Daftar isi
5 min read

Perkenalkan Copilot AI, Chatbot Cerdas dari Microsoft

Tayang 31 Januari 2024
Diperbarui 08 Februari 2024
Microsoft Memperkenalkan Copilot AI
Perkenalkan Copilot AI, Chatbot Cerdas dari Microsoft

Pada akhir 2023, perusahaan teknologi global Microsoft resmi meluncurkan produk Artificial Intelligence (AI) baru yang diberi nama Copilot AI. Produk terbaru dari Microsoft ini bisa dioperasikan pada Windows 11.

Microsoft Copilot AI diklaim bisa menggabungkan kecerdasan jaringan dan data pekerjaan pengguna di PC atau laptop untuk memberikan dukungan yang lebih baik, tanpa mengabaikan keamanan dan privasi pengguna. Menarik bukan?

Pelajari selengkapnya mengenai Microsoft Copilot AI berikut ini.

Microsoft Memperkenalkan Copilot AI

Copilot AI pertama kali dikenalkan Microsoft sebagai teknologi kecerdasan buatan yang terintegrasi dengan Windows 11. Integrasi ini diklaim mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna Microsoft.

Copilot AI mampu menjawab semua pertanyaan secara otomatis melalui Bing Chat. Dengan begitu, pengguna bisa mencari ide kreatif dan menyelesaikan tugas lebih mudah dan cepat.

Executive Vice President, Consumer Chief Marketing Officer, Yusuf Mehdi mengungkapkan teknologi yang ada pada Copilot AI memungkinkan Anda untuk menanyakan apapun yang Anda inginkan dalam bahasa sehari-hari, dan teknologinya cukup pintar untuk menjawab, membuat, atau mengambil tindakan apapun yang Anda perintahkan. (Dilansir dari Liputan6.com)

Selain itu, Yusuf Mehdi menuturkan bahwa Microsoft Copilot AI dapat diakses secara gratis di Windows 11, Microsoft 365, dan web browser Edge serta Bing. Teknologi AI akan tersedia sebagai aplikasi, atau dapat muncul sendiri ketika dibutuhkan hanya dengan klik kanan.

Baca juga: Metaverse AI: Produk Terbaru Meta, Pesaing Chat GPT

Copilot AI Menawarkan Beragam Fitur Menarik

Kehadiran Copilot AI pada Windows 11 juga dibarengi dengan fitur-fitur yang mempermudah pengguna menyelesaikan tugas. Fitur tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Paint

Paint menjadi fitur pertama yang Copilot AI tawarkan. Fitur ini membantu Anda mengedit foto layaknya seorang menciptakan karya seni estetika.

  • Foto

Fitur kedua memungkinkan Anda memangkas, menghapus dan menyesuaikan warna atau cahaya pada foto, sehingga menghasilkan gambar yang Anda inginkan.

  • Snipping Tool

Snipping Tool merupakan fitur yang memudahkan dalam pengeditan, menyalin, dan menyunting teks dari gambar tangkapan layar.

  • Clipchamp

Fitur selanjutnya Clipchamp yang memungkinkan Anda untuk mengedit rekaman video atau foto dan mempublikasinya lebih cepat.

  • Windows Ink

Windows Ink merupakan fitur Copilot AI yang berfungsi untuk menggambar, mendesain dan navigasi dengan cara yang cerdas.

  • Smart App Control

Fitur Smart App Control menggunakan AI untuk mengidentifikasi aplikasi mana yang aman untuk diunduh dan dijalankan di Windows 11

  • Integrasi Bing Chat

Fitur selanjutnya menghubungkan Windows 11 dengan Bing Chat. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan percakapan yang dipersonalisasi dengan AI.

Misalnya, jika pengguna menggunakan Bing untuk mencari tahu mengenai tim sepak bola favoritnya, saat pengguna merencanakan perjalanan, Bing dapat secara proaktif memberitahu pengguna jika tim tersebut bermain di kota tujuannya.

Jika pengguna lebih menyukai tanggapan yang tidak menggunakan riwayat obrolan, maka pengguna dapat mematikan fitur ini di pengaturan Bing.

Baca juga: Bard AI, Produk Kecerdasan Buatan Pintar dari Google

Keunggulan yang Copilot AI Miliki

Beragam fitur yang Copilot AI tawarkan, tentu membuat produk Microsoft ini unggul daripada program kecerdasan lainnya. Keunggulan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Produktivitas

Keunggulan pertama adalah meningkatkan produktivitas, terutama setelah Copilot AI terintegrasi dengan Microsoft Outlook dan Teams. Integrasi ini mampu menyederhanakan pengelola email, koordinasi pertemuan dan berkolaborasi menyelesaikan tugas.

Copilot AI berperan untuk meringkas poin utama dalam diskusi, memberikan saran berharga hingga merekomendasikan langkah selanjutnya. Dengan kemampuan tersebut, Anda bisa menghemat lebih banyak waktu dan usaha.

2. Kreativitas Meningkat

Selain produktivitas, penggunaan Copilot AI juga bisa membantu meningkatkan kreativitas Anda. Produk AI dari Microsoft ini memiliki fitur-fitur yang mendukung Anda membuat konten gambar atau video estetik dengan cepat.

3. Mempermudah Pengambilan Keputusan

Keunggulan lainnya dari penggunaan Copilot AI membantu Anda mengambil keputusan lebih bijak. Copilot AI dapat menganalisis sejumlah besar data, termasuk tren yang berkembang. Dengan kemampuan tersebut, Copilot AI dapat memberikan saran dan rekomendasi secara real-time.

4. Integrasi dengan Berbagai Produk Microsoft

Copilot AI secara mulus terintegrasi dengan aplikasi seperti Word, PowerPoint, Excel, Outlook, dan Teams. Integrasi tersebut membuat alur kerja Anda menjadi lebih konsisten dan efisien.

Baca juga: Produk AI Terbaru Dari Elon Musk, Grok AI

Syarat untuk Menggunakan AI Copilot di PC

Mengingat banyaknya keuntungan menggunakan Copilot AI, mungkin Anda menjadi tertarik menggunakannya. Namun sebelum itu, Microsoft memberikan beberapa syarat agar PC (Personal Computer) Anda bisa mengakses produk terbaru mereka tersebut.

Microsoft mengungkapkan bahwa PC harus memiliki minimal RAM 16 GB untuk mengakses Copilot AI. Setelah itu, Anda bisa menggunakan Copilot sebagai chatbot AI untuk menjawab pertanyaan sehari-hari, menyusun draft e-mail, dan membuat gambar, yang diperkenalkan melalui sistem operasi Windows 11 23H2.

Selain RAM, PC yang Anda gunakan juga harus miliki daya komputasi 40 TOPS (Trillion Operations Per Second). Namun, saat ini masih sulit untuk menemukan PC dengan spesifikasi tersebut.

Jadi sebelum mulai menggunakan Copilot AI, pastikan PC Anda memenuhi kedua persyaratan tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Copilot AI. Program AI ini solusi terbaik untuk meningkatkan produktivitas pengguna AI secara keseluruhan. Terutama kemudahan integrasi dengan ekosistem Microsoft membuat semakin unggul daripada produk kecerdasan buatan lainnya.

Namun, untuk menggunakan Copilot AI membutuhkan sepsikasi PC yang cukup berat dan sulit di temukan saat ini. Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa mencoba menggunakan produk kecerdasan buatan lainnya seperti chatbot AI di PC dan smartphone Anda.

Mekari Qontak menawarkan Chatbot AI yang terintegrasi dengan NLP dan Chat GPT. Chatbot AI Mekari Qontak dapat memahami perintah teks yang dimasukkan dan memberikan respon yang tepat secara otomatis. Hal ini sangat membantu melayani pelanggan dengan cepat.

Konsultasikan Kebutuhan Bisnis Anda dengan Tim Ahli Mekari Qontak Gratis di sini.

Referensi

Kategori : Chatbot
WhatsApp WhatsApp Sales