Daftar isi
7 min read

Mengenal Apa itu Chat GPT dan Cara Menggunakannya

Tayang 19 Desember 2023
Diperbarui 20 Februari 2024
Perkenalkan chat GPT karya Elon Musk
Mengenal Apa itu Chat GPT dan Cara Menggunakannya

Sejak awal diluncurkan pada akhir tahun 2022, Chat GPT telah mencuri perhatian banyak pihak. Pasalnya produk buatan OpenAI tersebut berhasil mengubah chatbot menjadi lebih pintar dengan dukungan program machine learning.

Salah satu keunggulan dari Chat GPT adalah mampu menghasilkan ide konten, esai, hingga menyelesaikan pertanyaan matematika. OpenAI juga terus mengembangkan Chat GPT untuk memenuhi semua kebutuhan penggunanya.

Saat ini tersedia Chat GPT premium (GPT-4)  yang jauh lebih canggih. GPT-4 adalah model multimodal besar menerima input gambar dan teks, mengeluarkan output teks.

Pelajari selengkapnya mengenai chat GPT yang dikembangkan OpenAI pada artikel berikut.

Apa itu Chat GPT?

Chat GPT ( Generative Pre-training Transformer) adalah chatbot AI yang berfungsi untuk melakukan interaksi dalam percakapan berbasis teks. Cara penggunaannya dimulai menginput pertanyaan, kemudian AI akan memberikan jawaban yang relevan.

Kemampuan tersebut membuat chat GPT yang disediakan oleh Open AI menjadi populer. Perusahaan AI non profit tersebut mengklaim produknya bisa melakukan berbagai pekerjaan dalam waktu singkat.

Misalnya adalah menyelesaikan soal matematika, membuat bahan jokes hingga menyajikan rumus excel. Bahkan chat GPT juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengoreksi jawaban mereka yang kurang tepat.

Baca juga: Mengenal Apa itu Chatbot, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa saja Fungsi Chat GPT?

Chat GPT dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membuat teks orisinal, menerjemahkan bahasa, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang rumit. Kemampuan tersebut sangat membantu pekerjaan penggunanya.

Selain itu, Chat GPT juga memiliki fungsi lainnya seperti berikut

1. Menyediakan Beragam Informasi

Pengguna dapat menemukan beragam informasi dengan mudah melalui teknologi AI. Mereka cuman mengajukan pertanyaan lewat OpenAI. Kemudian AI akan memberikan jawaban yang relevan.

Sayangnya informasi yang AI berikan hingga tahun 2021. Artinya pengguna tidak bisa mendapatkan informasi terbaru, seperti prediksi cuaca atau perkiraan harga aset.

2. Membantu Pendidikan

Chat GPT juga bisa dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Khusus untuk siswa dan guru bisa mengakses berbagai informasi dengan bantuan AI. Termasuk menjawab soal matematika.

3. Melakukan Percakapan

Kemampuan AI lainnya yang tak kalah hebat adalah melakukan percakapan otomatis. Pengguna bisa mulai mengajukan pertanyaan, kemudian AI akan menjawab layaknya percakapan dengan manusia.

4. Memberikan Rekomendasi

Seperti manusia, chat GPT juga bisa memberikan rekomendasi mengenai tempat makan, film terbaru hingga outfit trendy. Teknologi AI akan memberikan dan mempertimbangkan preferensi dan kebutuhan para penggunanya.

5. Meningkatkan Produktivitas

Kemampuan chat GPT yang dimanfaatkan dengan baik mampu meningkatkan produktivitas penggunanya. Bagaimana tidak? Sistem AI memberikan semua jawaban atau informasi yang pengguna butuhkan dalam hitungan detik.

6. Membantu Customer Service

Bisnis saat ini mulai banyak memanfaatkan chat GPT untuk melayani pelanggan. Mereka mengintegrasikan aplikasi customer service dengan openAI.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi customer service yang terintegrasi dengan chat GPT. Teknologi AI akan merekomendasi sejumlah jawaban untuk membalas pelanggan. Sehingga Agen CS cukup memilih jawaban yang paling relevan, tanpa pusing membuatnya dari awal.

Keunggulan dan Kekurangan Chat GPT

Keuntungan utama menggunakan Chat GPT adalah memberikan beragam informasi dengan cepat dan akurat. Bahkan teknologi openAI ini mampu memberikan saran dan rekomendasi sesuai preferensi penggunaannya. Hal ini meningkatkan pengalaman pelanggan.

Meski memiliki banyak kelebihan, chat GPT juga mempunyai kekurangan. Dengan kemampuan yang kurang sempurna, terkadang jawaban yang diberikan kurang tepat.

Berikut kelebihan dan kekurangan chat GPT gratis adalah

  • Kelebihan:

Menggunakan Tata Bahasa yang Natural

Chat GPT dirancang untuk memberikan jawaban menggunakan bahasa natural. Bahasa yang mereka gunakan mudah dipahami. Sehingga pengguna bisa merasakan berinteraksi dengan manusia umumnya.

Fast Respon

OpenAI mampu memberikan semua jawaban yang pengguna butuhkan dalam hitungan detik. Kemampuan tersebut sengaja dibuat untuk lebih responsif.

Menyaring Permintaan Negatif

Kemampuan luar biasa lainnya dari produk openai ini adalah mampu menyeleksi permintaan kurang pantas. Misalnya bagaimana cara merundung orang. Sistem AI akan mendeteksi sebagai hal yang tidak patut dan menolak untuk memberikan jawaban. Sebaliknya, sistem akan menjelaskan betapa buruknya tindakan tersebut.

Sensitif  Terhadap Kueri

Agar jawaban yang diberikan tepat, open AI dirancang sensitif terhadap penyesuaian kueri. Sehingga pengguna bisa mengajukan pertanyaan berbeda tapi maknanya tetap sama.

Mendeteksi Pesan Suara (Voice Recognition)

Kemampuan lain dari Chat GPT adalah dapat mengenali suara. Pengguna bisa melakukan percakapan suara dua arah dengan Chat GPT. Namun fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Plus dan Enterprise yang bisa diunduh di iOS dan Android.

  • Kekurangan:

Kurang Realistis

Tak jarang jawaban yang chat GPT berikan kurang sesuai dengan realita. Sebab jawaban yang diberikan sangat umum, sehingga tidak bisa spesifik membantu kebutuhan penggunanya.

Tidak Semua Jawaban Benar

Produk AI memberikan jawaban berdasarkan informasi yang manusia berikan. Sehingga teknologi ini akan memberikan informasi tersebut walaupun salah (hoaks). Oleh karena itu, jangan menggunakan jawaban AI sepenuhnya tanpa konfirmasi sumber terpercaya.

Butuh Pembaruan Rutin

Teknologi AI baru bisa bekerja jika ada data informasi yang dimasukkan. Artinya semakin sering memasukkan informasi, data yang didapatkan semakin akurat.

Sayangnya openAI hanya memiliki database dengan jangka waktu maksimal hingga tahun 2021. Tentu perlu terus pembaharuan agar sistem bisa lebih optimal dalam bekerja.

Baca juga: Rekomendasi Alternatif Chat GPT Gratis yang Bisa Digunakan

Bagaimana Cara Kerja Chat GPT?

Chat GPT memiliki sistem kecerdasan buatan AI untuk menjalankan tugasnya tanpa arahan dari manusia. Sistem ini memanfaatkan data yang berisi pola bahasa manusia untuk memberikan respons senatural mungkin.

Secara singkat, Chat GPT bekerja berdasarkan pada kombinasi pengolahan bahasa alami, analisis konteks, dan pembangkitan teks yang cermat untuk memberikan interaksi yang mirip dengan manusia.

Berikut adalah langkah-langkah umum dalam cara kerja Chat GPT:

  • Pengumpulan data: Data teks dari berbagai sumber dikumpulkan dan diproses.
  • Pelatihan model: Model bahasa GPT dilatih menggunakan teknik deep learning. Pelatihan berguna untuk memprediksi kata-kata berikutnya dalam suatu kalimat atau konteks tertentu. Hal ini memungkinkan model untuk memahami konteks dan struktur bahasa.
  • Interaksi dengan pengguna: Setelah dilatih, AI dapat digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna. Pengguna memberikan masukan teks dalam bentuk pertanyaan, pernyataan, atau instruksi.
  • Pemrosesan masukan: Masukan dari pengguna diproses oleh model GPT. Model menganalisis teks masukan, memahami konteksnya, dan menentukan respons yang sesuai.
  • Generasi respon: Berdasarkan pemahaman konteks, model menghasilkan respons teks yang relevan. Respons ini dapat berupa jawaban, informasi, penjelasan, atau tindakan yang diinstruksikan.
  • Evaluasi respon: Respons yang dihasilkan oleh model dievaluasi dan disaring untuk memastikan kecocokan dan kebenaran. Metode seperti penilaian kualitas teks dan filter kebijakan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan keandalan respons.
  • Iterasi dan pembaruan: Model GPT dapat ditingkatkan dengan iterasi berulang. Data interaksi pengguna baru dapat digunakan untuk melatih ulang model, sehingga meningkatkan kinerja dan respons model seiring waktu.

Contoh Penggunaan Chat GPT

Chat GPT gratis bisa digunakan oleh siapa saja. Misalnya untuk membuat artikel SEO, teknologi AI ini bisa untuk mencari ide konten, membuat kerangka artikel hingga teks paragraf.

Berikut cara untuk membuat artikel melalui chat GPT adalah

1. Buka atau masuk ke situs chat.openai.com

Cara menggunakan Chat GPT pertama masuk ke situs chat.openai.com.

2. Buat akun atau login menggunakan alamat email

Cara Chat GPT kedua buat akun openAI

3. Masukkan nomor HP atau WhatsApp

4. Pilih metode untuk mengirimkan kode verifikasi melalui SMS atau WhatsApp

5. Masukkan kode verifikasi

6. Setelah muncul tampilan Chat GPT, tulis pertanyaan yang ingin diajukan

Cara menggunakan chat GPT keenam Tulis pertanyaan di chat gpt

7. Kemudian, AI akan memberikan jawaban relevan dalam hitungan detik

Cara Menggunakan chat GPT terakhir jawaban otomatis muncul

Baca juga: 12 Contoh Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari

Tips Membuat Prompt Chat GPT

Chat GPT menghasilkan respon yang sesuai dengan pengguna inginkan. Caranya dengan menyusun prompt. Berikut ini kami memberikan tips menyusun prompt yang efektif:

1. Ajukan Pertanyaan yang Jelas

Langkah pertama adalah dengan membuat pertanyaan yang jelas. Semakin jelas pertanyaan yang diajukan, teknologi AI semakin mudah memahaminya. Dengan demikian, respon atau jawaban yang diberikan lebih akurat.

Contohnya dengan memberikan pertanyaan “Dalam 5 tahun ke depan saya ingin memiliki uang 100 juta. Berapa banyak uang yang harus saya tabungkan setiap bulan?”. Pertanyaan tersebut lebih jelas dibandingkan “Bagaimana cara saya mendapatkan 100 juta?”

2. Gunakan Format Q&A

Cobalah berkreasi melalui pertanyaan untuk mendapatkan jawaban tepat. Misalnya untuk mendapatkan jawaban singkat, gunakan pertanyaan “Yes, No Question“. Begitu juga untuk jawaban panjang atau daftar bisa menggunakan kata “Jelaskan” atau “Sebutkan”.

3. Buatlah Contoh

Memberikan contoh sama halnya dengan menyediakan data untuk referensi. Kemudian AI akan meniru contoh tersebut hingga cara penulisannya.

4. Masukkan Panjang Respon yang Diinginkan

Pengguna juga bisa memasukkan panjang respon yang diinginkan. Misalnya dengan memasukkan kata “Jelaskan pengertian chatbot dalam satu kata” atau bisa juga “Buat esai tentang customer relationship management sepanjang 700 kata.”

Baca juga: 15 Rekomendai Aplikasi Chatbot Terbaik untuk Bisnis Digital 2023

Tingkatkan Produktivitas dengan Chat GPT

Chat GPT mampu menyelesaikan banyak tugas. Misalnya untuk customer service, kecerdasan buatan AI bisa membantu memberikan jawaban-jawaban yang tepat pelanggan.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi Omnichannel yang terintegrasi dengan Chat GPT (Airene). Teknologi AI akan memberikan rekomendasi jawaban untuk pelanggan di semua channel yang terintegrasi Omnichannel (WhatsApp, Instagram, Facebook dan lainnya).

Lebih dari 3500+ perusahaan menggunakan Mekari Qontak untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, serta hubungan pelanggan. Tidak hanya itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan Omnichannel GRATIS dari Mekari Qontak selama 14 hari sekarang juga!

Kategori : BisnisChatbot
WhatsApp WhatsApp Sales