Daftar isi
6 min read

11 Cara Efektif Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

Tayang 09 Mei 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
Image CTA for Cara Menghemat Biaya Operasional Perusahaan
11 Cara Efektif Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

Cara menghemat biaya operasional perusahaan merupakan hal yang selalu dibidik dan diinginkan oleh banyak pebisnis. Berhemat artinya dapat menambah jumlah keuntungan perusahaan. Sehingga makin banyak biaya yang bisa disisihkan, maka makin besar dana yang dapat dipakai untuk meningkatkan bisnis menjadi lebih optimal.

Sayangnya banyak perusahaan yang belum mampu menerapkan hal ini secara optimal. Salah satu kendalanya yaitu ide-ide terkait penghematan yang masih minim. Maka dari itu, akan menarik jika mendapatkan gambaran ide yang tepat supaya dapat melakukan penghematan pada biaya operasional perusahaan itu tadi.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang bagaimana cara menghemat biaya operasional perusahaan di artikel berikut ini!


Bagaimana Cara Menghemat Biaya Operasional Perusahaan?

Sebenarnya ada berbagai macam cara mengurangi biaya operasional yang bisa dilakukan sebuah perusahaan. Apalagi jika bicara tentang cara mengurangi biaya operasional yang sederhana namun efektif.

Sering kali cara-cara berikut ini banyak yang tidak terpikirkan, padahal terbukti mampu membantu menurunkan besarnya biaya operasional.

Untuk para pengusaha yang ingin tahu lebih jauh, langkah berikut ini bisa ditempuh untuk mewujudkan hal tersebut.

1. Menghemat Energi

Hal pertama yang paling penting dalam cara mengurangi biaya operasional pada perusahaan yaitu menghemat energi.

Terdengar sepele namun banyak yang tidak tahu bahwa biaya listrik dan air dapat dipangkas menjadi lebih hemat. Karena itu ingatkan karyawan untuk mematikan air yang mengalir di toilet, matikan alat-alat listrik saat jam pulang tiba, dan sebagainya.

Hal kecil seperti ini dapat membantu mengurangi pengeluaran tagihan rutin perusahaan. Apalagi banyak karyawan yang sering lupa mematikan komputer ataupun mematikan AC saat pulang. Sehingga biaya listrik membengkak untuk hal-hal yang tidak perlu.

2. Melakukan Pelatihan Internal

Stop mengadakan pelatihan dengan pihak lain di luar perusahaan. Karena hal ini membutuhkan dana yang tidak sedikit, mulai membayarkan transportasi, akomodasi, hingga biaya untuk para pengajar dari luar.

Manfaatkan senior di perusahaan untuk membantu memberikan arahan serta pelatihan untuk para pekerja junior. Sehingga dengan demikian tidak perlu menambah biaya untuk pelatihan eksternal di luar kantor.

3. Mengatur Ulang Anggaran

Berikutnya cara mengurangi biaya operasional yang efektif yaitu dengan jalan mengatur ulang seluruh anggaran. Pastikan untuk memasukkan kebutuhan yang utama saja ke dalam anggaran. Meminimalkan kebutuhan yang kurang penting untuk dilakukan.

Lakukan evaluasi penggunaan anggaran perusahaan dengan hati-hati dan tetapkan mana pos yang penting dan mana yang tidak penting. Dengan demikian maka penggunaan anggaran dana perusahaan dapat berjalan lebih efisien.

4. Mengadakan Rapat di Kantor

Cara mengurangi biaya operasional berikutnya yaitu dengan jalan mengadakan rapat di area kantor saja. Beberapa perusahaan memiliki kebiasaan mengadakan rapat di hotel berbintang.

Tentu saja hal ini memakan banyak biaya, mulai dari biaya transportasi, biaya akomodasi, dan juga biaya konsumsi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari hal-hal semacam ini dan gantikan dengan mengadakan rapat pada lokasi yang lebih hemat.

Sebaiknya gunakan ruang pertemuan di kantor untuk mengadakan berbagai keperluan rapat tersebut. Sehingga dengan demikian pada akhirnya biaya untuk mengadakan rapat dapat dihemat lebih baik.

5. Memakai Kertas Bekas

Rupanya memakai kertas bekas untuk mencetak draft dokumen dapat menjadi salah satu cara mengurangi biaya operasional yang efektif. Sering kali draft dokumen hanya digunakan untuk memeriksa saja tanpa diserahkan secara resmi untuk pihak berkepentingan.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak perlu menggunakan kertas baru untuk keperluan tersebut. Gunakan kertas bekas dengan halaman yang kosong untuk melakukan hal ini. Tentu biaya untuk pembelian kertas dapat berkurang secara signifikan.

Baca Juga: 8 Manfaat CRM Bagi Perusahaan

6. Mengatur Cuti Karyawan

Siapa sangka ternyata pengaturan cuti karyawan yang baik mampu menjadi salah satu cara mengurangi biaya operasional perusahaan yang tepat. Hal ini merupakan cara yang penting diterapkan di setiap perusahaan.

Pengaturan cuti yang kurang optimal membuat produktivitas perusahaan menurun. Sehingga dengan biaya operasional yang tetap didapatkan produksi yang minim.

Maka dari itu, sebisa mungkin lakukan pengaturan yang sesuai pada cuti karyawan. Usahakan untuk memastikan produktivitas perusahaan tetap optimal saat ada karyawan yang mengajukan cuti.

7. Evaluasi Penggunaan Sarana Perusahaan

Berbagai macam sarana perusahaan sebaiknya digunakan sesuai kebutuhan saja. Maka dari itu sebagai cara menghemat biaya operasional perusahaan yang lebih optimal dalam hal ini, sebaiknya lakukan evaluasi berkala.

Perhatikan kondisi penggunaan sarana perusahaan yang tidak pada tempatnya. Hindari kondisi tersebut untuk membantu meringankan biaya yang harus dikeluarkan.

Dengan demikian tentu anggaran untuk keperluan sarana perusahaan dapat lebih minim.

8. Membatasi Penggunaan Internet

Kemudian cara mengurangi biaya operasional lainnya yang sederhana namun terbukti efektif yaitu membatasi penggunaan internet. Biaya internet untuk sebuah perusahaan besar tentu saja tidak murah.

Oleh karena itu, pastikan supaya internet digunakan karyawan hanya untuk keperluan perusahaan saja. Karena banyak kasus karyawan memakai internet perusahaan untuk keperluan pribadi.

Bahkan ada beberapa karyawan menggunakan internet dalam jumlah besar untuk keperluan di luar pekerjaan.

Dengan demikian, membatasi penggunaan internet dengan membatasi akses situs tertentu bisa menjadi alternatif yang baik dalam hal ini.

9. Mencari Barang Alternatif

Opsi lain sebagai cara menghemat biaya operasional perusahaan yaitu dengan jalan mencari barang alternatif. Dalam arti alternatif untuk produk furniture kantor yang digunakan para karyawan sehari-hari.

Tidak ada salahnya mencari produk yang lebih murah namun dengan manfaat yang sama. Manfaatkan juga harga promo dalam pembelian partai. Tentunya hal ini membantu menghemat biaya yang harus dikeluarkan secara tidak langsung.

10. Optimasi Penggunaan Kendaraan Perusahaan

Lakukan optimasi pada penggunaan kendaraan perusahaan sebagai salah satu cara menghemat biaya operasional perusahaan. Pastikan penggunaan kendaraan perusahaan hanya untuk keperluan penting terkait perusahaan saja.

Hindari penggunaan kendaraan perusahaan untuk keperluan pribadi karyawan. Supaya biaya bahan bakar yang dikeluarkan menjadi lebih minim. Karena terkadang beberapa karyawan menggunakan kendaraan perusahaan untuk hal-hal di luar kantor.

Jadi, ada baiknya menghindari hal-hal semacam ini terjadi.

11. Menggunakan Aplikasi

Berikutnya cara menghemat biaya operasional perusahaan yang bisa dicoba yaitu dengan jalan memakai aplikasi untuk keperluan absen dan keperluan perusahaan lainnya yang sejenis.

Cara ini membantu proses pekerjaan HR dan staff keuangan yang jauh lebih efektif dan efisien. Tidak perlu membutuhkan banyak waktu dibandingkan menggunakan cara manual.

Selain itu, semuanya dapat dilakukan dengan otomatis sehingga menghemat tenaga yang diperlukan. Saat tenaga yang dipakai lebih minim, maka biaya yang harus dikeluarkan otomatis juga akan lebih sedikit.

Baca Juga: 12 Cara Mendapatkan Database Pelanggan


Aplikasikan Cara Menghemat Biaya Operasional Perusahaan yang Efektif Sekarang Juga!

Itulah beberapa cara menghemat biaya operasional perusahaan yang dapat diterapkan oleh para pengusaha. Langkah di atas merupakan langkah yang efektif dan optimal jika diterapkan dengan baik. Sehingga dengan demikian perusahaan dapat menghemat banyak dana dan mengalokasikan dana tersebut untuk keperluan lain yang lebih menguntungkan.

Selain menerapkan beberapa cara menghemat biaya perusahaan di atas, Anda juga dapat menekan biaya operasional dengan cara menggunakan sistem pintar untuk semua kebutuhan, seperti CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel. Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM yang dapat Anda gunakan untuk mengotomatiskan dan meningkatkan seluruh tahapan bisnis Anda dengan berbagai fitur canggih yang menarik.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga untuk hal yang seharusnya bisa dilakukan secara efektif. Selain itu, sistem ini juga dapat membantu Anda untuk mengurangi beban kerja karyawan, sehingga Anda tidak membutuhkan banyak karyawan untuk melakukan pekerjaan yang berulang seperti tugas administratif.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mengembangkan dan meningkatkan bisnis mereka. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : Bisnis
WhatsApp WhatsApp Sales