Daftar isi
5 min read

5 Cara Mudah Ubah WA Bisnis ke WA Biasa

Tayang 21 Juni 2024
Diperbarui 15 Juli 2024
Panduan Mengembalikan WA Bisnis ke WA biasa
5 Cara Mudah Ubah WA Bisnis ke WA Biasa

WhatsApp adalah aplikasi yang banyak digunakan untuk berkomunikasi melalui teks, video atau suara. Seiring berjalannya waktu, penggunaan WhatsApp tidak sebatas untuk keperluan personal tapi juga untuk bisnis.

Menyadari hal tersebut, WhatsApp meluncurkan produk khusus business pada tahun 2018. Hal ini disambut baik sejumlah bisnis dengan beralih menggunakan WhatsApp Business.

Namun, tidak semua pelaku usaha menggunakan WhatsApp business berhasil memanfaatkannya dengan baik yang membuatnya ingin kembali ke WhatsApp biasa.

Alasan yang melatarbelakangi migrasi WA bisnis ke WA biasa mungkin saja karena masalah teknis, mengalami kerugian dalam bisnis, atau beralih ke akun bisnis yang baru.

Jika Anda salah satu di antara bisnis tersebut, Anda bisa mengikuti cara mengubah WA bisnis ke WA biasa pada artikel berikut.

Apakah Bisa Mengubah WhatsApp Bisnis Menjadi WhatsApp Biasa?

Kemungkinan tidak banyak yang tahu, bahwa Anda bisa pindah dari WA bisnis ke WA biasa. Namun sebelum itu, Anda perlu menyimpan informasi profil bisnis Anda secara manual, seperti nama bisnis, alamat, dan kategori, karena data ini tidak dapat ditransfer.

Setelah downgrade WA Bisnis ke WA biasa, mungkin pengguna lain yang mendapatkan pesan Anda akan mendapat pemberitahuan bahwa akun tersebut sebelumnya adalah akun Bisnis. Namun hal tersebut hanya berlangsung beberapa hari dan akan berubah seiring berjalannya waktu.

Perlu dicatat bahwa meski telah mengubah ke akun pribadi, Anda hanya menonaktifkan fitur bisnis. Artinya akun WhatsApp bisnis Anda tetap utuh, dan Anda dapat beralih kembali ke akun Bisnis kapan saja Anda butuhkan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Akun WhatsApp Business

Bagaimana Cara Mengubah WA Bisnis ke WA Biasa?

Cara Mengubah WA Bisnis ke WA Biasa (1)

Setelah mengetahui bahwa Anda bisa migrasi wa bisnis ke wa biasa, mungkin Anda penasaran bagaimana cara downgrade WA Bisnis ke WA biasa.

Oleh karena itu, kami memberikan cara simpel untuk mengubah WA bisnis ke WA biasa seperti berikut:

Langkah 1. Backup chat dan media dari WA Bisnis

Langkah awal untuk beralih ke WA biasa adalah mengamankan data yang ada di akun WA bisnis Anda. Meskipun Anda tidak memerlukan akun bisnis, katalog, dan sebagainya, Anda akan memerlukan cadangan obrolan, gambar, dan media.

  • Jika Anda tidak memerlukan obrolan tersebut, Anda bisa melewati langkah berikut:
  • Buka aplikasi WhatsApp Business Anda
  • Klik logo titik tiga yang berada di sudut kanan atas
  • Tekan opsi “Pengaturan”
  • Pilih “Obrolan”
  • Tekan “Cadangan Obrolan: yang dilanjutkan dengan mengklik “Cadangkan”
  • Periksa akun Google Drive atau iCloud yang Anda gunakan

Langkah 2. Catat informasi penting

Sebelum menghapus aplikasi WhatsApp Business dari perangkat, maka Anda perlu mencatat informasi dalam akun WhatsApp bisnis secara manual. Misalnya nomor telepon pelanggan, grup dan informasi penting lainnya. Sebab, saat Anda menghapus akun, Anda akan keluar dari grup-grup Anda.

Langkah 3. Unduh dan pasang aplikasi WhatsApp biasa

Tahapan selanjutnya, Anda bisa mengunduh aplikasi WhatsApp biasa di Google Play Store atau Apple App Store. Kemudian buat akun dengan menyetujui syarat dan ketentuan layanan yang pihak WhatsApp tentukan.

Langkah 4. Verifikasi nomor telepon yang sama dengan WA Bisnis

Setelah menerima syarat dan ketentuan, Anda akan menerima kode verifikasi enam digit yang dikirim melalui SMS atau panggilan telepon.

Masukkan nomor telepon dan verifikasi dengan OTP. Setelah diverifikasi, akun akan memindai cadangan di drive atau database. Pastikan email yang digunakan untuk mencadangkan obrolan dan media tersedia di perangkat yang Anda gunakan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat WhatsApp Business Verified Terbaru

Langkah 5. Pulihkan chat dan media

Terakhir, Anda bisa mengembalikan data dari WA bisnis ke WA biasa dengan pilih cadangan, dan biarkan aplikasi memulihkan obrolan dan media. Awalnya, akun hanya akan memulihkan obrolan. Setelah riwayat obrolan dipulihkan, aplikasi akan memulihkan media juga.

Baca juga: Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis, Tanpa Ganti Nomor

Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Migrasi dari WA Bisnis Ke WA Biasa

Setelah Anda berhasil mengubah WA bisnis ke WA biasa dengan cara di atas, mungkin Anda akan merasa sedikit perbedaan. Perbedaan yang paling mencolok di antaranya fitur- fitur yang biasa Anda temui di WA bisnis tidak ada lagi di WA biasa.

Misalnya terkait Informasi pada profil bisnis, yang mencantumkan nama bisnis, alamat, dan kategori. Pada WA biasa, fitur profil hanya memuat nama, info/status dan nomor telepon.

Anda juga tidak bisa menemukan katalog produk setelah bermigrasi ke WA biasa. Fitur WA bisnis yang mungkin masih Anda butuhkan tapi tidak dimiliki WhatsApp biasa adalah auto reply.

Selain menyesuaikan diri dengan sebagian fitur yang hilang, Anda juga memiliki pekerjaan lain setelah mendowngrade menjadi WA biasa. Pekerjaan tersebut adalah mengatur ulang profil dan pengaturan di WA biasa, dengan cara berikut:

  • Buka Aplikasi WhatsApp
  • Klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas
  • Pilih “Pengaturan” dari menu dropdown
  • Klik nama Anda atau foto profil Anda di bagian atas layar untuk masuk halaman profil
  • Klik ikon foto profil Anda untuk mengganti foto profil,
  • Pilih opsi “Galeri” untuk memilih foto dari galeri ponsel Anda atau “Kamera” untuk mengambil foto baru.
  • Klik bagian nama atau status untuk mengganti nama atau status
  • Masukkan atau edit teks sesuai keinginan Anda
  • Setelah Anda selesai mengatur ulang profil, pastikan untuk menyimpan perubahan dengan mengetuk tombol “Simpan” atau “Centang” yang muncul di layar.

Ubah WhatsApp Business Anda Sekarang

Ada beberapa alasan mengapa pengguna WhatsApp bisnis mengubah akun mereka ke WhatsApp biasa. Kemungkinan besar karena ada masalah teknis, mengalami kerugian dalam bisnis, atau beralih ke akun bisnis yang baru.

Pada dasarnya, mengubah akun WA bisnis ke WA biasa relatif mudah, Anda cukup mengikuti langkah-langkah seperti di jelaskan di atas. Namun, setelah berpindah ada beberapa fitur WhatsApp Business yang tidak bisa lagi Anda gunakan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin beralih ke akun bisnis baru akan lebih baik untuk menggunakan WhatsApp business API. Aplikasi WhatsApp ini dirancang khusus untuk pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan mereka.

Sementara untuk memiliki akun WhatsApp API, bisnis perlu bermitra dengan BSP WhatsApp resmi seperti Mekari Qontak. Dengan menjadi mitra Mekari Qontak, Anda memiliki fitur canggih untuk membantu meningkatkan penjualan seperti chatbot, centang hijau, blast dan lainnya.

Konsultasi Kebutuhan Bisnis Anda dengan tim ahli Mekari Qontak secar gratis melalui link berikut.

Referensi

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales