrasi dengan aplikasi lainnya, memudahkan Anda mengetahui semua detail informasi pelanggan. Hal ini berguna untuk memahami kebutuhan mereka. Dengan begitu, Anda dapat menyusun strategi yang tepat untuk mendekati pelanggan.

memahami kebutuhan pelanggan-sales crm

7. Mengotomatiskan tugas administrasi

Pada umumnya CRM platform memiliki sales automation untuk mengotomatiskan tugas administrasi berulang. Misalnya adalah membuat invoice untuk pelanggan.

Dengan adanya sales automation tools mempermudah bisnis seperti real estate yang memiliki business process cukup kompleks sehingga pada akhirnya mampu mengurangi tugas administrasi tim sales.

otomatiskan tugas- sales crm

8. Menghemat biaya operasional

Meskipun harga yang ditawarkan beberapa vendor CRM tidak murah, namun membuat tim penjualan lebih efisien dan efektif dalam mengelola data pelanggan.

Apalagi jika Anda mengintegrasikan CRM tools dengan aplikasi lainnya dapat meningkat customer satisfaction. Artinya peluang Anda menghasilkan lebih banyak penjual terbuka lebar.

mengemat biaya-omnichannel-contact-center

9. Kemudahan kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis

Kustomisasi aplikasi CRM sangat penting bagi bisnis. Sebab proses bisnis yang dijalankan setiap perusahaan berbeda-beda. Begitu juga dengan custom data yang hendak dijalankan seperti sales funnel misalnya. Oleh karena itu, kemudahan kustomisasi sesuai kebutuhan adalah salah satu alasan kenapa CRM itu penting digunakan untuk bisnis.

Kemudahan kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis

10. Meningkatkan Close rate

CRM platform mampu meningkatkan close rate. Dashboard sales CRM memudahkan tim sales memantau progress follow up leads dan sales pipeline, mengirimkan email melalui platform CRM, hingga menentukan forecast penjualan untuk memantau seberapa besar kemungkinan closing penjualan di masa yang akan mendatang.

Meningkatkan Close rate


Implementasikan Sales CRM Terbaik pada Bisnis Anda Sekarang!

Setelah melihat pembahasan di atas, kini tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk ragu menggunakan sales CRM. Sebab tools CRM menawarkan berbagai manfaat yang dapat menguntungkan bisnis Anda. Salah satunya dengan membantu menyederhanakan proses penjualan agar menjadi lebih efektif dan efisien.

Salah satu penyedia sales CRM terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. Aplikasi sales CRM Mekari Qontak dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat mengotomatiskan seluruh bisnis Anda, termasuk pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi CRM Mekari Qontak dengan sistem omnichannel dan WhatsApp API.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu penjualan dan hubungan pelanggan mereka. Yang terpenting, Mekari Qontak telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Jadi tunggu apa lagi? 

Hubungi Qontak.com Sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales