Daftar isi
9 min read

Kenali 7 Cloud PBX Provider Terbaik dan Keunggulannya untuk Bisnis

Tayang 07 Maret 2023
Diperbarui 31 Januari 2024
Kenali 7 Cloud PBX Provider Terbaik dan Keunggulannya untuk Bisnis

Di tengah perkembangan teknologi, istilah PBX (Private Branch Exchange) bukan istilah asing lagi bagi pelaku bisnis. Bahkan banyak vendor yang menawarkan cloud PBX provider dengan berbagai kelebihan.

Kelebihan cloud PBX yang paling diminati adalah memberikan fleksibilitas untuk berkomunikasi didalam atau di luar perusahaan. Berkat kemampuan tersebutlah cloud PBX provider banyak dicari oleh perusahaan-perusahan saat ini.

Oleh karena itu, kami merangkum 7 rekomendasi PBX provider terbaik untuk bisnis. Pelajari selengkapnya pada artikel berikut ini.


Apa Itu Cloud PBX Provider?

Cloud PBX provider adalah penyedia layanan sistem telepon dengan fitur-fitur canggih untuk mendukung bisnis agar dapat berkomunikasi di dalam maupun di luar perusahaan mereka.

Sistem layanan telepon ini berbeda dengan layanan telepon lainnya karena menawarkan layanan tambahan yang mencakup konferensi panggilan, ekstensi, salam, antrean tunggu untuk telepon, dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut, cloud PBX provider umumnya akan menawarkan sistem telepon VoIP (Voice over Internet Protocol) yang disediakan dan diakses sepenuhnya melalui internet.


Bagaimana Cara Cloud PBX Bekerja?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwasanya cloud PBX adalah sistem telepon internet di mana penyedia bertanggung jawab untuk menampung peralatan PBX dan menyediakan layanan telepon bagi penggunanya.

Dalam hal ini, telepon meja Anda akan dicolokkan ke router, kemudian setiap panggilan, pensinyalan, dan fitur akan ditangani melalui server di lokasi fisik penyedia.

Sementara itu, PBX bertanggung jawab untuk merutekan panggilan masuk, memungkinkan transfer panggilan ke ekstensi lain dan menjalankan semua fitur komunikasi sistem telepon.

Lebih lanjut, sistem Anda dapat dikelola menggunakan alur panggilan, yang merupakan kumpulan fitur dan aturan yang Anda tetapkan ke nomor telepon tertentu.

Baca juga: Definisi, Cara Kerja, dan Keuntungan IP PBX


Rekomendasi Cloud PBX Provider Terbaik di Indonesia

1. Mekari Qontak

Cloud PBX Provider - Mekari Qontak

Mekari Qontak menyediakan layanan Telepon Cloud PBX terbaik di Indonesia yang membantu Anda bekerja dari rumah atau kantor dengan mudah. IP PBX Qontak menggunakan solusi panggilan VoIP yang memungkinkan adanya pemantauan serta otomatisasi panggilan.

Cloud PBX Qontak juga memiliki banyak fitur canggih yang mendukung pertumbuhan bisnis. Salah satunya integrasi omnichannel CRM yang memberikan solusi lengkap untuk semua aktivitas bisnis.

Fitur unggulan Cloud PBX Qontak antara lain:

  • Telepon Call Center Jarak Jauh: membangun telepon real time dengan sistem jarak jauh dan fleksibel dengan kemampuan membagikan ke berbagai ekstensi secara gratis. Operasikan pada iOS, Android, PC, Mac atau cukup sambungkan Call Center ke perangkat telepon. Percepat bisnis Anda dengan sistem SLA 99,9%.
  • Jalur Virtual & Respon Suara Interaktif (IVR): Buat robot intuitif berisi menu panggilan yang dapat pelanggan Anda pilih. Rutekan panggilan kepada divisi yang relevan atau eskalasi pertanyaan kepada agen. Buat alur kustom dan tak terbatas pada menu panggilan Anda untuk memperoleh kepuasan pelanggan yang maksimal. Jalur virtual memungkinkan adanya panggilan serentak untuk menskalakan perusahaan Anda.
  • Dasbor Wallboard Real-Time Tetapkan ambang batas SLA kustom untuk mengetahui apakah agen Anda memiliki kinerja yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dapatkan metrik tambahan pada pengalaman pelanggan untuk mengetahui perbaikan apa yang dibutuhkan. Aktifkan peran Supervisor dan Agen untuk mengelola dan memantau tim Call Center.
  • Rekaman Panggilan API – Aktifkan rekaman panggilan yang sepenuhnya patuh terhadap peraturan hukum dan tepat bagi industri keuangan dan lainnya. Integrasikan rekaman panggilan ke cloud Anda sendiri atau database lokal dengan protokol Open API kami. Tingkatkan kinerja menggunakan akuntabilitas yang nyata.

Harga yang ditawarkan Qontak  juga relatif terjangkau, Anda bisa mendapatkan aplikasi CRM terbaik mulai dari Rp200.000 per bulan, dengan uji coba gratis selama 14 hari.

2. Nextiva

Cloud PBX Provider - Nextiva

Nextiva menawarkan layanan telepon komersial untuk bisnis jarak jauh. Ini termasuk solusi menyeluruh dan mulus dalam hal sistem telepon, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses lini bisnis di ponsel pribadi mereka.

Berikut adalah fitur unggulan dari Nextiva:

  • Pesan suara tingkat lanjut
  • Panggilan tak terbatas
  • Nomor lokal & bebas pulsa
  • Perutean panggilan
  • Meneruskan panggilan

Biaya berlangganan Nextiva dimulai dari US$21.95 per bulan atau Anda dapat menghubungi customer support Nextiva untuk informasi lebih lanjut.

3. GoTo Connect

Cloud PBX Provider - GoTo Connect

GoTo menyediakan solusi Connect, yaitu sistem telepon virtual yang mudah digunakan dan memiliki konferensi video dan pesan bawaan.

Dengan menggunakan Connect, Anda dapat melakukan panggilan, rapat, dan membuat pesan di mana saja serta kapan saja.

Sementara itu, Connect memiliki fitur unggulan yang dapat Anda gunakan, antara lain:

  • Bangun bisnis Anda dengan sistem telepon yang lebih kuat
  • Sesuaikan perutean panggilan dan rencana panggilan
  • Terhubung dari mana saja di aplikasi apa pun

Anda dapat mengakses layanan Connect dari GoTo dengan membayar biaya berlangganan mulai dari US$24 per bulan.

Baca Juga: 6 Cloud Call Center Software Terbaik di Indonesia

4. RingCentral

Cloud PBX Provider _ RingCentral

RingCentral menyediakan layanan MVP (Message, Video, Phone) yang terintegrasi. Ini merupakan solusi tanpa batas untuk melepaskan kekuatan komunikasi bisnis cloud.

Adapun fitur unggulan RingCentral antara lain:

  • Telepon bisnis atau nomor bebas pulsa
  • SMS Bisnis yang Ditingkatkan
  • Pesan suara-ke-teks
  • Pesan tim
  • Berbagi dokumen

Biaya berlangganan RingCentral dimulai dari US$29.99 per bulan untuk paket Essentials dan US$37.99 untuk paket Standard MVP.

5. Vonage

Cloud PBX Provider - Vonage

Vonage menyediakan solusi Unified communications (UCaaS), yaitu komunikasi terpadu yang dapat mengaktifkan percakapan di seluruh dunia melalui suara, sms, pesan tim, faks, media sosial, rapat video, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah fitur unggulan Vonage:

  • Mudah diatur, mudah diadopsi, dan mudah disesuaikan
  • Aplikasi desktop dan seluler membuat tim dan alat tetap terhubung
  • Karyawan dapat berkomunikasi satu sama lain dan pelanggan-hampir di mana saja, kapan saja
  • Fitur fleksibel terintegrasi dengan alat dan aplikasi yang sudah Anda gunakan

Biaya berlangganan Vonage dimulai dari US$19.99 per bulan atau Anda dapat menghubungi customer support Vonage untuk informasi lebih lanjut.

6. Mitel

Cloud PBX Provider _Mitel

Mitel menyediakan solusi PBX untuk bisnis yang tidak hanya menawarkan fitur terbaik untuk ukuran dan jenis bisnis Anda, tetapi juga yang siap disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah fitur utama Mitel:

  • Bekerja seperti yang Anda inginkan
  • Biaya yang efektif
  • Produktivitas dan aksesibilitas karyawan
  • Mudah untuk dirawat

Anda dapat berlangganan Mitel dengan menghubungi secara langsung customer support Mitel.

7. 8×8

Cloud PBX Provider - 8x8

8×8 menawarkan solusi telepon bisnis yang dapat menjadikan ponsel Anda bekerja lebih cerdas, dengan memanfaatkan cloud PBX untuk meningkatkan karyawan, mengelola, dan menskalakan layanan suara Anda secara lebih efektif.

Adapun fitur unggulan dari 8×8 antara lain:

  • Telepon, SMS & Faks Tanpa Batas
  • Penjawab Otomatis Multi-Level
  • Rekaman Panggilan
  • Pesan Suara Visual

Sementara itu, biaya berlangganan 8×8 dimulai dari US$15 per bulan, atau Anda dapat menghubungi customer support 8×8 untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga: IP Call Center: Fitur, Manfaat dan Kelebihannya


Apa Manfaat Cloud PBX?

Keunggulan ut ma cloud PBX adalah memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi diluar kantor melalui jaringan. Hal ini mendukung mobilitas mereka untuk bisa bekerja darimana saja.

Selain itu, masih banyak manfaat cloud PBX yaitu:

– Biaya rendah

Manfaat terbesar dari sistem cloud PBX yang dihosting adalah biayanya yang rendah. Karena sistem host PBX disediakan sebagai layanan, Anda tidak perlu membeli peralatan fisik apa pun.

Satu-satunya peralatan yang mungkin Anda perlukan adalah telepon desktop yang mendukung VoIP. Kurangnya peralatan juga membantu Anda menghemat biaya pemasangan dan pemeliharaan.

Solusi host PBX juga memberi Anda kendali signifikan atas jumlah yang Anda bayarkan, karena Anda hanya membayar untuk fitur dan saluran telepon yang Anda perlukan.

Selain itu, sebagian besar sistem telepon bisnis yang dihosting cloud menawarkan panggilan domestik tanpa batas, yang memastikan karyawan dapat menggunakan telepon selama yang mereka inginkan, tanpa harus khawatir tentang biaya tambahan.

– Fleksibilitas

Sistem PBX berbasis cloud memungkinkan Anda melakukan panggilan melalui smartphone atau komputer selama terhubung internet. Jadi jika Anda berpikir untuk memindahkan bisnis Anda ke lokasi baru. Jadi Anda tidak perlu khawatir membawa peralatan apa pun ( kecuali telepon).

Karyawan Anda juga dapat menyesuaikan setelan telepon mereka sesuai keinginan mereka, seperti mengalihkan panggilan ke telepon meja dan komputer mereka, atau ke telepon meja dan ponsel mereka.

– Fitur Canggih

Cloud PBX juga menyediakan fitur seperti SMS, transkripsi pesan suara, perekaman panggilan, dan integrasi dengan layanan vendor. Berikut adalah beberapa fitur tambahan sistem cloud PBX:

  • Manajemen online: fitur untuk membuat perubahan pada sistem telepon, seperti menambahkan pengguna, menetapkan nomor telepon, membuat grup dering, dan meninjau laporan panggilan dan laporan bulanan dari portal online.
  • Ring groups: berguna mengatur karyawan ke dalam grup berdasarkan departemen mereka. Misalnya, ring groups tim penjualan sehingga saat klien menelepon untuk berbicara dengan perwakilan, semua orang di grup tersebut akan diberi tahu.
  • Voicemail-to-email: Fitur ini memungkinkan Anda mengirim file audio atau transkripsi pesan voicemail ke kotak masuk karyawan.
  • Antrean panggilan: Antrean panggilan membantu mengelola masuknya panggilan Anda dengan menempatkan penelepon dalam antrean atau menunggu hingga karyawan tersedia untuk menerima panggilan.
  • Panggilan tidak terbatas: Memungkinkan karyawan melakukan panggilan domestik sebanyak yang mereka butuhkan tanpa biaya tambahan.
  • Konferensi video/web: Pengguna dapat menyelenggarakan rapat video yang memungkinkan berbagi layar, yang memungkinkan pengguna melihat dan mendiskusikan dokumen atau presentasi.
  • Extension dialing: Alih-alih memasukkan seluruh nomor telepon karyawan, karyawan dapat menghubungi beberapa nomor untuk terhubung dengan rekan kerja.
  • Conference calling: Anda dapat menyelenggarakan panggilan dengan ratusan, atau terkadang ribuan, peserta sekaligus.

– Layanan handal

Sistem Cloud PBX menggunakan internet, yang berarti layanan telepon Anda sekuat koneksi internet Anda. Karena semua informasi Anda ada di cloud, sistem Anda akan mengalami sedikit atau tidak ada waktu henti jika terjadi masalah.

Redundansi geografis, yaitu saat penyedia memiliki beberapa server di lokasi fisik yang berbeda, adalah salah satu ukuran keandalan yang paling umum dari sistem ini. Setiap server berisi informasi yang identik, jadi jika satu gagal, yang lain dapat menggantikannya secara instan.


Dapatkan Cloud PBX Provider Terbaik Sekarang Juga!

Dari pembahasan di atas dapat diketahui bahwa cloud PBX provider adalah penyedia layanan sistem telepon yang dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung bisnis. Sehingga bisnis Anda dapat berkomunikasi di dalam maupun di luar perusahaan Anda.

Adapun salah satu penyedia cloud PBX provider terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. Dengan menggunakan layanan Telepon Cloud PBX Qontak, Anda dapat bekerja dari rumah atau kantor dengan mudah menggunakan solusi panggilan VoIP.

Selain itu, Qontak juga menawarkan fitur perutean panggilan dan antrean prioritas, manajemen supervisor dan agen, opsi WFH lokal dan jarak jauh, rekaman panggilan dan API, serta dashboard dan laporan yang dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Jadi tunggu apa lagi? Coba gratis Telepon Cloud PBX selama 14 hari dari Mekari Qontak atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Qontak by Mekari.

WhatsApp WhatsApp Sales