Mekari Qontak
Other Business

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Tanpa Repot!

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir tanpa Repot

Akun WhatsApp Anda tidak bisa digunakan tiba-tiba? Mungkin akun Anda tengah diblokir oleh WhatsApp. Lalu, bagaimana cara mengatasi WhatsApp diblokir?

Anda bisa mengetahui akun WhatsApp diblokir saat diakses muncul tulisan “Nomor telepon Anda diblokir untuk menggunakan WhatsApp. Hubungi dukungan untuk bantuan.” Artinya akun Anda telah diblokir sememtara.

Apakah akun yang diblokir bisa kembali digunakan? Apa saja penyebabnya? Serta bagaimana cara mengatasi WhatsApp diblokir?

Yuk, pelajari selengkapnya pada artikel di bawah ini!

WhatsApp Mekari Qontak


Apa Penyebab Nomor Whatsapp Terblokir?

WhatsApp biasanya memblokir akun jika meyakini bahwa aktivitas akun tersebut melanggar Ketentuan Layanan yang mereka terapkan.

Namun secara umum, ada beberapa penyebab nomor Whatsapp terblokir seperti berikut:

1. Menggunakan aplikasi WhatsApp modifikasi

Banyak pengembang yang membuat aplikasi modifikasi seperti WhatsApp Plus, WA cloning, WA parallel atau WhatsApp GB. Meskipun menawarkan fitur tambahan yang menarik, aplikasi sangat berisiko.

Selain itu, aplikasi modifikasi juga melanggar Ketentuan Layanan yang WhatsApp. Maka beberapa penggunaannya diblokir oleh pihak WhatsApp.

2. Diblokir sejumlah pengguna Whatsapp

Seperti yang diketahui, pengguna WhatsApp bisa dengan mudah melaporkan atau memblokir akun yang dianggap mengganggu.

WhatsApp memfasilitasi ini dengan tujuan untuk mencegah spammer, scammer dan perentas. Saat akun Anda diblokir banyak pengguna lain, bisa menjadi penyebab akun Anda diblokir sementara oleh whatsApp.

3. Mengirim banyak pesan ke nomor orang yang tidak menyimpan nomormu

Mengirimkan pesan ke kontak yang tidak nomor Anda secara terus menerus, akan membuat nomor Anda ditandai sebagai spam.

Kemudian, kemungkinan besar mereka akan melaporkan atau memblokir Anda. Hal ini bisa menyebabkan akun WhatsApp Anda diblokir.

4. Mengirim file, virus, atau malware berbahaya

WhatsApp sangar menjaga keamanan penggunanya. Oleh karena itu, mereka melarang penggunanya untuk mengirimkan file yang terdeteksi mengandung virus atau malware.

Maka, jika Anda mengirim file yang berpotensi berbahaya, nomor WhatsApp Anda akan diblokir.

5. Meretas server WhatsApp

Meski jarang, kasus seperti ini sering terjadi. Sebagai langkah pencegahan kebocoran data, WhatsApp akan memblokir nomor yang mencoba meretas server WhatsApp dan mengganggu layanan mereka.

WhatsApp akan langsung memblokir nomor tersebut sehingga tidak bisa digunakan lagi.

6. Perilaku yang tidak pantas

WhatsApp sangat menjaga keamanan dan kenyamanan penggunanya. Oleh karenanya, saat ada laporan terkait pelecehan akan ditangani secara serius.

Misalnya perilaku yang mengandung unsur kekerasan, ancaman pembunuhan, komentar etnis atau rasis, dan semacamnya menjadi penyebab nomor WhatsApp terblokir.

Baca juga: Kenali Kelebihan WhatsApp Business dan Kekurangannya


Berapa lama masa blokir WhatsApp?

Tanda akun Anda terblokir dapat dilihat dari pesan yang muncul dalam aplikasi yang menyatakan bahwa akun Anda “Diblokir sementara”.

Biasanya Anda perlu menunggu selama 24-48 jam sebelum Anda bisa menggunakan akun Anda bisa digunakan kembali. Anda bisa mengeceknya dengan mencoba membuka aplikasi WhatsApp yang terblokir.

Biasanya alasan WhatsApp memblokir akun penggunanya karena tidak memenuhi ketentuan yang mereka buat. Misalnya akun tersebut dicurigai mengumpulkan informasi dengan cara yang tidak dapat diterima, atau dikenal sebagai scraping.

Jika setelah diblokir sementara, akun tersebut masih melakukan scaping,akan diblokir secara permanen.

Selain itu, WhatsApp juga tidak memaafkan pengguna aplikasi hasil modifikasi seperti WhatsApp Plus, GB WhatsApp, atau aplikasi yang mengklaim dapat memindahkan chat WhatsApp Anda antar telepon.

Sebab aplikasi ini tidak resmi dikembangkan oleh WhatsApp.


Ciri-Ciri WA Diblokir

Mungkin Anda pernah mengalami saat membuka Akun WhatsApp, tiba-tiba tidak bisa digunakan. Hal ini mungkin karena akun Anda diblokir oleh WhatsApp atau penggunanya.

Ada dua jenis akun WA Anda yang diblokir, yaitu oleh pengguna dan official WhatsApp. Agar lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ciri-ciri WA diblokir di bawah ini:

1. Tidak bisa melihat status online terakhir

Ciri-ciri WA diblokir pertama adalah Anda perlu memeriksa status online terakhir layar obrolan pengguna WhatsApp. Apabila Anda masih bisa melihat status online mereka, artinya kontak Anda tidak diblokir.

Namun, saat Anda membuka layar obrolan status online tidak terlihat, maka ada dua alasan dibelakangnya. Pertama, orang tersebut sengaja mematikan status online pada pengaturan WhatsApp.

Hal ini membuat status online terakhir tidak terlihat pengguna lainnya. Alasan lainnya, akun WhatsApp Anda sedang diblokir pengguna tersebut.

2. Pesan Tidak Terkirim

Ciri-ciri WA diblokir kedua adalah pesan Anda tidak terkirim. Hal ini terlihat dari centang satu di bawah pesan WhatsApp Anda.

Sebab jika pesan berhasil terkirim, maka akan terlihat centang dua berwarna hitam, setelah dibaca akan berubah menjadi warna biru.

Seperti sebelumnya, penyebab pesan tidak terkirim bukan berarti akun WhatsApp Anda diblokir orang lain. Bisa saja akun WhatsApp mereka sedang tidak terhubung dengan internet. Makanya pesan yang Anda kirimkan tertunda sementara.

Namun jika Anda mengetahui smartphone mereka terhubung internet, tapi pesan Anda tetap tidak terkirim, artinya akun Anda telah diblokir.

3. Tidak bisa mengundang ke Group

Ketiga, saat Anda ingin mengunkan pengguna lain ke grup, tapi tidak bisa. Hal ini kemungkinan besar akun Anda telah diblokir.

Untuk mencobanya, Anda bisa   memilih salah satu group di WhatsApp. Kemudian pilih “info group”, lalu “Tambahkan Peserta”.

Cari kontak yang dituju, bila WhatsApp diblokir maka undangan tersebut tidak akan terkirim.

4. Foto profil tidak muncul

Ciri lainya WhatsApp diblokir adalah Anda tidak bisa melihat foto profil pengguna lainnya. Namun hal ini belum mutlak, sebab bisa saja pengguna itu sengaja hanya mengizinkan foto profil hanya dilihat oleh kontak yang tersimpan di ponselnya.

Jadi, di luar kontak-kontak tersebut, foto profil tidak akan muncul. Maka dari itu, Anda perlu mengecek ciri-ciri lainnya untuk memastikan akun WA Anda tidak diblokir.

5. Story WhatsApp tidak terlihat

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa WhatsApp memiliki fitur story.

Pada fitur ini, biasanya pengguna WhatsApp membagikan informasi, foto atau video yang bisa dilihat pengguna lainnya. Dari fungsinya mirip fitur story ini mirip dengan Instagram Story.

Apabila Anda tiba-tiba tidak bisa melihat story pengguna lainnya, ada kemungkinan akun Anda telah diblokir pengguna tersebut.

Namun, bisa juga alasan Anda tidak bisa melihat story pengguna tersebut adalah karena merekan mengatur privasi story hanya bisa dilihat orang tertentu saja.

6. Tidak bisa Dihubungi

Terakhir, untuk memastikan akun WhatsApp Anda tidak diblokir adalah menghubunginya langsung melalui telepon.

Saat menelepon melalui WhatsApp akan terlihat status panggilan “memanggil” saat mencoba menghubungkan jaringan atau “berdering” sudah terhubung, tapi belum diangkat.

Ketika nomor WhatsApp diblokir, maka yang akan ditampilkan hanya status “memanggil”. Namun kemali lagi status tersebut juga menunjukkan bahwa sistem sedang berusaha menghubungkan aplikasi WhatsApp lainnya.

Jadi, jika akun WhatsApp yang Anda tuju tidak terkoneksi internet, maka status “memanggil” yang akan terlihat.

Cara terbaik adalah Anda bisa menghubunginya melalui telepon biasa atau dengan operator bukan aplikasi WhatsApp. Setelah itu, Anda bisa memastikan ke mereka apakah benar nomor WhatsApp Anda diblokir.


Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir

Dari ciri-ciri WA di blokir diatas, Anda jadi tahu bahwa akun Anda diblokir atau hanya sedang ada masalah pada perangkat Anda. Hal ini tentu membuat Anda ingin mengembalikan akun WhatsApp Anda menjadi normal.

Setidaknya ada 3 cara mengatasi blokir WA, seperti di bawah ini:

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir sementara waktu

Berikut cara mengatasi WhatsApp yang sudah diblokir sementara waktu:

  1. Tunggu selama 24-48 jam untuk membuka blokiran sampai akun dapat digunakan kembali.
  2. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp lama yang terblokir. Kemudian, lakukan backup semua chat ke Google Drive.
  3. Cara backup: tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas> Settings > Chats > Chat backup > Google Account > login dengan akun Gmail > BACKUP.
  4. Selanjutnya, install aplikasi WhatsApp resmi dari Playstore.
  5. Login di aplikasi WhatsApp resmi menggunakan nomor lama.
  6. Saat proses login, Anda akan diminta untuk restore backup dari Google Drive. Pilih opsi tersebut lalu login dengan akun Gmail yang tadi Anda pakai untuk
  7. backup chat.
  8. Setelah terhubung, segera restore backup yang ada.
  9. Tunggu hingga proses selesai.
  10. Hapus aplikasi WhatsApp tidak resmi yang Anda gunakan sebelumnya.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir dengan Mengganti Akun

Bisa saja akun WhatsApp Anda yang terblokir merupakan aplikasi resmi yang Anda unduh dari Play store atau App Store. Namun karena alasan tertentu, akun Anda diblokir WhatsApp.

Untuk mengatasi blokiran WhatsApp ini, Anda bisa mencoba cara ini dengan mengganti akun WhatsApp lama Anda. Cara ini sebenarnya berisiko kehilangan data-data pada akun WhatsApp lama Anda

Berikut cara mengatasi WhatsApp yang diblokir menghapus akun lama adalah:

  1. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih opsi “Pengaturan”
  2. Selanjutnya klik opsi pengaturan “Account”
  3. Pilih menu “Delete My Account” untuk menghapusnya.
  4. Setelah itu, akun WhatsApp Anda benar-benar sudah terhapus
  5. Buka kembali aplikasi WhatsApp dan lakukan registrasi ulang memakai nomor ponsel yang sama.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir dengan beralih ke WhatsApp Official

Aplikasi WhatsApp memiliki resiko untuk diblokir kembali. Meskipun Anda telah mengetahui atau membuka blokiran sebelumnya. Hal ini akan mengganggu, terutama bagi Anda yang memiliki usaha karena dapat mengganggu aktivitas bisnis Anda.

Namun ada satu cara mengatasi akun WA Anda diblokir yaitu melalui WhatsApp Official atau lebih dikenal dengan WhatsApp Business API.

Di mana untuk memiliki akun WhatsApp API, Anda perlu melakukan verifikasi ke Facebook untuk membuktikan Anda memiliki sebuah bisnis.

5 Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir dengan beralih WhatsApp Official API adalah sebagai berikut:

  1. Bermitra dengan Official Partner WhatsApp API terbaik seperti Mekari Qontak.
  2. Mekari Qontak selanjutnya akan membantu Anda untuk mengajukan verifikasi ke pihak Facebook.
  3. Pilih nomor yang akan didaftarkan sebagai akun WhatsApp API
  4. Selanjutnya, lengkapi Profil akun WhatsApp Anda dengan informasi penting terkait bisnis
  5. Setelah itu, WhatsApp API siap digunakan

Pelajari cara membuat WhatsApp API dengan menonton video di bawah ini:

Baca juga: 3 Langkah Mudah Mendapatkan WhatsApp Business API (Edisi 2022)


Atasi WhatsApp Anda yang Terblokir Sekarang!

WhatsApp Business API Mekari Qontak

 

Ada beberapa alasan yang menyebabkan sebuah akun WhatsApp diblokir. Yang jelas akun tersebut dianggap tidak mematuhi ketentuan layanan yang diterapkan oleh pihak WhatsApp.

Oleh karena itu, akun WhatsApp akan diblokir sementara selama 24-48 jam, bahkan untuk selamanya jika melakukan tetap melakukan kesalahan yang sama.

Setidaknya ada 3 cara mengatasi akun WhatsApp yang diblokir seperti dijelaskan sebelumnya.

Namun dari ketiga cara tersebut, ada satu cara paling aman dan ideal yang diterapkan oleh bisnis, yakni dengan beralih menggunakan WhatsApp official API.

Pasalnya selain anti blokir, WhatsApp API juga fitur menarik seperti WA blast, chatbot, centang hijau WA, dan lainnya yang memudahkan aktivitas bisnis.

WhatsApp API hanya bisa didapatkan dengan mendaftarkan diri ke BSP terbaik seperti Mekari Qontak.

Terlebih Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mengembangkan usahannya. Bahkan  Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang !

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales