Mekari Qontak
Insight Other Business

Cara Menggunakan WhatsApp Business Multiple Users

Cara Menggunakan WhatsApp Business Multiple Users

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan populer yang banyak digunakan di dunia. Oleh karena itu, sebagian penggunanya merasa mengakses WhatsApp dari satu perangkat saja tidak cukup. Terutama untuk kebutuhan bisnis diperlukan banyak admin untuk menjawab semua pesan pelanggan. Lalu apakah WhatsApp Business bisa digunakan untuk Multiple Users?

Jawabannya tentu saja bisa, namun WhatsApp membatasi ditur multiple users hanya bisa diakses dari 4 device/users berbeda. Akhirnya bisnis harus melakukan verifikasi berualng kali agar admin bisa bekerja. Padahal menurut faq.whatsapp.com bahwa akun WhatsApp akan diblokir saat verifikasi ulang, setelah terlalu sering berpindah perangkat berbeda.

Hal tersebut tidak akan terjadi apabila Anda menggunakan WhatsApp Business API. Pasalnya WhatsApp Business API memiliki fitur multi users yang dapat digunakan oleh admin tak terbatas.

Image CTA API WhatsApp


Apa itu WhatsApp Business Multiple Users?

WhatsApp Business Multiple Users adalah penggunaan satu nomor WhatsApp untuk banyak admin atau agen. Artinya Anda dapat menambah agen tak terbatas melalui perangkat berbeda sehingga dapat merespon pelanggan lebih cepat.

WhatsApp Business Multiple Users memiliki kemampuan untuk menyimpan data percakapan secara otomatis meski perangkat utama tidak terkoneksi internet. Data yang masuk akan tersimpan dalam satu panel terpadu.

Selain itu, WhatsApp Multiple Device tidak memerlukan izin verifikasi ulang ke perangkat utama setiap akan digunakan di perangkat berbeda.

Tonton video dibawah ini untuk mempelajari WhatsApp Multi Admin lebih lengkap:


Mengapa Perusahaan Membutuhkan WhatsApp Business Multiple Users?

Alasan perusahaan perlu menggunakan WA multi user memungkinkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dengan pelanggan hanya dari satu nomor. Pelanggan juga lebih mudah menemukan cara menghubungi bisnis Anda.

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya bisnis Anda wajib menggunakan WhatsApp Business, diantaranya:

Anda mungkin saja membutuhkan aplikasi ini jika Anda berada dalam salah satu kondisi di bawah ini:

  • Solusi cepat membalas semua pesan yang masuk dengan banyak admin atau agen customer service yang aktif bersamaan.
  • Agen atau customer service dapat menawarkan langsung kepada pelanggan produk-produk yang Anda miliki sebagai solusi masalah mereka.
  • Admin yang bertugas dapat mengirim pesan pengingat kepada pelanggan untuk melanjutkan percakapan, pembayaran atau tahapan lainnya yang tertunda sebelum expired.
  • Sebelum mengakhiri percakapan dengan pelanggan, agen dapat menanyakan beberapa pertanyaan, seperti penilaian terhadap kualitas layanan atau masukkan lainnya tanpa repot. Feedback yang terkumpul akan membantu Anda dalam menyusun strategi bisnis.
  • Akun WhatsApp Business multiple agents yang dapat digunakan oleh banyak CS dalam waktu bersamaan. Artinya semakin banyak permintaan pelanggan yang terselesaikan, termasuk transaksi jual beli.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Multiple Users?

Ada dua cara berbeda untuk menggunakan WhatsApp Multi Users yakni melalui WhatsApp Business dan WhatsApp Business API. Biasanya aplikasi WhatsApp Business hanya diperuntukan bagi perusahaan kecil. Sementara WhatsApp Business API banyak digunakan perusahaan skala menengah ke atas. Pelajari selangkapnya pada ulasan dibawah ini:

1. Aplikasi WhatsApp Business Biasa

Meskipun Aplikasi WhatsApp Business gratis dan mudah diatur, WhatsApp sebenarnya dirancang dengan mempertimbangkan fitur dan kemampuan untuk usaha kecil. Oleh karena itu, Anda hanya dapat menggunakan aplikasi WhatsApp Business ini hanya di 2 perangkat berbeda. Namun Anda tidak dapat menggunakan aplikasi WhatsApp Business di dua ponsel bersamaan.

Sekarang di bawah program baru bernama beta, Anda dapat menggunakan aplikasi WhatsApp Business di 5 perangkat dari 1 ponsel + 4 perangkat tambahan untuk setiap nomor. Selain itu, Anda tetap dapat mengakses WhatsApp Business di perangkat tambahan tanpa perlu menjaga ponsel Anda tetap terhubung.

Untuk pemilik usaha mikro, memiliki 5 perangkat yang terhubung ke satu nomor sudah cukup. Namnun, seiring pertumbuhan bisnis, Anda akan memerlukan platform yang lebih canggih untuk menangani lebih banyak Agen, Kontak, dan Pesan.

– Cara menggunakan WhatsApp multiple ursers pada aplikasi WhatsApp Business

Jika Anda ingin menggunakan Aplikasi WhatsApp Business dengan 4 perangkat atau pengguna, Anda harus bergabung dengan program beta multi-perangkat. Proses bergabung sangat mudah dan hanya membutuhkan beberapa menit.

Berikut cara untuk bergabung ke program beta untuk bisa menggunakan WhatsApp business multiple ursers

  1. Buka Aplikasi Business WhatsApp Anda,
  2. Ketuk ikon Opsi Lainnya dengan 3 titik vertikal.,
  3. Tekan Perangkat Tertaut,
  4. Tekan Multi-Perangkat Beta,
  5. Klik Gabung Beta.

Langkah-langkah di atas hanya berfungsi di perangkat Android. Sementara untuk pengguna iPhone, cukup buka Pengaturan WhatsApp di Langkah 1 dan ikuti petunjuk lainnya di atas. Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki WhatsApp versi terbaru di ponsel Anda.

Setelah Anda bergabung dengan program beta, sambungkan perangkat pendamping ke telepon Anda. Untuk melakukannya, ketuk Perangkat Tertaut dari Opsi Lainnya di Android atau menu Pengaturan di iPhone. Kemudian arahkan kamera untuk pindai kode QR pada layar WhatsApp Web/Desktop.

– Kekekurangan Menggunakan multiple users di Aplikasi WhatsApp Business

Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business dengan banyak perangkat memang nyaman untuk bisnis kecil. Tetapi ini hanya solusi sementara saat bisnis Anda dimulai. Namun, setelah bisnis Anda berkembang, Anda akan segera menghadapi masalah dengan menggunakan perangkat yang ditautkan seperti:

  • Tidak tahu siapa yang mengirim atau membalas pesan
  • Sulit untuk melacak beban kerja atau kinerja Agen
  • Tidak dapat memastikan semua Kontak telah dijawab

Kekurangan Menggunakan WhatsApp Business Multiple Users Biasa

2. WhatsApp Business API

Sementara itu, untuk bisnis yang lebih besar dengan volume pesan yang tinggi dibutuhkan admin lebih banyak untuk membalas pesan cepat. Selain harus segera membalas semua pesan, Anda juga perlu melacak beban kerja tim dan kinerja mereka untuk memastikan semua berjalan lancar. Hal itu semua bisa dilakukan apabila Anda menggunakan Whatspp Business API dari Mekari Qontak.

WhatsApp Business API memberi Anda keluluasaan Andan untuk mengakses satu akun dengan admin tak terbatas. Maka dari itu, aplikasi WhatsApp jenis ini sangat cocok digunakan pada perusahaan menengah ke atas yang memiliki banyak pelanggan.

– Cara Menggunakan WhatsApp Business Multiple Users di WhatsApp Business API

Seperti diketahui, untuk menggunakan fitur ini Anda perlu meningkatkan WhatsApp Business Anda menjadi WhatsApp API. Oleh karenanya Anda perlu bermitra dengan mitra resmi WhatsApp Business seperti Mekari Qontak. Setelah itu, mereka akan membantu Anda mendapatkan WhatsApp API termasuk fitur multiple users.

Berikut langkah-langkan untuk menggunakan WhatApp Multiple users di WhatsApp Business API:

  1. Bermitra partner resmi WhatsApp Business API terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak.
  2. Daftarkan verifikasi akun Facebook Business Manager dengan menyediakan data seperti nama perusahaan, Website url, Industri, Daerah Operasional dan lainnya.
  3. Pilih nomor yang akan didaftarkan sebagai akun WhatsApp API.  Kemudian lengkapi profil WhatsApp API dengan informasi bisnis Anda.
  4. Login ke Chat Panel Mekari Qontak untuk mulai menggunakan WhatsApp multiple users
  5. Setting Chat Assignment untuk mengatur status online dari bagian atas panel
  6. Anda bisa mulai WhatsApp Business Multiple Users untuk membalas pesan pelanggan

– Keuntunggan Menggunakan multiple users di WhatsApp Business API

WhatsApp Business API banyak dimanfaatkan oleh perusahaan karena memberikan banyak keuntungan. Selain multiple users, aplikasi ini juga memberikan manfaat lainnya seperti berikut:

1. Aktif Melayani selama 24 jam

WhatsApp API memiliki jendela perpesanan. Setiap kali pelanggan mengirim pesan masuk, jendela perpesanan ini secara otomatis aktif selama 24 jam dimulai atau dimulai ulang. Di dalam jendela pesan ini, bisnis dapat membalas dengan bebas.

2. Menghemat biaya operasional

Untuk Harga API WhatsApp, bisnis tidak membayar WhatsApp secara langsung. Sebagai gantinya, Anda akan membayar Mitra WhatsApp sesuai dengan harga mereka. Sementara itu, Mitra membayar WhatsApp untuk setiap Template Pesan mengikuti Tarif Standar yang ditetapkan WhatsApp. Informasi lebih jelasnya Anda bisa menghubungi tim Mekari Qontak disini.

3. Asisten virtual chatbot

Fitur chatbot yang dimiliki WhatsApp Business API bisa berperan sebagai asisten virtual. Hal ini terjadi karena kemampuannya membalas pesan secara otomatis dalam hitungan detik. Tak hanya itu, chatbot juga bisa langsung menjawab banyak pesan pelanggan secara bersamaan.

4. Centang hijau untuk meningkat kredibilitas

WhatsApp API dilengkapi dengan tanda centang hijau pada akun WA bisnis Anda. Tanda ini menunjukan akun Anda telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dimata pelanggan.

5. Kirim pesan blast tak terbatas

Kelebihan lainnya WhatsApp API adalah Anda dapat menggirimkan pesan masal tak terbatas melalui fitur WA blast. Pesan Anda tetap akan diterima meski nomor tujuan tidak menyimpan kontak Anda. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menyebarkan pesan promosi ke banyak pelanggan sekaligus.

Keuntungan menggunakan WhatsApp Business Multuple Users API


Apa Keuntungan Menggunakan WhatsApp Business Multiple Users

Keuntungan menggunakan WhatsApp Business Multiple Users adalah mampu melayani banyak pelanggan lebih cepat. Selain itu juga memudahkan pelanggan untuk menghubungi bisnis karena hanya menyediakan satu nomor layanan pelanggan.

Berikut manfaat lainnya menggunakan WhatsApp Business Multiple Agents, seperti:

– Dapat Menjadi Sistem Customer Service

WhatsApp Business Multiple Agents hanya menggunakan satu nomor untuk berbagai kebutuhan, mulai dari ticketing customer service, pengingat dan konfirmasi pembayaran, OTP, melacak pembelian dan pengiriman barang, serta notifikasi lainnya. Hal ini sangat berguna untuk CS dalam melayani pelanggan. Pelanggan juga tidak perlu bingung untuk menentukan nomor mana yang harus dihubungi bisnis.

– Cepat Melayani Customer

WhatsApp Multiple Device solusi terbaik untuk bisnis yang memiliki banyak pelanggan. Bisnis dapat menambahkan admin CS tidak terbatas dengan WhatsApp Business Multiple Agents, sehingga respon yang diberikan lebih cepat. Pesan yang masuk juga akan terpusat dalam satu platform yang mengurangi tumpang tindih permintaan yang sama.

– Pembagian yang Adil antara Admin

WhatsApp Multiple Device akan menyalurkan pesan yang masuk ke multi-channel chat panel. Kemudian pesan tersebut akan diterima agen customer service. Pengaturan alokasi agen dilakukan secara adil sesuai kemampuannya baik secara manual atau otomatis melalui round robin. Dengan begitu tidak ada agen yang kewalahan menangani pesan yang masuk.

– Otomatisasi Database

WhatsApp API Multiple Users dilengkapi fitur canggih seperti pesan yang masuk akan tersimpan secara otomatis. Mereka tidak perlu melakukan backup data atau sinkronisasi riwayat percakapan antara satu dengan lainnya.

– Laporan Kinerja Agen dan Pesan

WhatsApp Business Multiple Users otomatis memperbarui data secara real time seperti total percakapan yang dilakukan, rata-rata waktu respon agen dan sebagainya. Hal ini mempermudah bisnis untuk menilai KPI customer service, kinerja tiap agen dan menyusun strategi meningkatkan percakapan lebih baik.

– Kemudahan Integrasi

WhatsApp Business Multiple agents dapat dihubungkan dengan aplikasi chatting populer lainnya, seperti Telegram, Line dan Facebook Messenger. Hal ini membantu bisnis menciptakan interaksi yang mulus dengan pelanggan. Seluruh percakapan keduanya dapat dilihat pada dashboard interaktif yang saling terhubung.


Dapatkan WhatsApp Business Multiple Users Terbaik Sekarang!

Keuntungan WhatsApp Business Multiple Users dapat dinikmati secara maksimalsetelah bisnis memiliki WhatsApp Business API terlebih dahulu. Untuk bisa mendapatkannya Anda bisa mulai berkerjasama dengan mitra resmi WhatsApp API Indonesia seperti Mekari Qontak. Sebagai official partner business WhatsApp API,

Qontak membantu bisnis memperoleh WhatsApp Business API dengan mudah. Qontak juga terintegrasi dengan omnichannel CRM yang menghubungkan dengan teknologi lainnya. Hal ini membantu WhatsApp Business Multiple Agents Anda dapat bekerja mulus dalam memberikan pelayanan pelanggan.

Selain itu,  Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales