Daftar isi
6 min read

3 Cara Mengembalikan Akun IG yang Diretas dengan Cepat dan Mudah

Tayang 05 Februari 2024
Diperbarui 15 Juli 2024
Cara Mengembalikan Akun IG yang Diretas
3 Cara Mengembalikan Akun IG yang Diretas dengan Cepat dan Mudah

Peretasan akun Instagram (IG) bukan hal yang baru. Berdasarkan Riset Identity Theft Resource Center (ITRC), kasus-kasus peretasan Instagram meningkat setiap tahun sejak 2016. Pada tahun 2022 saja, ada lebih dari satu juta kasus pengambilalihan akun media sosial, dengan 85% korban di antaranya mengatakan akun IG mereka diretas.

Saat diretas, pelaku akan mengunci akun korban dan mereset kata sandi. Dengan begitu, korban tidak bisa mengakses akun IG mereka lagi.

Parahnya pelaku peretasan IG akan mengumpulkan informasi pribadi korban untuk menyamar sebagai mereka. Kemudian peretas akan merusak reputasi korban dengan menipu keluarga serta kolega korban.

Hal tersebut tentu sangat berbahaya. Sebelum terlambat, sangat penting untuk mengenali ciri-ciri akun IG yang diretas, cara mengembalikannya serta upaya pencegahaan. Simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut.

Bagaimana Cara Akun IG Bisa Diretas?

Akun IG yang diretas sangatlah rentan digunakan untuk tindak kejahatan seperti dijelaskan sebelumnya. Oleh karena itu, Anda harus berhatihati agar akun Instagram Anda tidak bisa diretas.

Melansir dari CNNIndonesia pengamat keamanan Siber, Alfons Tanudjaya menyebutkan peretasan bisa terjadi karena kata kunci (password) akun Instagram pengguna diketahui oleh peretas.

Sementara itu, bocornya kata kunci pengguna IG bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Phishing

Phishing adalah teknik paling umumnya digunakan oleh peretas dengan mendorong korban untuk memasukkan data pribadi seperti akun dan kata kunci di situs palsu.

Kemudian peretas akan mengirimkan tautan yang terhubung dengan laman mirip akun yang akan diretas. Dalam hal ini adalah akun Instagram.

Padahal baik situs atau akun tersebut adalah palsu. Namun data kredensial yang telah korban masukkan tersebut akan langsung disimpan oleh peretas untuk digunakan di masa mendatang.

  • Menebak Password

Jika teknik phishing kurang berhasil, peretas akan menggunakan cara lain seperti menebak password akun IG Anda. Hal ini bisa dilakukan apabila Anda menggunakan satu password yang sama untuk berbagai akun.

Maka saat ada satu akun yang bocor passwordnya, peretas bisa dengan mudah mengakses platform lain dengan akun dan password sama.

  • Terinfeksi Virus Malware

Akun Instagram Anda juga bisa diretas saat perangkat Anda terpapar virus malware karena menginstal aplikasi modifikasi atau tidak resmi di Play Store atau App Store.

Virus ini akan berperan sebagai mata-mata yang akan merekam pengguna saat mengetikkan informasi kredensial seperti username dan password. Kemudian akan mengirimkan informasi tersebut ke peretas untuk dijual di pasar gelap (dark web).

Apa saja Ciri-Ciri Akun IG yang Diretas?

Setelah mengetahui penyebab akun Instagram yang diretas, ada baiknya Anda juga mengetahui ciri-ciri akun IG yang berhasil diretas. Berikut ciri-cirinya:

  • Kata sandi akun IG tidak berfungsi lagi
  • Menerima email yang meminta untuk mereset kata sandi secara tiba-tiba
  • Email pemberitahuan akun IG telah berubah
  • Ada aktivitas login akun di lokasi yang mencurigakan
  • Teman dan pengikut Anda menerima pesan aneh dari Anda

Bagaimana Cara Mengembalikan Akun IG yang Diretas?

Setelah mengetahui akun IG diretas, tentu saja Anda ingin mengembalikannya agar bisa digunakan normal. Ada tiga cara untuk mengembalikan akun Instagram yang diretas, seperti berikut:

1. Lapor ke HelpCenter Instagram

Cara pertama untuk mengembalikan akun IG yang diretas adalah dengan meminta bantuan melalui situs Hep Center Instagram. Berikut tahapannya:

  • Buka laman help center dengan mengunjungi https://help.instagram.com/
  • Pilih ‘Privacy & Safety’ > ‘Report Something’ > ‘Hacked Account’
  • Lalu pilih ‘I Think my account has been hacked’
  • Kemudian klik ‘Report it to us’ untuk menyelesaikan laporan
  • Jawab beberapa pertanyaan dengan jelas
  • Tunggu kabar dari Instagram untuk melanjutkan ke tahap berikutnya

2. Pulihkan Melalui Email

Cara kedua yang bisa Anda pilih adalah menggunakan email yang digunakan untuk mendaftar akun Instagram. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka email Anda
  • Jika Anda menerima email peringatan dari Instagram, buka pesan tersebut
  • Klik amankan akun Anda
  • Konfirmasikan bahwa informasi akun Anda tidak berubah dengan klik “Ya, itu benar”
  • Selanjutnya, Anda mungkin perlu memverifikasi OTP sebelum mengakses akun Anda.
  • Email peringatan percobaan login Instagram akan anda terima
  • Verifikasi informasi profil pada aplikasi Instagram
  • Jika informasi akun Anda berubah, pilih “Tidak, amankan akun saya:.
  • Masukkan kata sandi baru dan konfirmasikan
  • Kemudian klik “Selanjutnya” untuk mereset kata sandi dan masuk.

3. Verifikasi Identitas

Cara terakhir mengembalikan akun yang diretas adalah dengan melakukan verifikasi identitas. Jika Anda memiliki foto, maka Instagram akan meminta Anda mengirim video selfie (di mana Anda memutar kepala Anda pada berbagai sudut) untuk mengonfirmasi bahwa Anda adalah orang sungguhan.

Video tersebut akan digunakan untuk membandingkan Anda dengan foto-foto di Instagram. Anda tidak perlu khawatir, sebab video tersebut akan dihapus dari server Instagram dalam waktu 30 hari.

Sementara jika Anda tidak memiliki foto, maka Instagram akan meminta informasi alamat email, nomor telepon, dan jenis perangkat (iPhone, iPad, Android, dll.) yang Anda gunakan saat mendaftar akun Anda.

Jika lolos verifikasi, Anda akan menerima tautan reset kata sandi melalui alamat email Anda.

Sayangnya, proses verifikasi ini memakan waktu berhari-hari, berminggu-minggu, dan terkadang bahkan berbulan-bulan. Pasalnya s besar proses ini otomatis, sehingga Anda tidak dapat menghubungi Instagram secara langsung jika mengalami kesulitan.

Namun, cara ini masih merupakan proses terbaik untuk mendapatkan kembali akun Instagram yang diretas.

Baca juga: Cara Menambah Followers Instagram

Tips Menjaga Keamanan Akun IG agar Tidak Diretas

Uraian sebelumnya menjelaskan bahwa untuk mengembalikan akun IG yang diretas memakan waktu relatif lama. Maka dari itu, akan lebih baik untuk lebih memperketat keamanan akun Instagram Anda.

  • Menggunakan Kombinasi Password yang Kuat

Pertama, sangat penting untuk memiliki password akun Instagram yang kuat. Dalam hal ini, Anda bisa memadukan rangkaian huruf dan angka yang kompleks.

  • Aktifkan Otentikasi Dua Faktor

Aktifkan fitur otentikasi dua faktor yang otomatis akan mengirimkan peringatan setiap kali ada yang ingin mengakses akun IG di perangkat baru. Hal ini efektif untuk menghindari penipuan.

  • Periksa Aktivitas Login Akun IG

Pantau aktivitas login akun Anda yang dapat ditemukan di bawah bagian keamanan aplikasi instagram. Pada bagian tersebut, Anda akan melihat semua perangkat yang saat ini masuk ke akun Instagram Anda, beserta lokasi geografis mereka.

Jika Anda melihat aktivitas yang mencurigakan di sini, Anda dapat keluar dari perangkat-perangkat tersebut dari perangkat saat ini.

  • Aktifkan Penyimpanan Otomatis

Terakhir, aktifkan fitur penyimpanan otomatis. Meskipun hal ini tidak selalu melindungi akun Anda dari peretas, tapi memberi Anda kesempatan untuk menyimpan semua foto Anda ke ponsel Anda jika akun Instagram Anda diretas dan dihapus.

Baca juga: Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru

Perketat Keamanan Akun IG Anda Agar Tidak Diretas

Penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa akun Instagram yang diretas sangatlah berbahaya karena bisa disalahgunakan untuk kejahatan. Meskipun pada akhirnya akun IG bisa dikembalikan, tapi hal tersebut membutuhkan waktu lama. Maka dari itu, perlu kehati-hatian pengguna Instagram agar akun mereka tidak bisa diretas.

Apabila Anda pelaku bisnis, sangat berbahaya saat akun IG business Anda diretas. Maka semua informasi dan percakapan dengan pelanggan bisa disalahgunakan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Instagram API.

Instagram API merupakan produk resmi Instagram yang dirancang khusus untuk pelaku bisnis. Oleh karena itu, dari segi keamanan tentu sangat dijaga oleh Meta.

Mekari Qontak merupakan mitra resmi Meta yang menyediakan Instagram API. Dengan Instagram API Mekari Qontak, Anda bisa bisa merespon DM pelanggan secara otomatis selama 24/7.

Konsultasikan Kebutuhan Bisnis Anda dengan tim Ahli Mekari Qontak, Gratis di sini.

Referensi

  • Instagram. “If you think your Instagram account has been hacked”
  • Aura. “How to Recover a Hacked Instagram
  • CNNIndonesia. “Penyebab Akun Instagram Kerap Diretas”
Kategori : Instagram
WhatsApp WhatsApp Sales