Daftar isi
7 min read

5 Cara Mendapatkan WhatsApp untuk Mengelola Bisnis Enterprise

Tayang 20 Februari 2024
Diperbarui 22 Februari 2024
Cara Mudah Mendapatkan WhatsApp Enterprise
5 Cara Mendapatkan WhatsApp untuk Mengelola Bisnis Enterprise

WhatsApp resmi mengeluarkan versi khusus untuk bisnis yakni WhatsApp enterprise atau dikenal juga WhatsApp Business API. Produk ini digadang mampu membantu bisnis berkomunikasi dengan pelanggan lebih efektif.

WhatsApp enterprise memiliki fitur-fitur yang dapat bekerja secara otomatis dan real time dalam merespon setiap pesan pelanggan. Selain itu, produk WhatsApp ini memungkinkan Anda untuk menyediakan layanan dukungan pelanggan selama 24/7.

Jika Anda ingin memanfaatkan WhatsApp untuk layanan pelanggan, keterlibatan, atau untuk keperluan perdagangan. Namun sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan WhatsApp enterprise untuk bisnis.

Pada artikel berikut mengulik bagaimana cara agar bisnis bisa mendapatkan WhatsApp enterprise. Pelajari selengkapnya di bawah ini.


Apa Itu WhatsApp Enterprise?

WhatsApp enterprise adalah produk WhatsApp yang dirancang khusus untuk para pelaku bisnis atau perusahaan. Layanan WhatsApp untuk corporate atau perusahaan ini dikenal sebagai WhatsApp API.

WhatsApp API berbeda dengan WA messenger dan juga berbeda dengan WhatsApp Business biasa. Sebagai contoh, WA messenger dan WA Business biasa hanya bisa digunakan 2 device. Sementara itu, WhatsApp untu corporate harus bisa diakses banyak admin di banyak perangkat sekaligus.

Perbedaan WhatsApp Messenger, WhatsApp Business Biasa, WhatsApp enterprise

WA Messenger WhatsApp Business WhatsApp API

Profil Bisnis

Template Pesan

Jumlah Agen

2

Tidak Terbatas

Manajemen Database

Sistem Broadcast

Laporan dan Analisis

Tanda Centang Hijau


Apa Keuntungan Menggunakan WhatsApp Enterprise?

Secara umum terdapat 5 keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah menggunakan WhatsApp enterprise, yaitu:

  • Membantu Komunikasi dengan Tim Internal

Pertama, tim bisnis internal Anda dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi dengan mudah menggunakan  WA untuk corporate. Selain itu, manajer customer service atau manajer sales tidak perlu memberikan pelatihan cara menggunakan aplikasi WhatsApp karena hampir semua orang pernah menggunakannya.

  • Media Layanan Pelanggan Efektif

Keuntungan kedua, tim bisnis Anda tentu dapat menghubungi para pelanggan dengan lebih mudah. Perlu diingat bahwa terkadang orang lebih suka menerima dan membalas pesan atau chat daripada mengangkat telepon dari nomor tidak dikenal.

Hal tersebut terbukti bahwa rata-rata tingkat pembukaan (open rate) WhatsApp mencapati 98%. Terlebih dengan jumlah pengguna lebih dari 2 miliar, WhatsApp sangat cocok untuk bisnis gunakan untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan. (dikuti dari laman resmi WhatsApp)

  • Melakukan kampanye atau promosi

Layanan WhatsApp untuk corporate menyediakan fitur Broadcasting dan WA Blast sehingga para penggunanya dapat mengirimkan promosi atau kampanye kepada pelanggan atau prospek serentak tanpa batasan jumlah nomor tujuan serta tanpa harus menyimpan nomor tujuan terlebih dahulu. Anda dapat mengirim gambar, video, dokumen dan pesan teks ke pengguna di seluruh dunia.

  • Penggunaan kreatif lainnya

Beberapa bisnis di negara yang berbeda telah menggunakan WA corporate tidak hanya untuk mengirimkan dan menerima pesan, namun untuk beberapa hal berikut ini:

  • Layanan pemesanan tempat, pengantaran bunga dan kue, dan sebagainya.
  • Pemesanan makanan.
  • Konsultasi medis.
  • Pelayanan publik.

Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Enterprise?

Cara Membuat WhatsApp Enterprise

Berbeda halnya dengan WA Business biasa yang dapat diunduh di PlayStore atau App Store, WA corporate yang lebih canggih tidak dapat diperoleh dengan cara yang sama. Berikut langkah-langkah yang harus dilalui untuk mendapatkan WhatsApp untuk business enterprise adalah

Step 1. Hubungi Official BSP WhatsApp

Cara mendaftar WhatsApp enterprise pertama adalah harus bermitra dengan official BSP terbaik WhatsApp  seperti Mekari Qontak. Anda bisa menghubungi official BSP WhatsApp dengan mengubungi contact support atau langsung mengisi formulir pendaftaran.

Tim dari Mekari yang Anda hubungi kemudian akan menghubungi Anda kembali untuk melanjutkan proses pendaftaran, seperti meminta Anda untuk melengkapi dokumen bisnis yang diperlukan untuk kemudian akan diajukan pada pihak WhatsApp.

Step 2. Verifikasi Dokumen

Selanjtunya, bisnis harus menyiapkan dokumen yang akan diverifikasi untuk melihat apakah bisnis Anda layak atau tidak untuk memperoleh layanan WhatsApp untuk corporate yang hanya bisa didapatkan oleh bisnis atau perusahaan yang telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pihak WhatsApp.

Beberapa di antaranya adalah memiliki Facebook Business Manager dan dokumen bisnis yang lengkap, menjual atau menawarkan barang yang legal, dan sebagainya.

Step 3. Mengaktifkan Nomor Bisnis dan Lengkapi Profil

Ketiga, Anda hanya diperbolehkan memiliki 1 nomor bisnis dan tidak dapat diganti. Oleh karenanya, pilihlah satu nomor yang Anda sukai untuk menjadi nomor bisnis Anda. Aktifkan nomor bisnis Anda. Setelahnya, sediakan informasi bisnis pada profil Anda sedetail agar pelanggan mudah mengenali bisnis Anda.

Step 4. Login dan Gunakan WhatsApp enterprise

Kemudian, Anda akan diberikan sebuah credential yang digunakan untuk melakukan login pada layanan WhatsApp untuk corporate Anda. Setelah Anda berhasil login, Anda dapat membuat berbagai pengaturan pesan dan mengirimkan pesan percobaan.

Step 5. Lakukan uji Coba

Terakhir, cobalah untuk mengirimkan pesan. Tujuannya agar memastikan apakah WhatsApp enterprise Anda sudah bisa bekerja dengan baik atau tidak. Jika berlum berfungsi dengan baik, jangan ragu untuk menghubungi tim Mekari Qontak.


Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Membatu Bisnis Enterprise?

WhatsApp enterprise bekerja seperti WhatsApp messenger pada umumnya. Dimana pelanggan yang mengirim pesan berupa pertanyaan atau permintaan ke nomor WhatsApp yang disediakan bisnis. Setelah itu bisa dapat merespon pesan tersebut dalam bentuk tulisan, gambar, video dan lainya.

Dengan adanya fitur integrasi pada WA corporate, setiap pesan yang masuk akan disimpan pada database. Selanjutnya, admin yang aktif dapat merespon pesan tersebut hingga menemukan solusi. Pesan yang telah berakhir akan ditandai dengan resolved. Artinya pesan tersebut tidak dapat diedit atau dilanjutkan lagi.

Selain itu, WhatsApp enterprise memiliki asisten virtual ChatBot yang mampu menyelesaikan permintaan pelanggan sederhana secara otomatis. Bisnis juga dapat mengatur pesan auto reply yang akan merespon pelanggan secara otomatis kapanpun berinteraksi.


Apa Saja Fitur yang Dimiliki WhatsApp Enterprise?

WhatsApp enterprise memiliki fitur yang mendukung interaksi bisnis dan pelangan lebih efektif. Fitur tersebut juga membantu bisnis dalam pemasaran produk yang dijual, sehingga meningkatkan pendapatan.

Berikut fitur-fitur yang wajib dimiliki WhatsApp enterprise, diantaranya:

1. ChatBot

Robot virtual ini akan menjadi asisten yang selalu merespon pesan pelanggan dengan cepat. Chatbot juga selalu aktif melayani selama 24 jam nonstop. Berbeda dengan tim CS yang terbatas waktu operasional.

Baca juga: Cara Menggunakan Chatbot di WhatsApp

2. Auto-reply

Fitur satu ini akan menjawab semua pertanyaan pelanggan secara otomatis. Auto-reply akan memindai pesan dan menjawab berdasarkan trigger dari pesan tersebut. Jawaban yang diberikan telah dibuat sebelumnya.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Auto Answer WA

3. Multi User

Fitur WhatsApp enterpise selajutnya, memungkinkan bisnis menggunakan satu nomor di berbagai perangkat dengan admin/agen tak terbatas sekaligus. Berbeda dengan WhatsApp Business hanya bisa digunakan untuk 2 device.

4. WhatsApp Automation

Kemudian, WhatsApp enterprise juga mampu menyimpan dan mengunduh semua informasi pelanggan secara otomatis. Informasi tersebut membantu untuk memberikan customer experience yang lebih baik.

5. Akun WhatsApp enterprise Terverifikasi

Tanda centang hijau atau verified badge diberikan pihak WhatsApp untuk menunjukan bahwa akun terbukti memiliki bisnis. Dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp Anda diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas dimata pelanggan.

Baca juga: Syarat Mendapat Verified Badge WA

6. WhatsApp Blast

WhatsApp API mampu mengirimkan pesan secara bersamaan ke nomor pelanggan tak terbatas dengan WhatsApp blast atau WhatsApp bulk. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas tim CS dan media promosi yang efisien.

7. Integrasi dengan sistem CRM

WhatsApp API dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem yang sudah Anda gunakan seperti CRM. Hal ini akan mendorong pertumbuhan bisnis dan pelayanan pelanggan.

8. Dashboard Pelaporan

WhatsApp API memiliki dashboard yang menampilkan laporan seluruh aktivitas interaksi yang terjadi antara bisnis dengan pelanggan. Dari situ Anda dapat melihat pencapain kerja tim CS, tren yang terjadi hingga data pelanggan yang berguna untuk menyusun strategi bisnis.

Baca juga: Manfaat dan Harga WhatsApp Business API


Dapatkan WhatsApp Enterprise untuk Bisnis Anda Sekarang!

WhatsApp enterprise adalah solusi terbaik untuk bisnis meningkatkan layanan pelanggan. Pasalnya produk WhatsApp ini dilengkapi fitur canggih yang mendukung segala aktivitas bisnis. WhatsApp enterprise terbaik dapat didapatkan dengan mudah melalui Mekari Qontak.

Mekari Qontak merupakan official Business Solution Provider WhatsApp terpecaya di Indonesia. Selain itu, Mekari Qontak  juga merupakan penyedia aplikasi CRM Omnichannel yang dapat diintegrasi dengan WA untuk corporate Anda.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan.

Konsultasikan Kebutuhan bisnis Anda lainnya dengan tim ahli Mekari Qontak secara Gratis di sini.

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales