Mekari Qontak
Marketing Other Business

Branding adalah… Jenis, Fungsi dan Cara Membangunnya

Brand Interactivity

Branding yang kuat akan membantu pertumbuhan bisnis Anda. Namun hal tersebut tidaklah mudah untuk dicapai, karena seorang pemilik usaha atau bisnis harus memiliki persiapan yang matang saat melakukan branding.

Pelajarilah beberapa tips membangun branding yang kuat dibawah ini agar bisnis Anda memiliki hubungan yang erat dengan para pelanggan.

Cara membangun branding yang kuat dengan pelanggan:

  1. Memiliki tujuan brand yang jelas
  2. Menjaga konsistensi
  3. Memiliki Website
  4. Membangun hubungan pelanggan (customer relation) yang baik
  5. Meningkatkan kualitas layanan pelanggan
  6. Mengapresiasi pelanggan dengan baik
  7. Memperhatikan persaingan bisnis

Image CTA Branding adalah


Apa Itu Branding?

Branding adalah proses menciptakan persepsi positif yang kuat tentang perusahaan, produk atau layanan bisnis di benak pelanggan dengan menggabungkan elemen-elemen seperti logo, desain, pernyataan misi, dan tema yang konsisten di seluruh komunikasi pemasaran. Branding yang efektif membantu perusahaan membedakan diri dari pesaing mereka dan membangun basis pelanggan yang setia.

Berdasarkan sebuah survei mengatakan bahwa 87% konsumen mengatakan branding yang konsisten di semua platform itu penting. Artinya bahwa pelanggan mengharapkan image yang Anda bangun sama baik melalui email, situs web Anda, layanan pelanggan, dan setiap titik kontak lainnya dalam bisnis Anda.

Jika Anda mengubah citra, Anda perlu mengubah logo Anda, dan menata gaya di mana-mana baik online maupun offline. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat merek yang konsisten sehingga pelanggan Anda senang.


Apa Pentingnya Branding?

Sebuah brand yang unik dapat memiliki dampak besar pada keuntungan Anda dengan memberi Anda keunggulan kompetitif atas pesaing Anda. Hal ini juga membantu Anda memperoleh dan mempertahankan pelanggan dengan biaya yang jauh lebih rendah. Dalam eCommerce, dimana perusahaan baru (dan karenanya, pesaing baru) bermunculan setiap hari, merek yang mapan dapat menjadi aset yang tak ternilai dalam mendatangkan pelanggan dan menghasilkan keuntungan.

Terlepas dari apakah Anda menginvestasikan waktu dan upaya untuk membuat brand yang menarik atau tidak memperhatikannya sama sekali, bisnis Anda tetap memiliki merek. Namun, itu mungkin benar-benar berbeda dengan bagaimana Anda ingin terlihat.

Branding yang baik bersifat strategis, sedangkan pemasaran bersifat taktis. Ketika Anda menetapkan tujuan yang lebih tinggi dan dengan jelas mendefinisikan brand Anda, Anda dapat mulai menyusun rencana pemasaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan tersebut.


Apa Jenis-Jenis Branding?

Sebelum lebih jauh membahas terkait branding, akan lebih baik untuk mengetahui jenis-jenisnya seperti berikut:

– Product branding

Product branding merupakan jenis produk yang bisa mendorong konsumen untuk memilih brand Anda dibandingkan kompetitor. Branding Anda bisa mempengaruhi konsumen untuk memilih produk tersebut dibandingkan produk pesaing lainnya.

Personal branding

Ini merupakan strategi pemasaran yang menggunakan jasa brand ambasador (BA). Dimana BA tersebut biasanya berasal dari kalangan public figure seperti artis, musisi, politisi, dan lainnya. Mereka sudah memiliki image kuat di mata masyarakat, sehingga membatu mengenal produk Anda.

– Corporate branding

Corporate branding meliputi semua produk atau jasa yang diperkenalkan oleh karwan Anda.Mereka berperan penting untuk membangun reputasi perusahaan Anda di pasar. Selain karyawan, aspek-aspek yang mempengaruhi jenis branding ini adalah logo, visi perusahaan, website, kualitas, iklan, pemasaran, kredibilitas, pelayanan.

– Destination branding

Jenis branding ini memiliki tujuan untuk mengenalkan produk atas jasa ketika suatu nama lokasi disebutkan seseorang. Misalnya saja saat seorang menyebutkan kota Semarang, maka orang dapat langsung mengingat lumpia atau wingko baba. Makadari itu, jenis ini biasanya menggambarkan identitas suatu kota, daerah, negara, atau wilayah tertentu.

– Cultural branding

Ini meliputi identidas brand yang telah disesuaikan dengan budaya, adat kebiasaan suatu bangsa, lokasi atau orang-orang dari daerah tertentu. Misalnya budaya bersih-bersih di negara Jepang.


Apa Saja Komponen dalam Branding?

Ada 4 komponen penting dalam membangun branding yang penting sehingga tidak boleh Anda lupakan ketika mengatur brand management. Karena sangat penting, tak jarang sebuah perusahaan atau bisnis sampai menyewa jasa sebuah branding agency untuk melakukannya.

4 komponen penting pada branding tersebut adalah:

– Misi dan Visi Perusahaan

Visi dan misi merupakan dua hal penting yang saling berkaitan dan wajib ada pada sebuah bisnis. Visi merupakan tujuan jangka panjang yang ingin dicapai melalui brand yang Anda miliki. Sedangkan misi merupakan solusi yang ingin Anda tawarkan kepada masyarakat atas masalah yang ada melalui brand milik Anda.

Brand Logo

Sebuah brand management pasti berusaha agar brand logo pada bisnisnya dapat membekas dalam ingatan para konsumen dengan mudah. Untuk itu, sebuah perusahaan mencari logo designer online atau company logo design untuk membuatnya.

Brand logo memerlukan kombinasi yang baik antara gaya tulisan, warna, serta bentuk untuk menciptakan brand awareness yang kuat. Tak jarang sebuah perusahaan sampai harus melakukan rebranding menggunakan brand logo yang baru.

Tagline

Selain brand logo, tagline juga memiliki peranan penting dalam sebuah brand marketing. Tagline dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan, untuk itulah sebuah agensi akan merumuskan kata-kata singkat namun unik tentang produk atau jasa yang dimiliki oleh klien mereka.

– Website

Website telah menggantikan posisi pamflet, billboard, ataupun iklan TV yang dulu digunakan sebagai media untuk branding. Dalam website, Anda dapat mencantumkan semua hal yang terkait dengan bisnis Anda, seperti: produk, jasa, WhatsApp Business, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat memasang widget chat pada website Anda yang terhubung dengan Chatbot agar pelanggan dapat memperoleh balasan melalui auto respon.


Apa Saja Fungsi Branding untuk Bisnis Anda?

Branding merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam mengelola sebuah bisnis dan akan sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Karena dengan branding yang baik, bisnis atau perusahaan Anda akan memperoleh beberapa manfaat berikut ini:

  • Brand  akan lebih mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Hal ini penting untuk membedakan produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan produk atau jasa serupa.
  • Posisi bisnis Anda dalam industri yang Anda geluti akan lebih baik dalam jangka waktu yang lebih panjang.
  • Kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda akan lebih meningkat sejalan dengan brand awareness yang Anda ciptakan.
  • Brand marketing yang baik akan membantu meningkatkan penjualan produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Bagaimana Cara Membangun Branding yang Kuat dengan Pelanggan?

Membangun brand yang kuat dengan pelanggan adalah hal yang tidak mudah namun bisa diusahakan asalkan Anda mengetahui cara terbaik untuk melakukannya. Berikut ini merupakan beberapa langkah membangun branding yang baik:

1. Memiliki tujuan brand yang jelas

Brand-Memiliki-Tujuan-Brand-yang-Jelas-Tagline

Tujuan dari sebuah brand dapat diperoleh dari tagline yang dimiliki. Lewat penjelasan tersebutlah konsumen dapat memahami tujuan dari brand yang Anda ciptakan.

2. Menjaga konsistensi

Branding-Menjaga-Konsistensi

Konsistensi yang dimaksud disini bukan hanya konsisten terhadap mutu produk atau jasa yang ditawarkan, namun juga konsisten menjaga brand management atau brand awareness yang diciptakan, seperti: brand logo, gaya bahasa, dan lain sebagainya. Misalnya seperti mengirimkan pesan blast berisikan brand awareness yang konsisten kepada pelanggan Anda.

3. Memiliki Website

Branding-Memiliki-Website

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa website merupakan salah satu komponen penting dalam membangun brand. Untuk itulah, jangan ragu untuk menyewa jasa branding agency yang dapat membantu Anda membuat website yang baik.

4. Membangun hubungan pelanggan (customer relation) yang baik

Branding-Membangun-Customer-Relation

Hubungan dengan pelanggan harus dijaga dengan baik karena memang pada akhirnya kepuasan pelangganlah yang utama. Anda dapat membangunnya menggunakan aplikasi manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management atau CRM) yang memiliki banyak fitur penting untuk membangun bisnis.

5. Meningkatkan kualitas layanan pelanggan

Branding-Meningkatkan-Customer-Service

Tim layanan pelanggan (customer service) merupakan ujung tombak sebuah bisnis karena merekalah yang bertugas melayani pelanggan serta menerima segala masukan atau keluhan terhadap bisnis Anda. Tak jarang branding pada bisnis dapat rusak hanya karena kesalahan atau kurang baiknya tim customer service pada sebuah bisnis.

6. Mengapresiasi pelanggan dengan baik

Branding-Mengapresiasi-Pelanggan

Poin ini mirip dengan poin sebelumnya, namun yang dijadikan titik fokusnya adalah apresiasi terhadap pelanggan itu sendiri. Pelanggan yang dihargai serta diutamakan dapat membantu bisnis Anda untuk memperoleh kesan yang baik, yang pastinya juga bagus untuk membangun branding.

7. Memperhatikan persaingan bisnis

Branding-Memperhatikan-Persaingan-Bisnis

Sesekali Anda juga perlu memperhatikan persaingan bisnis yang ada di sekitar Anda. Dan jangan ragu juga jika Anda harus melakukan rebranding agar bisnis Anda dapat bersaing dengan kompetitor lain dengan lebih baik.


Dapatkan Aplikasi Canggih untuk Membantu Branding pada Bisnis Anda

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Anda akan membutuhkan aplikasi-aplikasi canggih yang dapat membantu Anda membangun branding yang kuat pada bisnis Anda. Beberapa aplikasi canggih yang Anda butuhkan pada bisnis Anda dapat Anda temukan melalui Mekari Qontak.

Aplikasi bisnis yang dapat mendukung branding pada bisnis yang dapat Anda temukan di Mekari Qontak adalah Aplikasi CRM, Omnichannel, WhatsApp Business API, dan Instagram API yang memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan aplikasi bisnis serupa lainnya. Brand yang kuat dan baik akan membantu bisnis Anda berkembang dengan lebih baik.

Selain itu, Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ bisnis untuk mengelola pemasaran, penjualan, dan meningkatkan hubungan pelanggan mereka. Tak hanya itu saja, Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales