Daftar isi
4 min read

Begini Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup, Vote Jadi Lebih Mudah

Tayang 19 Juni 2023
Diperbarui 15 Februari 2024
Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup
Begini Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup, Vote Jadi Lebih Mudah

Saat ini, berdiskusi menggunakan WhatsApp menjadi lebih mudah. Pasalnya produk buatan Meta tersebut menyediakan fitur polling untuk mengumpulkan pendapat dari anggota grup dengan cepat dan efisien.

Fitur polling dapat digunakan untuk mengumpulkan suara terbanyak dalam menentukan jadwal pertemuan, memilih lokasi, dan sebagainya. Setiap anggota grup dapat memberikan suara mereka langsung, dan hasilnya dapat dilihat oleh semua anggota grup dengan cepat.

Meskipun memberikan banyak kemudahan, sebagian besar pengguna WhatsApp belum menyadari bahwa fitur polling tersedia di dalamnya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan tentang cara membuat polling di grup WhatsAp dan manfaat menggunakan fitur polling WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Community: Fitur Terbaru dari WhatsApp!

Apa itu Fitur Polling WhatsApp?

Polling WhatsApp adalah fitur WA yang memudahkan anggota grup untuk mengambilkan keputusan bersama melalui pemungutan suara. Sedangkan sebelumnya mereka harus mengumpulkan pendapat mayoritas anggota grup melalui pesan berantai.

Pengguna WhatsApp dapat menambahkan 12 opsi untuk jajak pendapat dengan fitur polling. Kemudian anggota grup cukup mengklik salah satu opsi tersebut untuk memberikan suara mereka.

Setelah itu, sistem akan mencatat dan menampilkan semua jawaban yang anggota grup pilih. Cara ini tentu lebih efektif, terlebih apabila anggota dalam grup mencapai ratusan orang.

Baca juga: 4 Cara Edit Pesan WhatsApp Terkirim Sebelum 15 Menit

Cara Membuat Polling di WhatsApp Group

WhatsApp mempermudah penggunanya untuk mengumpulkan suara satu per satu atau mengatur jadwal melalui fitur polling. Berikut cara membuat polling di WhatsApp grup:

1. Buka Grup WhatsApp yang ingin membuat Polling.

2. Klik ‘Attachment/Lampiran’ dan lanjutkan ke ikon Polling atau grafik batang.

Step 2. Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup

3. Isi polling dengan pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada anggota grup.

Step 3. Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup

4. Buat beberapa opsi yang mengandung jawaban dari pertanyaan sebelumnya, maksimal 12 opsi.

Step 4. Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup

5. Atur durasi poling antara 5 menit, 1 jam, 1 hari atau 1 minggu.

6. Klik tombol “kirim”untuk mengirim polling ke grup WhatsApp. Kemudian notifikasi polling akan muncul di masing-masing anggota grup.

Step 6. Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup

7. Setelah durasi polling berakhir, hasil polling secara lengkap dengan klik ‘Lihat Suara’.

Step 7. Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup kelima

Baca juga: Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Tanpa Repot

Keuntungan Menggunakan Polling di WhatsApp Group

Keuntungan fitur polling di WhatsApp group adalah mengambil keputusan bersama secara efisien dan demokratis. SelaIn itu, masih ada keuntungan menggunakan fitur polling di WhatsApp seperti berikut:

– Meningkatkan Engagement Grup

Fitur polling WhatsApp memungkinkan seluruh anggota grup untuk aktif dalam proses pengambilan keputusan. Setiap anggota bisa menyampaikan pendapat mereka dengan mengisi polling. Hal ini meningkatkan interaksi dan keterlibatan anggota grup WhatsApp.

– Diskusi Lebih Teratur

Percakapan dalam grup WhatsApp sering kali terlalu aktif sehingga bisa menutup pesan yang lain. Fitur polling membuat percakapan dalam grup lebih bersih dan anggota grup memiliki kesempatan untuk memberikan suara secara langsung tanpa takut tertutup pesan lainnya..

– Mengetahui Pendapat Mayoritas

Penggunaan fitur polling di grup WA memudahkan untuk mengetahui opini mayoritas. Hasil polling bisa dilihat secara lengkap termasuk siapa saja yang mengisi poling, sehingga membantu dalam pengambilan keputusan.

– Pengambilan Keputusan lebih Efisien

Pengambilan keputusan membutuhkan banyak waktu dan energi. Hal ini tidak ada lagi melalui fitur polling di WA grup. Pada fitur tersebut, bisa dilihat suara mayoritas memilih opsi yang tersedia. Dari suara mayoritas tersebut bisa diambil keputusan yang adil.

Baca juga: Begini Cara Gunakan Chat Lock WhatsApp untuk Sembunyikan Pesan di WA

Buat Keputusan Lebih Adil dengan Fitur Polling di WhatsApp Grup

Fitur polling di WhatsApp grup diluncurkan dengan tujuan untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan dari suara mayoritas. Hal ini membuat keputusan yang diambil lebih adil. Misalnya dalam menuntukan jadwal pertemuan, atau lainnya.

Meski begitu, penggunaan WhatsApp messenger sangatlah terbatas, terutama untuk kebutusan bisnis. Maka dari itu,. Anda butuh meningkatkannya menjadi WhatsApp Business API. Produk resmi WhatsApp ini memiliki fitur lengkap untuk mendukung pemasaran, penjualan dan layanan pelanggan.

Mekari Qontak adalah mitra resmi WhatsApp API terpercaya di Indonesia. WhatsApp API Mekari Qontak menawarkan sejumlah fitur yang bisa dikustom sesuai kebutuhan bisnis.

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales