Daftar isi
8 min read

Pengertian VoIP, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Tayang 10 Agustus 2023
Diperbarui 17 April 2024
keuntungan-voip
Pengertian VoIP, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Setiap bisnis yang memiliki perhatian tentang solusi telekomunikasi yang efisien dan hemat. Sistem telepon Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah pilihan terbaik untuk kebutuhan tersebut. Sebab keuntungan VoIP mengandalkan jaringan internet sebagai media komunikasinya.

Pelajari selengkapnya mengenai VoIP, manfaat dan lainnya pada artikel dibawah ini.


Apa itu VoIP?

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon melalui media internet.

Di mana suara yang diterima akan diubah menjadi kode digital yang selanjutnya diteruskan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, sehingga bukan lagi melalui sirkuit analog seperti telepon biasa.

Baca juga: Panduan Lengkap Apa Itu IP PBX, Manfaat, dan Cara Kerjanya


Manfaat VoIP

VoIP memiliki sejumlah manfaat yang telah mengubah cara bisnis dan individu berkomunikasi:

a. Biaya Lebih Rendah

Salah satu manfaat utama VoIP adalah biaya panggilan yang lebih rendah, terutama dalam panggilan internasional. Karena VoIP menggunakan jaringan internet yang sudah ada, biaya panggilan jarak jauh menjadi lebih terjangkau.

b. Fleksibilitas

VoIP memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dari mana saja selama Anda terhubung ke internet. Ini ideal untuk para pekerja yang sering bepergian atau bekerja dari rumah.

c. Integrasi Data

VoIP dapat diintegrasikan dengan aplikasi dan layanan lainnya, seperti pesan instan, email, dan konferensi video. Ini memungkinkan kolaborasi yang lebih efektif dalam lingkungan bisnis.

d. Fitur Tambahan

VoIP sering dilengkapi dengan fitur-fitur seperti panggilan konferensi, kotak suara digital, penerusan panggilan, dan banyak lagi, yang semuanya meningkatkan produktivitas komunikasi.

e. Skalabilitas

Sistem VoIP mudah diatur ulang untuk menyesuaikan pertumbuhan bisnis. Tidak diperlukan peralatan fisik tambahan dalam banyak kasus, cukup penyesuaian konfigurasi.


Fungsi VoIP

Fungsi utama dari VoIP adalah memungkinkan pengiriman komunikasi suara melalui jaringan internet. Namun, di balik fungsi utama ini, ada beberapa tujuan lain yang mencakup:

a. Komunikasi Real-time: VoIP memungkinkan komunikasi suara dalam waktu nyata, mirip dengan panggilan telepon tradisional, yang penting dalam bisnis dan komunikasi pribadi.

b. Konvergensi Data dan Suara: VoIP menggabungkan data dan suara dalam satu infrastruktur, menghilangkan perbedaan antara layanan telepon dan layanan data.

c. Konferensi Multimedia: VoIP memfasilitasi panggilan konferensi multimedia yang melibatkan suara dan video dari beberapa lokasi secara bersamaan.

d. Pemrosesan Sinyal: VoIP mencakup teknologi pemrosesan sinyal yang kompleks untuk mengurangi gangguan dan kebisingan dalam panggilan suara.

Baca juga: 11 Contoh Aplikasi VoIP Terbaik untuk Bisnis [2023]


Perbandingan VoIP dengan Jaringan Suara Konvensional

Perbandingan <yoastmark class=

Selama lebih dari satu abad, orang melakukan panggilan melalui Public Switched Telephone Network (PSTN). Sistem suara konvensional ini juga dikenal sebagai Plain Old Telephone System (POTS). Sistem ini melakukan panggilan melewati terminal analog melalui Kantor Pusat.

Jaringan telepon saat ini memisahkan lalu lintas suara dari pensinyalan untuk membuat panggilan menggunakan protokol SS7. Meskipun demikian, banyak sistem PBX tetap rentan.

Berbeda dengan VoIP dibuat menggunakan protokol Session Initiation Protocol (SIP) untuk telepon internet yang andal. Server SIP memampatkan lalu lintas suara ke aliran media dan mengirimkannya melalui koneksi internet.

Perbedaan terbesar di sini adalah bahwa telepon dan identitas ada secara virtual. Layanan telepon VoIP menawarkan banyak keuntungan keamanan dibandingkan sistem jaringan suara internasional. Manfaat utama meliputi:

  • Pemantauan penggunaan paket panggilan secara real-time.
  • Penegakan ketat panggilan bebas pulsa.
  • Enkripsi panggilan untuk mencegah penyadapan.
  • Fitur pesan suara yang kuat dengan pengiriman email.
Hosted VoIP
Sumber: nextiva

10 Keuntungan VoIP yang perlu Diketahui

Melihat peran VoIP sebagai media komunikasi yang lebih unggul dibandingkan jaringan suara konvensional, membuat sistem ini banyak digunakan. Hal ini tak lepas dari keuntungan VoIP yang diberikan seperti berikut:

1. Biaya per panggilan rendah

Keuntungan pertama VoIP adalah menggunakan jaringan internet untuk berkomunikasi.

Sistem ini mengubah semua data komunikasi menjadi paket yang dikirim melalui jaringan IP langsung ke penyedia layanan telepon Anda.

Memanfaatkan Internet atau jaringan IP untuk melakukan panggilan domestik dan SLJJ lebih murah secara keseluruhan.

Berbeda dengan saluran telepon tradisional yang membutuhkan banyak saluran yang harus terhubung untuk panggilan. Hal ini menyebabkan panggilan yang dilakukan melalui telepon rumah, terutama jika jaraknya jauh, menjadi mahal.

2. Kualitas panggilan jernih

Kedua keuntungan VoIP adalah menawarkan kualitas panggilan HD atau yang jernih. Hal ini tak lepas berkat dukungan konektivitas internet yang stabil disertai dengan audio yang jernih.

3. Fleksibilitas

Keuntungan lain dari VoIP adalah fleksibilitas. Artinya sistem VoIP dapat disesuaikan dengan kebutuhan telepon bisnis Anda. Tantangan fleksibilitas ini hanya pada bandwidth yang membatasi Anda secara teoritis untuk menambahkan ribuan pengguna.

‍4. Terpercaya

Sistem VoIP telah dikembang selama bertahun-tahun sehingga sangat handal. Hal ini terbukti bahwa sistem ini telah digunakan oleh banyak bisnis di seluruh dunia dan menjadikannya salah satu teknologi telepon yang paling handal.

5. Mudah terukur

Seperti yang dibahas sebelumnya, sistem VoIP menggunakan internet untuk panggilan. Hal ini memudahkan Anda untuk menambahkan pengguna baru tanpa menyediakan saluran baru. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah memantau seluruh aktivitas VoIP.‍

6. Portabilitas

Keuntungan VoIP lainnya adalah memungkinkan bisnis mengaksesnya melalui aplikasi seluler. Hal ini sangat cocok untuk bisnis yang memiliki karyawan yang bekerja jarak jauh, karena mereka tetap bisa terhubung langsung ke sistem telepon VoIP Anda menggunakan jaringan VoIP Anda.

7. Modern

Dengan mengganti sistem telepon bisnis Anda dengan VoIP, Anda dapat yakin bahwa Anda telah menggunakan teknologi komunikasi modern dan terhindar dari resiko ketinggalan jaman. Modernisasi ini akan melindungi investasi Anda di masa mendatang.

8. Mobilitas tinggi

Bisnis saat ini banyak mencari teknologi yang mendukung mobilitas tinggi. Sistem VoIP sangat cocok sebab dapat dengan mudah diintegrasikan dengan ponsel bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat membawa sistem telepon VoIP ke mana saja Anda pergi.

9. Teknologi Modern

VoIP adalah tools komunikasi modern. Dimana Anda dapat upgrade sistem VoIP seiring dengan perkembangan teknologi. Ditambah sistem ini menawarkan serangkaian fitur yang luas, suara HD dan biaya yang lebih rendah.

10. Disiapkan untuk menggantikan ISDN

Keuntungan VoIP terakhir adalah sistem ini akan membantu bisnis Anda mempersiapkan diri untuk menggantikan ISDN pada tahun 2025 . Penonaktifan ISDN ini akan berdampak pada semua bisnis yang tidak menggunakan VoIP. Sementara ini beberapa waktu lagi, sistem telepon VoIP dapat membantu menyiapkan bisnis Anda untuk masa depan.

Baca juga: IP Call Center: Fitur, Manfaat dan Kelebihannya


Kelemahan dari VoIP

Selain keuntungan VoIP, sistem ini juga memiliki kelemahan layaknya teknologi pada umumnya. Kelemahan tersebut diantaranya:

  • Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN efek kompresi suara dengan bandwidth kecil.
  • Hal ini mengakibatkan adanya penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun hal tersebut bisa diatasi apabila menggunakan koneksi internet pita-lebar / broadband.
  • Ada jeda dalam berkomunikasi yang disebabkan proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan. Seperti sebelumnya, hal ini dapat Anda atasi dengan menggunakan koneksi Broadband.
  • Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke penyedia jaringan internet.
  • Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
  • Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
  • Investasi penyediaan alat di awal relatif mahal karena VoIP harus menghubungkan dengan PABX (IP telephony gateway). Namun dengan semakin populernya VoIP ini, maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
  • Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat dengan semakin banyak pemakaian VoIP.
  • Dimana hal tersebut menyebabkan jaringan data penuh. Oleh karena itu Anda perlu melakukan pengaturan bandwidth agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
  • Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran

Kualitas suara VoIP

Seperti yang dibahas pada kelemahan VoIP, bahwa kualitas sistem ini dipengaruhi beberapa hal seperti kapasitas bandwidth, tingkat hilang paket dan waktu tunda yang terjadi di dalam jaringan.

Kapasitas bandwidth berkaitan dengan ketersediaan sumber daya jaringan dalam bentuk lebar pita yang digunakan untuk mentransmisikan data paket.

Sementara tingkat hilang paket menyatakan besarnya laju kesalahan yang terjadi sepanjang jalur pengiriman data paket dari pengirim ke penerima. Sedangkan waktu tunda merupakan rentang waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket dari pengirim ke penerima


Keamanan VoIP

Keamanan data sangat penting untuk setiap bisnis. Tidak masalah jika Anda memiliki organisasi besar atau bisnis kecil. Gangguan pada sistem telepon Anda akan menjadi bencana besar.

Berdasarkan penelitian JP Morgan menemukan 94% perusahaan khawatir dengan berkembangnya virus Malware, penipuan pembayaran, dan pelanggaran data.

Voice over Internet Protocol (VoIP) cukup aman bahkan telah diuji selama dua dekade. Secara keseluruhan, penyedia layanan VoIP sangat aman, meskipun sifat ancaman keamanan terus berkembang.

Tidak seperti ancaman keamanan TI lainnya, Voice over IP menghadirkan peluang baru mengatasi resiko intersepsi panggilan, spoofing ID penelepon, dan serangan Denial of Service (DoS).


Cara Kerja Sistem VoIP

Cara kerja VoIP melibatkan serangkaian langkah yang terjadi dalam periode singkat saat Anda melakukan panggilan:

a. Pengodean Suara: Suara pertama kali diubah menjadi format digital melalui proses pengodean. Sinyal analog suara diubah menjadi serangkaian angka dan kode biner yang mewakili gelombang suara.

b. Kompressi: Data digital yang dihasilkan dikompresi untuk mengurangi ukuran file, memungkinkan transfer data yang lebih cepat melalui jaringan internet.

c. Pengiriman melalui Internet: Data yang telah dikodekan dan dikompresi dikirim melalui jaringan internet menggunakan paket data.

d. Dekompresi dan Dekode: Di sisi penerima, data diterima, didekompresi, dan didekodekan untuk mengembalikannya ke bentuk suara asli.

e. Konversi ke Suara: Data digital yang telah didekompresi dan didekodekan dikonversi kembali menjadi gelombang suara yang dapat didengar oleh penerima panggilan.


Memaksimalkan Keuntungan VoIP Sekarang!

Setidaknya ada 10 keuntungan VoIP yang bisa Anda dapatkan, meskipun ada kelemahan. Namun secara umum, kelemahan VoIP dapat diselesaikan dengan bandwidth seperti kualitas suara dan jeda jaringan.

Diatas segala hal, VoIP telah banyak digunakan oleh bisnis di seluruh dunia. Salah satu penyedia VoIP terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak.

Qontak memiliki Telepon Cloud PBX yang dilengkapi dengan fitur telepon call center jarak jauh, jalur virtual & respon suara interaktif (IVR), dasbor wallboard real-time, dan rekaman panggilan API yang dapat meningkatkan komunikasi bisnis Anda.

Selain itu, Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : BisnisCall Center
WhatsApp WhatsApp Sales