Daftar isi
6 min read

Mengenal Kategori Aplikasi WhatsApp Business dan Cara Menggunakannya

Tayang 14 Juli 2023
Diperbarui 15 Juli 2024
Kenali perbedaan WhatsApp Katagori Business
Mengenal Kategori Aplikasi WhatsApp Business dan Cara Menggunakannya

WhatsApp menjadi platform pesan intan populer dengan pengguna lebih dari 2 milyar di dunia. Pengguna tersebut menggunakan layanan WhatsApp untuk berbagai keperluan baik personal atau bisnis.

WhatsApp memiliki beberapa kategori produk yang bisa pengguna gunakan sesuai dengan kebutuhan. Dimana setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya kategori bisnis kecil dan menengah bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka gratis di WA.

Pada artikel ini, Anda dapat mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kategori WhatsApp Business secara lengkap, seperti berikut.


Apa Saja Kategori Aplikasi WhatsApp?

Kategori WhatsApp adalah jenis akun WhatsApp yang bisa Anda dapatkan. Terdapat 3 kategori akun aplikasi WhatsApp yang tersedia, yaitu: WhatsApp personal, WhatsApp Business, dan WhatsApp Official Business Edition.

Berikut adalah kategori WhatsApp:

  1. WhatsApp Personal, merupakan kategori WhatsApp yang paling dasar dan pertama kali diciptakan sebagai aplikasi obrolan personal atau pribadi.
  2. WhatsApp Business, adalah pengembangan dari WhatsApp Personal yang khusus diciptakan untuk para pelaku bisnis yang menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi dengan para pelanggannya. Kategori WhatsApp Business ini memiliki beberapa fitur yang dapat membantu bisnis berkembang.
  3. WhatsApp Official Business Edition, yaitu kategori WhatsApp yang paling canggih karena memiliki fitur-fitur yang sangat mendukung proses bisnis, mulai dari marketing, sales, dan layanan pelanggan. Dikenal juga dengan sebutan WhatsApp Business API atau WhatsApp API atau WA API.

Apa itu Aplikasi WhatsApp Business?

WhatsApp Business adalah produk WA yang dirangcang untuk bisnis mengirimkan pesan, membuat daftar kontak, dan memperluas jangkauan bisnis mereka dengan lebih efektif.

WhatsApp Business cocok untuk digunakan bagi para pelaku bisnis kecil dan menengah yang menyediakan beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya untuk mengelola bisnisnya. Sebagai contohnya: katalog bisnis serta jadwal operasional (jadwal buka-tutup toko).

Selain itu, aplikasi WA business juga kelebihan lain seperti fitur profil bisnis yang memuat informasi atau identitas bisnis seperti alamat, email, dan situs web. Ada juga fitur label yang memudahkan bisnis untuk menemukan chat dan pesan. Kemudian fitur chat room untuk membuat ruang obrolan, sehingga bisa merespons pelanggan lebih cepat.

Cara menggunakan WA business cukup mengikuti langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi WhatsApp Business secara gratis di Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Buka aplikasi WhatsApp Business pada ponsel Anda.
  3. Baca ketentuan layanan WhatsApp Business, lalu klik “Setuju dan Lanjutkan”.
  4.  Daftar nomor dengan memiliki kode negara, diikuti dengan masukkan nomor telepon Anda.
  5. Setelah itu, klik “Selesai atau Lanjut”, lalu tekan “Oke” untuk menerima kode pendaftaran 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon.
  6. Masukkan kode pendaftaran  6 digit yang Anda terima.
  7. Kemudian pilih izinkan akses ke kontak dan galeri telepon Anda.
  8. Buat akun dengan masukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil.
  9. Lengkapi profil bisnis Anda dengan klik “Jelajahi” dan pilih “Profil bisnis”.
  10. Mulai chat dengan klik ikon teks yang ada di pojok kanan bawah, kemudian pilih nomor ingin Anda kirimi pesan dan tulis pesan yang ingin disampaikan.

WhatsApp Official Business Edition

WhatsApp Official Business Edition khusus diciptakan untuk para pelaku bisnis menengah dan besar. Kategori WhatsApp Business inilah yang paling canggih karena dijalankan menggunakan sistem API. Sistem API yang ada pada kategori WhatsApp Business ini dapat memenuhi banyak kebutuhan bisnis sekaligus meningkatkan customer trust pada bisnis tersebut.

WhatsApp Official Business Edition hanya bisa diperoleh jika Anda memenuhi ketentuan dan syarat yang telah ditentukan oleh pihak WhatsApp, dan hanya bisa diperoleh melalui Business Solution Provider (WhatsApp Official Partner) yang telah ditunjuk di negara yang bersangkutan. Cara mengajukannya telah dijelaskan pada poin di atas.

  1. Daftar ke business solution provider WhatsApp API seperti Mekari Qontak
  2. Ajukan verifikasi akun facebook business manager
  3. Pilih nomor dan lengkapi profil bisnis
  4. WhatsApp Official Business Edition siap Digunakan

Baca selengkapnya: Panduan Lengkap API WhatsApp (2023)


Apa Saja Perbedaan Aplikasi WhatsApp Business?

Secara umum, ada beberapa perbedaan WhatsApp bisnis dengan WhatsApp biasa. Perbedaan tersebut dapat dilihat pada logo aplikasi WhatsApp yang menggunakan huruf H, sementara WhatsApp biasa logo menggunakan gambar telepon. Selain itu, WhatsApp bisnis dapat memuat profil usaha yang dijalaini. Hal ini tidak bisa Anda temukan pada WhatsApp biasa.

Selain perbedaan WhatsApp bisnis dengan WhatsApp biasa, Anda juga perlu mengetahui perbedaan WhatsApp bisnis dengan WhatsApp Business API. Dimana WhatsApp Business API merupakan versi upgrade dari WhatsApp bisnis. Artinya terdapat fitur tambahan yang membantu aktivitas bisnis di WhatsApp.

Perbedaan WhatsApp bisnis dan WhatsApp bisnis API dapat terlihat dari centang hijau. WhatsApp Business API dilengkapi dengan centang hijau disebelah nama bisnis. Tanda ini otomatis muncul meski penerima tidak menyimpan nomor bisnis. Centang hijau menunjukan akun terlah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis.

Selain penjelasan diatas, masih banyak perbedaan WhatsApp bisnis dengan WhatsApp biasa dan WhatsApp business API.

Perbedaan tentang ketiga kategori WhatsApp diatas akan kami jelaskan dengan lebih rinci perbedaan WhatsApp bisnis di bawah ini:

Infografis Perbedaan Katagori WhatsApp Bisnis

Baca juga: Syarat Mendapat WA Verified Badge


Apakah Kategori WhatsApp Business Berbayar?

Dikutip dari laman Whatsap bahwa pengguna WhatsApp Business Platform akan dikenai biaya berbasis percakapan selama 24 jam. Besarnya tarif  bervariasi berdasarkan empat kategori percakapan di WhatsApp Business Platform seperti berikut:

  • Percakapan marketing yang terkait bisnis, produk, atau layanan Anda. Percakapan ini mencakup penawaran dan promo, saran produk terkait, pesan keranjang yang ditinggalkan, atau percakapan apa pun yang tidak memenuhi syarat sebagai autentikasi atau utilitas.
  • Percakapan utilitas secara langsung terkait dengan transaksi, termasuk notifikasi pasca-pembelian dan laporan penagihan berulang.
  • Pesan autentikasi yang memberikan kode sandi satu kali kepada pengguna untuk tujuan autentikasi. Percakapan ini dapat muncul kapan saja di setiap bagian perjalanan pelanggan, misalnya seperti pendaftaran akun, pemulihan akun, atau tantangan integritas.
  • Percakapan terkait layanan yang dimulai oleh pealnggan. Sebagian besar isi percakapan ini biasanya terkait dengan penyelesaian pertanyaan pelanggan. Pada penerapanyan, bisnis dapat merespons dalam periode layanan pelanggan selama 24 jam.

Baca juga: Daftar Biaya dan Harga WhatsApp Business API Terbaru (Pricing)


Dapatkan Aplikasi WhatsApp Business Terbaik Sekarang!

Anda tidak perlu bingung lagi mencari BSP terbaik untuk memperoleh Aplikasi WhatsApp Business API, karena kami merekomendasikan  Mekari. Pengalaman mereka dalam melayani banyak bisnis lokal di Indonesia akan menguntungkan bagi bisnis Anda, dimana Mekari Qontak sangat mengerti akan kebutuhan bisnis di Indonesia.

Mekari Qontak dapat membantu Anda untuk memperoleh WhatsApp API terbaik di Indonesia. Mereka juga akan memandu Anda untuk dapat menggunakan WhatsApp API dengan baik, seperti membuat WhatsApp API chat, mengirimkan notifikasi WhatsApp, membuat bot WhatsApp API, dan sebagainya.

Tak hanya itu, untuk optimasi bisnis lainnya Anda juga dapat mengandalkan Mekari Qontak karena Mekari Qontak juga merupakan penyedia aplikasi CRM Omnichannel yang dapat diintegrasikan dengan WhatsApp Business API. Kombinasi Aplikasi CRM dan WhatsApp API dapat mengoptimalkan dan mempermudah proses bisnis Anda.

Lebih dari 3000 perusahaan telah mempercayai Mekari Qontak untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan mereka. Selain itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Yuk, Dapatkan Demo Gratis WhatsApp Business API Terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak sekarang !

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales