Daftar isi
11 min read

Perhatikan! 6 Cara Mudah Membuat Akun WhatsApp Business

Tayang 11 April 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
WhatsApp API Qontak by Mekari
Perhatikan! 6 Cara Mudah Membuat Akun WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business adalah platform WhatsApp yang dirancang khusus untuk pelaku binis kecil dan menengah. Aplikasi WhatsApp bisnis ini bertujuan untuk memudahkan pelaku bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggannya. Lalu, bagaimana cara buat whatsapp business? Apakah sulit?

Pelaku bisnis dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di PlayStore (Android) maupun App Store (iPhone). Berbeda dengan WhatsApp Messenger yang digunakan oleh kebanyakan orang, aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan untuk memudahkan transaksi bisnis.

WhatsApp bisnis memiliki banyak fitur yang memanjakan Anda sebagai pebisnis, mulai dari katalog, pesan cepat, hingga tampilan profil yang berbeda. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi, menyortir, dan membalas pesan prospek dan pelanggan lebih cepat.

Pada artikel berikut ini akan mengupas tuntas tentang pengertian, fitur, dan cara mengubah whatsapp menjadi akun bisnis yang mudah untuk dicoba. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan cara mengubah whatsapp menjadi akun bisnis pada ulasan berikut ini!


Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger

Sebenarnya fungsi WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa atau Messenger sama yakni untuk komunikasi dau arah. Namun kedua aplikasi ini memiliki perbedaan mencolok.

Perbedaan utama antara WhatsApp bisnis dan biasa terlihat pada fitur yang dibawa masing-masing. Di mana fitur yang dimiliki WhatsApp business mendukung aktivitas bisnis seperti katalog, laporan statistik, pesan otomatis dan banyak lainnya. Sementara WhatsApp biasa hanya terdiri dari fitur yang berguna untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

Selain fitur, ada perbedaan lainnya yakni nomor yang didaftarkan untuk akun WhatsApp Business bersifat permanen. Artinya tidak bisa diubah kapan saja. Berbeda dengan WhatsApp biasa yang bisa Anda ubah sesuai kebutuhan. Hal tersebut juga berlaku untuk nama bisnis yang tidak bisa diubah-ubah.

Baca juga: Perbedaan WA Biasa, WA Bisnis, dan WhatsApp Official Business


Apa Saja Fitur WhatsApp Business?

Meskipun ditujukan untuk bisnis, namun aplikasi ini tetap didesain dan dilengkapi dengan fungsi yang sama seperti WhatsApp biasa, sehingga Anda tetap dapat menggunakan semua fitur yang sama, mulai dari mengirimkan pesan hingga mengirimkan foto.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur penting lainnya yang dapat mendukung interaksi dengan pelanggan bisnis Anda. Berikut adalah fitur-fitur yang dapat Anda temukan dalam aplikasi WhatsApp Business:

– Nama bisnis

Berbeda dengan WhatsApp Messenger, Anda tidak bisa mengubah nama akun WhatsApp bisnis kapan saja. Anda harus mematuhi persyraratan berikut:

  • Huruf kapital hanya boleh digunakan untuk akronim dan huruf pertama pada nama akun bisnis.
  • Nama bisnis tidak boleh hanya terdiri dari Nama lengkap seseorang
    – Istilah umum (contoh: Pakaian)
    – Lokasi geografis umum (contoh: Jakarta)
    – Kurang dari tiga karakter
  • Tidak boleh ada spasi tambahan di antara kata. Apabila nama bisnis Anda terdiri dari dua kata, pemisah kata tersebut hanyalah sebuah spasi.
  • Tidak boleh menambahkan tanda baca, emoji, simbol, dan karakter spesial apapun.
  • Dilarang menambahkan karakter non-alfanumerik (karakter yang bukan berupa angka atau huruf).

– Profil Bisnis

Salah satu fitur utama yang dimiliki WhatsApp Bisnis dan tidak dapat Anda temukan di WhatsApp biasa adalah fitur profil bisnis. Fitur ini dapat membantu Anda untuk mencantumkan informasi penting terkait bisnis Anda. Ini termasuk alamat, situs web, email, media sosial bisnis Anda.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur ini sebagai branding yang dapat memudahkan prospek atau pelanggan untuk mengenali dan memahami bisnis Anda.

Berikut cara mengedit profil bisnis Anda.

  • Buka WhatsApp Bisnis
  • Klik Opsi Lainnya atau  Setelan
  • Pilih nama bisnis Anda
  • Klik Edit
  • Ketuk bidang mana saja untuk memperbarui
  • Pilih Simpan

– Fitur Pesan Otomatis

Aplikasi WhatsApp Business juga memiliki fitur pesan otomatis yang dapat Anda gunakan untuk membuat salam yang dikirim secara otomatis. Fitur WhatsApp Business ini dapat membantu meningkatkan interaksi Anda dengan pelanggan baru yang mengirimkan pesan untuk Anda.

WhatsApp Bisnis menyediakan tiga fitur balas otomatis yang tidak terdapat di WhatsApp Messenger. Ketiga fitur tersebut adalah sebagai berikut.

  • Away Message: otomatis membalas pesan pelanggan yang masuk pada luar jam kerja atau saat bisnis sedang tidak beroperasi.
  • Greeting Message: otomatis mengirimkan pesan saat pelanggan pertama kali menghubungi Anda.
  • Quick Replies: memberikan pesan balasan otomatis berupa jawaban pertanyaan yang sering diajukan pelanggan.

– Katalog

Fitur katalog dapat membantu Anda untuk menampilkan dan membagikan informasi produk serta layanan yang Anda miliki. Sederhananya ini adalah katalog digital yang dapat membantu Anda untuk menampilkan produk dan informasi terkait produk Anda. Ini termasuk nama produk, deskripsi, harga, dan link terkait produk.

Cara untuk menggunakan fitur katalog ini dimulai dengan membuka menu Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Katalog.

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan foto, keterangan, deskripsi, dan harga produk. Anda juga dapat menambahkan link terkait dengan produk tersebut. Misalnya, Anda bisa beri link ke toko online Anda. Fitur Katalog ini bisa menampilkan foto produk hingga 500 foto.

– Tautan Pendek

Anda dapat menggunakan fitur tautan pendek atau short link untuk mempermudah pelanggan baru terhubung dengan bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat membagikan tautan pendek akun WhatsApp Business Anda ke berbagai channel yang Anda gunakan, termasuk di antaranya media sosial.

Dengan demikian, prospek dan pelanggan dapat dengan mudah untuk menggapai akun Anda dan mengirim pesan ke bisnis Anda.

– Kategori Bisnis

Pada kolom profil di WhatsApp Bisnis, terdapat menu Kategori Bisnis. Anda bisa pilih kategori bisnis yang sesuai lewat dropdown list yang sudah terdaftar. Namun, jika kategori bisnis Anda tidak ada dalam list kategori bisnis, Anda dapat memiliki menu “others”.

Adanya Kategori Bisnis ini dapat mempermudah para pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang Anda jalankan. Tentunya fitur ini tidak akan Anda temukan pada WhatsApp Messenger.

– Label

Anda mungkin akan merasa kebingungan ketika menghadapi banyaknya chat dari pelanggan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena dengan fitur label, Anda dapat mengorganisir serta menemukan chat pelanggan dengan mudah. Selain itu, Anda juga dapat mengurutkan percakapan pelanggan menjadi beberapa kategori, seperti “Pelanggan Baru” atau “Pesanan dalam proses”.

Berikut cara mengoperasikan fitur Label:

  • Menerapkan Label: Klik dan tahan chat > pilih Label > Anda dapat menerapkan label yang sudah ada atau menambahkan label baru pada chat tersebut.
    Menemukan Konten Berlabel: Untuk menemukan konten yang telah dilabeli, buka layar Chat > Klik tombol menu > Label > Klik salah satu label yang ingin Anda lihat
  • Mengelola Label: Untuk mengelola label buka layar Chat > Klik Tombol Menu > Label. Dalam menu ini, Anda dapat melakukan beberapa pengaturan seperti mengedit atau menghapus label, menambahkan warna pada label, dan membuat pesan broadcast ke label tertentu.

– Statistik Pesan

Di WhatsApp Bisnis, Anda dapat meninjau jumlah statistik pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. Fitur ini membantu Anda untuk meninjau pesan mana saja yang efektif.

Untuk memeriksa statistik Anda, buka WhatsApp Bisnis > klik Tombol Menu > Setelah > Setelan Bisnis > Statistik.

Baca juga: Cara Melakukan Optimasi WhatsApp untuk Bisnis


Keunggulan WhatsApp Business

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan WhatsApp bisnis:

– Komunikasi lebih mudah

Keunggulan WhatsApp bisnis yang pertama adalah memudahkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur autoresponder dapat dimanfaatkan untuk menjawab pesan pelanggan secara otomatis dalam hitungan detik.

Hal tersebut membuat Anda dan pelanggan selalu terhubung. Dengan begitu mendorong terjalinnya hubungan baik dengan pelanggan. Diharapkan hal tersebut bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.

– Terpercaya

Kasus penipuan marak terjadi dengan memanfaatkan platform WhatsApp. Hal ini tentu meembuat pelanggan was-was atau cenderung berhati-hati sebelum bertransaksi melalui WhatsApp.

WhatsApp bisnis dapat Anda gunakan untuk mengembalikkan kepercayaan pelanggan. Salah satunya dengan fitur profil pada akun WA bisnis Anda. Lengkapi profil dengan informasi berharga dengan bisnis Anda. Tujuannya agar memudahkan pelanggan untuk mengenali dan mengecek kebenaran bisnis Anda.

– Promosi produk lebih mudah

Setiap bisnis selalu berharap aktivitas promosi mereka berjalan efektif dan efisien. Sayangnya banyak diantara mereka salah menerapkan strategi sehingga tidak tepat sasaran.

Cobalah manfaatkan fitur katalog untuk memamerkan produk-produk yang Anda tawarkan layaknya etalase pada toko offline. Selain foto, Anda juga bisa memasukan deskripsi serta harga produk pada katalog untuk memudahkan pelanggan.

Jangan lupa tautkan link WhatsApp bisnis pada media sosial Anda seperti Facebook, Instagram dan lainnya untuk meningkatkan peluang pelanggan menghubungi Anda. Diharapkan dengan begitu dapat meningkatkan angka penjualan Anda.

– Menjangkau pelanggan di mana saja

WhatsApp business adalah saluran komunikasi real time. Berbeda dengan email yang orang sering menunda untuk membacanya, mereka biasanya langsung memeriksa pesan masuk dari WhatsApp, bahkan saat dalam perjalanan. 80% pesan WhatsApp dibaca dalam lima menit pertama. Ini memberi Anda jendela waktu yang jauh lebih besar untuk mengirim pesan pemasaran. Faktanya, pesan WhatsApp mendapatkan rasio buka 98% yang tidak ada duanya dan rasio klik 45-60%.

– Meningkatkan layanan pelanggan

Lewatlah sudah hari-hari layanan pelanggan yang membuat frustrasi, waktu tunggu yang lama, perutean yang tidak pernah berakhir ke agen, dan email dukungan yang menumpuk. Sebaliknya, WhatsApp Business menyediakan lingkungan yang akrab bagi perusahaan untuk mengobrol dengan pelanggan secara real-time.

Dengan memberikan informasi dan dukungan yang dicari pelanggan Anda, WhatsApp Business menumbuhkan loyalitas dan kepercayaan.

– Percakapan terverifikasi dengan brand

Setiap bisnis harus membuat “Profil Bisnis” di WhatsApp, identitas bisnis unik akan memasukkan elemen branding ke dalam percakapan WhatsApp Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan nomor telepon kontak, URL situs web, lokasi toko, detail promosi, dan lainnya. WhatsApp Business juga memungkinkan Anda menambahkan multimedia ke pesan, termasuk gambar, video, dan dokumen.

Baca juga: Kenali 15 kelebihan WhatsApp Business


Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Bisnis?

Cara membuat WhatsApp Business sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti cara mengubah whatsapp menjadi akun bisnis berikut ini:

Step 1. Download Aplikasi WhatsApp Business

Cara Membuat WhatsApp Bisnis_Download Aplikasi WhatsApp Business

Langkah pertama cara bikin Whatsapp bisnis adalah mengunduh aplikasi WhatsApp Business di handphone Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play Store maupun Apple App Store.

Step 2. Tinjau Ketentuan Layanan WhatsApp Business

Tinjau Ketentuan Layanan WhatsApp Business

Langkah kedua cara mengubah whatsapp menjadi akun bisnis, buka aplikasi dan baca ketentuan layanan WhatsApp Business. Sayangnya banyak orang sering mengabaikan tahapan ini. Padahal meninjau ketentuan layanan cukup penting untuk mengetahui apa saja yang dapat Anda lakukan dan tidak pada aplikasi WhatsApp Bisnis.

Jika Anda sudah menyetujui seluruh ketentuan layanan yang diberikan oleh WhatsApp, klik tombol “Agree & Continue” dan melanjutkan langkah berikutnya.

Step 3. Daftarkan Nomor Telepon

Cara Membuat WhatsApp Bisnis_Daftarkan Nomor Telepon Bisnis Anda

Cara bikin WhatsApp Business selanjutnya adalah mendaftarkan nomor telepon bisnis Anda.

Apabila nomor yang Anda gunakan di telepon tempat mengunduh aplikasi WhatsApp Business adalah nomor bisnis Anda, maka Anda dapat melanjutkan langkah berikutnya.

Namun, apabila nomor yang Anda gunakan berbeda dengan nomor yang ada di telepon Anda, maka Anda dapat memilih untuk memasukkan nomor lainnya.

Pilih negara dari daftar untuk menambahkan kode negara, lalu masukkan nomor telepon Anda dalam format nomor telepon internasional.

Setelah itu klik tanda Selesai atau Lanjut, dan klik Oke untuk menerima kode pendaftaran 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon.

Untuk menyelesaikan langkah pendaftaran, Anda perlu memasukkan kode 6 digit yang Anda terima di sms atau panggilan telepon yang telah Anda pilih.

Step 4. Buat Akun dan Lengkapi Profil Bisnis

Buat Akun dan Lengkapi Profil Bisnis Anda

Selanjutnya, cara mengubah whatsapp menjadi akun bisnis dengan mengisi profil akun WhatsApp Bisnis. Dalam hal ini, Anda perlu memasukkan nama bisnis, memilih kategori bisnis, dan foto profil bisnis Anda.

Lalu, Anda perlu melengkapi profil bisnis Anda dengan mengklik Jelajahi, kemudian pilih Profil bisnis. Dalam hal ini, Anda dapat menambahkan berbagai informasi penting terkait bisnis Anda. Ini termasuk alamat, jam kerja, deskripsi, dan informasi lainnya.

Setelah Anda melakukan semua langkah di atas, cobalah untuk memulai chat dan interaksi dengan pelanggan menggunakan akun WhatsApp Business Anda!

Step 5. Aktifkan fitur balas pesan otomatis

whatsapp-pesan otomatis

Setelah Anda berhasil bikin WhatsApp bisnis, Anda bisa mulai mengatur pesan balas otomatis. Pada WhatsApp Business ada tiga jenis pengaturan balas pesan otomatis yakni Away Message, Greeting Message, Quick Replies. Setiap jenis memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan namanya.

Berikut cara untuk mengatifkan fitur balas otomatis:

Klik Settings > Business Settings > Away Message/Greeting Message/Quick Replies.

Step 6. Tentukan isi pesan balasan otomatis

time-auto-reply-message-for-whatsapp

Setelah Anda mengatur pesan otomatis, tulislah jawaban yang ingin Anda berikan. Misalnya untuk Away Message, pesan yang ditinggalkan berupa pemberitahuan jam operasional bisnis. Selain itu, Anda juga bisa mengatur waktu pengiriman pesannya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan di WhatsApp


Apakah WhatsApp Bisnis Aman?

WhatsApp bisnis dilengkapi dengan sistem enkripsi end-to-end dan two-factor-authentication (2FA). Di mana sistem ini menjamin keamanan percakapan baik pelaku bisnis maupun konsumen.

Meski begitu, potensi kebocoran data mungkin saja terjadi pada WhatsApp. di mana potensi ini akan selalu ada ketika oknum yang tidak bertanggung jawab ingin memanfaatkan akun bisnis yang populer.

Sebaliknya apabila Anda menggunakan versi WhatsApp Business API, kebocoran data tidak akan terjadi. Sebab Anda bisa menghubungkannya langsung dengan aplikasi bisnis yang sepenuhnya Anda kontrol.

Baca Juga: WhatsApp Business API: Panduan Lengkap API WhatsApp (2023)


Tingkatkan Penjualan dengan WhatsApp Bisnis Sekarang!

Bagaimana, cara membuat WhatsApp Bisnis ternyata cukup mudah bukan? Setelah mengubah WhatsApp menjadi akun bisnis, Anda dapat meningkatkan interaksi pelanggan dengan fitur canggih yang ada pada aplikasi WhatsApp Business.

Namun perlu diketahui bahwasanya aplikasi WhatsApp Business didesain khusus untuk bisnis dengan skala kecil. Apabila Anda memiliki bisnis yang sudah cukup besar, maka Anda dapat menggunakan WhatsApp Business Platform atau yang lebih dikenal dengan nama WhatsApp Business API.

WhatsApp API merupakan vergi upgrade dari WhatsApp Business biasa. Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda dapat memeroleh banyak manfaat dari fitur yang tidak dapat Anda temukan di WhatsApp Bisnis biasa, seperti centang hijau dan WhatsApp Blast yang aman dari blokir.

Namun demikian, WhatsApp Business API hanya bisa Anda peroleh dari mitra bisnis resmi WhatsApp seperti Mekari Qontak. Selain itu, Qontak juga menyediakan solusi lengkap end-to-end yang membantu mengotomatiskan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda.

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales