Daftar isi
8 min read

Cara Mengecek dan Mengatasi WhatsApp Diblokir Tanpa Repot

Tayang 04 September 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Cara Mengecek dan Mengatasi WhatsApp Diblokir Tanpa Repot

Akun WhatsApp Anda tidak bisa digunakan tiba-tiba? Mungkin akun Anda tengah diblokir oleh WhatsApp. Lalu, bagaimana cara mengecek dan mengatasi WhatsApp diblokir?

Anda bisa mengetahui akun WhatsApp diblokir saat diakses muncul tulisan “Nomor telepon Anda diblokir untuk menggunakan WhatsApp. Hubungi dukungan untuk bantuan.” Artinya akun Anda telah diblokir sememtara.

Apakah akun yang diblokir bisa kembali digunakan? Apa saja penyebabnya? Bagaimana cara mengecek nomor WA diblokir? Serta bagaimana cara mengatasi WhatsApp diblokir?

Yuk, pelajari selengkapnya cara memulihkan dan mengaktifkan WhatsApp yang di blokir pada artikel di bawah ini.


Ciri-Ciri WA Diblokir dan Cara Mengecek / Mengetahuinya

Mengetahui apakah nomor WhatsApp Anda diblokir oleh seseorang bisa sulit karena WhatsApp tidak memberikan pemberitahuan resmi tentang hal tersebut. Namun, ada beberapa tanda yang mungkin mengindikasikan bahwa Anda telah diblokir oleh seseorang.

Ada dua jenis akun WA Anda yang diblokir, yaitu oleh pengguna dan official WhatsApp. Agar lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ciri-ciri WA diblokir di bawah ini:

Pesan Tidak Terkirim

Pesan yang Anda kirim kepada kontak yang mungkin telah memblokir Anda tidak akan terkirim. Anda akan melihat satu cek (tanda centang) di sebelah pesan Anda, yang berarti pesan tersebut belum terkirim.

Tidak Dapat Melihat Info Terakhir

Anda mungkin tidak dapat melihat info terakhir dari kontak yang memblokir Anda. Biasanya, Anda akan melihat “info terakhir” kontak tersebut (waktu terakhir dia terlihat online atau waktu terakhir dia mengubah foto profil) jika dia tidak memblokir Anda.

Tidak Dapat Melihat Gambar Profil

Anda mungkin tidak dapat melihat gambar profil kontak yang memblokir Anda. Gambar profil tersebut mungkin tidak akan muncul atau akan diganti dengan gambar default WhatsApp.

Tidak Bisa Menelpon

Jika Anda mencoba menelepon kontak yang memblokir Anda, panggilan tersebut mungkin tidak akan terhubung, atau Anda mungkin akan mendengar nada sambung yang panjang.

Tidak Bisa Bergabung dengan Grup

Jika kontak yang memblokir Anda adalah admin dari grup WhatsApp, Anda mungkin tidak dapat bergabung atau kembali ke grup tersebut.

Perubahan Status Pesan

Kontak yang memblokir Anda mungkin telah mengubah pengaturan privasi mereka sehingga hanya teman mereka yang dapat mengirim pesan kepada mereka.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin mengklaim dapat membantu Anda mengetahui apakah Anda diblokir, tetapi keakuratan mereka dapat dipertanyakan, dan penggunaan aplikasi semacam itu dapat melanggar kebijakan WhatsApp.

Penting untuk diingat bahwa tanda-tanda di atas tidak selalu menunjukkan bahwa Anda diblokir. Mungkin ada alasan lain mengapa pesan Anda tidak terkirim atau mengapa Anda tidak dapat melihat info terakhir kontak.

Orang lain juga dapat mengatur privasi mereka di WhatsApp untuk menyembunyikan beberapa informasi dari Anda tanpa harus memblokir Anda. Jadi, sebaiknya jangan langsung mengambil kesimpulan tanpa bukti yang jelas.

Baca juga:  5 Aplikasi untuk Mengetahui Nomor WhatsApp Diblokir


Apa Penyebab Nomor Whatsapp Terblokir?

WhatsApp biasanya memblokir akun jika meyakini bahwa aktivitas akun tersebut melanggar Ketentuan Layanan yang mereka terapkan.

Namun secara umum, ada beberapa penyebab nomor Whatsapp terblokir seperti berikut:

1. Menggunakan aplikasi WhatsApp modifikasi

Banyak pengembang yang membuat aplikasi modifikasi seperti WhatsApp Plus, WA cloning, WA parallel atau WhatsApp GB. Meskipun menawarkan fitur tambahan yang menarik, aplikasi sangat berisiko.

Selain itu, aplikasi modifikasi juga melanggar Ketentuan Layanan yang WhatsApp. Maka beberapa penggunaannya diblokir oleh pihak WhatsApp.

2. Diblokir sejumlah pengguna Whatsapp

Seperti yang diketahui, pengguna WhatsApp bisa dengan mudah melaporkan atau memblokir akun yang dianggap mengganggu.

WhatsApp memfasilitasi ini dengan tujuan untuk mencegah spammer, scammer dan perentas. Saat akun Anda diblokir banyak pengguna lain, bisa menjadi penyebab akun Anda diblokir sementara oleh whatsApp.

3. Mengirim banyak pesan ke nomor orang yang tidak menyimpan nomormu

Mengirimkan pesan ke kontak yang tidak nomor Anda secara terus menerus, akan membuat nomor Anda ditandai sebagai spam.

Kemudian, kemungkinan besar mereka akan melaporkan atau memblokir Anda. Hal ini bisa menyebabkan akun WhatsApp Anda diblokir.

4. Mengirim file, virus, atau malware berbahaya

WhatsApp sangar menjaga keamanan penggunanya. Oleh karena itu, mereka melarang penggunanya untuk mengirimkan file yang terdeteksi mengandung virus atau malware.

Maka, jika Anda mengirim file yang berpotensi berbahaya, nomor WhatsApp Anda akan diblokir.

5. Meretas server WhatsApp

Meski jarang, kasus seperti ini sering terjadi. Sebagai langkah pencegahan kebocoran data, WhatsApp akan memblokir nomor yang mencoba meretas server WhatsApp dan mengganggu layanan mereka.

WhatsApp akan langsung memblokir nomor tersebut sehingga tidak bisa digunakan lagi.

6. Perilaku yang tidak pantas

WhatsApp sangat menjaga keamanan dan kenyamanan penggunanya. Oleh karenanya, saat ada laporan terkait pelecehan akan ditangani secara serius.

Misalnya perilaku yang mengandung unsur kekerasan, ancaman pembunuhan, komentar etnis atau rasis, dan semacamnya menjadi penyebab nomor WhatsApp terblokir.

Baca juga: Kenali Kelebihan WhatsApp Business dan Kekurangannya


Berapa Lama WhatsApp Diblokir Sementara atau Permanen?

Tanda akun Anda terblokir dapat dilihat dari pesan yang muncul dalam aplikasi WhatsApp Anda yang menyatakan akun Anda diblokir sementara atau permanen.

Biasanya lama waktu pemblokiran akun WhatsApp adalah 24-48 jam. Setalah waktu tersebut, Anda bisa menggunakan akun Anda bisa digunakan kembali. Anda bisa mengeceknya dengan mencoba membuka aplikasi WhatsApp yang terblokir.

Umumnya alasan akun WA diblokir sementara karna banyak pengguna lain yang memblokir akun WA Anda, atau bisa juga karena Anda terdeteksi mengirimkan pesan hoaks, dan mengirimkan pesan sama berulang ke banyak kontak.

Sementara itu, apabila akun WhatsApp Anda sering diblokir sementara, ada kemungkinan akun Anda akan diblokir secara permanen. Penyebab akun WA diblokir permanen kemungkinan karena terdeteksi nomor telepon digunakan untuk melakukan tindakan mencurigakan atau telah melanggar aturan dari WhatsApp.

Selain itu, WhatsApp juga tidak memaafkan pengguna aplikasi hasil modifikasi seperti WhatsApp Plus, GB WhatsApp, atau aplikasi yang mengklaim dapat memindahkan chat WhatsApp Anda antar telepon.


Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir

Dari ciri-ciri WA di blokir diatas, Anda jadi tahu bahwa akun Anda diblokir atau hanya sedang ada masalah pada perangkat Anda. Hal ini tentu membuat Anda ingin mengembalikan akun WhatsApp Anda menjadi normal.

Setidaknya ada 4 cara mengatasi blokir WA, seperti di bawah ini:

1. Cara Memulihkan WhatsApp Diblokir Sementara Waktu

Berikut adalah cara memulihkan whatsapp diblokir sementara waktu:

  1. Tunggu selama 24-48 jam untuk membuka blokiran sampai akun dapat digunakan kembali.
  2. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp lama yang terblokir. Kemudian, lakukan backup semua chat ke Google Drive.
  3. Cara backup: tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas > Settings > Chats > Chat backup > Google Account > login dengan akun Gmail > BACKUP.
  4. Selanjutnya, install aplikasi WhatsApp resmi dari Playstore.
  5. Login di aplikasi WhatsApp resmi menggunakan nomor lama.
  6. Saat proses login, Anda akan diminta untuk restore backup dari Google Drive. Pilih opsi tersebut lalu login dengan akun Gmail yang tadi Anda pakai untuk
  7. backup chat.
  8. Setelah terhubung, segera restore backup yang ada.
  9. Tunggu hingga proses selesai.
  10. Hapus aplikasi WhatsApp tidak resmi yang Anda gunakan sebelumnya.

2. Cara Mengaktifkan WA yang Terblokir Permanen

Satu-satunya cara untuk mengaktifkan WhatsApp terblokir permanen adalah dengan mengirimkan pesan atau email ke pihak WhatsApp.

Ada 2 cara mengaktifkan WhatsApp yang diblokir dengan menghubungi pihak WhatsApp seperti berikut:

  1. Kirim email ke WhatsApp untuk mengaktifkan kembali nomor yang terblokir. Caranya dengan mengirimkan email ke support@whatsapp.com dan ajukan penghapusan blokir tersebut. Kemudian jelaskan masalah yang terjadi.
  2. Mengisi form yang tersedia pada laman https://www.whatsapp.com/contact/. Tunggu balasan dari WhatsApp, kemudian ikuti petunjuk yang diberikan dari email tersebut.
  3. Tunggu selam 4 hingga 24 jam untuk mendapatkan respon WhatsApp, sebelum nomor Anda diaktifkan kembali. Namun, apabila pemblokiran sudah terjadi semala 2 hingga 3 kali, maka WhatsApp akan memblokir secara permanen. Artinya Anda tidak akan bisa menggunakan nomor tersebut.

3. Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir dengan Mengganti Akun

Bisa saja akun WhatsApp Anda yang terblokir merupakan aplikasi resmi yang Anda unduh dari Play store atau App Store. Namun karena alasan tertentu, akun Anda diblokir WhatsApp.

Untuk mengatasi blokiran WhatsApp ini, Anda bisa mencoba cara ini dengan mengganti akun WhatsApp lama Anda. Cara ini sebenarnya berisiko kehilangan data-data pada akun WhatsApp lama Anda

Berikut cara mengatasi WhatsApp yang diblokir dengan menghapus akun lama adalah:

  1. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih opsi “Pengaturan”
  2. Selanjutnya klik opsi pengaturan “Account”
  3. Pilih menu “Delete My Account” untuk menghapusnya.
  4. Setelah itu, akun WhatsApp Anda benar-benar sudah terhapus
  5. Buka kembali aplikasi WhatsApp dan lakukan registrasi ulang memakai nomor ponsel yang sama.

4. Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir dengan beralih ke WhatsApp Official

Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir dengan beralih ke WhatsApp Official

Aplikasi WhatsApp memiliki resiko untuk diblokir kembali. Meskipun Anda telah mengetahui atau membuka blokiran sebelumnya. Hal ini akan mengganggu, terutama bagi Anda yang memiliki usaha karena dapat mengganggu aktivitas bisnis Anda.

Namun ada satu cara mengatasi akun WA Anda diblokir yaitu melalui WhatsApp Official atau lebih dikenal dengan WhatsApp Business API yang memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda.

Di mana untuk memiliki akun WhatsApp Business API, Anda perlu melakukan verifikasi ke Facebook untuk membuktikan Anda memiliki sebuah bisnis.

5 Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir dengan beralih WhatsApp Official API adalah sebagai berikut:

  1. Bermitra dengan Official Partner WhatsApp API terbaik seperti Mekari Qontak.
  2. Mekari Qontak selanjutnya akan membantu Anda untuk mengajukan verifikasi ke pihak Facebook.
  3. Pilih nomor yang akan didaftarkan sebagai akun WhatsApp API
  4. Selanjutnya, lengkapi Profil akun WhatsApp Anda dengan informasi penting terkait bisnis
  5. Setelah itu, WhatsApp API siap digunakan

Baca juga: 3 Langkah Mudah Mendapatkan WhatsApp Business API


Atasi WhatsApp Anda yang Terblokir Sekarang!

Ada beberapa alasan yang menyebabkan sebuah akun WhatsApp diblokir. Yang jelas akun tersebut dianggap tidak mematuhi ketentuan layanan yang diterapkan oleh pihak WhatsApp.

Oleh karena itu, akun WhatsApp akan diblokir sementara selama 24-48 jam, bahkan untuk selamanya jika melakukan tetap melakukan kesalahan yang sama.

Setidaknya ada 4 cara mengatasi akun WhatsApp yang diblokir seperti dijelaskan sebelumnya.

Namun dari keempat cara tersebut, ada satu cara paling aman dan ideal yang diterapkan oleh bisnis, yakni dengan beralih menggunakan WhatsApp official API.

Pasalnya selain anti blokir, WhatsApp API juga fitur menarik seperti WA blast, chatbot, centang hijau WA, dan lainnya yang memudahkan aktivitas bisnis.

WhatsApp API hanya bisa didapatkan dengan mendaftarkan diri ke BSP terbaik seperti Mekari Qontak.

Terlebih Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mengembangkan usahannya. Bahkan  Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales