Daftar isi
6 min read

Tools AI Terbaik untuk Content Creator Menjadi Lebih Produktif

Tayang 17 Januari 2024
Rekomendasi tools AI terbaik untuk content creator
Tools AI Terbaik untuk Content Creator Menjadi Lebih Produktif

Kehadiran teknologi artificial intelligence (AI) telah mempermudah pekerjaan manuasia, termasuk content creator. Tools AI membantu content creator untuk memproduksi konten lebih cepat tanpa berfikir keras.

Mengutip studi yang dilakukan Content Marketing Institute (CMI), sekitar 68% marketer mengaku menggunakan AI untuk membuat konten yang lebih personal dan relevan. Bahkan 62% marketer mengaku berhasil menghemat biaya pembuatan konten dengan bantuan tools AI.

Berdasarkan fakta tersebut, kami merekomendasikan 10 tools AI terbaik yang bisa digunakan content creator untuk memproduksi konten lebih baik dari visual ataupun engagement. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Tools AI Marketing Terbaik untuk Kembangkan Bisnis

Rekomendasi Tools AI untuk Content Creator

1. Chat GPT

Tools AI untuk content creator_ chatgpt

Popularitas ChatGPT sebagai tools AI multifungsi tak pernah tak pernah redup sejak awal kemunculannya. Dengan menggunakan Chat GPT, content creator bisa mencari ide, membuat teks hingga skenario untuk konten lebih cepat dan efektif.

Bahkan Chat GPT diklaim dapat mengancam eksistensi dari content creator sendiri, karena kemampuanya membuat konten marketing otomatis.

Meski begitu, kemampuan ChatGPT bukan tanpa celah. Informasi yang Chat GPT masih terbatas khususnya berkaitan berita terbaru. Selain itu, akurasi informasi yang diberikan juga perlu diverifikasi.

Oleh karena itu, masih butuh sentuhan content creator agar konten yang dihasilkan bisa dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Mengenal Apa itu Chat GPT?

2. Canva

Tools AI untuk content creator_ canva

Canva menjadi tools berikutnya yang sering digunakan oleh content creator. Tools ini terintegrasi dengan teknologi AI yang memudahkan content creator dalam merancang grafis dan visual yang menarik secara otomatis.

Sistem AI pada Canva yang disebut “Magic Design” dapat memberikan rekomendasi desain dan layout yang sesuai dengan preferensi pengguna.

Fitur Canva tersebut bekerja dengan petunjuk teks, jadi dalam beberapa kata saja, Anda dapat memiliki kerangka presentasi, desain infografis, dan lainnya.

Content creator juga dapat menggunakan tools AI pada canva untuk edit foto/video, menghapus latar belakang atau penyesuaian cepat lainnya. Dengan begitu, content creator bisa menghasilkan konten visual yang menarik.

3. Grammarly

Tools AI untuk content creator_ Grammarly

Berbeda dengan canva, Grammarly memastikan konten yang dihasilkan oleh content creator bebas kesalahan dari tata bahasa. Tools ini membantu mengoreksi 400 jenis kesalahan yang sering terjadi pada konten, termasuk tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan struktur kalimat.

Grammarly juga dapat menyarankan perbaikan kosakata, penyesuaian nada, dan modifikasi gaya penulisan untuk meningkatkan keterbacaan, kejelasan, dan konsistensi.

Tidak hanya konten baru, Grammarly juga dapat meninjau posting media sosial, email, pesan, dan komentar Anda secara real-time untuk memastikan tulisan Anda tanpa cacat dan profesional.

4. Adobe Sensei

Tools AI untuk content creator_ Adobe Sensei

Adobe Sensei adalah platform kecerdasan buatan yang terintegrasi dengan berbagai produk Adobe, seperti Photoshop. Integrasi ni memudahkan content creator dalam mengedit gambar dengan fitur otomatis seperti pengenalan objek, pemilihan cerdas, dan perbaikan gambar.

Adobe Sensei adalah teknologi kecerdasan buatan dan machine learning yang hubung dengan ekosistem Adobe, Photoshop, creative cloud, dan banyak lagi. Hadirnya tools AI ini memungkinkan content creator mengedit foto atau video lebih mudah.

Salah satu keunggulannya, Adobe Sense memiliki fitur yang mampu mengenal objek, memperbaiki gambar, hingga membuat rotoscope video secara otomatis. Dengan kemampuan tersebut, content creator bisa menjadi lebih produktif.

Baca juga: Rekomendasi Tools AI Cerdas untuk Video Editor

5. SocialBee

Tools AI untuk content creator_ SocialBee

Selanjutnya, SocialBee berfungsi untuk mengelola media sosial. SocialBee juga memiliki teknologi AI yang membantu dalam penjadwalan posting konten, analisis data dan memahami preferensi audiens yang berperan dalam meningkatkan engagement sosial media.

Penggunaan SocialBee dalam menghemat waktu content creator serta meningkatkan efisiensi media sosial mereka. SoscialBee juga memungkinkan creator yang bekerja dalam tim berkolaborasi dalam mengelola akun media sosial.

6. CoSchedule

Tools AI untuk content creator_ CoSchedule

CoSchedule atau yang dikenal juga sebagai kalender pemasaran memungkinkan untuk seluruh jadwal aktivitas marketing. Hal ini memudahkan dalam monitoring, sehingga semuanya berjalan lancar.

CoSchedule dilengkapi dengan teknologi AI yang membantu menganalisis judul menarik dengan mempertimbangkan panjang, kata kunci hingga daya tarik emosional. Dengan begitu, content creator bisa menghasilkan judul konten yang bisa meningkatkan keterlibatan audiens.

7. BuzzSumo

Tools AI untuk content creator_ BuzzSumo

BuzzSumo membantu content creator menganalisis performa konten, melacak tren di sosial media hingga menemukan peluang untuk kolaborasi. Tidak hanya itu, BuzzSumo juga membantu dalam menemukan ide konten baru dan menjawab pertanyaan pelanggan.

Teknologi AI dalam BuzzSumo berfungsi untuk mengidentifikasi topik yang sedang menjadi tren dan banyak diminati. Hal ini memudahkan content creator dalam menghasilkan konten yang relevan dengan tren.

8. Writesonic

Tools AI untuk content creator_Writersonic

Writesonic adalah generator konten AI lain yang membantu membuat konten berupa tulisan, seperti posting blog, halaman arahan, deskripsi produk, dan lainnya.

Aplikasi Witesonic dilengkapi dengan semua fitur yang diharapkan dari alat penulisan AI, seperti integrasi dengan alat SEO, dukungan multi-bahasa, akses prioritas ke fitur baru, dan lainnya.

9. Hootsuite

Tools AI untuk content creator_Hootsuite

Hootsuite adalah tools manajemen sosial media yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan. Tools AI berfungsi memberikan wawasan real-time tentang kinerja media sosial mereka.

Hootsuite bekerja dengan mengumpulkan data dari berbagai platform media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan LinkedIn, kemudian menganalisanya untuk memberikan laporan media sosial yang komprehensif kepada bisnis.

Hootsuite menyediakan berbagai pilihan visualisasi data bagi bisnis, termasuk dasbor yang dapat disesuaikan dan grafik interaktif. Fitur-fitur Hootsuite memungkinkan content creator dengan cepat mengidentifikasi tren dan pola dalam kinerja media sosial mereka, sehingga lebih mudah untuk membuat keputusan berbasis data.

Apa saja Manfaat Menggunakan AI khusus Content Creator?

Banyaknya pilihan tools AI untuk content creator diatas menunjukkan bahwa minat yang tinggi untuk penggunaan kecerdasan buatan. Hal ini tak lepas dari keuntungan yang akan content creator dapatkan saat menggunakan tools AI, seperti berikut:

  • Brainstorming dan Mencari Ide

Keuntungan pertama penggunaan tools AI adalah membantu mencari ide untuk pembuatan konten marketing. Hal ini menjawab kesulitan yang mungkin dialami oleh sebagian content creator dalam menciptakan konten.

Beberapa tools AI seperti Chat GPT menawarkan fitur yang membantu content creator menemukan ide untuk pembuatan konten marketing yang sedang menjadi trend atau viral. Ide tersebut bisa ditindaklanjuti dengan menghasilkan konten yang relevan.

  • Menciptakan Konten Otomatis

Keuntungan kedua adalah sebagian tools AI mampu mengotomatiskan sejumlah tahapan dalam pembuatan konten. Misalnya edit foto/video, buat teks blog, caption sosial media dan lainnya. Kemampuan ini mampu menghemat waktu content creator.

  • Meningkatkan Kualitas Konten

Tools AI dapat memperbarui konten yang sudah ada dengan memberikan wawasan berharga dan saran untuk perbaikan. Dengan menganalisis pola data dan umpan balik pengguna, tools AI dapat mengidentifikasi area dimana konten seperti teks pemasaran, kreatif iklan, dan pesan pelanggan dapat dioptimalkan.

  • Menghasilkan Visual Lebih Realistis

Keuntungan terakhir adalah tools AI dapat menghasilkan visual yang menarik dalam bentuk grafik, gambar, bentuk seni, dan video. Content creator dapat memanfaatkan visual tersebut untuk meningkatkan narasi mereka, membuat posting media sosial yang menarik, dan membuat presentasi yang menarik secara visual.

Tingkatkan Engagement Konten Anda dengan Bantuan Tools AI Terbaik

Demikianlah 9 rekomendasi tools AI yang bisa content creator untuk menghasilkan konten yang berkualitas. Setiap tools AI memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing tergantung kebutuhan.

Terpenting, pastikan setiap konten yang dihasilkan sesuai dengan persona atau minat dari target audiens Anda. Dengan begitu, tingkat engagement di sosial media yang akan Anda dapatkan menjadi tinggi.

Selain dari konten yang Anda buat, Anda perlu juga perlu menjaga interaksi dengan audiens Anda di sosial media. Salah satunya dengan merespon cepat setiap pertanyaan yang masuk.

Mekari Qontak menawarkan Chatbot AI untuk membalas pesan secara otomatis. Chatbot Mekari Qontak terintegrasi dengan NLP dan ChatGPT. Integrasi ini memberikan wawasan untuk memahami prefrensi audiens, sehingga respon yang diberikan lebih personal.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli Mekari Qontak Gratis.

Refrensi

Kategori : Bisnis Tools
WhatsApp WhatsApp Sales