Mekari Qontak
Sales

17 Tips Outbound Sales Call yang Sukseskan Penjualan!

Telepon Cloud PBX Qontak

Dalam dunia bisnis, ada istilah yang dikenal dengan outbound call, yakni panggilan keluar yang dilakukan oleh tim sales untuk melakukan berbagai kepentingan. Salah satunya adalah penjualan atau dikenal dengan outbound sales call.

Lalu, seperti apa outbound sales calls yang sukses meningkatkan penjualan? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

17 tips outbound sales call yang efektif untuk konversi prospek:

  1. Jangan takut
  2. Gunakan skrip sebagai referensi
  3. Lakukan riset untuk memandu panggilan
  4. Bersiap menghadapi keberatan prospek
  5. Gunakan nama prospek
  6. Fokus pada orangnya
  7. Pertahankan nada dan langkah yang alami
  8. Jangan bicara terlalu cepat
  9. Terhubung dengan prospek dan buat mereka bicara
  10. Bicara tentang mereka, bukan Anda
  11. Gunakan bukti sosial untuk mempengaruhi perilaku
  12. Tetap di jalur dan terkendali
  13. Biarkan prospek berbicara
  14. Tawarkan lebih dari satu pilihan
  15. Ingat bahwa waktu itu penting
  16. Manfaatkan teknologi
  17. Buat tujuan

mau coba aplikasi call center terbaik


Apa Itu Outbound Sales Call?

Outbound sales call adalah panggilan yang dilakukan oleh tenaga penjualan ke pelanggan tanpa ada keterlibatan sebelumnya. Sederhananya, ini adalah panggilan keluar yang dilakukan oleh tim sales untuk melakukan penjualan langsung ke pelanggan.

Dalam penerapannya, outbound sales calls sering kali mendapat tanggapan buruk dari penerima. Namun demikian ini tetap dapat memberikan beberapa keuntungan yang terbukti bermanfaat bagi tim penjualan dan bisnis.

Misalnya seperti menghasilkan prospek dengan cepat, membantu memenuhi syarat lead, meningkatkan brand awareness, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 10 Outbound Call Software Terbaik untuk Sales


Tips Outbound Sales Call yang Sukses Meningkatkan Penjualan

Berikut adalah tips outbound sales call yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

1. Jangan takut

Tips outbound sales call yang pertama mungkin terlihat cukup mendasar, namun ini sangat penting. Karena rasa takut akan penolakan atau kegagalan dapat menurunkan motivasi tenaga sales.

Padahal, penolakan adalah hal yang tidak dapat dihindari saat melakukan panggilan dengan beberapa orang tidak cocok. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa Anda atau perwakilan sales bisnis Anda tidak takut.

2. Gunakan skrip sebagai referensi

Tips outbound sales call yang kedua bertujuan untuk menghemat waktu dengan menggunakan skrip sebagai referensi selama panggilan berlangsung.

Penggunaan skrip akan membantu memudahkan Anda untuk memimpin percakapan dan menyampaikan semua poin pembicaraan Anda secara tepat waktu.

3. Lakukan riset untuk memandu panggilan

Meneliti prospek sebelum melakukan panggilan akan memberi Anda akses ke beberapa poin pembicaraan yang benar-benar dapat menarik perhatian mereka dan membuat koneksi secara instan.

Dengan menemukan informasi penting tentang mereka, Anda dapat menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa Anda telah melakukan upaya ekstra untuk mempersonalisasi percakapan.

4. Bersiap menghadapi keberatan prospek

Keberatan bukan berarti secara otomatis mematikan panggilan telepon. Oleh karena itu, Anda perlu bersiap dengan mengantisipasi keberatan umum dan mengembangkan tanggapan untuk mereka.

Dalam hal ini, Anda perlu memikirkan cara untuk mengatasi keberatan yang paling sering Anda dengar dan kemudian latih dengan anggota tim Anda.

5. Gunakan nama prospek

Orang-orang suka mendengar nama mereka sendiri, dan ini adalah cara sederhana, namun dihargai, untuk mempersonalisasi outbound sales calls Anda.

Akan tetapi, Anda perlu tetap berhati-hati untuk tidak menggunakan nama orang tersebut terlalu sering karena ini dapat dianggap mencurigakan dan manipulatif.

6. Fokus pada orangnya

Multitasking bukanlah hal yang tepat dilakukan saat sedang melakukan outbound sales calls. Sebaliknya, Anda harus mendorong tim penjualan untuk menghilangkan gangguan apapun sehingga mereka dapat mendengarkan dengan seksama.

Ini karena detail terkecil yang disebutkan oleh prospek pun bisa menjadi informasi penting yang diperlukan untuk menutup kesepakatan nantinya.

7. Pertahankan nada dan langkah yang alami

Saat Anda berbicara dengan prospek untuk pertama kalinya, Anda tentu ingin mereka mulai mempercayai Anda. Apabila Anda menggunakan nada yang terlalu rendah atau tinggi, kemungkinan prospek akan tidak mempercayai Anda.

Ini karena orang-orang biasanya merespons mirroring dengan baik, jadi cobalah untuk mencocokkan pola bicara dan nada suara mereka. Jika Anda tidak dapat menguasainya, maka pertahankan nada suara Anda agar tetap alami dan tidak goyah.

