Daftar isi
9 min read

6 Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis, Tanpa Ganti Nomor

Tayang 20 Juni 2024
Diperbarui 15 Juli 2024
Panduan lengkap untuk Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis
6 Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis, Tanpa Ganti Nomor

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan populer yang digunakan lebih dari 175 juta orang setiap harinya. Popularitas WhatsApp ini berdampak pada kegiatan sehari-hari, tak tak terkecuali kepentingan bisnis.

Penelitian Nielsen menyebutkan sekitar 67% pelanggan lebih memilih menggunakan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp untuk berinteraksi dengan bisnis. Fakta tersebut menjadi alasan banyak bisnis mulai menggunakan WhatsApp Business.

Namun, bagi Anda yang sudah menggunakan WA biasa apakah ada cara untuk mengubah ke WA bisnis?

Yuk, temukan jawaban selengkapnya pada artikel berikut.

Apakah WA Biasa bisa Pindah WA Bisnis?

Jika Anda sudah memiliki akun WhatsApp biasa, Anda bisa mengubahnya menjadi WhatsApp Business. Pengubahan menjadi WA business akan memberikan dampak yang lebih besar pada penjualan dan pertumbuhan bisnis.

Berbeda dengan WhatsApp biasa, aplikasi WhatsApp Business dirancang khusus untuk bisnis kecil maupun besar terhubung dengan pelanggan secara langsung. Hal ini membantu bisnis memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Aplikasi WhatsApp Business menawarkan berbagai fitur gratis yang memungkinkan bisnis untuk mempromosikan dan menjual produk serta layanan lebih efektif. Fitur tersebut juga membantu bisnis menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih personal, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan.

Bagaimana Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis?

Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis

Dengan keuntungan yang WhatsAp bisnis tawarkan seperti dijelaskan sebelumnya, tentu tidak heran jika banyak bisnis tertarik menggunakannya.

Namun jika Anda terlanjur menggunakan WhatsApp biasa untuk keperluan bisnis, Anda bisa mengubah menjadi akun WA business.

Berikut cara mengubah WA biasa ke WA bisnis:

Langkah 1. Cadangkan chat dan media WhatsApp biasa

Cara pertama untuk mengubah WA biasa ke WA bisnis adalah mencadangkan data akun Anda terlebih dahulu. Dengan begitu semua percakapan dan media yang ada pada akun WhatsApp biasa Anda sebelumnya tidak hilang selama konversi.

Ikuti langkah berikut untuk mencadangkan data sebelum beralih ke WA bisnis:

Pengaturan > Chat > Cadangan chat > Cadangkan sekarang

Sementara untuk mengekspor riwayat chat dari sebuah percakapan:

  • Buka chat tersebut
  • Ketuk Opsi lainnya
  • Pilih opsi “Lainnya”
  • Klik “ Ekspor chat”
  • Pilih “Tanpa media atau Sertakan” media
  • Kemudian Anda akan menerima email yang berisi riwayat chat Anda terlampir sebagai file .zip

Catatan:

Jika Anda memilih Sertakan media, media terbaru yang dikirim akan ditambahkan sebagai lampiran yang akan dikirim melalui lembar berbagi Anda. Sementara saat mengekspor dengan atau tanpa media, Anda dapat mengirim hingga 100.000 pesan terbaru.

Langkah 2. Download dan install aplikasi WhatsApp Business

Langkah selanjutnya adalah mengunduh WhatsApp Business dari Google Play Store untuk pengguna Android dan dari Apple App Store untuk pengguna iPhone.

Setelah aplikasi selesai diunduh, buka aplikasi dengan mengklik ikon WhatsApp Business di layar utama ponsel Anda

Langkah 3. Buat Akun WhatsApp Business

Setelah membuka aplikasi WhatsApp Bisnis, Anda bisa mulai membuat akun. Isi semua informasi yang diperlukan untuk memulainya, seperti nama dan kategori bisnis, serta pilih foto profil yang sesuai, sebaiknya logo perusahaan.

Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke halaman yang berisi syarat dan ketentuan layanan WhatsApp Business. Setelah membaca dan menyetujui, lanjutkan untuk menerima “Syarat dan Ketentuan” tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Akun WhatsApp Business

Langkah 4. Verifikasi nomor telepon yang sama dengan WhatsApp biasa.

Langkah berikutnya adalah mendaftarkan nomor telepon ke akun bisnis.

Saat mengonversi dari Messenger ke akun bisnis, WhatsApp akan secara otomatis mengenali nomor yang digunakan sebelumnya. Periksa dan klik nomor tersebut untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Jika nomor yang muncul bukan nomor yang ingin Anda gunakan, ketuk Gunakan Nomor Lain, lalu ikuti proses verifikasi standar.

Langkah 5. Lengkapi profil akun WA bisnis

Jika Anda berhasil melakukan proses verifikasi, langkah selanjutnya adalah melengkapi profil bisnis, dengan cara berikut:

Buka Pengaturan > Nama Bisnis Anda, dan tambahkan informasi yang relevan.

Sementara itu, Anda bisa mengisi daftar informasi dalam akun WhatsApp adalah

  • Nama Bisnis: Nama resmi bisnis Anda
  • Foto Profil: Logo atau gambar yang mewakili bisnis Anda
  • Deskripsi Bisnis: Penjelasan singkat tentang bisnis Anda
  • Alamat: Lokasi fisik bisnis Anda (jika ada)
  • Kategori Bisnis: Jenis atau bidang bisnis Anda
  • Jam Operasional: Waktu operasional atau jam buka bisnis Anda
  • Email: Alamat email resmi bisnis Anda untuk keperluan komunikasi
  • Website: URL situs web bisnis Anda, jika ada

Dengan mengisi informasi di atas, akan membantu pelanggan mengetahui lebih banyak tentang bisnis Anda dan bagaimana cara menghubungi atau mengunjungi Anda.

Langkah 6. Impor chat dan media dari WhatsApp biasa

Langkah terakhir adalah impor chat dan media yang Anda cadangkan sebelumnya.

Setelah menyelesaikan proses di atas, WhatsApp Business akan meminta akses ke kontak, galeri media, dan file. Klik “izinkan” untuk memberikan akses dan membiarkan daftar kontak dan media disinkronkan dengan aplikasi.

Apa saja Fitur-Fitur yang ada WhatsApp Business?

Setelah berhasil mengubah WA biasa ke WA bisnis dengan cara di atas, Anda bisa mengeksplorasi fitur-fitur yang ditawarkan sebelum menggunakannya.

Berikut adalah fitur-fitur yang WhatsApp Business miliki:

Katalog produk atau layanan

Katalog produk hanya bisa Anda temukan pada WhatsApp Business. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan sejumlah produk yang dijual berikut foto serta informasinya.

Berikut adalah beberapa fakta penting tentang katalog WhatsApp bisnis:

  • Pengguna bisa mengunggah hingga 500 produk atau layanan
  • Setiap produk atau layanan dapat mencakup judul, harga, deskripsi, kode produk, dan tautan ke produk di situs web Anda
  • Setiap produk memiliki gambar
  • Pengguna dapat berbagi tautan dari katalog dalam percakapan WhatsApp

Pesan otomatis dan pesan salam

Fitur selanjutnya yang WhatsApp bisnis tawarkan adalah pesan otomatis. Fitur ini memungkinkan bisnis untuk mengirimkan pesan ke pelanggan secara otomatis.

Pesan otomatis biasanya berupa salam sapaan setiap kali pelanggan menghubungi bisnis untuk memulai percakapan. Selain itu, bisnis juga bisa mengirimkan auto reply dengan jawaban singkat dari pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan.

Baca juga: Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp

Label atau filter untuk mengelola chat

Fitur label membantu Anda mengorganisir dan mengkategorikan pesan-pesan yang masuk. Dengan menggunakan label, Anda dapat membuat sistem yang terstruktur untuk mengelola komunikasi dengan lebih efisien.

Selain menggunakan label yang sudah ada, WhatsApp Business juga memungkinkan Anda untuk membuat label-label kustom sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda lebih fleksibel dalam mengatur dan melacak komunikasi dengan pelanggan.

Statistik Pesan

WhatsApp bisnis juga menyediakan data statistik berisi berapa banyak pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca oleh pelanggan. Melalui statistik tersebut, Anda dapat memonitor kinerja komunikasi dan menyesuaikan strategi yang akan Anda jalani.

Status

Mirip dengan fitur status di WhatsApp biasa, pada WhatsApp Business Anda dapat membagikan gambar, video, atau teks yang menginformasikan pelanggan tentang penawaran terbaru, update produk, atau konten menarik lainnya.

Integrasi WhatsApp Web

Terakhir, Anda bisa mengakses WhatsApp Business dari desktop melalui browser web. Hal ini mempermudah manajemen pesan dan komunikasi dari komputer.

Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Business dengan Bijak?

Berikut adalah tips menggunakan WhatsApp Business untuk keperluan bisnis berkomunikasi dengan pelanggan:

Menjaga profesionalitas dalam berkomunikasi

Bagian pertama, bisnis perlu memperlihatkan profesionalitas bisnis saat berinteraksi dengan pelanggan. Salah satu caranya dengan menggunakan bahasa yang sopan, profesional, dan sesuai dengan konteks bisnis Anda dalam setiap pesan yang Anda kirimkan kepada pelanggan.

Kemudian, usahakan untuk merespons pesan dari pelanggan secepat mungkin, terutama pertanyaan atau permintaan yang berkaitan dengan layanan atau produk Anda. Hal ini menunjukkan bahwa Anda peduli dengan kebutuhan dan pertanyaan mereka.

Hindari penggunaan bahasa yang kasar atau tidak pantas dalam setiap situasi. Ini termasuk penggunaan emoticon atau emoji yang terlalu informal jika tidak sesuai dengan merek atau citra bisnis Anda.

Dengan menjaga profesionalitas dalam berkomunikasi melalui WhatsApp Business, Anda dapat meningkatkan reputasi bisnis Anda, membangun kepercayaan dengan pelanggan, dan memperkuat hubungan jangka panjang dengan mereka.

Memanfaatkan fitur-fitur WhatsApp Business secara optimal

Selain menjaga profesionalitas, Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur WhatsApp bisnis untuk memberikan keuntungan. Ikuti langkah berikut untuk memaksimalkan penggunaan fitur-fitur WhatsApp bisnis:

  • Profil bisnis: lengkapi semua informasi yang diperlukan untuk membangun kesan pertama di pikiran pelanggan
  • Katalog produk: tambahkan produk ke dalam berbagai kategori, dan memberikan deskripsi yang detail untuk masing-masing
  • Pesan sambutan: kirimkan pesan sambutan setiap kali memulai interaksi, sehingga membantu pelanggan merasa diterima dengan baik dan istimewa
  • Pesan otomatis: atur balasan pesan cepat untuk menghindari pelanggan terbengong-bengong dan frustasi
  • Pesan siaran dan grup: kirimkan pesan promosi secara massal kepada 256 kontak tanpa pelanggan mengetahui satu sama lain
Baca juga: Cara Melakukan Optimasi WhatsApp untuk Bisnis

Integrasi WhatsApp Business dengan platform lain

Mengintegrasikan WhatsApp Business dengan platform lain dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas kemampuan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengintegrasikan WhatsApp Business dengan platform lain:

Integrasi dengan CRM memungkinkan Anda untuk sinkronisasi data pelanggan, riwayat percakapan, dan catatan lainnya antara WhatsApp dan sistem manajemen pelanggan Anda, sehingga membantu dalam mengelola hubungan pelanggan secara lebih efektif.

Sistem E-commerce memungkinkan pelanggan untuk berkomunikasi langsung dengan Anda melalui WhatsApp dari platform e-commerce untuk menanyakan ketersediaan produk, atau pertanyaan lainnya.

Chatbot memungkinkan otomatisasi interaksi dengan pelanggan. Chatbot dapat merespons pertanyaan umum, memberikan informasi produk, menerima pesanan, dan bahkan memberikan dukungan pelanggan dasar secara otomatis

Integrasi dengan sistem pembayaran untuk memudahkan pelanggan melakukan transaksi langsung melalui WhatsApp
Pemasaran digital seperti Facebook Ads atau Google Ads untuk mengarahkan iklan tersebut untuk mengunjungi WhatsApp Business Anda

Analisis dan pelaporan untuk melacak dan menganalisis interaksi pelanggan melalui WhatsApp Business, yang membantu memahami perilaku pelanggan dan meningkatkan strategi komunikasi Anda.

Dengan mengintegrasikan WhatsApp Business dengan platform-platform di atas, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memperluas kemampuan komunikasi bisnis Anda secara keseluruhan.

Beralih ke WhatsApp Business API

WhatsApp Business API membantu Anda untuk mendalami pendekatan bisnis Anda. Anda mendapatkan berbagai fitur canggih yang tidak Anda temui pada WhatsApp Bisnis gratis.

Salah satu fitur yang ditawarkan adalah centang hijau yang menunjukkan akun telah terverifikasi. Tanda ini membantu membangun kepercayaan dengan pelanggan dan memberikan kesan sebagai merek yang kuat.

Baca juga: Panduan Lengkap WhatsApp Business API

Ubah Akun WA Anda ke WA Business untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Beralih ke WhatsApp Business memberikan banyak manfaat seperti fitur-fitur khusus yang dapat membantu bisnis berkomunikasi dengan lebih efisien dan profesional. Dengan mengikuti cara di atas, Anda bisa mengubah WA biasa ke WA bisnis untuk meningkatkan layanan dan hubungan dengan pelanggan.

Namun, untuk bisnis yang ingin mencapai efisiensi dan otomatisasi yang lebih tinggi, beralih ke WhatsApp Business API adalah pilihan yang tepat. WA API menyediakan fitur-fitur canggih yang membantu meningkatkan pengalaman pelanggan.

Mekari Qontak merupakan mitra resmi WhatsAppp Business API terbaik di Indonesia. WhatsApp API Mekari Qontak menyediakan fitur-fitur canggih yang memungkinkan integrasi mendalam, otomatisasi layanan, dan peningkatan kredibilitas bisnis.

Konsultasi Kebutuhan Bisnis Anda dengan tim ahli Mekari Qontak secar gratis melalui link berikut.

Referensi

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales