Daftar isi
8 min read

28 Contoh Greeting Message WhatsApp Business untuk Mendapatkan Kesan Positif

Tayang 13 Mei 2024
Diperbarui 21 Mei 2024
Contoh Greeting Message WhatsApp Business
28 Contoh Greeting Message WhatsApp Business untuk Mendapatkan Kesan Positif

Pernahkah Anda menerima pesan otomatis ketika pertama kali menghubungi sebuah bisnis? Wajar bagi bisnis saat ini untuk mengirimkan greeting message seperti itu di WhatsApp.

Tujuan utama sejumlah bisnis mengirimkan pesan sapaan secara otomatis untuk melibatkan pelanggan aktif dalam percakapan Jika dilakukan dengan benar, greeting message yang dikirim dengan WhatsApp business dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Fakta tersebut dibenarkan oleh sejumlah pengguna WhatsApp yang merasa lebih cepat mendapatkan respon via WA daripada platform lainnya.

68% pengguna WhatsApp mengatakan bahwa platform ini merupakan cara termudah untuk menghubungi bisnis dibandingkan email atau telepon.

Pada artikel berikut, Anda akan menemukan beberapa contoh greeting message yang banyak Business kirimkan via WhatsApp. Baca selengkapnya di bawah ini.

Contoh Greeting Message WhatsApp Business

Berikut beberapa contoh template pesan yang kerap bisnis kirimkan sebagai greeting message via WhatsApp:

  • Pesan Selamat Datang

Sesuai namanya, pesan sambutan biasa bisnis kirimkan untuk menyambut pelanggan. Pesan yang dimuat haruslah singkat, ramah, dan memberikan informasi bisnis secara umum.

Contoh template pesan selamat data yang dikirimkan otomatis adalah sebagai berikut:

Halo! Selamat datang di [nama perusahaan]. Kami di sini untuk menjawab semua pertanyaan yang Anda miliki dan membantu Anda menemukan apa yang Anda cari

Terima kasih telah menghubungi kami di WhatsApp! Kami di sini untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik bagi Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami apa pun.

Halo, dan salam dari tim kami! Kami sangat antusias untuk terhubung dengan Anda di WhatsApp dan berharap dapat membantu Anda dengan semua kebutuhan Anda.

Greeting Message WhatsApp Business- selamat datang

  • Pesan Salam untuk Pelanggan Baru

Selain sambutan selamat datang, sebagian bisnis memilih untuk memberikan pengalaman personal kepada pelanggan baru. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa bisnis peduli terhadap pelanggan, yang diharapkan dapat mempengaruhi loyalitas mereka.

Berikut template pesan otomatis untuk menyambut pelanggan yang baru berinteraksi dengan bisnis

Hai [Nama Pelanggan], terima kasih telah menghubungi [Nama Bisnis]. Kami siap membantu Anda. Silahkan informasikan kebutuhan Anda

Terima kasih atas minat Anda pada bisnis kami. Kami akan segera merespons permintaan Anda. Sementara itu, Anda dapat melihat portofolio kami yang luas tentang [produk/layanan]

Halo [Nama Pelanggan], kami menyambut Anda menjadi bagian dari keluarga [Nama Bisnis]! Jangan ragu untuk menghubungi meja bantuan kami jika Anda memiliki pertanyaan.

Baca juga: Cara Buat Pesan Otomatis di WhatsApp

  • Greeting Message untuk Acara Khusus

Selanjutnya, Anda mungkin kerap menemukan pesan otomatis untuk menghadiri suatu acara atau merayakan hari besar/libur. Pesan ini biasanya memiliki sentuhan meriah yang mencerminkan semangat perayaan.

Beberapa template pesan otomatis untuk momen perayaan hari besar atau acara tertentu, di antaranya sebagai berikut:

Halo [Nama Pelanggan]! Terima kasih telah mendaftar untuk undian beruntung Paskah tahunan kami. Kami akan mengumumkan hasil undian dalam dua hari. Sementara itu, Anda dapat melihat produk terbaru kami [link].

Halo [Nama Pelanggan], terima kasih atas minat Anda dalam Sale Akhir Tahun kami. Kami akan segera mengumumkan beberapa penawaran terbaik!

Hai [Nama Pelanggan], Selamat Hari Kemerdekaan! Semoga Anda menikmati hari ini dengan baik, dan semoga kita semua bisa berkumpul untuk merayakan kebebasan kita sebagai negara.

Hai [Nama Pelanggan], Selamat Natal! Semoga kehangatan dari ribuan lampu Natal menyelimuti hati Anda, dan semoga Anda memiliki Natal yang penuh dengan kebahagiaan dan sukacita.

Hai [Nama Pelanggan], Selamat Tahun Baru 2024! Semoga semua keinginan Anda menjadi kenyataan. Semoga Anda mencapai semua tujuan dan aspirasi Anda tahun ini. Saya harap Anda memiliki waktu yang indah ke depannya.

Greeting Message WhatsApp Business- untuk Acara Khusus

  • Pesan di Luar Jam Kerja (Away Message)

Pesan otomatis berikutnya yang mungkin pernah Anda baca adalah away message. Away message ini akan merespon pesan Anda ketika di luar jam operasional bisnis. Pesan ini memberitahukan pelanggan bahwa bisnis akan menghubungi kembali saat jam operasional.

Ada beberapa contoh yang bisa digunakan sebagai template away message, seperti berikut:

Terima kasih telah menghubungi. Saat ini kami sedang diluar kantor, tetapi kami akan segera menghubungi Anda begitu kami kembali pada pagi hari.

Terima kasih telah menghubungi [nama bisnis] Saat ini kami tidak tersedia, tetapi kami akan menghubungi Anda selama jam kerja kami: [jam kerja bisnis Anda]. Sementara itu, silakan kunjungi website kami [website Anda] untuk informasi lebih lanjut tentang produk dan layanan kami.

Terima kasih telah menghubungi. Kami senang bisa membantu, tetapi kami sedang tutup 🕦 (Lihat jadwal kami di website bisnis). Kami akan kembali kepada Anda pada hari kerja berikutnya ⏰.

Hai! 👋👋 Terima kasih atas pesan Anda. Kami akan segera merespon secepatnya.

  • Balas Cepat (Quick Replies Message)

Quick replies digunakan untuk memberikan respons cepat terhadap pertanyaan yang sering diajukan. Maka dari itu, isi pesan cenderung mudah dipahami, dan mencakup topik-topik yang paling umum.

Temple quick replies yang umum digunakan, seperti berikut:

Halo, terima kasih telah menghubungi [nama bisnis] di WhatsApp! Untuk memeriksa status pesanan Anda, silakan balas dengan “status pesanan”.

Halo [nama pelanggan], kami di sini untuk membantu Anda dengan pertanyaan apa pun yang Anda miliki. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan kami, silakan balas dengan “produk”.

Terima kasih telah menghubungi kami di WhatsApp! Untuk berbicara dengan seorang perwakilan layanan pelanggan, silakan balas dengan “layanan pelanggan”.

Halo, kami berkomitmen untuk menyediakan Anda dengan layanan cepat dan efisien di WhatsApp! Untuk mempelajari lebih lanjut tentang harga dan rencana kami, silakan balas dengan “harga”.

Baca juga: Begini Cara Membuat Pesan Auto Reply WhatsApp Terbaru

  • Pesan Promosi

Greeting message juga tak jarang dimanfaatkan sebagai media promosi. Bisnis akan mengirimkan pesan otomatis yang membuat pelanggan bertransaksi melalui penawaran-penawaran menarik.

Contoh greeting message yang bertujuan untuk promosi adalah

Halo [Nama Pelanggan]! Terima kasih telah mendaftar untuk Undian Keberuntungan Paskah tahunan kami. Kami akan mengumumkan hasil undian dalam dua hari. Sementara itu, Anda dapat melihat produk terbaru kami [link]

Halo [Nama Pelanggan], terima kasih atas minat Anda dalam Penjualan Akhir Tahun kami. Kami akan segera mengumumkan beberapa penawaran terbaik!

Halo! 🙌 Dapatkan diskon 10% untuk pembelian pertama Anda dengan menggunakan kode “WELCOME10”. Berlaku hingga [Tanggal].

Greeting Message WhatsApp Business- Promosi

  • Meminta Informasi Kontak Pelanggan

Selanjutnya, pesan otomatis juga bisa digunakan untuk meminta calon pelanggan meninggalkan informasi kontak mereka. Kemudian, Anda bisa menggunakan informasi tersebut untuk menghubungi mereka kembali keesokan harinya.

Berikut beberapa contoh pesan otomatis yang meminta pelanggan untuk meninggalkan informasi pribadi:

Halo! Maaf, saat ini kami tidak dapat merespons pesan Anda. Silakan tinggalkan nama dan alamat email Anda, dan kami akan menghubungi Anda dalam waktu 24 jam.

Hai! 👋Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website kami di [Link Website] atau hubungi kami di [Nomor Telepon].

  • Customer Support Greeting

Terakhir, greeting message juga dimanfaatkan untuk membantu customer support. Isi pesan dirancang untuk memuat rasa empati, menenangkan, dan memberikan instruksi yang jelas tentang cara untuk melanjutkan.

Contoh pesan yang bisa digunakan sebagai customer support adalah

Halo [nama pelanggan], bagaimana kami bisa membantu Anda hari ini? Kami di sini untuk membantu dengan segala pertanyaan atau kekhawatiran yang Anda miliki.

Terima kasih telah menghubungi kami. Kami di sini untuk mendukung Anda dan memberikan solusi terbaik yang memungkinkan.

Halo [nama pelanggan], kami memahami betapa masalah yang Anda hadapi. Mari kita bekerja sama untuk menemukan solusi yang cocok untuk Anda.

Salam [nama pelanggan], kami berkomitmen untuk menyelesaikan masalah ini dan membuat segalanya baik-baik saja untuk Anda. Beritahu kami bagaimana kami dapat membantu.

Tips Membuat Greeting Message WhatsApp Business yang Efektif

Setelah menyimak contig template greeting message WhatsApp di atas, kini saatnya untuk Anda membuat pesan sapaan sendiri. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Personalisasi Pesan

Tahapan pertama dalam membuat pesan adalah gunakan sapaan yang personal dan disesuaikan dengan pelanggan. Misalnya menyebutkan nama pelanggan atau menggunakan informasi dari interaksi sebelumnya, dapat membantu menciptakan koneksi yang lebih personal dan menunjukkan bahwa Anda menghargai pelanggan.

  • Sampaikan Informasi yang Relevan

Selain menyebutkan nama, greeting message yang dibuat harus jelas dan ringkas, dengan memberikan informasi yang pelanggan butuhkan. Dalam hal ini termasuk jam kerja bisnis Anda, alamat situs web Anda, atau informasi tentang produk atau layanan Anda.

  • Gunakan Bahasa yang Sopan dan Profesional

Meskipun ingin dekat dengan pelanggan, Anda tetap harus profesional. Maka gunakan kata-kata yang sopan pada greeting message di WhatsApp Anda. Hindari menggunakan bahasa slang atau kasual, dan pastikan untuk memeriksa ulang pesan Anda untuk kesalahan atau typo.

  • Sertakan Ajakan Bertindak (Call to Action)

Tahapan berikutnya, jangan lupa untuk memasukkan call to action. Hal ini dapat mendorong pelanggan untuk mengambil langkah berikutnya, seperti mengunjungi website bisnis hingga bertransaksi langsung via WhatsApp.

Baca juga: Contoh Call to Action untuk Tarik Banyak Pelanggan

  • Uji dan Evaluasi Efektivitas Greeting Message WhatsApp

Terakhir, coba kirimkan pesan yang telah Anda ke sejumlah pelanggan. Nantikan respon yang mereka berikan. Setelah itu, evaluasi apakah pesan tersebut dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan. Jika dirasa kurang, cobalah analisa kekurangannya dan perbaiki hingga mendapatkan hasil maksimal.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Auto Reply WhatsApp Terbaik

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa greeting message di WhatsApp membantu bisnis untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan. Pesan sapaan akan otomatis terkirim setiap kali pelanggan berinteraksi dengan bisnis.

Ada beberapa contoh greeting message yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan pesan ke pelanggan. Namun sebelum itu, Anda perlu mengatur greeting message pada pengaturan WhatsApp Busniess agar sistem bisa mengirimkan secara otomatis.

Mekari Qontak menawarkan chatbot AI pintar yang bisa mengirimkan greeting message secara otomatis. Bahkan Chabot Mekari Qontak bisa mempersonalisasi pesan sapaan agar terlihat lebih personal.

Selain itu, Mekari Qontak juga mitra resmi WhatsApp Business API yang memiliki fitur lengkap untuk mendukung aktivitas bisnis baik untuk pemasaran, penjualan hingga layanan pelanggan.

Coba Demo Gratis WhatsApp Business API terbaik di Indonesia milik Mekari Qontak atau Konsultasikan Kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli Mekari Qontak.

Referensi

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales