Daftar isi
10 min read

Cara Mudah Membuat Link API WhatsApp ke Chat Pribadi

Tayang 13 Mei 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
api whatsapp link
Cara Mudah Membuat Link API WhatsApp ke Chat Pribadi

WhatsApp merupakan aplikasi populer yang hampir digunakan semua pengguna internet. Banyak penggunanya memanfaatkan link WhatsApp API untuk berkomunikasi dengan pelanggan tanpa perlu menyimpan kontak mereka terlebih dahulu.

Penggunaan fitur link WA API juga banyak digunakan bisnis. Pasalnya sebagian besar pelanggan lebih suka berkomunikasi dengan bisnis melalui link WhatsApp API. Melalui link tersebut, pelanggan dapat langsung berkomunikasi ke chat pribadi bisnis dan mendapatkan jawaban lebih cepat.

Maka dari itu, banyak bisnis menautkan link akun WhatsApp API mereka di sejumlah saluran bisnis seperti website, bio Instagram, Facebook, email marketing dan aplikasi populer lainnya. Tertarik menggunakannya?

Yuk, pelajari semua tentang WhatsApp API Link, apa saja manfaatnya, dan bagaimana cara membuat link WhatsApp pada artikel di bawah ini!


Apa itu Link WhatsApp?

Link WhatsApp adalah fitur WhatsApp yang memungkinkan bisnis membuat tautan dan membagikannya di website dan akun media sosial mereka dengan pelanggan mereka. Kemudian, pelanggan hanya perlu mengeklik tautan untuk masuk ke ruang obrolan dengan bisnis.

Fitur ini tersedia untuk Aplikasi WhatsApp Business dan WhatsApp Business API, yang berarti bisnis kecil dan besar dapat memperoleh manfaat yang sama darinya.

Maka dari itu, WhatsApp link atau dikenal sebagai WhatsApp link generator telah banyak dimanfaatkan bisnis online untuk pelanggan menjangkau mereka. Pelanggan dapat langsung menuju ke laman chat WhatsApp milik bisnis tanpa harus menyimpan nomor bisnis terlebih dahulu.

Umumnya, pemilik bisnis menyebarkan link WhatsApp ke media sosial seperti dari Facebook, Instagram, dan lainnya untuk lebih banyak menjaring pelanggan.

Penggunaan link API WA merupakan win-win solution bagi kedua pihak. Calon pembeli dipermudah, sementara pemilik bisnis bisa meningkatkan penjualan.


Apa Kegunaan API WhatsApp Link untuk Bisnis?

API WhatsApp link memiliki manfaat utama sebagai sarana bagi pelanggan untuk menghubungi bisnis. Selain itu, masih banyak kegunaan dari fitur WhatsApp API chat yang satu ini, di antaranya:

– Mempermudah calon pembeli dalam berinteraksi dengan Bisnis

Calon pembeli tidak perlu repot menyimpan nomor telepon di kontak, menuju aplikasi WhatsApp, mencari kontak, baru memberikan pesan untuk bertanya atau melakukan pemesanan terhadap jasa/produk yang diinginkan.

Langkah merepotkan tersebut dapat dihilangkan dengan mencantumkan API WhatsApp link pada media sosial. Hal ini mempermudah pembeli untuk langsung masuk ke kolom chat WhatsApp dan memulai interaksi.

– Menjangkau lebih banyak calon pembeli

Sebelum memutuskan untuk membeli, calon pembeli melalui tahapan pertama sales funnel yaitu awareness. Tahapan ini artinya calon pembeli sudah mengenal suatu produk/jasa.

Tahapan selanjutnya yang dilalui calon pelanggan adalah interest. Pada tahap ini, mereka menunjukkan ketertarikan dengan bertanya-tanya tentang produk/jasa tersebut.

Sayangnya terkadang calon pembeli malas untuk memulai interaksi lebih jauh dengan bisnis karena prosesnya terlalu rumit seperti mengisi form. API WhatsApp link membantu memudahkan calon pembeli berkomunikasi dengan bisnis melalui link WA.

– Meningkatkan penjualan

Ketika bisnis berhasil menjangkau lebih banyak calon pembeli, artinya kesempatan untuk melakukan penjualan semakin meningkat. Hal ini tentunya akan berdampak pada meningkatnya keuntungan dan pendapatan bisnis.

Baca juga: Manfaat WhatsApp Business yang Wajib Anda Ketahui


Bagaimana Cara Menautkan API WhatsApp Link?

Sebelum mengetahui bagaimana cara menautkan WhatsApp API Link, pastikan Anda telah memiliki akun WhatsApp API terlebih dahulu. Sehingga proses menautkan akan berjalan dengan lebih lancar.

Berikut cara membuat API WhatsApp Link adalah :

1. Cara membuat API WhatsApp manual

Cara menautkan WhatsApp API Link yang pertama adlaahh dengan membuat tautan secara manual. Metode ini menjadi salah satu metode yang banyak disukai karena mudah untuk dilakukan.

Anda dapat menggunakan https://wa.me/<number>.  Isi bagian <number> dengan nomor telepon WhatsApp dalam format internasional lengkap.

Menurut ketentuan WhatsApp, ketika menambahkan nomor telepon dalam format internasional, Anda perlu menghilangkan tanda kurung, tanda hubung, tanda tambah, atau awalan angka nol  Misalnya, jika Anda menggunakan nomor Indonesia, maka ubah angka dengan 62.

Contoh: https://wa.me/6281234567890

2. Cara membuat API WhatsApp link menggunakan chat

Cara Menautkan API WhatsApp Link

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga dapat menggunakan cara yang hampir sama, namun dilengkapi dengan pesan teks yang telah terisi. Cara ini akan sangat cocok bagi Anda yang menggunakan WhatsApp Business sebagai layanan customer service.

Anda dapat memasukkan link yang sama seperti di atas, namun ditambahkan dengan URL teks seperti berikut ini:

https://wa.me/nomorteleponwhatsapp/?text=teksberkodeurl

Contoh:

https://wa.me/6281234567890?text=Saya%20tertarik%20dengan%20aksesoris%20yang%20Anda%20jual

3. Cara membuat API WhatsApp Short Link

Short link atau tautan pendek dapat Anda gunakan untuk memulai chat dengan pelanggan secara langsung. Berbeda dengan dua cara membuat WhatsApp link sebelumnya, cara ini dapat Anda lakukan secara mudah melalui pengaturan di Aplikasi WhatsApp.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business > pilih ‘Opsi lainnya’> Fitur bisnis.
  • Ketuk menu ‘Short Link’ atau ‘Tautan pendek’ untuk melihat tautan yang dihasilkan secara otomatis.
  • Kemudian ketuk untuk menyalin tautan.
  • Anda dapat membagikan link tersebut ke berbagai platform yang Anda inginkan, seperti Facebook, Instagram, Line, WeChat, Telegram, Twitter, dan masih banyak lagi.

Untuk membuat template pesan,Anda dapat mengetuk penggeser dan menuliskan templat pesan yang diinginkan, kemudian kirimkan kepada pelanggan.

4. Cara membuat API WhatsApp link dengan bit.ly

Cara membuat API WhatsApp link ini membuat tampilan link yang Anda tautkan lebih pendek. Hal ini dapat membantu branding perusahaan lebih terlihat. Terlebih bit.ly dapat Anda peroleh secara gratis. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya.

Berikut cara membuat link WhatsApp menggunakan bit.ly pada website adalah:

  • Buka website https://bitly.com/
  • Login menggunakan akun email, facebook atau Twitter
  • Klik “creat your link”
  • Copy paste link yang telah Anda buat secara manual seperti cara pertama
  • Klik tombol “Shorten”, kemudian link Anda akan berubah menjadi lebih pendek
  • Copy atau salin link yang telah menjadi pendek
  • Untuk merubah nama link, Anda perlu membayar. Misalnya nama link yang sudah berubah menjadi https://bit.ly/3fzBI5F, Anda bisa merubahnya menjadi https://restoran/makanan atau semacamnya.

Sementara jika Anda menggunakan perangkat android, maka Anda perlu menginstal aplikasi Bitly terlebih dahulu, berikut caranya:

  • Download aplikasi Bitly pada Playstore
  • Buka aplikasi Bitly
  • Daftar akun pada aplikasi tersebut
  • Isi dengan link WhatsApp lalu tekan “create”
  • Link bisa ditautkan di berbagai platform sosial media Anda.

Perlu diperhatikan huruf kapitalnya sama persis, jangan sampai salah. Jika ada penulisan link yang salah, maka link tersebut tidak akan muncul atau ‘not found’. Untuk Bitly di handphone, Anda bisa ubah nama URL nya, tidak seperti Bitly via web.

5. Cara membuat API WhatsApp link dengan wa.link

Selain bit.ly, Anda juga bisa membuat link WnatsApp secara otomatis atau manual melalui create.wa.link. Cara WA link ini akan membuat tampilan links WhatsApp Anda lebih pendek. Berikut cara untuk membuatnya:

  • Buka Website https://create.wa.link
  • Masukkan nomor handphone akun WhatsApp Anda
  • Pastikan kode negara dan nomor telepon yang Anda masukkan sudah benar
  • Isi pesan otomatis yang akan muncul setiap seoseorang membuka link WhatsApp Anda
  • Klik tombol “preview” atau scroll ke bawah untuk mengecek pesan yang Anda buat sebelumnya
  • Klik “generate my wa.link”
  • Dialog box akan menampilkan link WhatsApp Anda
  • Copy atau salin link WhatsApp atau unduh QR code dari link tersebut.

6. Cara membuat API WhatsApp link dengan Gambar untuk Website

Pada Website, Anda mungkin pernah melihat gambar CTA atau call to action yang ditautkan ke WhatsApp. Gambar ini dpercaya dapat meningkatkan rasio penjualan karena memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda.

Berikut cara untuk membut WhatsApp link dengan Gambar pada Website adalah:

  • Buka setting pada laman website atau wordpress Anda
  • Klik “Add media” untuk menambahkan gambar CTA dari drive Anda
  • Masukkan link WhatsApp yang sudah Anda buat sebelumnya pada “Display Settings” lalu “Link To”
  • Isi alt image
  • Jika sudah selesai, coba lah link pada gambar. Coba klik gambar WhatsApp yang sudah Anda buat tadi dan periksa apakah sudah menyambung ke nomor WhatsApp yang benar.

7. Cara membuat API WhatsApp link ke Instagram

Sebelum menautkan link WhatsApp API ke Instagram, Anda perlu melakukan salah satu cara dari tiga metode yang sudah dijelaskan di atas. Kemudian ikuti cara berikut ini:

  • Salin atau copy link yang telah dibuat.
  • Buka aplikasi Instagram Anda.
  • Pergi ke profil akun Instagram Anda dan pilih ‘Edit Profile’.
  • Kemudian taruh link yang sudah di salin ke bagian ‘Website’ dan simpan.

Pelanggan atau pengguna Instagram lainnya, akan dengan mudah menghubungi WhatsApp Anda ketika mengklik tautan yang tertera di profil Instagram Anda.

8. Cara membuat API WhatsApp link ke Facebook

Sebelum menautkan link WhatsApp API ke Facebook, pastikan Anda telah menyalin link terlebih dahulu. Lalu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka laman Facebook dan lakukan login.
  • Bukan lama profil Facebook Anda, kemudian pilih ‘Edit Profile’ > Edit Info Tentang Anda.
  • Ketuk menu ‘Info Kontak dan Dasar’.
  • Lalu, pilih bagian ‘Situs Web dan Tautan Sosial’ > Tambahkan situs web.
  • Kemudian taruh tautan yang sudah Anda salin pada kolom ‘Alamat situs web’ dan ‘Simpan’.

Kini pelanggan dapat dengan mudah mengklik link yang tertera pada bio Facebook Anda dan langsung terhubung dengan ruang obrolan WhatsApp bisnis yang Anda miliki.


Siapa yang Membutuhkan WhatsApp API Link?

Bisnis dari berbagai industri dan skala bisnis membutuhkan API WhatsApp Link. Sebab fitur WhatsApp Business API satu ini dapat diintegrasikan aplikasi yang dimiliki bisnis seperti Aplikasi CRM tanpa pelu menginstal aplikasi tambahan.

Jadi fitur ini sangat cocok digunakan mulai dari bisnis kecil/UMKM hingga industri retail yang memiliki banyak saluran pemasaran seperti media sosial, aplikasi toko online, website dan lainnya.

Melalui link WhatsApp, Bisnis dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan memberikan layanan terbaik untuk mereka.  Dengan begitu, pelayanan kepada pelanggan dapat dilakukan dengan lebih baik dan canggih.


Bagaimana Cara Menggunakan API WhatsApp Link?

Bisnis sebetulnya dapat memanfaatkan API WhatsApp link lebih jauh lagi, selain yang telah disebutkan sebelumnya. Setelah prospek memulai interaksi, Anda tentu ingin memberikan layanan yang terbaik untuk mereka.

Ketika bisnis sudah semakin berkembang, melayani pertanyaan calon pelanggan satu per satu dapat membuat kewalahan. Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya adalah sebagai berikut:

– Integtrasikan dengan WhatsApp Chatbot

Chatbot adalah robot virtual dengan kecerdasan buatan Al yang mampu menangani permintaan pelanggan sederhana. Selain itu banyak hal yang bisa dilakukan oleh Chatbot WA ini, di antaranya:

  1. Memberikan customer support yang cepat dan tersedia selama 24/7
  2. Menangani pelanggan melalui platform yang mereka gunakan sehari-hari
  3. Meningkatkan hubungan pelanggan dan customer experience
  4. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam melayani pelanggan
  5. Mendorong lead conversion rate

Untuk dapat memiliki fitur WhatsApp Chatbot di atas, Anda terlebih dahulu harus terdaftar pada WhatsApp API. Untuk mengetahui bagaimana memulai API WhatsApp, Anda dapat membacanya di artikel panduan WhatsApp business API, atau berkonsultasi langsung dengan Mekari Qontak di bawah ini:

– Integrasi WhatsApp dengan sistem CRM

Integrasi dengan sistem CRM sangat penting bagi Anda yang menggunakan WhatsApp link. Dengan begitu akan banyak membantu Anda dalam banyak hal, seperti:

  1. Mendeteksi nama calon pelanggan dari WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database customer tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual
  2. Memasukkan pesanan, deals, atau tickets yang masuk ke dalam percakapan WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam WhatsApp CRM
  3. Mengelola proses bisnis untuk sales dan customer service, lalu mengintegrasikannya dengan WhatsApp
  4. Memperoleh analisis terhadap percakapan WhatsApp untuk melacak percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan
  5. WhatsApp API dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem WhatsApp.

Integrasi WhatsApp dengan sistem CRM


Segera Manfaatkan API WhatsApp Link untuk Meningkatkan Bisnis Online Anda

Untuk dapat memaksimalkan fungsi WhatsApp, Anda wajib mempertimbangkan untuk menggunakan API WhatsApp bagi bisnis online Anda. API WhatsApp sangat fleksibel dan memudahkan interaksi antara bisnis dengan pembeli, sehingga membantu bisnis Anda untuk berkembang lebih baik.

Integrasikan bisnis Anda dengan API WhatsApp melalui partner terpercaya seperti Mekari Qontak. Selain itu, Mekari Qontak juga menyediakan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan Aplikasi Omnichannel yang dapat meningkatkan bisnis Anda secara keseluruhan dengan berbagai fitur canggihnya.

Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih 3500+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Sementara itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales