Daftar isi
6 min read

Auto DM IG: 13 Penerapan Auto DM Instagram Terbaik

Tayang 31 Agustus 2021
Diperbarui 12 Desember 2023
13 Contoh Penerapan Auto DM IG
Auto DM IG: 13 Penerapan Auto DM Instagram Terbaik

Auto DM IG dapat sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis online, terutama pengguna Instagram Shop atau toko Instagram.

Dengan menerapkan auto DM IG, Anda dapat mengotomatiskan bisnis online Anda sehingga kepuasan pelanggan dan penjualan Anda semakin meningkat. Untuk itu, pelajarilah contoh-contoh penerapan auto DM Instagram di bawah ini pada bisnis Anda.


Apa itu Auto DM IG?

Auto DM IG merupakan salah satu fitur pada Instagram yang berfungsi untuk membalas pesan pada Direct Message (DM) secara otomatis. Fitur auto reply DM Instagram ini dilengkapi dengan bot Instagram sehingga dapat otomatis melayani pelanggan setiap saat.

Instagram DM auto reply ini dapat diperoleh jika Anda memiliki Instagram API. Selain itu, jika Anda mengintegrasikan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada seperti aplikasi CRM Omnichannel Qontak.com dengan auto DM Instagram, Anda dapat langsung menerima, mencatat, merekap, serta menjumlahkan pesanan yang masuk secara otomatis.


Siapa yang Membutuhkan Auto DM IG?

Pihak yang paling membutuhkan fitur auto DM IG adalah para pelaku atau pemilik bisnis online. Hal tersebut tidak terlepas dari beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika mereka menggunakan auto reply Instagram DM.

Berikut ini merupakan keuntungan atau kelebihan menggunakan Instagram DM auto responder:

  • Melayani pelanggan (mengirimkan pesan balasan otomatis) sesuai dengan pertanyaan atau permintaan yang sering diajukan pelanggan selama 24 jam nonstop dengan adanya chatbot Instagram.
  • Menggunakan sistem end-to-end encryption sehingga semua percakapan hanya dapat diakses oleh pemilik bisnis dan pelanggan yang berinteraksi.
  • Memiliki kemampuan untuk mengirimkan pesan yang dapat dipersonalisasi sehingga bermanfaat untuk diolah menjadi insight untuk lebih memahami pelanggan.
  • Dapat diintegrasikan dengan sistem CRM sehingga dapat menyimpan database dan history percakapan DM dengan pelanggan secara otomatis.
  • Hemat biaya.
  • Memudahkan pelanggan dalam berbelanja langsung melalui platform Instagram Shopping.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mendaftar API Instagram (Updated 2023)


Bagaimana Contoh Penerapan Auto DM IG?

Ada begitu banyak jenis penerapan auto DM Instagram yang dapat Anda lakukan pada Instagram Bisnis Anda. Beberapa auto reply DM Instagram bahkan cukup banyak diterapkan karena memberikan banyak manfaat bagi sebuah bisnis, yaitu seperti:

1. Meningkatkan keterlibatan (Engagement)

Keterlibatan (engagement) merupakan salah satu hal yang penting saat ingin meningkatkan jumlah follower pada akun Instagram. Mengapa demikian? Karena Instagram dapat mengenali akun mana yang benar-benar dapat menarik perhatian pengguna Instagram lainnya, dan akun mana yang membeli follower palsu.

Anda dapat meningkatkan engagement pada akun IG Anda menggunakan auto DM Instagram,  namun gunakanlah cara auto reply DM IG yang resmi dan aman seperti yang disediakan oleh Qontak.com agar akun Anda aman dari risiko pemblokiran.

2. Menggunakan chatbot berbasis menu

chat-bot-integrations-auto-dm-ig-qontak

Serupa dengan chatbot pada WhatsApp, Anda juga dapat menggunakan chatbot yang menyediakan menu pertanyaan untuk dipilih oleh orang yang menghubungi bisnis Anda. Menu tersebut dapat diatur sesuai dengan pertanyaan umum yang biasa Anda dapatkan dari prospek atau pelanggan Anda. Instagram DM auto responder jenis ini dapat mengurangi tugas tim bisnis Anda sehingga mereka dapat memfokuskan untuk tugas penting lainnya.

3. Menautkan penawaran populer

qontak-instagram-penjualan-harus-mudah-auto-dm-ig-di-banyak-device

Selain memberikan menu yang berisikan pertanyaan umum kepada prospek atau pelanggan Anda, Anda juga dapat menautkan penawaran populer lainnya yang penting untuk bisnis Anda melalui Instagram DM auto reply. Cara ini dapat menghemat waktu Anda, terutama untuk tim marketing dan tim selling.

4. Membangun saluran prospek

qontak-instagram-banyak-channel-auto-dm-ig

Anda dapat menarik prospek ke akun Instagram Anda dengan cara menautkan auto reply Instagram DM dengan aplikasi media sosial populer lainnya. Semakin banyak jumlah prospek yang Anda dapatkan, maka akan semakin tinggi pula peluang penjualan pada bisnis Anda.

5. Mengirim lalu lintas iklan ke bot

Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah memasang iklan. Namun akan lebih efektif jika iklan yang Anda pasang dapat Anda hubungkan langsung ke auto DM IG Anda. Dengan mengaplikasikan cara auto DM Instagram yang benar dan baik, Anda akan dapat memanfaatkan lead yang masuk melalui Instagram ads Anda.

6. Mengatur akun auto DM IG ke banyak admin

agent-routing-system-auto-dm-ig-qontak

Dengan Instagram API, Anda dapat menambahkan jumlah admin untuk satu akun Instagram business Anda. Anda tidak lagi harus memberikan username dan password akun Anda ke admin-admin Anda. Admin Anda akan mendapatkan username dan password lain untuk bisa mengakses Instagram business Anda. Hal ini tentunya akan membuat akun Anda lebih aman dan terpusat.

7. Kirim DM otomatis Instagram

auto dm ig bot reply

Poin ini tentu saja menjadi tujuan utama saat Anda mempelajari cara membuat auto DM di Instagram. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan waktu respon terhadap prospek dan pelanggan Anda.

8. Menampilkan pesan penting di DM Instagram

Jika Anda mengetahui cara membuat auto DM di Instagram yang resmi dan aman, Anda akan memiliki beberapa manfaat lainnya seperti menampilkan pesan penting di DM Instagram. Hal ini tidak mustahil karena Anda menggunakan API pada akun Instagram Anda. Bot IG dapat menyortir pesan-pesan yang masuk menggunakan beberapa filter khusus.

9. Menambahkan profile pengguna ke DM Instagram

Tidak ada batasan mengenai jumlah pesan masuk yang dapat dibalas sekaligus oleh auto DM IG. Cara auto reply DM Instagram nya pun juga mudah karena semua dijalankan menggunakan bot. Fitur ini menghemat waktu, biaya, dan tenaga Anda tanpa mengurangi keefektifan respon DM untuk prospek dan pelanggan Anda.

10. Mengkategorikan pesan DM Instagram

Bisnis Anda dapat menjadi lebih terkenal jika setiap pelanggan Anda mempromosikan produk Anda kepada teman-temannya di media sosial. Untuk itu, Anda dapat memberikan insentif kepada pelanggan Anda yang dengan setia membagikan konten berisi testimoni mereka tentang produk Anda. Cara melakukannya cukup mudah, yaitu kirim DM kepada mereka tentang program ini, kemudian Instagram DM auto responder akan langsung mengenali konten yang mereka unggah melalui hashtag atau tag yang mereka lakukan kepada bisnis Anda.

11. Melakukan kualifikasi dan tangkap prospek

Tim marketing dan tim sales memiliki tugas yang berbeda. Anda dapat memfokuskan tim marketing untuk memanfaatkan fitur auto DM Instagram untuk mengetahui kualifikasi prospek yang Anda targetkan. Jika prospek tersebut memiliki potensi untuk melakukan pembelian, maka tim Anda dapat meneruskan proses bisnis kepada tim sales.

12. Menjual lebih banyak produk

qontak auto dm ig api bot katalog

Instagram DM auto reply dapat membantu Anda untuk menjual lebih banyak produk. Bagaimana caranya? Anda dapat menautkan link produk pada katalog Instagram Shopping Anda melalui auto reply Instagram DM. Hal ini tentu saja akan lebih maksimal jika didukung oleh wawasan pelanggan yang Anda peroleh melalui fitur Analisa Instagram.

13. Menjawab FAQ secara otomatis

Anda dapat mempersiapkan semua jawaban atas pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh prospek dan pelanggan Anda dalam menu FAQ. Dengan cara auto DM Instagram ini Anda tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama berulang kali.


Dapatkan Fitur Auto DM IG Terbaik dan Resmi dengan Mudah Sekarang!

Cara membuat auto DM di Instagram tidaklah sulit, Anda dapat memperolehnya melalui bantuan dari tim Qontak.com. Auto DM IG dapat menjadi salah satu Instagram tools Anda untuk membangun komunikasi yang lebih cepat dan efisien, baik dengan prospek maupun  pelanggan Anda.

Qontak.com hadir sebagai solusi terbaik bagi Anda yang ingin mendapatkan cara auto reply DM Instagram dengan mudah. Tidak hanya membantu cara auto DM Instagram, namun Qontak.com juga merupakan penyedia CRM Omnichannel terbaik di Indonesia serta merupakan rekan resmi WhatsApp yang dapat membantu Anda memperoleh WhatsApp Business API.

Kategori : BisnisInstagram
WhatsApp WhatsApp Sales