Daftar isi
4 min read

Waspada, Ini Bahaya Penggunaan Social Spy WhastApp untuk Sadap Akun Orang

Tayang 02 Februari 2024
Diperbarui 15 Februari 2024
Bahaya Penggunaan Social Spy WhastApp untuk Sadap Akun WA
Waspada, Ini Bahaya Penggunaan Social Spy WhastApp untuk Sadap Akun Orang

Beberapa waktu lalu sempat dihebohkan dengan kemunculan aplikasi modifikasi Social Spy yang diklaim mampu memata-matai nomor WhatsApp. Hal ini disambut hangat oleh sebagian orang yang merasa membutuhkannya.

Namun, kemampuan Social Spy WhatsApp menyadap pengguna WA ternyata scam atau penipuan online. Selain itu, terdapat risiko yang mengintai pengguna aplikasi mata-mata WhatsApp tersebut.

Simak, penjelasan risiko penggunaan Socialspy WhatsApp pada artikel berikut. Semoga bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum mulai menggunakannya.

Apa Itu Social Spy WhatsApp?

Social Spy WhatsApp adalah aplikasi yang didesain untuk melacak aktivitas di WhatsApp, seperti percakapan teks, panggilan telepon atau video, hingga berbagi gambar, dokumen dan file lainnya.

Sementara itu, untuk menggunakan Social Spy WhatsApp juga relatif mudah. Pengguna cukup menginstal aplikasi mata-mata ini di smartphone atau tablet target baik dengan atau tidak ada persetujuan dari target.

Setelah berhasil diinstal, aplikasi akan bekerja diam-diam mengumpulkan data WhatsApp target. Kemudian, sistem akan mengirimkannya ke server remote yang dapat diakses oleh orang yang melacak perangkat target.

Baca juga: Cara Mengetahui WA Disadap dan Tips Mengatasinya 

Apa Manfaat Social SPY WhatsApp?

Aplikasi Social Spy WhatsApp menawarkan kemampuan mata-matai orang lain dengan cara praktis. Hal ini tentu menuai kontroversial karena sangat rentan disalahgunakan untuk kepentingan negatif.

Namun bagi sebagian pihak, kemampuan Social Spy WhatsApp sangat dibutuhkan untuk menjamin kesejahteraan target mereka. Berikut penjelasannya:

  • Membantu Orang Tua Mengawasi Anaknya

Keuntungan pertama dari penggunaan Socialspy WhatsApp adalah membantu orang tua untuk memastikan keamanan anak-anak mereka. Terlebih di era digital saat ini, anak-anak sangat beresiko terpapar kejahatan online seperti pelecehan, konten tidak pantas dan predator seksual.

Dengan memata-matai aktivitas anak-anak di WhatsApp, diharapkan mampu menghindarkan mereka dari kejahatan tersebut.

  • Melacak Kinerja Karyawan

Selain orang tua, Socialspy WhatsApp juga pemilik bisnis untuk memantau produktivitas karyawan mereka. Selain itu, pemilik bisnis juga bisa mengidentifikasi potensi kebocoran rahasia dari percakapan karyawan di WA.

Tentu saja, penggunaan alat mata-mata WhatsApp ini hanya boleh dilakukan pada perangkat perusahaan yang karyawan gunakan. Dengan begitu, tidak akan mengganggu privasi karyawan.

  • Mendeteksi Penyelewengan

Terakhir, aplikasi Social Spy WhatsApp juga bisa mengungkapkan penyelewengan yang dilakukan oleh orang yang Anda curigai. Dengan memantau aktivitas WhatsApp target, Anda dapat menemukan pesan, panggilan, atau file multimedia yang mendukung kecurigaan tindak penyelewan.

Namun, penting untuk mendekati situasi ini dengan hati-hati dan sensitivitas, serta mempertimbangkan kemungkinan hukum yang terlibat.

Apakah Social Spy WhatsApp Aman Digunakan?

Melansir dari laman resmi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bahwa keuntungan yang Social Spy WhatsApp tawarkan adalah penipuan dengan memanfaatkan emosional penggunaannya.

Lebih lanjut, BSSN memaparkan alasan kuat menyebut Socialspy WhatsApp sebagai scam karena permintaan/persyaratan verifikasi aplikasi Socialspy bukan untuk membuktikan sebagai manusia, tetapi justru meminta pengguna untuk menginstal beberapa aplikasi lain.

Aplikasi SocialSpy tak lebih hanyalah aplikasi iklan untuk mencari uang melalui klik atau pemasangan aplikasi yang mereka pasarkan. Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap risiko penggunaan aplikasi SocialSpy tersebut.

Selain itu, ada beberapa risiko yang mungkin akan Anda tanggung saat menggunakan aplikasi mata-mata WhatsApp ini, seperti berikut:

1. Pencurian Data Pribadi

Perlu diketahui bahwa saat awal menggunakan Socialspy WhatsApp, Anda diminta mengisi 3 survei dengan waktu berbeda-beda. Pada survei tersebut, Anda harus mengisi data-data pribadi Anda.

Data-data tersebut sangat rentan untuk disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab. Terlebih, seperti yang Anda ketahui bahwa Social Spy bukanlah aplikasi resmi dari WhatsApp. Jadi tidak ada yang bisa menjamin keamanan data yang Anda berikan.

2. Terpapar Virus Malware dan Spyware

Layaknya menggunakan aplikasi modifikasi seperti WA GB, aplikasi Socialspy WhatsApp juga berisiko disisipi oleh virus yang akan merusak smartphone atau perangkat elektronik yang Anda gunakan.

Terlebih selain mengisi survei, Anda juga diminta menginstal aplikasi yang tak jelas saat akan menggunakan Socialspy WhatsApp. Alih-alih mendapatkan informasi rahasia pengguna WhatsApp lain, perangkat Anda malah bisa disusupi malware dan spyware.

Baca juga: Cara Aman Menggunakan WhatsApp Plus

Monitoring Aman dengan WhatsApp API

Mengingat risiko penggunaan Social Spy WhatsApp di atas, tentu tidak sebanding dengan keuntungan yang ditawarkan. Terlebih jika penggunaan aplikasi mata-mata WhatsApp tersebut untuk kebutuhan bisnis.

Jika memang Anda ingin melacak kinerja karyawan, akan lebih baik menggunakan aplikasi resmi WhatsApp API yang dirancang khusus untuk bisnis. WhatsApp API memiliki fitur report yang menampilkan semua interaksi karyawan dan pelanggan Anda dalam satu dasbor.

Mekari Qontak menawarkan WhatsApp API terpercaya di Indonesia. Mekari Qontak memiliki fitur custom report yang memungkinkan Anda monitoring kinerja karyawan Anda sesuai kebutuhan.

Konsultasikan Kebutuhan Bisnis Anda dengan tim Ahli Mekari Qontak Gratis di sini.

Referensi

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales