Daftar isi
7 min read

5 AI Voice Generator Terbaik untuk Membuat Suara Mirip Manusia

Tayang 01 Februari 2024
Diperbarui 08 Februari 2024
AI Voice Generator Terbaik untuk Membuat Suara Mirip Manusia
5 AI Voice Generator Terbaik untuk Membuat Suara Mirip Manusia

Beberapa waktu lalu, dunia maya sempat dihebohkan kemampuan AI menirukan suara artis dan tokoh publik ternama. Bahkan AI seolah bisa “menghidupkan” orang meninggal dengan membuat mereka berbicara kembali. Hal tersebut berkat kecanggihan teknologi AI Voice Generator.

Kemampuan AI tersebut mendapatkan respon positif, Anda bisa dengan mudah menemukan konten-konten berisi suara AI. Apakah anda tertarik membuatnya juga?

Mekari Qontak merekomendasikan 5 AI Voice Generator yang bisa Anda coba untuk menghasilkan suara AI mirip dengan manusia. Simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut.

Apa itu AI Voice Generator?

AI Voice Generator adalah program kecerdasan buatan yang mampu menghasilkan suara baru dari proses pemadanan data berupa teks atau audio. Suara yang dihasilkan akan menyerupai karakter suara orang tertentu yang sesuai pilihan Anda.

Kemampuan AI Voice Creation tersebut banyak dimanfaatkan untuk membantu membuat suara AI mirip manusia pada konten audio dan video. Misalnya membuat konten untuk media sosial, menerjemahkan buku atau audio, hingga belajar baru melalui interaksi langsung dengan AI.

Sayangnya, kemampuan AI tersebut berpotensi untuk disalahgunakan untuk kepentingan negatif. Melansir dari SINDOnews.com, Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya mengungkapkan kemampuan AI bisa digunakan untuk memanipulasi konten video dan membuat konten yang memutar balikkan fakta atau tidak sesuai fakta.

Oleh karena itu, Alfons mengingatkan agar masyarakat umum lebih berhati-hati dan memeriksa fakta dibalik konten yang mereka terima di media sosial.

“Justru kalau makin bombastis kontennya harus makin waspada dan lakukan crosscheck yang ketat sebelum meneruskan,” ujar Alfons.

Di sisi lain, AI voice generator bisa memberikan banyak manfaat selama digunakan dengan bijak.

Baca juga: Pengertian Artificial Intelligence dan Penerapannya

Bagaimana AI Voice Generator Bekerja?

Sebelum lebih jauh membahas AI Voice generator, mungkin Anda bertanya bagaimana bisa program kecerdasan buatan ini bisa mengubah teks menjadi suara atau Text-to-Speech (TTS) yang menyerupai manusia.

Agar lebih jelasnya, Anda bisa mempelajari cara kerja program AI Voice Generator berikut:

1. Text Processing

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengonversi teks tertulis secara fonetik dan linguistik.

Pada tahap ini melibatkan analisis dan manipulasi teks dalam berbagai cara, seperti pemecahan teks menjadi kata-kata atau token, identifikasi struktur kalimat, ekstraksi informasi, atau penerjemahan. Termasuk didalamnya melibatkan pemrosesan Neural text-to-speech (NTTS).

2. Linguistic Modeling

Tahap kedua berkaitan dengan penerapan aturan linguistik untuk menentukan pengucapan, penekanan, dan intonasi yang sesuai dengan bahasa manusia. Tujuannya adalah menciptakan suara sintetis yang terdengar alami dan mirip dengan suara manusia.

3. Acoustic modeling

Selanjutnya, program AI Voice Generator akan memetakan fitur linguistik ke pola akustik dari suara manusia. Tujuannya adalah menghasilkan suara sintetis yang mirip dengan suara manusia dalam hal pengucapan dan karakteristik akustik lainnya.

4. Prosody modeling

Pada tahapan Prosody, program AI akan mengaplikasikan berbagai teknik, seperti nada, infleksi, dan kecepatan. Dengan begitu, akan tercipta audio yang lebih dinamis, alami, dan mampu menyampaikan makna dan emosi seperti halnya pidato manusia.

5. Waveform Generation

Terakhir, waveform generation menciptakan gelombang suara, dari pola akustik yang didapatkan melalui tahap-tahap awal pemrosesan teks menjadi suara (text-to-speech). Gelombang inilah yang membuat hasil audio terdengar alami dan mirip manusia.

Kelima proses tersebut saling terhubung dan berkolaborasi untuk menghasilkan audio yang koheren dari perintah teks yang dimasukkan. Hal ini membuat AI cocok sebagai voice assistant technology untuk pengingat janji, customer service, cover musik, dan lainnya.

Mengapa Perlu Menggunakan AI Voice Generator?

Rangkain cara kerja AI Voice Generator yang kompleks membuatnya berhasil menciptakan kualitas audio yang lebih baik dibandingkan dengan tools pengeditan suara “tradisional”.

Selain itu, AI Voice Generator juga memiliki keunggulan lainnya seperti berikut:

  • Produksi Lebih Efisien

Penggunaan program AI Generator mengurangi waktu yang dihabiskan untuk membuat konten audio, seperti voiceover, podcast, atau merespon layanan pelanggan otomatis. Hal ini termasuk dalam menghemat waktu pada proses pengeditan dan perekaman.

  • Menghemat Uang

Selain dari segi waktu, implementasi AI Voice Generator juga dapat menghemat uang. Dengan AI, Anda tidak perlu lagi menghabiskan uang untuk menyewa narator atau dubber profesional, seperti gaji dan pembayaran berulang lainnya.

  • Personalisasi dan Konsistensi

Keuntungan selanjutnya adalah Voice Generator dapat menghasilkan berbagai suara, sehingga Anda dapat bereksperimen dengan aksen dan nada yang sesuai untuk audiens target Anda. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan suara untuk narasi, buku audio, dan pemasaran.

Teknik personalisasi ini dapat membantu Anda mengembangkan suara unik yang meningkatkan pengenalan dan keterlibatan pelanggan.

  • Menghasilkan Suara dalam Berbagai Bahasa

Tools AI Voice juga dapat menghasilkan audio dalam bahasa apa pun yang Anda inginkan. Sistem ini menggunakan algoritma yang membantu menganalisis volume sampel dan menghasilkan versi sintetis dari teks.

Baca juga: Contoh Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari

Rekomendasi Aplikasi AI Voice Generator Terbaik

Kemampuan AI Voice Generator seperti yang disebutkan sebelumnya mungkin membuat Anda tertarik untuk menggunakan. Berikut kami merekomendasikan 5 aplikasi AI Voice Generator terbaik yang bisa Anda coba:

1. MurfAI

AI Voice Generator_MurfAI

MurfAI menjadi aplikasi AI Voice Generator pertama yang banyak individu atau bisnis gunakan untuk meningkatkan kualitas konten audio mereka. Tools AI ini mampu mengubah teks menjadi suara (Text-to-Speech (TTS)) yang sangat alami dan realistis.

Selain itu, MurfAI menyediakan lebih dari 110 pilihan suara dalam 15 bahasa yang bisa Anda gunakan. Dengan kemampuan tersebut, MurfAI banyak digunakan untuk mengisi suara pidato, voice-over hingga dikte.

Beberapa fitur unggulan MurfAI adalah

  • Library of voices dan languages
  • Emotional speaking styles
  • Pitch dan fine-tune voice tones
  • Audio and text input support

2. Synthesys

AI Voice Generator_synthesys

Synthesys merupakan tools AI Voice Generator yang memudahkan untuk membuat voice over dan video AI profesional hanya dengan beberapa klik. Tools AI ini memanfaatkan kekuatan Text-to-Speach (TTS) dan Text-to-Video (TTV) untuk mengubah teks menjadi konyen media yang menarik.

Synthesis menyediakan pilihan 400 voice over realistis dalam 140 bahasa. Kemampuan Synthesis tersebut kerap dimanfaatkan untuk pembuatan konten podcast, video animasi, presentasi, hingga audiobook.

Berbagai fitur Synthesis tawarkan adalah

  • Library of professional voices: 34 women, 35 men
  • Unlimited voice overs
  • Stressing certain words to various emotions
  • Add pauses voiceover

3. Play.HT

AI Voice Generator_PlayHT

Play.HT merupakan AI generator text-to-speech yang memanfaatkan teknologi mutakhir dari raksasa industri seperti IBM, Microsoft, Amazon, dan Google untuk menghasilkan audio berkualitas.

Tools ini berfungsi mengubah teks menjadi suara yang terdengar alami, menawarkan kemudahan mengunduh voice-over yang dihasilkan dalam format MP3 dan WAV.

Dengan Play.HT, Anda memiliki fleksibilitas untuk memilih jenis suara dan memasukkan teks baik dengan mengimpor atau mengetiknya langsung. Teks ini kemudian diubah dengan mulus menjadi suara yang sangat mirip dengan ucapan manusia.

Berikut adalah beberapa fitur utama dari Play.HT:

  • Convert blog posts to audio
  • Integrates real-time sound synthesis
  • Over 570 accents and voices
  • Realistic voice-over

4. Lovo.ai

AI Voice Generator_Lovoai

Lovo.ai menawarkan AI Voice Generator yang ramah pengguna. Tools AI mampu menghasilkan suara yang menyerupai manusia saat menyampaikan pidato. Oleh karena itu, Lovo.ai kerap dimanfaatkan untuk pembuatan konten perbankan, pendidikan hingga pembacaan berita.

Lovo.ai beberapa waktu lalu mengenalkan Genny yang menggabungkan fungsi Text-to-Speech dengan fitur pengeditan. Hal ini memungkinkan konten audio yang Genny hasil kan dapat diedit secara bersamaan. Hebatnya, Genny memiliki lebih dari 500 suara AI dengan 20 pilihan emosi dan 150 bahasa, untuk menghasilkan kualitas suara yang realistis dan profesional.

Fitur-fitur yang Lovo.ai tawarkan adalah

  • Library of voices of over 500+ AI voices
  • Granular control 
  • Video editing
  • Resource database

5. Speechify

AI Voice Generator_speechify

Sama seperti tools AI Voice Generator AI lainnya, Speechifty juga mampu mengubah teks menjadi berbagai format audio yang terdengar alami. Bahkan tools AI ini bisa mengonversi teks dari PDF, email, dokumen, atau artikel menjadi audio.

Speechify menawarkan lebih dari 200 Voice AI yang dalam 15 bahasa berbeda. Kemampuan tersebut membuat Speechify menjadi alat yang sangat berguna bagi siapa pun yang ingin mendengarkan konten tertulis saat bepergian atau untuk tujuan aksesibilitas.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari Speechify:

  • Web-based with Chrome and Safari extensions
  • Over 200+ high-quality voices
  • 20+ languages & accents
  • Granular controls on the pitch, tone and speed
  • Custom soundtracks

Baca juga: Tools AI Terbaik untuk Content Creator

Buat AI Voice Anda Sendiri Dengan Mudah

Demikianlan penjelasan mengenai tools AI Voice Generator untuk menghasilkan suara AI mirip dengan manusia. Dengan kemampuan tersebut, individu dan bisnis bisa membuat konten audio dengan cepat dan profesional.

Dari 5 pilihan di atas, Anda bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan. Setiap AI Voice Generator yang menawarkan kelebihan dan kekuangan yang berbeda.

Selain menghasilkan suara mirip manusia, program AI juga bisa memahami setiap perkataan teks dengan baik. Hal ini berkat dukungan teknologi NLP (Natural Language Processing). NLP juga bisa diintegrasikan dengan chatbot untuk merespon dengan tepat.

Mekari Qontak mengintegrasikan Chatbot dengan NLP. Integrasi ini membuat pengalaman berinteraksi dengan pelanggan menjadi lebih manusiawi, cepat, dan personal dalam memberikan jawaban.

Konsultasikan Kebutuhan Bisnis Anda dengan Tim Ahli dari Mekari Qontak Gratis di sini.

Referensi

WhatsApp WhatsApp Sales