8. Jangan bicara terlalu cepat

Waktu adalah hal penting yang perlu Anda perhatikan saat melakukan outbound sales calls, namun itu bukan berarti Anda harus terburu-buru saat berbicara di telepon.

Berbicara terlalu cepat dapat membuat Anda terlihat putus asa atau gugup, dan dapat membuat prospek Anda merasa bingung atau bahkan tidak dihargai.

9. Terhubung dengan prospek dan buat mereka bicara

Sebelum mulai membahas penjualan produk, penting untuk membangun kesan dan hubungan baik dengan prospek Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengajarkan sesuatu atau menceritakan sebuah cerita pendek tentang bagaimana produk Anda membantu orang lain.

Buatlah pertanyaan terbuka yang membutuhkan lebih dari jawaban ya atau tidak, untuk terus terhubung dengan prospek Anda.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Menarik Outbound Marketing yang Perlu Diketahui!

10. Bicara tentang mereka, bukan Anda

Ingat, tujuan Anda melakukan panggilan adalah untuk melibatkan prospek selama panggilan keluar. Untuk itu, Anda harus fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan prospek dan bukan Anda.

Adapun cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengajukan pertanyaan berbasis nilai dan kemudian memberikan jawaban berbasis nilai yang berpusat pada prospek.

11. Gunakan bukti sosial untuk mempengaruhi perilaku

Tips outbound sales call berikutnya adalah dengan menggunakan bukti sosial. Fungsinya adalah untuk menjelaskan bagaimana produk Anda membantu orang lain seperti mereka.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan mereka statistik dan skenario penggunaan yang serupa dengan mereka untuk menunjukkan bahwa produk atau layanan Anda dapat bekerja untuk mereka dengan cara yang sama.

12. Tetap di jalur dan terkendali

Pada awal panggilan, perwakilan sales harus mengungkapkan agenda panggilan dan mendapatkan “persetujuan” prospek terkait agenda yang sudah dijelaskan tersebut.

Langkah ini akan membuat calon pelanggan merasa seperti mereka memegang kendali sementara perwakilan adalah orang yang memandu percakapan.

13. Biarkan prospek berbicara

Tips outbound sales call penting lainnya adalah memastikan perwakilan Anda membiarkan prospek untuk berbicara.

Dalam hal ini, Anda perlu menginstruksikan tim penjualan Anda untuk tidak menyelesaikan kalimat prospek. Ini karena menyela dan membuat asumsi yang tidak sesuai dengan apa yang mereka rasakan dapat dengan cepat mengakhiri panggilan.

14. Tawarkan lebih dari satu pilihan

Alih-alih memutuskan apakah mereka ingin membeli produk Anda atau tidak, Anda dapat mengubah pertanyaan ke opsi produk atau layanan mana yang lebih baik untuk mereka.Ini akan membantu Anda untuk tetap menghasilkan penjualan apapun opsi yang mereka pilih.

15. Ingat bahwa waktu itu penting

Waktu di sini bukan hanya seberapa lama Anda melakukan panggilan, tetapi juga kapan waktu yang tepat untuk melakukan panggilan terhadap prospek Anda.

Anda perlu melihat riset yang relevan terkait industri Anda untuk mengetahui waktu terbaik untuk menghubungi target pelanggan Anda.

16. Manfaatkan teknologi

Saat ini teknologi memainkan peranan penting dalam setiap aspek kehidupan, begitu juga dalam bisnis dan penjualan.

Untuk itu, Anda perlu memilih solusi keterlibatan penjualan yang tepat untuk membantu tim Anda secara otomatis mempertahankan tingkat kecepatan dan ketekunan yang tepat melalui irama penjualan otomatis.

Misalnya seperti menggunakan aplikasi call center atau telepon cloud PBX yang terintegrasi dengan CRM.

Rekomendasi: 20 Aplikasi Call Center Terbaik untuk Bisnis

17. Buat tujuan

Tips outbound sales call yang terakhir adalah membuat tujuan, namun tujuan di sini bukan hanya tentang kuota secara keseluruhan saja.

Anda perlu membagi tujuan Anda secara rinci menjadi beberapa bagian. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui apakah tim penjualan Anda sudah mencapai KPI atau target penjualan yang telah ditentukan.

Baca Juga: 10 Tips Telemarketing Sukses Meningkatkan Penjualan


Tingkatkan Penjualan Anda dengan Outbound Sales Call Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Itu dia tips outbound sales call yang efektif dapat mensukseskan penjualan bisnis Anda. Adapun salah satu tips penting yang tak boleh Anda lewatkan adalah memanfaatkan teknologi sebaik mungkin.

Ini karena teknologi merupakan solusi yang tepat untuk membantu mempercepat alur penjualan dan bisnis Anda secara mudah dan instan. Sehingga, Anda dan tim sales lainnya dapat fokus pada hal yang lebih penting.

Mekari Qontak menyediakan solusi Telepon Cloud PBX yang memudahkan tim penjualan Anda untuk melakukan outbound sales call di mana saja dan kapan saja secara mudah. Selain itu, Mekari Qontak juga menawarkan berbagai solusi pendukung bisnis lainnya yang dapat Anda integrasikan dalam satu platform terpadu. Sangat menarik bukan?

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo Telepon Cloud PBX Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales