Daftar isi
4 min read

6 Cara Membuat dan Mengubah Tulisan di WA Jadi Terlihat Menarik

Tayang 10 Juli 2023
Diperbarui 15 Juli 2024
Cara Mengubah Tulisan di WA yang benar
6 Cara Membuat dan Mengubah Tulisan di WA Jadi Terlihat Menarik

Sebagai aplikasi chatting populer di dunia, WhatsApp memiliki berbagai fitur yang mendukung komunikasi pengguna dengan keluarga atau kolega mereka. Salah satunya fitur untuk mengubah tulisan atau font chat WA tanpa aplikasi tambahan.

Dikutip dari laman WhatsApp bahwa pengguna WA bisa memformat atau mengubah teks dalam pesan menjadi tebal, miring atau mono space di dalam pesan Anda. Namun, tidak ada opsi untuk menonaktifkan fitur ini. Artinya Anda bisa menggunakan fitur ini selamanya.

Berikut beragam cara mengubah tulisan di WA :

1. Cara Membuat Tulisan Tebal di WA

Gunakan tanda bintang “*” untuk membuat tulisan di WA menjadi tebal. Tanda tersebut digunakan pada awal dan akhir kata atau *kata atau tulisan*. Kemudian secara otomatis tulisan di WhatsApp menjadi tebal.

Contoh format menebalkan tulisan di WA
*Terima kasih telah melakukan pendaftaran Demo Gratis Aplikasi Omnichannel Dari Mekari Qontak.*

Cara-Mengubah-Tulisan-Tebal-di-WA

2. Cara Membuat Tulisan Miring di WA

Selanjutnya, Anda juga bisa membuat tulisan miring pada pesan WhatsApp. Cara membuat tulisan miring di WA juga cukup mudah dengan menambahkan simbol garis bawah (underscore) di antara teks “_teks_”.

Tulisan miring tersebut dapat Anda tambahkan dalam satu kalimat, bahkan satu paragraf sekali pun. Caranya tetap sama menggunakan simbol garis bawah setelah dan sebelum kata atau kalimat.

Contoh:

_Terima kasih telah melakukan pendaftaran Demo Gratis Aplikasi Omnichannel Dari Mekari Qontak._

Cara-Mengubah-Tulisan-Miring-di-WA

3. Cara Mengubah Huruf Jadi Tulisan Coret di WA

Ketiga, Anda juga bisa mencoret tulisan di WhatsApp. Jika sebelumnya bengunakan underscore, cara coret tulisan di WA menggunakan simbol tilde.

Sumbol tilde di letakan pada awal dan akhir kata yang ingin dicoret atau yang ingin formatnya diubah menjadi bergaris (~teks~). Selanjtnya format tulisan tersebut otomatis akan dicoret.

Contoh:
Promo Spesial Hanya Untukmu, Paket Hemat WhatsApp API mulai dari ~20 juta~ 750 ribu.

Cara-Mengubah-Tulisan-Coret-di-WA

Baca juga: 4 Cara Edit Pesan WhatsApp Terkirim Sebelum 15 Menit

4. Cara Mengubah Tulisan jadi Model Monospace di WA

Selanjutnya, cara mengubah tulisan jadi model monospace di WA juga mudah. Anda cukup menambahkan tiga simbol backticks pada kedua sisi teks pada awal dan akhir tulisan yang diinginkan (“`teks“`).

Contoh:
”’Terima kasih telah menjadi pelanggan Mitra Resmi WhatsApp Business API Mekari Qontak”’.

Cara-Mengubah-Tulisan-Mono-Space-di-WA

5. Cara Membuat Tulisan Format Kombinasi di WA

Berikutnya, Anda bisa mengkombinasikan 4 format tulisan sebelumnya. Cara membuat tulisan ini cukup dengan menambahkan 2 atau tiga simbol yang telah disebutkan.

Berikut adalah contoh penulisannya:

  • Tebal dan Miring: cukup menambahkan simbol bintang dan underscore. Contohnya “Terima kasih telah mengikuti_sesi demo_untuk berkenalan dengan *Mekari Qontak*.”
  • Tebal dan dicoret: menggunakan sombol bintang dan garis miring. Contohnya “Terima kasih telah mengikuti *sesi demo* untuk berkenalan dengan ~Mekari Qontak~.”
  • Miring dan dicoret: kombinasikan simbol underscore dengan garis miring. Contohnya “Terima kasih telah mengikuti _sesi demo_ untuk berkenalan dengan ~Mekari Qontak~.”
  • Tebal, miring, dan dicoret: gunakkan simbol *, undescore dan garis miring. Contohnya “*Terima kasih* telah mengikuti _sesi demo_ untuk berkenalan dengan ~Mekari Qontak~.

Cara Mengubah Tulisan kombinasi di WA

Baca juga: Begini Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup, Vote Jadi Lebih Mudah

6. Cara Mengubah Tulisan WA Jadi Berwarna

Berbeda cara mengubah format tulisan di WA sebelumnya, cara terakhir ini menggunakan aplikasi tambahan yaitu font cahnger. Aplikasi tambahan ini bisa diunduh di Playstore.

Berikut cara mengubah warna tulisan di WA adalah

  • Unduh aplikasi font changer seperti WhatsBlue text, Fancy Text, Text Art atau lainnya.
  • Buka aplikasi font changer
  • Ketik kalimat ataupun kata yang diinginkan pada kolom ‘Submit Text’
  • Edit tulisan tersebut jika dibutuhkan
  • Setelah itu, klik “OK”
  • Pilih opsi “Send To WhatsApp”
  • Pilih kontak yang ingin Anda kirimkan tulisan tersebut.

Cara-Mengubah-Tulisan-Berwarna-di-WA

Baca juga: Begini Cara Gunakan Chat Lock WhatsApp untuk Sembunyikan Pesan di WA

Demikian cara membuat dan membuat format tulisan di WA. Anda bisa menggunakan sesuai kebutuhan sehingga pesan yang Anda sampaikan lebih menarik.

Terlebih untuk kebutuhan bisnis, WhatsApp kerap digunakan untuk membagikan pesan promosi ke pelanggan. Dibutuhkan format tebal atau miring bahkan coret untuk menekankan maksud pesan tersebut. Dengan begitu, isi pesan dapat tersampaikan dengan tepat.

Setelah menulis pesan, bisnis akan memberikan ke banyak pelanggan. Sebagian bisnis saat ini memiliki fitur blast dari WhatsApp API untuk mengirimkan pesan promosi ke ribuan pelanggan sekaligus. Hal ini efektif menarik dan menghemat waktu.

Mekari Qontak merupakan mitra resmi WhatsApp Business API terpercaya di Indonesia. Fitur blast WhatsApp API dari Mekari Qontak mempermudah bisnis membagikan pesan promosi. Ada juga tanda centang hijau WhatsApp dan aplikasi chatbot WhatsApp yang otomatis merespon pelanggan.

Yuk, Coba Demo Gratis WhatsApp Business API Mekari Qontak sekarang juga!

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales