Daftar isi
14 min read

WhatsApp Business API: Panduan Lengkap API WhatsApp (2024)

Tayang 01 Januari 2023
Diperbarui 20 Februari 2024
WhatsApp Business API – Panduan Lengkap API WhatsApp
WhatsApp Business API: Panduan Lengkap API WhatsApp (2024)

Sebagian besar pelaku bisnis tentu tidak asing lagi dengan WhatsApp Business API. Pasalnya produk keluaran WhatsApp ini dirancang khusus untuk mempermudah bisnis berkomunikasi dengan pelanggan lebih efektif.

Terlebih untuk mendapatkan API WhatsApp juga relatif mudah. Syarat utamanya cukup mendaftar ke Business Solution Partner (BSP) di Indonesia. Kemudian, BSP akan membantu Anda untuk mendapatkan WhatsApp API. Mudah bukan?

Untuk informasi selengkapnya, yuk simak pembahasannya di bawah ini!


Apa itu WhatsApp Business API atau WA API?

WhatsApp Business API atau WhatsApp API adalah aplikasi WhatsApp yang dilengkapi dengan teknologi API (Application Programming Interface) untuk membantu bisnis menerima, menjawab pesan, menjangkau dan menjalin komunikasi dengan pelanggan dalam skala besar menjadi lebih efisien.

Salah satu keunggulannya adalah mampu mengotomatiskan komunikasi bisnis dan pelanggan dengan balasan otomatis, chatbot WhatsApp, dan pesan interaktif.

Selain itu, WhatsApp Business API juga membantu bisnis untuk menciptakan alur komunikasi yang dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan pelanggan mereka. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui WhatsApp.

Sementara itu, WhatsApp Business API hanya dapat bisa Anda dapatkan melalui BSP WhatsApp resmi seperti Mekari Qontak. WhatsApp Business solution provider (BSP) adalah perusahaan pihak ketiga yang membantu bisnis untuk mendapatkan WhatsApp Business API.

Memilih platform yang tepat untuk terhubung dengan API WhatsApp sangat penting, karena fitur canggih yang tersedia untuk dukungan WhatsApp Anda bergantung padanya. Misalnya fitur integrasi yang menghubungkan WA dengan aplikasi lain, seperti Omnichannel atau CRM.


Apa Saja Komponen WhatsApp Business API?

Ada dua komponen utama WhatsApp Business API, yaitu:

1. API WhatsApp untuk Bisnis: Profil Bisnis

Gambar profil WhatsApp Business API

Profil Bisnis WhatsApp memberi pelanggan lebih banyak informasi tentang bisnis Anda.

Selain itu, bisnis dapat dengan mudah mengoptimalkan profil bisnis mereka dengan memperbarui foto sampul, deskripsi (tentang layanan), alamat bisnis, email & situs web.

2. API WhatsApp untuk Bisnis: Nomor Telepon

Nomor telepon wajib hukumnya jika Anda ingin memiliki WA API. Pastikan nomor tersebut dapat menerima panggilan atau SMS, karena memerlukan proses pendaftaran WA API akan membutuhkan SMS untuk verifikasi OTP.

Tingkatan Nomor Telepon dan Batas Pesan

Ilustrasi Tingkatan Nomor Telepon dan Batas Pesan dalam WhatsApp API

Tingkat nomor telepon akun WhatsApp API Anda akan menentukan batas pengiriman pesan Anda – jumlah Kontak yang dapat dikirim oleh akun.

Lima tingkatan (tier) nomor telepon dalam WhatsApp Business API:

  • Tingkat Percobaan Tidak Terverifikasi (Unverified Trial Tier): Kirim pesan ke 50 Kontak unik dalam periode 24 jam bergulir & miliki hingga 2 nomor
  • Tier 1: Kirim pesan ke 1000 Kontak unik dalam periode 24 jam bergulir & miliki hingga 25 nomor
  • Tier 2: Kirim pesan ke 10 ribu Kontak unik dalam periode 24 jam
  • Tier 3: Kirim pesan ke 100 ribu Kontak unik dalam periode 24 jam
  • Tier 4: Kirim pesan ke Kontak unik tak terbatas dalam periode 24 jam bergulir

Batas pengiriman pesan hanya berlaku untuk pesan dengan inisiasi bisnis. Tergantung pada BSP, bisnis akan memulai dari Unverified Trial Tier atau bisa dari Tier 1 setelah mendaftarkan nomor telepon mereka.

Untuk mengubah dari Unverified Trial Tier ke tingkat berikutnya, Anda harus memverifikasi Akun Facebook Business Anda.

Sedangkan untuk bisnis di Tier 1, Tier 2 dan Tier 3, mereka akan ditingkatkan ke tingkat nomor telepon berikutnya ketika mencapai batas pengiriman pesan dari tingkat saat ini. Asalkan, mereka memiliki peringkat kualitas yang baik dan status non-Flagged.

Peringkat Kualitas dan Status Nomor Telepon

Peringkat dan status kualitas nomor telepon menunjukkan kepuasan pelanggan atas kualitas percakapan bisnis Anda. Semua wawasan mengenai kualitas ini dapat ditemukan pada halaman Facebook Business Manager.

Peringkat kualitas ditentukan oleh beberapa faktor, seperti jumlah pemblokiran oleh pelanggan, frekuensi pesan keluar (pesan pemberitahuan atau promosi), serta waktu respon. Tiga peringkat kualitas nomor telepon:

  • Tinggi (hijau)
  • Sedang (kuning)
  • Rendah (merah)

Untuk menghindari pemblokiran serta memastikan Anda mendapat peringkat kualitas yang baik, Anda perlu mengirim pesan berkualitas tinggi yang relevan dengan Kontak Anda.

Apabila perangkat Anda diblokir, maka peringkat kualitas nomor telepon Anda akan turun ke peringkat Sedang atau Rendah.

Perubahan peringkat kualitas dapat memengaruhi status nomor telepon Anda. Ada lima status nomor telepon pada WhatsApp API secara total:

  • Pending: Status sebelum pemeriksaan Kebijakan Perdagangan selesai
  • Offline: Status ketika bisnis gagal dalam pemeriksaan kebijakan Perdagangan atau membatalkan Akun API WhatsApp mereka
  • Connected: Status default
  • Flagged: Status saat peringkat kualitas mencapai Rendah. Jika meningkat menjadi Medium atau High dalam 7 hari, status akan kembali ke Connected. Jika tidak, WhatsApp akan mengembalikan status Anda ke Terhubung tetapi memberlakukan batas pengiriman pesan yang lebih rendah pada nomor Anda.
  • Restricted: Status ketika bisnis mencapai batas pengiriman pesan mereka sementara memiliki peringkat kualitas yang buruk

Status Nomor Telepon WhatsApp API

Anda dapat menggunakan nomor telepon yang sudah ada atau membeli nomor baru. Namun, akan lebih baik jika Anda memilih menggunakan nomor telepon yang tidak digunakan untuk akun Aplikasi lain.

Meskipun migrasi dari nomor telepon dari Aplikasi ke API dapat dilakukan, tetapi untuk kembali dari API ke Aplikasi lainnya tidak disarankan. Ini karena Anda akan kehilangan informasi akun yang terkait dengan nomor telepon.

3. API WhatsApp untuk Bisnis: Jenis Pesan (Message) dalam WhatsApp API

Dalam WhatsApp Business API, terdapat tiga jenis pesan yang diizinkan, antara lain:

Session Messaging

Gambaran Session Messaging pada kolom chat di WhatsApp

Untuk mencegah terjadinya spam dan memastikan bisnis membalas pesan masuk dengan cepat, pihak WhatsApp memberlakukan session messaging atau batasan pengiriman pesan.

Session messaging memungkinkan bisnis untuk membalas pesan masuk dalam waktu 24 jam. Setelah melewati 24 jam, bisnis tidak lagi dapat mengirimkan session messaging.

Jenis Interactive Session Messaging pada WhatsApp API

Session messaging dapat dibagi menjadi dua bagian pesan, antara lain:

  1. Business Initiated Conversation (BI) adalah pesan yang diinisiasi oleh bisnis. Umumnya bisnis akan mengirimkan beberapa notifikasi ke pelanggan, dan pelanggan dapat membalasnya untuk melakukan percakapan.
  2. User Initiated Conversation (UI) adalah pesan yang diinisiasi oleh pelanggan. Percakapan diawali dengan pesan yang dikirimkan oleh pelanggan dan dibalas oleh bisnis.

Jenis Pesan pada WhatsApp API berdasarkan Pengirimnya, BIC dan UIC.

Template

Template adalah jenis pesan yang telah disetujui oleh pihak WhatsApp untuk membuka kembali pesan yang telah melewati 24 jam atau memulai percakapan baru. Di mana bisnis hanya dapat diperbolehkan menggunakan pesan template setelah 24 jam sejak pesan terakhir masuk.

Dalam hal ini, bisnis dapat membuat isi pesan templat sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, pesan akan ditinjau oleh pihak WhatsApp untuk memastikan bahwa isi pesan tersebut tidak melanggar peraturan dan kebijakan WhatsApp.

Gambaran Templat Pesan di WhatsApp Business API

Sementara itu, templat pesan WhatsApp Business API terdiri dari beberapa jenis, antara lain: pesan teks standar, templat pesan multimedia dan interaktif yang mendukung gambar, video, atau dokumen PDF.

Jenis Templat Pesan pada WhatsApp API

4. API WhatsApp untuk Bisnis: Contact Management

Manajemen kontak sangat penting dalam WhatsApp API, khususnya dalam memverifikasi dan mengimpor kontak ke CRM WhatsApp, serta mengelola identitas kontak menggunakan User Identity Notifications.

Karena, mengirim pesan ke nomor WhatsApp yang tidak ada akan menurunkan peringkat kualitas Anda. Selain itu, beberapa kontak mungkin sudah berpindah tangan tanpa Anda ketahui.

Oleh sebab itu, sebelum mulai mengimpor kontak, Anda perlu memverifikasi kontak terlebih dahulu. Apakah kontak Anda memiliki nomor WhatsApp yang valid atau tidak.

Namun perlu diketahui, bahwasanya WhatsApp akan melarang pengguna akun API yang memverifikasi terlalu banyak nomor telepon tanpa mengirim pesan kepada mereka. Untuk itu, pastikan Anda tidak melakukan verifikasi secara berlebihan.


Apa Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Business API?

WhatsApp API merupakan versi upgrade dari WA Business biasa. Jadi, tidak heran apabila WA API memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan WhatsApp Business.

Selain fitur, ada 6 perbedaan utama antara WhatsApp bisnis dengan WhatsApp Business API, seperti berikut:

  • WhatsApp Business untuk bisnis kecil. Sementara WhatsApp API dirancang untuk bisnis yang ingin berkembang.
  • WhatsApp API memiliki pemicu pesan otomatis yang dapat digunakan melalui integrasi dan API. Sedangkan WhatsApp Business tidak mendukung integrasi apapun.
  • API WhatsApp memiliki fitur support dashboard yang dapat digunakan di multi device atau banyak perangkat sekaligus. Sementara WhatsApp Business terbatas hanya pada dua perangkat saja.
  • WhatsApp API hadir dengan banyak fitur otomatisasi obrolan. Ini tidak seperti Aplikasi WhatsApp Business yang membutuhkan aplikasi front-end. Anda dapat mengintegrasikan WhatsApp API secara langsung ke dalam perangkat lunak bisnis.
  • Selain itu, API WA juga dilengkapi dengan tanda centang hijau yang menunjukkan bahwa akun telah terverifikasi dan terbukti memiliki bisnis. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan.
  • Dengan menggunakan WhatsApp API, Anda dapat memiliki nama bisnis yang terlihat di header utas obrolan, daftar obrolan, dan profil. Sementara WA Business biasa hanya menampilkan nama bisnis dalam tampilan kontak dengan teks yang lebih kecil.

Secara singkat, berikut adalah perbedaan antara WhatsApp bisnis biasa dengan WhatsApp Business API:

WhatsApp Bisnis Biasa WhatsApp Business API
Hanya bisa digunakan untuk 2 admin (1 HP & 1 Laptop) Jumlah admin tak terbatas
Sinkronisasi & menyimpan riwayat chat dilakukan secara manual Otomatis menyinkronkan & menyimpan riwayat chat
Menyimpan nomor secara manual Nomor dan nama otomatis tersimpan
Tidak bisa mengirimkan pesan blast Dapat mengirimkan pesan blast
Koneksi terputus saat perangkat utama offline Akun WhatsApp selalu aktif selama nomor masih aktif
Tidak bisa integrasi dengan aplikasi lain Bisa integrasi dengan aplikasi lain
Tidak ada centang hijau Dapat centang hijau

Baca juga: Perbedaan WA Biasa, WA Bisnis, dan WhatsApp API


Kelebihan dan Fitur Utama WhatsApp Business API

Lalu salah satu kelebihan utama WhatsApp Business API adalah kemampuannya untuk merespon pelanggan secara otomatis yang terbukti mampu meningkatkan pengalaman dan layanan customer service.

Adapun fitur canggih yang menjadi kelebihan WhatsApp Business API antara lain:

1. Multi agent dan multi device

Aplikasi WhatsApp API Indonesia dapat digunakan oleh banyak agen dan device, sehingga dapat membantu merespon pelanggan lebih cepat.

2. Centang hijau

Tanda Centang Hijau sebagai Bukti WhatsApp API

Anda dapat memiliki tanda centang hijau (verified badge) di samping display name bisnis, yang menandakan bahwa akun WhatsApp telah terverifikasi dan terbukti memiliki bisnis.

Pelajari juga: Manfaat WhatsApp Verified Badge

3. Rotator

Fitur WhatsApp API dalam Agent Routing

Fitur rotator dapat membantu melayani pelanggan dengan cepat dengan mengarahkan pesan pelanggan ke agen secara otomatis.

4. ChatBot

Robot virtual Chatbot WhatsApp mampu merespon pelanggan secara otomatis. Jadi, pelanggan tidak perlu lagi menunggu lama untuk memperoleh balasan.

Fitur Chatbot pada WhatsApp API

5. Blast WhatsApp

Fitur WhatsApp blast memungkinkan bisnis untuk mengirimkan banyak pesan (blast) secara bersamaan meskipun pelanggan tidak menyimpan kontak bisnis.

Selain itu, Anda juga dapat mempersonalisasikan pesan blast untuk meraih lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Aplikasi WhatsApp Blast Software Terbaik 

Fitur Blast yang dapat dipersonalisasi pada WhatsApp Business API

6. WhatsApp Integration

Integrasikan WhatsApp dengan CRM, guna mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan bisnis Anda.

7. Link WhatsApp

Fitur Link WhatsApp pada WhatsApp API

Bantu pelanggan untuk menghubungi bisnis Anda dengan mudah menggunakan link WhatsApp API Indonesia.

8. CSAT

Tingkatkan pengalaman dan layanan bisnis dengan insight yang Anda peroleh melalui feedback real-time pelanggan.

Fitur CSAT pada WhatsApp API

9. WhatsApp Business Search

Fitur baru ini dapat memungkinkan pengguna untuk mencari nama bisnis Anda dan memulai percakapan dengan mudah, dan tanpa perlu keluar dari WhatsApp.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami jabarkan perbedaan fitur API WhatsApp dengan WhatsApp Business serta WA personal:

Perbedaan WhatsApp API dengan WA Bisnis dan Personal secara umum


Apa Saja Keuntungan Menggunakan API WhatsApp?

Kelebihan utama WhatsApp Business API adalah meningkatkan interaksi pelanggan. Dengan demikian, peluang untuk meningkatkan penjualan juga terbuka lebar.

Selain hal tersebut, Anda juga dapat memperoleh berbagai manfaat WhatsApp Business API lainnya seperti berikut:

  • Bisa menangani pelanggan sekaligus hanya dengan satu nomor WhatsApp
  • Dapat melayani pelanggan selama 24 jam nonstop
  • Asisten virtual yang meringankan kerja customer service Anda
  • Dashboard laporan analisis yang dapat memantau seluruh aktivitas layanan pelanggan melalui WA
  • Integrasi dengan sistem CRM yang mampu meningkatkan pengalaman pelanggan
  • Meningkatkan kinerja customer service lebih cepat dan efisien
  • Membangun loyalitas dan kredibilitas di mata pelanggan
  • Menghemat biaya operasional karena harga WhatsApp API Indonesia relatif terjangkau
  • Keamanan yang terjamin karena dilengkapi dengan sistem enkripsi end-to-end yang menjaga kerahasiaan data pengguna WhatsApp

Syarat dan Ketentuan untuk Mendapatkan WhatsApp Business API

Berikut adalah syarat untuk mendapatkan WA Business API sesuai dengan kebijakan WhatsApp adalah

– Bisnis Resmi/Legal

WhatsApp Business API hanya bisa dimiliki oleh bisnis atau badan usaha resmi. Hal tersebut bisa dibuktikan dari kepemilikan dokumen legal yang diakui negara seperti SIUP, TDP, NIB, NPW dan lain-lain.

Meski memiliki dokumen legal, tidak semua bisnis bisa mendaftar WhatsApp API. Meta melarang yang terlibat dalam kegiatan terorisme atau kriminal terorganisir untuk menggunakan layanan WhatsApp Business API, seperti berikut:

  • Senjata api
  • Alkohol dan tembakau
  • Obat-obatan, baik berupa obat dengan resep, narkotika, atau lain-lain
  • Produk perawatan kesehatan dan medis
  • Spesies yang terancam punah (satwa liar dan tumbuhan)
  • Hewan hidup yang tidak terancam punah kecuali hewan ternak
  • Barang dan bahan berbahaya
  • Mata uang nyata, virtual, atau palsu, termasuk ICO dan opsi biner
  • Dan lain-lain

Baca juga: Daftar Bisnis yang dilarang untuk menggunakan WhatsApp API

– ID Facebook Business Manager

Kedua, sebelum mendaftar WhatsApp  API, Anda perlu memiliki akun di Facebook Business Manager. Apabila Anda belum memilikinya, Anda bisa menggunakan akun Facebook pribadi. Selain itu, Anda juga bisa membuat akun Facebook Business Manager baru dengan cara berikut:

  • Buka business.facebook.com/overview.
  • Klik Buat akun.
  • Masukkan nama bisnis, nama Anda, dan alamat email kantor, lalu klik Berikutnya.
  • Masukkan detail bisnis Anda dan klik Kirim.

– Memiliki Website dan Email Berdomain Sama

Syarat selanjutnya adalah Anda memiliki website perusahaan sendiri. Website tersebut menunjukkan bahwa Anda mengelola bisnis secara profesional.

Jika perusahaan Anda belum memiliki website, Mekari Qontak memiliki layanan pembuatan website.

4 Cara Mudah Mendapatkan WhatsApp Business API

Berikut 4 langkah mudah untuk mendapatkan WhatsApp API adalah:

1. Siapkan Nomor Telepon Anda!

Anda perlu menyiapkan nomor telepon yang dapat menerima panggilan atau SMS dari nomor internasional. Pastikan nomor tersebut belum memiliki akun WhatsApp sebelumnya.

Apabila nomor yang ingin Anda daftarkan sudah memiliki akun WhatsApp, Anda perlu menghapus akun tersebut.

2. Daftarkan Nomor Telepon Tersebut ke Mitra Resmi WhatsApp dari Mekari Qontak

Mitra Resmi WhatsApp Business API Mekari Qontak

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih mitra resmi WhatsApp Business API negara asal. Untuk di Indonesia, pilihlah mitra resmi WhatsApp API terbaik seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan layanan WhatsApp API Indonesia yang dapat terintegrasi dengan Omnichannel CRM dengan harga yang terjangkau. Daftarkan akun WhatsApp Business API Anda di sini.

3. Ajukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Langkah ketiga untuk mendapatkan WhatsApp API

Kemudian Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager bisnis Anda. Dalam hal ini, pihak WhatsApp akan melakukan proses validasi terkait kebenaran identitas perusahaan yang didaftarkan.

Sementara proses verifikasi membutuhkan waktu 5-7 hari kerja setelah data disubmit.  Adapun data yang dibutuhkan untuk proses verifikasi adalah sebagai berikut:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Industri
  • Daerah operasional
  • Facebook Business Manager ID

Mendaftar akun WhatsApp Business pada Facebook Business Manager mungkin cukup membingungkan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Mekari Qontak hadir untuk membantu Anda agar dapat mendaftar dengan mudah.

Tim Mekari Qontak akan membantu mengunggah dokumen tersebut untuk melakukan registrasi perusahaan dan pendaftaran bisnis secara langsung ke pihak WhatsApp.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat secara langsung menggunakan WhatsApp API Indonesia. Selain itu, Anda dapat berpeluang mendapatkan tanda centang hijau, yang menandakan akun telah terverifikasi.

4. WhatsApp Business API Siap Digunakan

Terakhir, setelah verifikasi disetujui Anda bisa menggunakan WhatsApp Business API lengkap dengan fitur-fitur pendukungnya.

Wewenang pemberian akun resmi berada sepenuhnya pada pihak WhatsApp di bawah Facebook. Mekari Qontak tidak menjamin pemberian akun resmi kepada pengguna.

WhatsApp melakukan penilaian untuk pemberian akun resmi secara tertutup dengan spesifikasi penilaian yang tidak dipublikasikan.

Pelajari lebih jauh mengenai Whatsapp Business API dengan menonton video berikut ini:

YouTube video

Baca juga: 7 Cara Mudah Membuat WhatsApp API Chat Terbaru


Bagaimana Cara Kerja Integrasi WhatsApp API?

Dengan adanya integrasi API, WhatsApp dapat memiliki memiliki beragam fitur canggih seperti chatbot, tanda centang hijau, hingga memungkinkan pengguna membuat pesan secara massal untuk dikirim ke semua kontak.

Selain itu, WhatsApp API juga dapat terintegrasi dengan aplikasi lain seperti Omnichannel dan CRM. Dengan integrasi ini, dapat menjadi solusi yang paling tepat untuk bisnis, khususnya dalam melayani pelanggan selama 24 jam.

Baca juga: 10 Rekomendasi Official WhatsApp Business API Provider Terbaik


Apakah WhatsApp Business API Gratis? Berapa Harga WhatsApp API?

Harga WhatsApp API dapat berbeda-beda untuk setiap negara. Ini karena harga WhatsApp Business ditentukan Facebook berdasarkan pasar tempat bisnis beroperasi atau kode negara orang yang menerima pesan.

Sementara itu, harga WhatsApp Business ditentukan Facebook bervariasi tergantung siapa yang memulai percakapan. Namun Anda bisa hitung perkiraan biaya bulanan WhatsApp API dengan kalkulator WhatsApp Business API dari Mekari Qontak.

Dua kriteria dalam percakapan WhatsApp API:

Diinisiasi oleh pelanggan (User-Initiated Conversation)

Pelanggan memulai percakapan dan pelaku bisnis bebas membalas pesan pelanggan selama 24 jam.

Skenario Percakapan yang Diinisiasi Pelanggan pada WhatsApp API

Diinisiasi oleh pelaku bisnis (Business-Initiated Conversation)

Bisnis memulai percakapan di luar periode layanan pelanggan 24 jam sejak pelanggan mengirimkan pesan ke bisnis. Dalam hal ini, biasanya bisnis memerlukan template pesan untuk dikirimkan ke pelanggan.

Skenario percakapan yang diinisiasikan oleh bisnis pada WhatsApp Business API

Skenario lainnya dari percakapan yang diinisiasikan oleh bisnis melalui akun WhatsApp API

Semua percakapan yang terjadi terhitung dalam periode 24 jam. Selama periode tersebut, bisnis dan pelanggan dapat bertukar pesan tanpa biasa tambahan.

Sedangkan harga WhatsApp Business berbasis percakapan ditentukan berdasarkan pada kode negara pengguna atau pelanggan yang berkomunikasi dengan Anda.

Lebih jelasnya terkait perbedaan pesan yang diinisiasi pelanggan dan bisnis bisa dilihat contoh gambar di bawah ini:

Baca juga: WhatsApp Business Pricing: Ketahui Biaya WhatsApp Bisnis di Sini!


Dapatkan WhatsApp Business API secara Mudah di Sini!

Dapat disimpulkan, bahwa cara membuat API WhatsApp termudah adalah bermitra dengan Mitra Resmi WhatsApp Business API terbaik di Indonesia, seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak akan membantu Anda untuk mengurus semua proses yang dibutuhkan. Anda hanya perlu menunggu beberapa hari untuk bisa menikmati segala manfaat yang diberikan oleh fitur WA API resmi di Indonesia.

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales